Keluyuran / Cianjur / Yuk Refreshing ke 10 Wisata Air Terjun di Cianjur Ini

Yuk Refreshing ke 10 Wisata Air Terjun di Cianjur Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 April 2019

Indonesia merupakan negara kepulauan tropis yang tak ada habisnya menyajikan pesona serta panorama alam yang sangat memukau layaknya potongan surga yang telah Tuhan sematkan secara khusus di tanah ibu pertiwi ini, khususnya Cianjur. Memiliki luas daerah 350.148 km2 , Cianjur menyajikan keindahan alam yang dapat memanjakan mata bagi siapa saja yang melihatnya.

Menjadi kota yang kaya akan wisata termasuk wisata alamnya, Cianjur telah dikenal ke berbagai daerah berkat keunggulan wisatanya yang sangat menakjubkan. Salah satu objek wisata alam yang paling unggul di Kabupaten Cianjur yaitu “Curug” atau yang dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan air terjun.

Ya, Cianjur menjadi kota yang memiliki air terjun cukup banyak terutama Cianjur bagian Selatan atau yang biasa disebut “Pakidulan”. Air terjun tersebut, tentu memiliki panorama alam yang sangat indah sehingga wajib kamu kunjungi. Keluyuran telah merangkum daftar air terjun yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Cianjur. Yuk, segera disimak!

1. Curug Citambur

Curug Citambur

* sumber: coretanyusuf.blogspot.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa Cianjur memiliki banyak sekali Curug atau Air Terjun terutama daerah selatan. Salah satu Air terjun yang paling terkenal ke berbagai daerah karena keeksotisannya adalah Curug Citambur yang mampu mengundang banyak minat para wisatawan dari berbagai daerah untuk berkunjung.

Curug Citambur terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Namanya diambil dari mitos masyarakat setempat yang menyebutkan bahwa dahulu kala di Curug ini sering terdengar suara alat musik Tambur yaitu alat musik pukul, sehingga saat ini disebut Citambur.

Lokasi Air Terjun ini agak jauh dari jalan utama sehingga disarankan bagi kamu yang hendak berkunjung untuk membawa kendaraan pribadi. Memiliki ketinggian 116 meter, dengan debit air yang cukup besar, area Curug Citambur selalu diselimuti kabut tipis serta suhu yang dingin.

Karena debit airnya yang cukup besar, para pengunjung tidak disarankan untuk mandi di bawahnya karena dapat membahayakan. Namun, jangan khawatir, berfoto dengan latar Air terjunnya yang indah juga sangat memuaskan, kok.

2. Curug Dadali

Youtube

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=gmFX1xCDWVY

Selanjutnya ada Curug Dadali yang keindahannya tak kalah dari Curug-Curug lainnya yang berlokasi di Waringinsari, Takokak, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Curug ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berbentuk memanjang dengan airnya yang jatuh menyerupai tirai-tirai yang instagrammable untuk diabadikan.

Meskipun perjalanan yang harus ditempuh menuju Curug Dadali ini cukup jauh dan tentunya melelahkan, akan tetapi semuanya akan terbayar oleh keeksotisan Curug yang sangat memukau dengan suhu dinginnya yang akan membuatmu semakin fresh dan ingin berlama-lama di tempat ini.

3. Curug Cikondang

Curug Cikondang

* sumber: picnicincianjur.blogspot.com

Terletak di Wangunjaya, Campaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Curug Cikondang sering disebut-sebut sebagai Niagaranya Indonesia berkat keindahannya yang mampu memanjakan mata para pengunjung. Curug ini berlokasi strategis karena berdekatan dengan objek wisata lainnya yaitu Gunung Padang dan Terowongan Lampegan.

Curug ini memiliki debit air yang cukup besar sehingga suara gemuruh dari airnya yang jatuh terdengar sangat keras dan menghasilkan kabut tipis di sekitarnya. Di sekitar Air Terjun, terdapat batu-batu besar yang akan menambah keestetikaan saat berfoto. Tak hanya itu, kebun teh dan persawahan yang indah juga ikut menghiasi Curug Cikondang ini.

4. Curug Cibeureum

Curug Cibereum

* sumber: udaindra.blogspot.com

Yang satu ini bukan lagi Air Terjun yang berada di Cianjur Selatan, melainkan Cianjur bagian barat yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang bernama Curug Cibeureum. “Ci” artinya air, dan “bereum” artinya merah. Nama ini diambil karena konon, dahulu kala air di Curug ini berwarna merah.

Berlokasi di Desa Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, di area yang sama juga terdapat 2 Air terjun lainnya yaitu Curug Dengdeng dan Curug Cikundul yang memiliki ketinggian 40-50 meter. Untuk bisa ke tempat ini, sudah ada jalur angkot khusus yang bisa kamu temukan di Istana Presiden Cipanas dengan arah Cibodasan.

5. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

* sumber: ngabolangngabolang.blogspot.com

Sebelumnya dikatakan bahwa di sekitar Curug Cibereum juga terdapat dua curug lainnya yang salah satunya bernama Curug Dengdeng. Namun Curug Dengdeng yang satu ini berbeda karena berlokasi di Kampung Cadas, Desa Wangun Jaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sayangnya, Curug Dengdeng ini masih kurang perhatian serius pemerintah, padahal keindahan dari Curug ini sangat menjanjikan jika dikelola sebaik mungkin. Karena belum dikelola sebaik mungkin oleh pemerintah atau badan terkait, Curug ini tidak dikenakan tiket masuk, akan tetapi cukup dengan membayar parkir saja.

6. Curug Ciastana

Curug Ciastana

* sumber: www.tempatwisataterdekat.com

Selanjutnya ada Curug Ciastana yang berada di Jl. Curug Ciastana, Desa Bojongkasih, Kecamatan Kadupandak, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur. Air terjun yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki kumpulan air yang menyerupai kolam di bawahnya yang bisa dijadikan sebagai tempat berenang bagi pengunjung.

Untuk bisa datang ke tempat ini, para pengunjung harus menggunakan kendaraan roda dua karena jalannya yang sempit dan berbatu. Tak ada biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan oleh para pengunjung, hanya saja para pengunjung harus membayar parkir sebesar Rp 2.000 saja per motornya.

7. Curug Ngebul

Instagram

*sumber: https://www.instagram.com/anang_nawansyah/

Memiliki ketinggian kira-kira 100 meter dengan debit air yang besar, Air terjun ini diberi nama “Curug Ngebul” karena airnya yang jatuh menghasilkan asap atau kabut-kabut di sekitar yang dalam bahasa sunda disebut “Ngebul”. Air terjun ini terletak di Bunijaya, Pagelaran, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berjarak 72 Km dari pusat Kabupaten Cianjur, Air terjun yang tersembunyi jauh di selatan ini memberikan panorama alam yang menakjubkan. Dimulai dari lereng-lereng gunung yang menjulang tinggi, kabut dari percikan airnya yang berdebit besar, hingga suhu udaranya yang sejuk, sangat cocok dijadikan sebagai tempat refreshing.

8. Curug Ciismun

Curug Ciismun

* sumber: www.triptrus.com

Berbeda dengan Air terjun lainnya, Air terjun ini berada tepat di dalam Kebun Raya Cibodas yang sudah terkenal ke berbagai tempat. Memiliki ketinggian kurang lebih 25 meter, Air terjun ini bernama “Curug Ciismun”. Masih di area yang sama, terdapat Air terjun lainnya, yaitu “Curug Cibogo”.

Berlokasi di Sindangjaya, Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Air Terjun ini tak pernah sepi pengunjung. Terlebih jika musim liburan tiba, Air Terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun asing. Tempatnya yang sejuk, mengajak para pelancong untuk berlama-lama tinggal di tempat ini.

Tak hanya Air Terjun, Kebun Raya Cibodas juga memiliki danau yang indah serta tempat piknik yang luas sehingga tak heran banyak orang dari berbagai daerah menjadikan Cibodas sebagai lokasi untuk menghabiskan liburannya.

9. Curug Kubang

Curug Kubang

* sumber: wisatalengkap.com

Curug Kubang atau yang memiliki nama lain Curug Ciliunggunung terletak di Padasuka, Cibinong, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bernama Curug Kubang karena di bawahnya terdapat kubangan air yang cukup besar. Akses menuju Curug ini cukup jauh dan melelahkan. Akan tetapi, semua rasa lelah akan terbayar oleh keindahan yang ditawarkan.

Air Terjun ini belum dikelola oleh pemerintah setempat atau badan terkait sehingga tidak dikenakan biaya tiket masuk. Curug ini dikelilingi oleh tebing curam yang ditumbuhi pepohonan. Di sekeliling curug juga terbentang sawah yang luas dan ikut memperindah pemandangan.

10. Curug Walanda

Curug Walanda

* sumber: wisatalengkap.com

Yang terakhir ada Curug Walanda sebagai salah satu Air terjun yang wajib kamu kunjungi ketika berlibur. Berlokasi di Batulawang, Cibinong, Cianjur Selatan, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Curug Walanda ini masih sepi pengunjung sehingga akan lebih leluasa ketika mengabadikan moment atau berfoto.

Curug Walanda memiliki dua buah Air terjun yang berdampingan dengan debit air yang cukup besar. Untuk bisa pergi ke Air terjun ini bisa dilakukan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki. Tiket masuk ke Curug Walanda ini terbilang murah yaitu hanya Rp 5.000 saja.

Nah, itu dia beberapa referensi Air Terjun yang ada di Kabupaten Cianjur yang wajib kamu kunjungi yang pastinya akan memberimu pengalaman yang tak terlupakan, terlebih jika dilakukan bersama orang-orang terkasih. Yuk, melepas lelah serta kepenatan jam kantor dengan pergi refreshing ke salah satu Air Terjun yang ada di Cianjur!

Baca juga artikel tempat wisata di Cianjur ini jika kamu berniat melanjutkan pelesirmu ke tempat wisata lain selain air terjun.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar