Mau Menghilangkan Penat? Ini 10 Tempat Wisata Seru di Banten

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika Banyuwangi merupakan ujung timur Pulau Jawa, maka Banten merupakan ujung baratnya. Banten merupakan provinsi di Pulau Jawa yang sebelumnya masuk ke dalam area Provinsi Jawa Barat. Namun, sejak tanggal 4 Oktober 2000, Banten resmi memisahkan diri dari Jawa Barat dan membentuk provinsi sendiri yang terdiri dari Serang, Cilegon, Tangerang, Tangerang Selatan, Pandeglang, dan Lebak

Provinsi yang dikenal dengan Suku Baduy ini, memiliki banyak keindahan alam yang memesona. Jika kamu berada di Ibukota dan membutuhkan tempat untuk menghilangkan penat, Banten bisa jadi pilihan. Terlebih jika kamu sangat suka dengan pantai. Banten punya banyak pantai yang cantik! Ini nih, 10 tempat wisata terbaik di Banten.

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan salah satu tempat wisata yang masuk ke dalam area Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini, menawarkan pesona alam yang masih alami. Di sini kamu akan melihat fauna asli dari Ujung Kulon dengat lebih dekat. Hewan-hewan tersebut akan berlalu lalang di pulau ini tanpa merasa terganggu dengan kehadiran manusia.

Pantai putih bersih dan teksturnya yang lembut, ditambah dengan pemandangan laut yang sangat cantik, sayang sekali jika kamu lewatkan ketika traveling ke Ujung Kulon. Pulau dengan luas sekitar 40 hektar ini dipenuhi hutan primer, yaitu hutan asli dari alam dan pepohonannya masih alami, bukan buatan atau yang ditanam oleh manusia.

  • Alamat : Taman Nasional Ujung Kulon, Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  •  Tiket Masuk : Rp7.500

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Apalagi, jika kamu suka traveling. Pantai Sawarna merupakan pantai cantik di selatan Provinsi Banten dan masuk ke daerah Kabupaten Lebak. Sekitar sini, ada pula beberapa pantai yang bisa kamu datangi. Jadi, kamu bisa berkunjung ke banyak destinasi setelah menempuh perjalanan panjang.

Di Pantai Sawarna, terdapat satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang indah. Meski letaknya terbilang jauh dengan Ibukota Jakarta, kamu tetap perlu mencoba liburan ke sini. Semua lelahmu di perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Sawarna di selatan Provinsi Banten ini.

  • Alamat : Jl. Sawarna, KM.12 No. 1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Siapa yang tidak tahu Tanjung Lesung? Pantai cantik di ujung barat Pulau Jawa ini pernah dihantam tsunami pada akhir tahun 2018 lalu. Sebagian bangunan di pesisir pantai hancur dan cukup memakan korban jiwa. Meski begitu, Pantai Tanjung Lesung kini sudah aman dan layak untuk dikunjungi kembali.

Tanjung Lesung masuk sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang sangat diperhatikan pembangunan ekonomi dari sektor pariwisata. Diberi nama Tanjung Lesung, karena memiliki bentuk dataran pantai wilayah yang menjorok ke laut, sehingga terlihat seperti lesung / penumbuk padi tradisional. Pantai berpasir putih ini sangat unik dan cantik!

  • Alamat : Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Weekday Rp25.000 dan Weekend Rp40.000

4. Gunung Karang

Gunung Karang

Gunung Karang merupakan gunung berapi aktif dengan tinggi 1.778 mdpl yang memiliki potensi meletus meskipun belum ada sejarah letusan yang tercatat. Biasanya, masyarakat menjadikan Gunung Karang sebagai tempat wisata ziarah. Ketika memasuki bulan Rabiul Awal, banyak pengunjung yang berziarah ke makam sesepuh Kerajaan Banten.

Meski biasa digunakan sebagai tempat wisata sejarah, bukan berarti Gunung Karang tidak memiliki potensi wisata lain. Di sini, terdapat banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Seperti Sumur Tujuh, Kolam Renang Cikoromoy, dan Pemandian Cisolong. Mendaki ke puncak Gunung Karang pun bisa kamu lakukan, apalagi buat kamu yang suka mendaki gunung.

  • Alamat : Saninten, Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Wisata Budaya Baduy

Wisata Budaya Baduy

Banten dikenal dengan suku Baduy yang merupakan suku asli di sini. Baduy masuk ke area Desa Kanekes, terdiri dari Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam terdapat 3 kampung, dan di Baduy Luar terdapat 62 kampung. Meski masih sama-sama Badu, Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar memegang adat dan budaya yang berbeda.

Baduy Dalam dikenal dengan memegang teguh adat istiadat yang sudah dianut secara turun temurun. Di Baduy Dalam, tidak diizinkan menggunakan shampoo, sabun, pasta gigi, dan bahan kimia lain. Uniknya, di sini ada aturan tidak boleh mengambil gambar menggunakan kamera. Jika kamu suka menggambar, bisa dokumentasikan melalui sketsa.

Baduy Luar dapat dikatakan lebih “bebas” dibandingkan Baduy Dalam. Di sini, boleh menggunakan bahan kimia dan boleh memotret. Masyarakat Baduy Luar pun boleh menggunakan sandal, sedangkan Baduy Dalam tidak boleh. Banyak sekali hal baru yang bisa kamu dapat di sini. Pokoknya, wajib deh ke Baduy!

  • Alamat : Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp8.000

6. Pulau Umang

Pulau Umang

Jika Jakarta punya Kepulauan Seribu, Banten punya Pulau Umang. Pulau yang terletak di sebelah barat Banten ini, menyimpan keindahan alam yang masih alami. Pulau seluas 5 hektar ini berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Menuju ke sini, kamu perlu menyeberang laut menggunakan speedboat dengan biaya Rp100.000/orang.

Sesampainya di Pulau Umang, kamu akan dimanjakan dengan pasir putih bersih, laut biru yang jernih, dan di sini sudah disediakan berbagai macam penginapan yang bisa membantumu. Di seberang Pulau Umang, ada Pulau Oar yang tak kalah cantik. Bagi kamu yang suka snorkeling, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Oar, ya!

  • Alamat : Sumberjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari

Gunung Pulosari merupakan salah satu gunung yang ada di Banten dan memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Gunung ini menjadi pusat sumer air se-Provinsi Banten. Jadi, jika kamu mendaki Gunung Pulosari, tidak perlu khawatir akan ketersediaan air di jalur pendakian. Disebutkan juga, track Pulosari sama seperti dengan Gunung Cikuray, namun di sini terdapat track yang landai.

Mendaki Gunung Pulosari, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam. Di sini, terdapat kawah yang berada di ketinggian 1.070 mdpl. Kalau kamu mau nge-camp, bisa bangun tenda di sekitar kawah untuk beristirahat. Setelah turun gunung, kamu bisa menghilangkan lelah dengan bermair air di Curug Putri. Seru!

  • Alamat : Pasireurih, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka

Di Tangerang, terdapat tempat wisata buatan, terbuat dari bekas galian tambang pasir yang sejak tahun 1999 hingga 2005 tidak terurus. Kemudian karena curah hujan cukup tinggi, akhirnya galian ini menampung jumlah air yang sangat banyak. Awal mulanya air yang ada di sini keruh, namun seiring berjalannya waktu, partikel yang membuat keruh tersebut tenggelam.

Setelah itu, warna airnya berubah menjadi biru karena tingkat keasaman yang sangat tinggi. Terkadang, warna air berubah menjadi hijau karena di dalam sini, selain tingkat keasaman yang tinggi, ada pula tanaman alga yang mampu mengubah warna air. Tak hanya satu, di sini terdapat tiga telaga dengan kedalaman yang berbeda-beda, lho.

Keindahan dari warna biru dari telaga ini menjadikannya sebagai lokasi tempat pengambilan foto prewedding favorit bagi warga Kota Tangerang dan sekitarnya.

  • Alamat : Jalan Cigaru, Cisoka, Kota Tangerang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Pulau yang terletak di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, salah satunya adalah Pulau Sangiang. Pulau ini memiliki luas 700 hektar, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang banyak disukai orang. Aktivitas snorkeling, jelajah pulau, hingga menyaksikan sunset bisa dilakukan di sini.

Pulau Sangiang terbagi dalam tiga ekosistem, mencakup; Hutan Pantai, Hutan Payau, dan Hutan Dataran Rendah. Di sebelah timur, terdapat Gua Kelelawar yang unik. Kamu bisa melihat lautan lepas dengan gulungan ombak yang sesekali menerjang dinding gua. Pemandangan yang takkan kamu lihat di gua-gua lainnya!

  • Alamat : Pulau Sangiang, Cikoneng, Anyer, Kabupaten Serang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis. Penyeberangan Rp2.000.000/kapal kapasitar maks. 20 orang

10. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Terakhir, ini adalah obyek wisata sangat menarik yang wajib kamu kunjungi. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO dengan luas +1000 hektar. Sebelum Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, Ujung Kulon merupakan pertanian subur. Setelah meletusnya Gunung Krakatau, kawasan ini kembali menjadi hutan.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan rumah bagi hewan liar dan dilindungi, salah satunya Badak Bercula Satu. Terdiri dari banyak keindahan alam serta destinasi yang bisa dikunjungi, taman nasional ini takkan habis untuk di-explore. Diantaranya; Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, Sungai Cigenter, Padang Rumput Cidaon, Pulau Peucang, hingga Gunung Honje, dan masih banyak lagi!

  • Alamat : Cikawung, Ujungjaya, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Weekday Rp5.000, Weekend Rp7.500
  • Tiket Wisata Alam : Rp10.000 – Rp25.000

Sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata di Banten yang menarik untuk dikunjungi, namun 10 tempat wisata yang disebutkan merupakan destinasi paling recommended. Oh ya, kalau lagi keluyuran ke Banten jangan lewatin Makanan Khas Banten yang enak banget! Selamat berlibur ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *