Mau Menghilangkan Penat? Ini 10 Tempat Wisata Seru di Banten

Ditulis oleh Riastri Herliana

Jika Jakarta punya Kepulauan Seribu, Banten punya Pulau Umang. Pulau yang terletak di sebelah barat Banten ini, menyimpan keindahan alam yang masih alami. Pulau seluas 5 hektar ini berbatasan langsung dengan Selat Sunda. Menuju ke sini, kamu perlu menyeberang laut menggunakan speedboat dengan biaya Rp100.000/orang.

Sesampainya di Pulau Umang, kamu akan dimanjakan dengan pasir putih bersih, laut biru yang jernih, dan di sini sudah disediakan berbagai macam penginapan yang bisa membantumu. Di seberang Pulau Umang, ada Pulau Oar yang tak kalah cantik. Bagi kamu yang suka snorkeling, jangan lewatkan untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Oar, ya!

  • Alamat : Sumberjaya, Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari

Gunung Pulosari merupakan salah satu gunung yang ada di Banten dan memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Gunung ini menjadi pusat sumer air se-Provinsi Banten. Jadi, jika kamu mendaki Gunung Pulosari, tidak perlu khawatir akan ketersediaan air di jalur pendakian. Disebutkan juga, track Pulosari sama seperti dengan Gunung Cikuray, namun di sini terdapat track yang landai.

Mendaki Gunung Pulosari, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam. Di sini, terdapat kawah yang berada di ketinggian 1.070 mdpl. Kalau kamu mau nge-camp, bisa bangun tenda di sekitar kawah untuk beristirahat. Setelah turun gunung, kamu bisa menghilangkan lelah dengan bermair air di Curug Putri. Seru!

  • Alamat : Pasireurih, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka

Di Tangerang, terdapat tempat wisata buatan, terbuat dari bekas galian tambang pasir yang sejak tahun 1999 hingga 2005 tidak terurus. Kemudian karena curah hujan cukup tinggi, akhirnya galian ini menampung jumlah air yang sangat banyak. Awal mulanya air yang ada di sini keruh, namun seiring berjalannya waktu, partikel yang membuat keruh tersebut tenggelam.

Setelah itu, warna airnya berubah menjadi biru karena tingkat keasaman yang sangat tinggi. Terkadang, warna air berubah menjadi hijau karena di dalam sini, selain tingkat keasaman yang tinggi, ada pula tanaman alga yang mampu mengubah warna air. Tak hanya satu, di sini terdapat tiga telaga dengan kedalaman yang berbeda-beda, lho.

Keindahan dari warna biru dari telaga ini menjadikannya sebagai lokasi tempat pengambilan foto prewedding favorit bagi warga Kota Tangerang dan sekitarnya.

  • Alamat : Jalan Cigaru, Cisoka, Kota Tangerang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 06.00 – 18.00
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang

Pulau yang terletak di Selat Sunda, antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, salah satunya adalah Pulau Sangiang. Pulau ini memiliki luas 700 hektar, dan merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang banyak disukai orang. Aktivitas snorkeling, jelajah pulau, hingga menyaksikan sunset bisa dilakukan di sini.

Pulau Sangiang terbagi dalam tiga ekosistem, mencakup; Hutan Pantai, Hutan Payau, dan Hutan Dataran Rendah. Di sebelah timur, terdapat Gua Kelelawar yang unik. Kamu bisa melihat lautan lepas dengan gulungan ombak yang sesekali menerjang dinding gua. Pemandangan yang takkan kamu lihat di gua-gua lainnya!

  • Alamat : Pulau Sangiang, Cikoneng, Anyer, Kabupaten Serang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis. Penyeberangan Rp2.000.000/kapal kapasitar maks. 20 orang

10. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Terakhir, ini adalah obyek wisata sangat menarik yang wajib kamu kunjungi. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu situs warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO dengan luas +1000 hektar. Sebelum Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, Ujung Kulon merupakan pertanian subur. Setelah meletusnya Gunung Krakatau, kawasan ini kembali menjadi hutan.


Taman Nasional Ujung Kulon merupakan rumah bagi hewan liar dan dilindungi, salah satunya Badak Bercula Satu. Terdiri dari banyak keindahan alam serta destinasi yang bisa dikunjungi, taman nasional ini takkan habis untuk di-explore. Diantaranya; Pulau Handeleum, Pulau Panaitan, Sungai Cigenter, Padang Rumput Cidaon, Pulau Peucang, hingga Gunung Honje, dan masih banyak lagi!

  • Alamat : Cikawung, Ujungjaya, Kabupaten Pandeglang, Banten
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Weekday Rp5.000, Weekend Rp7.500
  • Tiket Wisata Alam : Rp10.000 – Rp25.000

Sebenarnya masih sangat banyak tempat wisata di Banten yang menarik untuk dikunjungi, namun 10 tempat wisata yang disebutkan merupakan destinasi paling recommended. Oh ya, kalau lagi keluyuran ke Banten jangan lewatin Makanan Khas Banten yang enak banget! Selamat berlibur ya!

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram