Mau Menghilangkan Penat? Ini 10 Tempat Wisata Seru di Banten

Ditulis oleh Riastri Herliana

Jika Banyuwangi merupakan ujung timur Pulau Jawa, maka Banten merupakan ujung baratnya. Banten merupakan provinsi di Pulau Jawa yang sebelumnya masuk ke dalam area Provinsi Jawa Barat. Namun, sejak tanggal 4 Oktober 2000, Banten resmi memisahkan diri dari Jawa Barat dan membentuk provinsi sendiri yang terdiri dari Serang, Cilegon, Tangerang, Tangerang Selatan, Pandeglang, dan Lebak

Provinsi yang dikenal dengan Suku Baduy ini, memiliki banyak keindahan alam yang memesona. Jika kamu berada di Ibukota dan membutuhkan tempat untuk menghilangkan penat, Banten bisa jadi pilihan. Terlebih jika kamu sangat suka dengan pantai. Banten punya banyak pantai yang cantik! Ini nih, 10 tempat wisata terbaik di Banten.

1. Pulau Peucang

Pulau Peucang

Pulau Peucang merupakan salah satu tempat wisata yang masuk ke dalam area Taman Nasional Ujung Kulon. Pulau ini, menawarkan pesona alam yang masih alami. Di sini kamu akan melihat fauna asli dari Ujung Kulon dengat lebih dekat. Hewan-hewan tersebut akan berlalu lalang di pulau ini tanpa merasa terganggu dengan kehadiran manusia.

Pantai putih bersih dan teksturnya yang lembut, ditambah dengan pemandangan laut yang sangat cantik, sayang sekali jika kamu lewatkan ketika traveling ke Ujung Kulon. Pulau dengan luas sekitar 40 hektar ini dipenuhi hutan primer, yaitu hutan asli dari alam dan pepohonannya masih alami, bukan buatan atau yang ditanam oleh manusia.

  • Alamat : Taman Nasional Ujung Kulon, Ujungjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  •  Tiket Masuk : Rp7.500

2. Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Apalagi, jika kamu suka traveling. Pantai Sawarna merupakan pantai cantik di selatan Provinsi Banten dan masuk ke daerah Kabupaten Lebak. Sekitar sini, ada pula beberapa pantai yang bisa kamu datangi. Jadi, kamu bisa berkunjung ke banyak destinasi setelah menempuh perjalanan panjang.

Di Pantai Sawarna, terdapat satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang indah. Meski letaknya terbilang jauh dengan Ibukota Jakarta, kamu tetap perlu mencoba liburan ke sini. Semua lelahmu di perjalanan akan terbayarkan dengan keindahan Pantai Sawarna di selatan Provinsi Banten ini.

  • Alamat : Jl. Sawarna, KM.12 No. 1, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

3. Tanjung Lesung

Tanjung Lesung

Siapa yang tidak tahu Tanjung Lesung? Pantai cantik di ujung barat Pulau Jawa ini pernah dihantam tsunami pada akhir tahun 2018 lalu. Sebagian bangunan di pesisir pantai hancur dan cukup memakan korban jiwa. Meski begitu, Pantai Tanjung Lesung kini sudah aman dan layak untuk dikunjungi kembali.

Tanjung Lesung masuk sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), yang sangat diperhatikan pembangunan ekonomi dari sektor pariwisata. Diberi nama Tanjung Lesung, karena memiliki bentuk dataran pantai wilayah yang menjorok ke laut, sehingga terlihat seperti lesung / penumbuk padi tradisional. Pantai berpasir putih ini sangat unik dan cantik!

  • Alamat : Tanjungjaya, Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Weekday Rp25.000 dan Weekend Rp40.000

4. Gunung Karang

Gunung Karang

Gunung Karang merupakan gunung berapi aktif dengan tinggi 1.778 mdpl yang memiliki potensi meletus meskipun belum ada sejarah letusan yang tercatat. Biasanya, masyarakat menjadikan Gunung Karang sebagai tempat wisata ziarah. Ketika memasuki bulan Rabiul Awal, banyak pengunjung yang berziarah ke makam sesepuh Kerajaan Banten.

Meski biasa digunakan sebagai tempat wisata sejarah, bukan berarti Gunung Karang tidak memiliki potensi wisata lain. Di sini, terdapat banyak destinasi yang bisa dikunjungi. Seperti Sumur Tujuh, Kolam Renang Cikoromoy, dan Pemandian Cisolong. Mendaki ke puncak Gunung Karang pun bisa kamu lakukan, apalagi buat kamu yang suka mendaki gunung.


  • Alamat : Saninten, Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Wisata Budaya Baduy

Wisata Budaya Baduy

Banten dikenal dengan suku Baduy yang merupakan suku asli di sini. Baduy masuk ke area Desa Kanekes, terdiri dari Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam terdapat 3 kampung, dan di Baduy Luar terdapat 62 kampung. Meski masih sama-sama Badu, Suku Baduy Dalam dan Baduy Luar memegang adat dan budaya yang berbeda.

Baduy Dalam dikenal dengan memegang teguh adat istiadat yang sudah dianut secara turun temurun. Di Baduy Dalam, tidak diizinkan menggunakan shampoo, sabun, pasta gigi, dan bahan kimia lain. Uniknya, di sini ada aturan tidak boleh mengambil gambar menggunakan kamera. Jika kamu suka menggambar, bisa dokumentasikan melalui sketsa.

Baduy Luar dapat dikatakan lebih “bebas” dibandingkan Baduy Dalam. Di sini, boleh menggunakan bahan kimia dan boleh memotret. Masyarakat Baduy Luar pun boleh menggunakan sandal, sedangkan Baduy Dalam tidak boleh. Banyak sekali hal baru yang bisa kamu dapat di sini. Pokoknya, wajib deh ke Baduy!

  • Alamat : Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp8.000

6. Pulau Umang

Pulau Umang

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram