Mau Wisata Alam? Kunjungi 10 Air Terjun di Banyuwangi Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyuwangi merupakan kabupaten di Jawa Timur yang terletak di ujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi menjadi tempat singgah bagi traveler yang hendak menuju Bali menggunakan kapal laut. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Jember, dan Kabupaten Situbondo. Banyuwangi menjadi kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Banyuwangi menyimpan banyak sekali wisata alam yang menarik. Destinasi yang paling terkenal saat ini adalah Kawah Ijen, De Djawatan, dan Pulau Merah. Tidak hanya itu saja, di Banyuwangi terdapat air terjun yang memesona. Berikut ini ulasan 10 air terjun di Banyuwangi yang menarik untuk dikunjungi ketika keluyuran ke timur Pulau Jawa.

1. Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon

Air Terjun Pertemon merupakan salah satu pesona yang terletak di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi. Air terjun ini bisa dibilang masih sangat alami. Belum banyak wisatawan yang mengunjungi Air Terjun Pertemon ini. Destinasi wisata ini berjarak kurang lebih 1 kilometer dari Jalan Raya Songgon.

Air Terjun Pertemun sangat unik karena aliran airnya muncul dari celah jurang yang sangat sempit. Di sekitar dinding jurang ditumbuhi lumut tipis, membuat tempat ini memiliki udara yang sangat sejuk dan menyegarkan. Kolam alami di air terjun ini aman untuk berenang karena kedalamannya hanya sekitar 1 meter.

  • Alamat : Bayurejo, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang
  • Kontak : 0822-3134-9292

2. Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir

Air Terjun Jagir  dikenal sebagai air terjun three in one karena terdapat tiga sumber mata air yang ada di sini. Air terjun yang pertama berada di bawah badan jalan, dengan ketinggian 10 meter dan sering disebut sebagai air terjun kembar. Kedua, berada di belakang rumah warga dan disebut air terjun bersaudara. Ketiga, letaknya berada di dalam dan perlu melewati jalur berbatu selama 15 – 20 menit.

Lokasi Air Terjun Jagir masih satu arah dengan Gunung Merapi atau dikenal dengan Kawah Ijen. Jadi, kamu bisa menjadikan destinasi ini sebagai pilihan setelah turun dari Kawah Ijen. Selain memiliki aliran air alami yang menyegarkan, Air Terjun Jagir sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti kantin tradisional, toilet, hingga musholla.

  • Alamat : Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang

3. Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Air Terjun Telunjuk Dewa Raung

Gunung Raung merupakan gunung ter-extreme di Pulau Jawa dengan Puncak Sejati sebagai puncak tertingginya. Di sekitar Gunung Raung, ada banyak destinasi wisata yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk istirahat setelah lelah mendaki Gunung Raung. Salah satunya adalah Air Terjun Telunjuk Raung yang berada di lereng Gunung Raung.

Air Terjun Telunjuk Raung berjarak 40 km dari pusat kota Banyuwangi, dengan waktu tempuh kurang lebih 90 menit menggunakan kendaraan bermotor. Meski jauh dari pusat kota, jalur menuju Air Terjun Telunjuk Raung sangat indah dengan hutan sepanjang jalan yang masih asri dan belum banyak disentuh wisatawan.

  • Alamat : Sumber Asih, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 06.00 – 18.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0852-3308-7178

4. Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor

Air Terjun Bayu Lor merupakan salah satu air terjun yang terletak di lereng Gunung Raung, dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini dikelilingi oleh tanaman kopi cengkeh dan tanaman pisang abaka. Air Terjun Bayu Lor berjarak 35 km dari pusat kota Banyuwangi dan 22 km dari Rogojampi.

Di sekitar Air Terjun Banyu Lor sudah disediakan penginapan yang tak hanya memberikan fasilitas menginap saja. Tetapi juga, di sini kamu bisa menikmati buah-buahan yang terdapat di kebun penginapan. Kamu bisa mencoba beragam buah-buahan segar yang langsung dipetik dari pohonnya.

  • Alamat : Kentangan, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  •  Tiket Masuk : Gratis

5. Air Terjun Lider Songgon

Air Terjun Lider Songgon

Tidak hanya Air Terjun Telunjuk Raung saja, di lereng Gunung Raung ada juga Air Terjun Lider yang terletak di Desa Sumber Arum, Kecamatan Songgon. Air terjun ini berjarak sekitar 45 km dari pusat Kota Banyuwangi. Air Terjun Lider cocok dikunjungi bagi kamu yang tidak suka tempat ramai karena akses menuju ke sini cukup sulit, sehingga masih jarang pengunjung yang datang.

Letak Air Terjun Lider sangat tersembunyi, dan berada di hutan belantara. Air terjun ini terletak di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut dengan tinggi air terjun sekitar 60 meter. Hal yang membuat air terjun ini memesona adalah adanya tebing yang menggantung di sisi kiri dan kanan.

  • Alamat : Bejong Kampung Dani, Lider, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Rp3.000/orang

6. Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten

Air Terjun Tirto Kemanten merupakan salah satu air terjun di sisi selatan lereng Gunung Raung yang berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Banyuwangi. Jalur menuju Air Terjun Tirto Kemanten melewati perkebunan kopi dan cokelat yang merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda.

Air Terjun Kemanten yang disebut juga sebagai Air Terjun Kembar ini memiliki tinggi 10 meter. Di dekat air terjun terdapat joglo yang terbuat dari kayu. Bisa digunakan untuk bersantai oleh pengunjung sambil menikmati segarnya air terjun. Selain itu, ada juga joglo tanpa dinding yang terletak di pinggir tanggul dan berhadapan dengan air terjun.

  • Alamat : Sumber Baru, Kalibaru Wetan, Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

7. Air Terjun Legomoro

Air Terjun Legomoro

Air Terjun Kembar Legomoro merupakan salah satu air terjun yang terletak di Hutan Tengkorak Glenmore, Banyuwangi. Meski penamaan hutan tampak mengerikan, bukan berarti tempat ini menyeramkan. Nyatanya, Air Terjun Legomoro sangat cantik dengan aliran air alami dari Gunung Raung yang mengalir deras ke sungai.

Air Terjun ini disebut sebagai Air Terjun Kembar karena di sini terdapat dua aliran air terjun yang mengalir dari lereng Gunung Raung. Air Terjun Kembar memiliki ketinggian 10 meter, dan aliran airnya jatuh ke kolam semi alami yang kemudian membentuk sungai kecil. Di sini terdapat berbagai permainan seru, salah satunya menyusuri sungai menggunakan ban karet.

  • Alamat : Sidoluhur, Sepanjang, Glenmore, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 05.00 – 17.00 WIB
  • Tiket masuk : Rp5.000/orang
  • Kontak : 0822-3662-0647

8. Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang Arum

Air Terjun Selendang Arum merupakan salah satu air terjun di Pegunungan Ijen yang terletak di  antara Gunung Merapi atau Ijen dan Gunung Raung. Air Terjun Selendang Arum mengalir dari ketinggian 20 meter melewati dinding bebatuan yang mengkilap dan membuat aliran air nampak seperti selendang.

Air Terjun Selendang Arum berjarak kurang lebih 38 km dari pusat kota Banyuwangi. Jalur menuju air terjun ini melewati perkebunan cengkeh ke Desa Sumberarum. Setibanya di desa, akan ditunjukkan warga setempat arah ke Air Terjun Selendang Arum yang berjarak 500 meter dari pemukiman penduduk.

  • Alamat : Bayurejo, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis
  • Kontak : 0822-3134-9292

9. Air Terjun Giri Asih

Air Terjun Giri Asih

Air Terjun Giri Asih masih satu jalur dengan Air Terjun Selendang Arum. Tepatnya berada di atas Air Terjun Selendang Arum. Namun, karena akses menuju ke air terjun ini terbilang masih sulit, jadi jarang pengunjung yang datang ke sini. Meski begitu, tempat ini tetap disarankan untuk dikunjungi.

Air Terjun Giri Asih mengalir dari ketinggian 25 meter yang mengalir cukup deras ke kolam alami yang berbatu. Jalan menuju air terjun ini, kamu perlu melewati pesawahan dan akses menuju ke bawah cukup curam. Setibanya di air terjun, lelahmu akan terbayarkan dengan bermain air di sekitar Air Terjun Giri Asih.

  • Alamat : Bayurejo, Bayu, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis

10. Air Terjun Lereng Raung

Air Terjun Lereng Raung

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Lereng Raung terletak di lereng Gunung Raung yang berjarak 40 km dari pusat kota Banyuwangi, dan 32 km dari Kabupaten Jember. Air terjun ini baru ditemukan oleh warga setempat pada tahun 2018. Sudah jelas kalau Air Terjun Lereng Raung masih sangat alami dan belum terjamah.

Air Terjun Lereng Raung awal mulanya hanya terdapat satu aliran air. Namun karena pernah terjadi banjir, akhirnya muncul satu air terjun lagi yang berdampingan. Jadi mirip seperti air terjun kembar. Aliran air di Air Terjun Lereng Raung sangat jernih dan bisa langsung diminum.

  • Alamat : Kampung Anyar, Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket masuk : Gratis
  • Kontak : 0823-3010-7169

Itulah 10 air terjun yang bisa dikunjungi ketika keluyuran ke Banyuwangi. Ternyata, bukan hanya Kawah Ijen dan De Djawatan saja destinasi yang menarik di Banyuwangi. Yuk, keluyuran ke kabupaten tempat dimana suku Osing berada!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *