Inilah 7 Air Terjun Terbaik di Bantaeng untuk Para Petualang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Bantaeng sebuah Kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki begitu banyak potensi wisata alam. Satu potensi yang menarik untuk dikembangkan adalah wisata alam air terjun. Ada begitu banyak air terjun yang terdapat di Kabupaten Bantaeng yang belum tereksplorasi.

Keindahan air terjunnya tak bisa diremehkan, begitu masih alami karena belum terlalu banyak campur tangan manusia di sana. Begitu banyaknya air terjun di Bantaeng, tetapi hanya beberapa yang mungkin sudah amat dikenal luas oleh masyarakat.

Begitu banyak air terjun yang masih jarang dikunjungi bahkan mungkin belum dikenal sama sekali. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi wisata air terjun di Bantaeng yang mesti kamu coba eksplorasi.

Baca juga: 10 Makanan Khas Bantaeng, Kuliner Lezat dari Sulawesi Selatan

1. Air Terjun Simoko

Air Terjun SimokoSumber: instagram.com
  • Alamat: Kel. Campaga, Kec. Tompobulu, Kab. Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 06.00 – 18.00 WITA
  • HTM:Rp5.000

Air Terjun Simoko merupakan destinasi wisata yang masih alami. Alam sekitarnya masih tetap terjaga dengan baik. Rimbunnya tanaman hijau membuat suasana air terjun terasa asri dan juga menenangkan.

Pengunjung akan merasa damai dengan suasana yang dihadirkan oleh air terjun ini. Ketinggiannya diperkirakan sekitar 50 meter dengan jalur perjalanan yang cukup menantang.

Suasana yang sejuk dan menyegarkan dari air terjunnya membuat orang rela datang kemari berulang kali. Berenang dan juga berendam di kolam yang terdapat di bawah air terjunnya menjadi aktivitas yang banyak dilakukan oleh pengunjung.

Jika kamu tidak dapat berenang, kamu dapat tetap bermain air di tepian airnya yang terdapat batu-batu besar untuk kamu beristirahat.

2. Air Terjun Bissappu

Air Terjun BissappuSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Bonto Salluang, kec. Bissappu, Kab Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp3.000 – Rp5.000

Ketinggian air terjunnya yang sekitar 80 meter, menjadi satu daya tarik dari Air Terjun Bissappu. Air terjun ini tetap mengalir bahkan saat musim kemarau. Pemandangan alam di sekitar terlihat asri dan indah, terutama saat kamu melihatnya dipagi hari.

Sinar matahari yang jatuh menyinari air terjun dan menerpa tumbuhan hijaunya membuat suasana semakin terasa syahdu.

Jalan menuju air terjun ini lebih mudah jika dibandingkan dengan menuju Air Terjun Simoko. Pembangunan akses menuju air terjunnya kini membuat berwisata ke tempat ini jauh lebih nyaman.

Jalan yang tidak lagi licin, lalu ada menara pandang tempat pengujung menikmati air terjunnya. Pengunjung akan dapat memiliki spot berswafoto yang lebih nyaman.


3. Air Terjun Bialo

Air Terjun BialoSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Pattaneteang, Kec. Tompobulu, Kab Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp8.000

Daya tarik dari Air Terjun Bialo adalah air yang yang bersih dan juga jernih. Selain itu pemandangan disekitar air terjunnya yang juga indah dengan kicauan burung yang menghiasinya menjadikan air terjunnya tempat yang pas untuk melepas stres.

Pengunjung dapat menikmati air terjunnya yang jernih dengan berenang atau bermain-main di kolam yang terdapat di bawah air terjunnya.

Perjalanan menuju air terjun ini cukup memerlukan energi yang ekstra dengan melalui jalanan yang menanjak dan juga berkelok-kelok. Sebaiknya perjalanan dilakukan di pagi hari saat udara masih terasa lebih segar.

Selain itu pemandangan selama menuju air terjunnya pun sama indahnya dengan hamparan hijau areal persawahan, kebun rambutan, durian, kopi, cengkeh, serta coklat.

4. Air Terjun Bantimurung Salluang

Air Terjun Bantimurung SalluangSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Bonto Salluang, Kec. Bissapu, Kab Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Gratis

Air Terjun Bantimurung merupakan satu air terjun yang masih natural karena belum banyak terjamah manusia. Air terjun diperkirakan memiliki ketinggian 50 meter yang jatuh pada sebuah tebing batu yang memiliki kontur yang cukup unik.

Pada sisi kanan dan kiri air terjun terdapat pepohonan hijau yang membuat suasana air terjun terasa sejuk dan juga asri. Perjalanan menuju air terjun ini menjadi petualangan tersendiri bagi pengunjung. Hal itu dikarenakan akses menuju air terjunnya cukup sulit.

Jalan yang harus dilalui oleh pengunjung cukup sempit dan juga terjal. Pengunjung air terjun ini harus menyiapkan kondisi badan dalam keadaan yang prima. Lelahnya perjalanan akan diganjar dengan berenang dan bermain-main di sekitar air terjunnya.

5. Air Terjun Cekala

Air Terjun CekalaSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Parampangi, Kec. Sinoa, Kab Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

Air Terjun Cekal merupakan air terjun yang belum dikelola secara resmi sehingga air terjun ini masih natural dan terbilang jarang terjamah manusia. Air nya terjunnya berada di dalam hutan sehingga pas untuk tempat menenangkan diri.

Air terjunnya yang tinggi dan dipadu dengan alam sekitar yang masih alami, menjadikan tempatnya pas untuk melarikan diri dari penatnya bekerja sehari-hari.

Jika kamu berminat mengunjungi tempat ini, yang harus kamu persiapkan adalah stamina yang cukup kuat. Akses di menuju air terjunnya terbilang cukup menantang.

Kamu akan diajak menuruni jalan setapak di cukup terjal di dalam hutan. Sepanjang perjalanannya hanya ada rimbunnya pepohonan yang menemani perjalanan, sebelum sampai ke air terjun untuk berenang dan bermain air.

6. Air Terjun Eremerasa

Air Terjun EremerasaSumber: instagram.com
  • Alamat: Ds. Kampala, Kec. Eremerasa, Kab Bantaeng, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka: 24 Jam
  • HTM: Rp5.000

Satu lagi air terjun cantik yang harus kamu kunjungi, yaitu Air Terjun Eremerasa. Air terjun ini tidak kalah cantik dengan air terjun yang telah lebih dulu terkenal. Air terjun ini tidak pernah berhenti mengalir walaupun sedang musim kemarau.

Panorama di sekitar air terjun terasa sangat natural dan menenangkan dengan banyaknya tumbuhan hijau yang rimbun di sela-sela air terjunnya.

Air terjunnya yang bersih dan juga segar, memikat orang untuk berenang dan juga bermain air. Air terjunnya jatuh pada tebing batu yang banyak ditumbuhi tumbuhan hijau terlihat unik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram