Ini 10 Air Terjun di Jawa Timur yang Menyegarkan Pikiranmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia sangat kaya dengan alam. Banyaknya gunung di Indonesia, membuat negeri ini memiliki banyak air terjun yang cantik dan menyejukkan. Selain pantai, air terjun juga dapat membuatmu rileks dari kesibukan sehari-hari. Berada di ketinggian dengan udara yang dingin, akan menyegarkan pikiranmu!

Jika kamu pendaki gunung, pasti tahu betul sensasi menyegarkan tubuh di air terjun. Di Jawa Timur yang terkenal dengan Gunung Semeru, ada banyak air terjun yang bisa kamu kunjungi lho. Ini dia, 10 air terjun di Jawa Timur yang akan menyegarkan pikiranmu. Dari 10 rekomendasi yang Keluyuran tulis, ada beberapa yang sudah sangat terkenal. Apa saja sih? Disimak yuk!

1. Coban Canggu

Coban Canggu

Air terjun yang terletak di sebelah selatan Surabaya dan utara Malang ini bernama Coban Canggu. Secara administratif, air terjun ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Coban Canggu cukup mudah diakses dari Surabaya, Malang, maupun Jember. Akses menuju ke sini berupa jalan lebar dengan medan yang menanjak dan berkelok.

Coban Canggu memiliki ketinggian kurang lebih 70 – 80 meter. Di sini kamu bisa berendam atau bermain air di kolam alami yang merupakan tempat penampungan air yang jatuh. Cocok menjadi tempat melepas penat di Mojokerto.

  • Alamat : Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk: Rp7.000

2. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru

Jika kamu travel addict, pasti sudah tidak asing dengan air terjun yang satu ini. Memiliki penamaan yang unik, Air Terjun Kapas Biru menyimpan keindahan yang luar biasa. Hal unik dari air terjun ini adalah, derasnya tumpahan air menyebabkan bagian sisinya berwarna kebiruan, itulah mengapa tempat ini disebut “Kapas Biru”.

Air Terjun Kapas Biru terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Fasilitas yang disediakan masih terbatas, hanya dilengkap dengan tempat parkir, pondok untuk istirahat, musholla, toilet, dan warung makanan. Meski begitu, air terjun ini tetap worthed untuk dikunjungi.

  • Alamat : Pronojiwo, Mulyoarjo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp7.000

3. Air Terjun Tirtosari Sarangan

Air Terjun Tirtosari Sarangan

Magetan merupakan kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Letak geografisnya, tepat berada di kaki dan lereng Gunung Lawu. Di sini terdapat tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Tirtosari Sarangan namanya. Air terjun yang memiliki ketinggian 50 meter ini memiliki pemandangan yang sangat unik.

Diapit dengan dua beton yang dijadikan sebagai anak tangga untuk melihat air terjun lebih dekat, tempat ini sangat memungkinkan bagi kamu menikmati air terjun tanpa perlu basah-basahan. Air yang jatuh dari atas, mengalir ke gundukan seperti tangga. Di sini juga disediakan camping ground buat kamu yang suka camping!

  • Alamat : Ngluweng, Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

4. Air Terjun Goa Luweng

Air Terjun Goa Luweng

Apa yang kamu ketahui tentang Blitar? Kota kecil di Jawa Timur yang merupakan tempat dimana Bung Karno dimakamkan ini, menyimpan banyak destinasi wisata. Salah satunya, Air Terjun Goa Luweng. Destinasi wisata yang masih terbilang baru ini cukup sepi pengunjung, dan hanya ramai bila hari libur tiba.

Tempat ini sebenarnya merupakan goa, namun di dalamnya terdapat dua pintu. Pintu pertama, merupakan pintu masuk air dari pegunungan yang nampak seperti air terjun. Kemudian ada pintu kedua, yang merupakan pintu keluar air. Kamu bisa menikmati air terjun ini dengan berenang ataupun hanya duduk di dekat kolam alami.

Alamat : Prodo, Ngrejo, Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur

Waktu Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00

Tiket Masuk : Rp5.000

5. Coban Cinde

Coban Cinde

* sumber: www.jejakpiknik.com

Malang terdapat banyak sekali tempat wisata dari mulai gunung, pantai, hingga air terjun. Salah satunya Coban Cinde yang terletak di Desa Benjor, Kabupaten Malang. Air terjun ini masih sangat asri dan alami, karena belum banyak wisatawan yang mengetahui dan datang ke tempat ini. Buat kamu yang suka menyepi, tempat ini sangat cocok!

Coban Cinde memiliki 7 air terjun. Sejak awal datang ke sini, kamu akan menemukan beberapa air terjun kecil, sebelum akhirnya sampai di air terjun paling besar dan indah yang terletak di paling belakang area air terjun. Perjalanan menuju air terjun ke-7, membutuhkan waktu 2 jam dengan berjalan kaki. Jauh memang, tapi lelahmu akan terbayarkan dengan keindahannya!

  • Alamat : Desa Benjor, Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000

6. Air Terjun Watu Lawang

Air Terjun Watu Lawang

* sumber: sinyoureh.blogspot.com

Dari Malang, bergeser ke Probolinggo. Terdapat air terjun yang diapit oleh tebing tinggi, dan saat memasuki air terjun ini, kamu akan menemukan pintu alami dari batu. Karena itu, tempat ini disebut Air Terjun Watu Lawang. Tempat wisata yang satu ini, belum banyak diketahui wisatawan padahal merupakan salah satu destinasi yang unik di Jawa Timur.

Jalur menuju Air Terjun Watu Lawang masih sangat alami karena belum tersentuh pengelolaan dari pemerintah. Jika membawa kendaraan, kamu bisa menitipkan ke rumah warga sekitar, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju air terjun dengan melewati jalanan yang cukup terjal.

  • Alamat : Petungsari, Ngepung, Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Coban Talun

Coban Talun

* sumber: www.flickr.com

Siapa yang tidak tahu Kota Batu? Kota kecil di sebelah barat Kota Malang ini memiliki banyak sekali pariwisata yang sudah banyak dikenal orang. Salah satunya, Coban Talun, yang merupakan hulu dari Sungai Brantas yang tidak akan pernah surut sekalipun saat musim kemarau datang. Tak heran, air terjun ini sungguh deras dan jernih!

Waktu yang perlu ditempuh untuk bisa sampai di sini adalah 30 menit. Rasa lelah akan terbayarkan dengan segarnya air terjun. Kamu pun bisa minum dari air terjun ini, karena begitu jernih dan segar. Kamu tetap perlu hati-hati di sini, karena debit air yang sangat deras bisa menimbulkan banjir tiba-tiba saat musim penghujan. Keep safe, ya!

  • Alamat : Dusun Wonorejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 17.00
  • Tiket Masuk : Rp10.000

8. Tumpak Sewu

Tumpak Sewu

Nah, kalau air terjun yang satu ini pasti semua tahu. Jika kamu traveling ke Bromo, takkan sulit menemukan tempat ini. Tumpak Sewu namanya. Air terjun yang unik dan memesona, selalu jadi incaran bagi siapapun yang traveling ke Jawa Timur. Disebut “Tumpak Sewu”, karena terdiri dari banyak air terjun yang bisa kamu lihat bersamaan.

Air terjun yang berjajar dan mengalir deras, takkan pernah kamu temukan di tempat manapun. Itulah yang membuat tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi. Akses menuju ke sini sangat mudah, baik untuk kendaraan roda empat ataupun roda dua. Pokoknya, kamu wajib datang ke sini!

  • Alamat : Jl. Raya Dampit – Lumajang No. 16, Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 07.00 – 18.00
  • Tiket Masuk : Rp10.000

9. Air Terjun Tirto Galuh

Air Terjun Tirto Galuh

* sumber: dolanyok.com

Satu lagi air terjun di Blitar. Selain Air Terjun Goa Luweh yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, ada pula Air Terjun Tirto Galuh, atau dikenal juga dengan Kedung Malang. Air terjun ini cukup unik, dan berbeda dengan air terjun lainnya.

Jika air terjun lain memiliki tempat yang tinggi dan air turun dengan sangat deras, berbeda dengan Tirto Galuh. Air terjun kecil dengan banyak gundukan batu yang memungkinkan air untuk mengalir dari sisi mana saja, kemudian berakhir di sungai yang cukup dalam. Kamu bisa berenang di sini, namun tetap berhati-hati, ya!

  • Alamat : Bakung Utara, Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Coban Pelangi

Coban Pelangi

Satu lagi air terjun yang terkenal di Malang. Coban Pelangi, merupakan air terjun yang terletak di kaki Gunung Bromo, dan masuk ke dalam kawasan wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagi kamu yang pernah mendaki Gunung Semeru, tentu tidak asing dengan tempat ini. Sebelum pendaki masuk pos 1, kamu pasti akan melewati Coban Pelangi.

Disebut “Coban Pelangi”, karena ketika cahaya matahari menyinari air terjun, akan muncul pelangi di dasar air terjun. Biasanya, pelangi akan muncul pada jam 10 pagi sampai jam 2 siang. Air terjun ini bisa kamu akses melalui Desa Tumpang, dan diteruskan ke arah Desa Gubug Klakah. Setelah sampai, kamu perlu jalan kaki sejauh 1,5 km dari tempat parkir. Meski lelah, tapi worthed!

  • Alamat : Dusun Ngadas, Desa Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Waktu Operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000

Demikian informasi tentang air terjun di Jawa Timur yang bisa kamu kunjungi supaya pikiran jadi lebih fresh! Kira-kira tempat mana yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *