10 Makanan Khas Bogor yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 2 Juni 2021

Selain talas Bogor, Kota Hujan ternyata memiliki aneka ragam makanan khas yang menggugah selera, lho. Pada kesempatan kali ini, Keluyuran akan membagikan informasi mengenai 10 makanan khas bogor yang wajib untuk Anda coba kala berkunjung ke sana.

Nah, bagaimana, Anda penasaran, bukan? Atau, jangan-jangan bukan hanya penasaran, namun juga ngebet ingin mencoba semua jenis makanan khas Bogor? Daripada menunggu lama, mari simak langsung saja pembahasan mengenai 10 makanan khas Bogor di bawah ini, ya. Oh ya, jangan lupa untuk menyimak artikel Keluyuran yang membahas makanan khas Sunda lainnya dalam artikel 10 Makanan Khas Jawa Barat ini.

1. Soto Mie

makanan khas bogor soto mie bogor

* sumber: www.youtube.com

Salah satu makanan khas bogor yang populer adalah soto mie Bogor. Soto mie Bogor merupakan sajian mie kuning yang dibubuhi kikil, urat, usus, daging sapi, potongan risol, kentang serta beberapa bahan lainnya.

Soto mie khas Bogor ini juga ditambahkan bahan pelengkap, seperti jeruk nipis, bawang goreng, sambal hingga cuka. Soto mie Bogor semakin lezat jika disantap dengan nasi. Apalagi pakai emping melinjo, mantap deh, pokoknya. Anda sudah mencobanya?

2. Tauge Goreng

tauge goreng bogor

* sumber: www.kaskus.co.id

Selain soto mie, makanan khas Bogor lainnya yang wajib untuk dicoba adalah Tauge Goreng. Tauge Goreng ini adalah hidangan yang terdiri dari campuran ketupat atau lontong, tahu, tauge yang direbus, kuah dari oncom dengan citarasa gurih, mie kuning dan juga kecap.

Food video blogger terkenal, Mark Wiens bahkan pernah mencoba kuliner satu ini dan ia berkomentar bahwa tauge goreng punya rasa yang sangat unik. Wiens juga kagum dengan kegesitan penjualnya dalam melayani pembeli tauge goreng yang merupakan salah satu makanan khas Bogor yang terkenal ini. Nah, Anda tertarik untuk mencoba tauge goreng?

3. Laksa Bogor

laksa bogor

* sumber: www.adakuliner.com

Selanjutnya, ada laksa khas Bogor. Ya, bukan cuma Malaysia dan Singapura saja yang terkenal dengan laksa mereka, Kota Hujan juga punya sajian laksa yang menggugah selera.

Laksa bogor merupakan sajian yang terdiri dari ketupat, tauge, bihun juga oncom yang diberi kuah kental berwarna kuning. Seporsi laksa Bogor juga diberi satu buah telur rebus, serundeng sampai daun kemangi.

Food video blogger Mark Wiens juga sempat mencoba hidangan satu ini ketika berkunjung ke Kota Bogor. Lagi-lagi, Wiens memuji kelezatan dari sajian khas satu ini. Kalau mampir ke Bogor, jangan sampai melewatkan untuk mencicipi kenikmatan dari laksa Bogor, deh!

4. Soto Kuning

soto kuning bogor

* sumber: food.detik.com

Soto kuning khas Bogor juga wajib untuk Anda coba kala bertandang ke Kota Hujan. Soto kuning ini berisikan daging, lidah, babat, limpa, otak, kikil, paru hingga babat.

Warna kuning yang dihasilkan pada kuah soto kuning berasal dari campuran santan dan kunyit, lengkuas serta serai. Kompas Travel juga menuturkan bahwa soto kuning tidak menggunakan mie. Rasa asin, gurih dan sedikit pedas akan dapat Anda nikmati saat pertama kali menyantap soto kuning. Dagingnya juga terasa lembut.

Nah, kalau Anda berkunjung ke Kota Bogor, jangan lupa untuk menyantap soto kuning yang nikmat dimakan saat cuaca dingin.

5. Cungkring

cungkring bogor

* sumber: travelingyuk.com

Cungkring juga merupakan salah satu makanan khas Bogor yang menggunakan bagian kaki sapi sebagai bahan utamanya. Bagian kaki sapi yang digunakan sebagai bahan utama cungkring adalah dampal, kikil, urat hingga kulitnya.

Bagian-bagian kaki sapi tersebut dipotong kecil, diletakkan di atas kertas nasi yang dialasi daun pisang, kemudian dibubuhi lontong, keripik tempe hingga bumbu kacang yang mirip dengan bumbu kupat tahu. Tak ketinggalan, cabai juga ditambahkan ke dalam sajian tersebut. Hmmm menarik juga, ya? Ada yang sudah mencobanya?

6. Asinan Bogor

asinan bogor

* sumber: craftlog.com

Nah, kalau yang ini saya yakin Anda semua sudah mengenalnya. Yup, saking terkenalnya asinan khas Bogor, sampai-sampai banyak orang rela memborong penganan ini ketika berkunjung kesana untuk dijadikan buah tangan.

Asinan Bogor sendiri berbeda dengan asinan betawi yang berbahan sayur-sayuran seperti kubis, sawi, selada hingga tauge. Sementara asinan bogor terbuat dari buah-buahan seperti mangga yang masih muda, pepaya, kedondong, pala, nanas hingga jambu air yang diberi kuah cuka serta butiran kacang goreng. Segar, bukan?

7. Doclang

doclang bogor

* sumber: bogor.net

Jika di Cirebon ada docang, maka di Bogor ada doclang. Keduanya sama-sama makanan yang berbahan utama lontong, bedanya, docang menggunakan kuah berwarna merah sehingga membuatnya mirip lontong sayur, sementara doclang menggunakan sambal kacang. Doclang sendiri bisa dikatakan mirip dengan kupat tahu.

Yang membedakan di antara doclang dengan kupat tahu maupun ketoprak adalah, lontong yang digunakan pada doclang dibungkus serta dimasak menggunakan daun patat yang diyakini masyarakat sekitar banyak mengandung protein juga serat.

Perbedaan lain di antara doclang dan kupat tahu juga ketoprak adalah penggunaan kentang dalam penyajiannya. Ya, tidak hanya menggunakan ketupat dan bumbu kacang, doclang disajikan bersama tahu dan juga telur rebus. Terdengar nikmat, bukan? Anda ingin mencobanya?

8. Bapatong

bapatong bogor

* sumber: www.makanmakan.com

Makanan khas Bogor selanjutnya adalah bapatong. Nama bapatong sendiri merupakan kependekan dari Bakso Kupat Gentong. Semangkok bapatong terdiri dari bakso, ketupat yang disiram kuah kaldu. Bakso yang digunakan pada bapatong ini punya rasa yang gurih dan tekstur baksonya lembut.

Selain terdiri dari bakso sapi dan ketupat, semangkok bapatong juga berisi mie kuning, bihun dan ditambah dengan pangsit. Kalau Anda ingin mencoba sajian bakso yang berbeda, Anda dapat mencoba bapatong khas Bogor ini.

9. Pepes Sagu

pepes sagu bogor

* sumber: www.goodindonesianfood.com

Pepes bukan cuma berbahan dasar teri, ayam atau ikan. Di Bogor, ada pepes sagu yang tersedia dalam tiga pilihan, yakni pepes sagu pisang, pepes sagu keju dan pepes sagu nangka. Pepes sagu pisangnya terasa manis dan legit.

Jika Anda sudah bosan mencoba aneka pepes dengan rasa yang cenderung asin dan gurih, maka Anda dapat mencoba pepes dengan citarasa manis nan unik ini. Pepes Sagu aneka rasa ini dijual dengan harga di bawah Rp.5000,- saja. Sangat terjangkau, bukan?

10. Ikan Balita

ikan balita

* sumber: www.youtube.com

Terakhir, ada ikan balita. Namanya sedikit menggelitik, ya? For your information, ikan balita adalah oleh-oleh khas Bogor yang terbuat dari ikan mas yang masih kecil. Ikan balita yang dikemas dalam plastik kedap udara serta dikemas lagi dengan menggunakan kardus ini cocok untuk dijadikan teman makan dengan nasi hangat.

Rasa dari ikan balita ini gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Sehingga ikan balita juga cocok untuk dijadikan camilan. Lumayan, buat teman nonton drama korea, nih!

Itulah kesepuluh makanan khas Bogor yang wajib untuk Anda coba. Kalau Anda berkunjung ke Kota Bogor, jangan lupa untuk membeli dan mencoba semua makanan yang ada dalam daftar. Karena perjalanan Anda ke Kota Hujan tidak akan afdal jika tanpa mencicipi makanan khas di sana.

Oh ya, Keluyuran punya rekomendasi tempat makan di Bogor yang bisa Anda kunjungi. Selengkapnya, simak dalam artikel 10 Tempat Makan Murah di Bogor ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram