Keluyuran / Wisata Jogja / 7 Air Terjun di Bantul dengan Pemandangan yang Ciamik

7 Air Terjun di Bantul dengan Pemandangan yang Ciamik

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Februari 2020

Bukan hanya curug di Tasikmalaya atau Majalengka saja yang bisa membuat kamu terpukau karena keindahannya. Ada beberapa air terjun di Bantul yang juga sangat amat wajib untuk kamu kunjungi, terutama saat kamu hendak berlibur ke Yogyakarta.

Nah, Keluyuran punya rekomendasi 7 air terjun di Bantul yang pemandangannya nggak kalah ciamik. Curug apa sajakah itu? Simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Curug Pulosari

curug pulosari curug di bantul

Salah satu objek wisata air terjun atau curug yang terkenal di Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di Bantul adalah air terjun Pulosari. air terjun ini menjadi destinasi pilihan warga ketika ingin berlibur.

Air terjun Pulosari masih terbilang alami, lingkungan sekitarnya pun masih asri. Pemandangan yang ditawarkan tentu sangat memanjakan mata. Sayang, air terjun ini punya debit air yang sedikit kala musim kemarau tiba.

Namun di saat musim hujan, airnya tentu melimpah ruah. Bahkan kamu dapat mandi di air terjun juga. Tapi, dimohon untuk tetap berhati-hati kalau ingin melakukan aktivitas berenang di air terjun ini, ya. Oh ya, akses masuk ke air terjun ini cukup sulit, jadi kendaraan harus dibiarkan terparkir di lahan yang tersedia.

Tapi tenang, jarak dari tempat parkir menuju air terjun tak begitu jauh, hanya saja jalannya cukup sempit dan jika musim hujan, jalan setapaknya menjadi cukup licin. For your info, di sini sudah tersedia fasilitas umum yang dapat digunakan, salah satunya adalah toilet. Tertarik untuk mengunjungi air terjun Pulosari?

  • Alamat: Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Air Terjun Banyunibo

Curug banyunibo curug di bantul 2

Air terjun Banyunibo pun bisa kamu kunjungi kala melancong ke Bantul, Yogyakarta. Tak kalah dengan air terjun Pulosari, curug ini juga menawarkan pemandangan yang cantik serta alam sekitarnya masih sangat asri.

Serupa dengan air terjun Pulosari, air di air terjun Banyunibo pun melimpah saat musim hujan tiba dan mengering saat musim kemarau panjang melanda. Dan tentu, saat airnya cukup banyak dan jernih, kamu bisa berenang di sini.

Tertarik untuk mengunjungi air terjun Banyunibo? Oh ya, sayangnya, kalau kamu membawa kendaraan roda empat, tidak ada akses jalan menuju ke air terjun ini karena jalannya hanya tersedia untuk kendaraan roda dua saja. Air terjun Banyunibo ada di Kecamatan Pajangan Bantul, Yogyakarta. Objek wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 4 sore.

  • Alamat: Kabrokan Kulon, Kabrokan Wetan, Sendangsari, Kec. Pajangan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-16.00 WIB

3. Air Terjun Lepo Dlingo

curug lepo dlingo curug di bantul

Selanjutnya, ada curug atau air terjun Lepo Dlingo. Lokasi air terjun ini bisa dibilang berada tak jauh dari pusat kota, yakni berjarak sekitar 1,5 jam saja. Rasa lelah yang dirasa akan hilang kala sampai di air terjun Lepo Dlingo yang indah ini.

Ya, air terjun Lepo Dlingo masih tak terjamah tangan manusia, lho. Meski tingginya tak lebih dari 20 meter, banyak orang yang berbondong-bondong datang ke lokasi untuk menyaksikan indahnya air terjun ini.

Memang, debit airnya tak banyak saat musim kemarau. Namun tentu hal tersebut tidak menyurutkan keinginan para pengunjung untuk datang ke air terjun Lepo Dlingo. For your information, di sekitar sini sudah ada fasilitas umum berupa toilet dan juga lahan parkir yang cukup memadai.

Kalau kamu lapar, kamu bisa jajan-jajan cantik di warung yang juga berada di sekitar lokasi objek wisata air terjun Lepo Dlingo. Nah, untuk bisa masuk ke sini, kamu dikenakan biaya masuk. Tapi tenang, tiket masuknya nggak mahal, kok. Satu orangnya diperkenankan membayar biaya sebesar Rp 2 ribu sampai dengan Rp 5 ribu saja.

  • Alamat: Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Pokoh I, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Harga Tiket Masuk: Di bawah Rp 10.000 per orang

4. Air Terjun Randusari

curug randusari curug di bantul

Kalau ke Bantul, jangan lupa kunjungi air terjun Randusari. Objek wisata ini juga banyak diminati masyarakat dan wisatawan, lho. Tak heran, karena saat debit airnya banyak, pemandangan yang disuguhkan oleh air terjun ini sangat indah sekali.

air terjun ini cocok untuk digunakan berenang. Kamu juga bisa bersantai, foto-foto atau sekadar mengamati pemandangan alam yang cantik

Sama halnya dengan air terjun di Bantul lain yang sudah dibahas, air di air terjun Randusari juga menipis ketika musim kemarau. Oh ya, kalau kamu ingin kemari, siapkan fisik yang cukup kuat karena kamu tidak bisa membawa kendaraan ke lokasi air terjun dan harus berjalan kaki.

Untuk bisa memasuki air terjun ini, kamu hanya perlu membayar biaya seikhlasnya saja. Di sini, ada juga fasilitas umum seperti toilet atau kamar ganti, serta gazebo untuk bersantai. Jangan lupa bawa makanan atau bekal karena di lokasi curug belum ada penjual makanan.

  • Alamat: Jl. Randusari, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00-17.00 WIB

5. Kedung Pengilon

kedung pengilon bantul

Next, ada Kedung Pengilon. Di musim hujan, air terjun ini juga dialiri air yang terbilang deras. Sehingga, para wisatawan bisa berenang di genangan airnya. Tapi di musim kemarau, airnya surut, jadi kurang cocok untuk digunakan berenang.

Selain berenang, di Kedung Pengilon, kamu juga bisa foto-foto hingga bersantai, menikmati pemandangan sekitar yang memanjakan mata. Akses jalan menuju lokasi air terjun ini cukup sulit, hanya ada jalan setapak saja.

Jadi, kamu yang tertarik untuk berkunjung kemari dengan kendaraan, mau tidak mau harus memarkirkan kendaraan di lahan atau rumah warga. Oh ya, kalau kamu nggak bisa berenang, kamu bisa menyewa ban atau pelampung dari warga sekitar.

  • Alamat:  Petung, Bangunjiwo, Kasihan, Petung, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

6. Air Terjun Tuwondo

curug tuwondo bantul 2

Air terjun Tuwondo yang berlokasi di Kecamatan Piyungan juga nggak kalah menarik dari objek wisata serupa yang ada di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. air terjun ini juga pemandangannya sangat cantik nan memukau.

Debit air cukup deras ketika hujan tiba. Namun sayang, airnya kering saat kemarau. Jadi, kalau tertarik untuk berkunjung kemari, usahakan untuk datang saat musim penghujan. Akses jalan menuju air terjun hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja. Namun, untuk bisa sampai di air terjun, kamu harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki.

Namun, kamu nggak usah khawatir karena jarak dari tempat parkir ke lokasi air terjun tidak begitu jauh. Dan rasa capek yang kamu alami akan terbayar dengan keindahan pemandangan air terjun Tuwondo.

  • Alamat: Lemah Abang, Banyakan 3, Sitimulyo, Kec. Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Nomor Telepon: (0274) 9156691

7. Kedung Tolok

kedung tolok bantul

Air terjun atau curug Kedung Tolok yang ada di Selopamioro juga wajib banget untuk kamu kunjungi kalau berlibur ke Yogyakarta, nih. Di sini, curugnya punya tiga tingkatan yang berbeda, lho.

Serupa dengan air terjun lain yang sudah kita bahas, air curug ini surut ketika musim kemarau dan mengalir deras ketika musim penghujan. For your info, akses jalan menuju air terjun cukup sulit dan hanya bisa dilalui satu kendaraan saja.

Jadi, kalau kamu mau berkunjung kemari, usahakan untuk memarkirkan kendaraanmu di lahan yang tersedia. Di lokasi curug ini ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Tapi sayang, belum banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya. Jadi, tak ada salahnya bagi kamu untuk membawa bekal sendiri.

  • AlamatSelopamioro, Imogiri, Siuk 1, Selopamioro, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nah, itu tadi ketujuh air terjun di Bantul yang wajib untuk kamu kunjungi. Kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata serupa yang ada di Yogyakarta, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *