Yuk, Segarkan Pikiran di 10 Wisata Air Terjun di Kulon Progo!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 26 Desember 2020

Ingin liburan yang tak biasa di Yogyakarta? Jika biasanya liburan ke Yogyakarta mengunjungi Malioboro, Keraton, pantai, hingga lereng Gunung Merapi, kali ini akan membahas tentang wisata air terjun di Yogyakarta. Sudah tahu kan, kalau daerah istimewa ini memiliki berjuta keindahan? Salah satunya adalah tempat menyegarkan pikiran, yaitu air terjun.

Kulon Progo merupakan salah satu wilayah dataran tinggi di Yogyakarta yang menyimpan destinasi wisata menarik. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui ada apa saja di Kulon Progo. Meskipun beberapa tempat cukup ramai dikunjungi wisatawan, ada juga yang masih belum banyak dikenal. Inilah 10 air terjun di Kulon Progo yang bisa kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut

Air terjun yang satu ini, pasti sudah banyak dikenal wisatawan. Dapat dikatakan Air Terjun Kedung Pedut merupakan air terjun paling terkenal di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Pegunungan Menoreh yang memiliki dua warna yang eksotis.

Aliran air dari sumbernya berwarna putih bersih, tetapi ketika sudah ditampung ke dalam kolam alami, airnya berubah menjadi warna tosca. Lokasi air terjun ini cukup tersembunyi. Namun dengan effort yang besar untuk mencapainya, ketika sampai kamu akan dimanjakan dengan keindahan dari Kedung Pedut.

  • Alamat : Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp3.000

2. Air Terjun Kembang Soka

Air Terjun Kembang Soka

* sumber: www.tuguwisata.com

Air Terjun Kembang Soka merupakan salah satu air terjun yang memiliki dua warna, yaitu putih dan hijau tosca. Selain itu, batu alami berwarna kekuningan yang berada di sisi air terjun menambah kecantikan dan keunikan dari Air Terjun Kembang Soka.

Menuju ke Air Terjun Kembang Soka, harus melewati jembatan bambu yang dibuat oleh warga setempat untuk memudahkan wisatawan. Setibanya di lokasi, setiap pengunjung akan disambut oleh cantiknya Air Terjun Kembang Soka yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Jika suka berenang, kamu juga bisa menikmati kesegaran di kolam alaminya.

  • Alamat : Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk ; Rp5.000
  • Kontak : 0852-9212-2131

3. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu

* sumber: www.tuguwisata.com

Tak hanya Karanganyar di Jawa Tengah, Kulon Progo juga memiliki destinasi yang bernama Grojogan Sewu. Air terjun yang dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 2014 ini menjadi salah satu air terjun favorit di Yogyakarta. Air terjun ini pertama kali diperkenalkan oleh mahasiswa KKN dari UGM yang mempromosikannya melalui media sosial.

Grojogan Sewu bisa diakses dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dari tempat penitipan kendaraan. Di sini sudah disediakan beragam fasilitas, seperti gazebo untuk beristirahat, mushola, hingga toilet dan kamar mandi.

  • Alamat : Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp4.000
  • Kontak : 0822-4342-4036

4. Air Terjun Watu Jengger

Air Terjun Watu Jengger

* sumber: iwanwidi.blogspot.com

Air Terjun Watu Jengger atau disebut juga dengan nama Curug Jengger merupakan salah satu air terjun yang cukup tinggi dan alirannya lumayan deras. Bagi kamu yang tidak lancar berenang, tidak disarankan berenang di sini karena kolam alaminya cukup dalam. Namun jika sudah jago berenang, bisa juga menguji adrenalin dengan melompat dari atas panggung kayu.

Air Terjun Watu Jengger masih alami dan belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Meski begitu, fasilitas yang ada di sini sudah cukup untuk memanjakan pengunjung. Terdapat gazebo sebagai tempat untuk bersantai. Namun belum tersedia warung, jadi kamu bisa membawa bekal sendiri dari rumah.

  • Alamat :  Sidoharjo, Samigaluh, Tanjung, Banjaroyo, Kalibawang, kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Air Terjun Kuncung Mas

Air Terjun Kuncung Mas

* sumber: www.datawisata.com

Air Terjun Kuncung Mas merupaakan salah satu destinasi wisata alam yang masih asri di Kulon Progo. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan, jadi aliran airnya tidak terlalu deras, dan nampak memesona dengan bentuknya yang melebar dan mengalir dari beberapa titik.

Air terjun Kuncung Mas memiliki kolam alami yang cukup besar, dengan air yang berwarna kebiruan. Nampak cantik dan menyegarkan. Terdapat pelampung yang bisa disewakan untuk menikmati kolam alami Curug Kuncung Mas lebih dekat.

  • Alamat : Jl. Sermo – Girimulyo, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

6. Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun dengan tebing tertinggi di Yogyakarta. Tempat ini masih terbilang sepi pengunjung karena letaknya yang cukup tersembunyi. Namun pesonanya tak kalah dengan air terjun lain yang ada di Yogyakarta.

Air Terjun Sidoharjo masih sangat alami dan belum dilengkapi dengan sarana buatan. Jadi sangat cocok untuk menikmati alam yang sebenarnya. Aliran air terjun ini cukup deras dan sangat memesona. Menuju ke sini, kamu haru melewati jalur pernukitan yang naik-turun dan cukup terjal.

  • Alamat : Gerbosari, Wonotawang, Sidoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal

Taman Sungai Mudal merupakan wisata air terjun yang memiliki kolam alami cukup besar yang menjadi primadona bagi wisata di sini. Aliran airnya mengalir dari Air Terjun Mudal yang berundah dan aliran airnya cukup deras. Di sekitar air terjun ditata dengan baik hingga membentuk sebuah taman.

Taman Sungai Mudal dilengkapi dengan dua kolam dengan kedalaman yang berbeda. Ada kolam anak dengan kedalaman maksimal 1,5 meter, dan kolam dewasa dengan kedalaman maksimal mencapai 2 meter. Bagi kamu yang suka berenang, tentu akan dimanjakan dengan fasilitas yang ada di sini.

  • Alamat : Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 08.30 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp6.000
  • Kontak : 0882-3370-1338

8. Curug Glimpang

Curug Glimpang

* sumber: spadepicnic.wordpress.com

Curug Glimpang merupakan air terjun berundak yang tidak terlalu tinggi, tetapi aliran airnya cukup deras. Terdapat batu berundak berbentuk miring yang seolah menahan derasnya air terjun. Di sekelilingnya terdapat bebatuan besar yang bisa digunakan untuk duduk dan istirahat.

Curug Glimpang dikelilingi pepohonan yang cukup rindang sehingga memberikan kesan sejuk dan alami. Seperti halnya air terjun pada umumnya, terdapat kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang. Air terjun yang berada di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah ini terbilang masih sepi pengunjung.

  • Alamat : Purwosari, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

9. Curug Siluwok

Curug Siluwok

Curug Siluwok merupakan air terjun yang cukup tinggi di Kulon Progo. Ketinggiannya mencapai 20 meter, dengan debit air yang tidak terlalu deras. Selain itu, kolam alami di Curug Siluwok tidak terlalu dalam dan aman digunakan untuk berenang.

Jalur menuju Curug Siluwok terbilang cukup terjal, jadi disarankan menggunakan sandal atau sepatu gunung yang nyaman dan tidak licin. Jika datang pada musim penghujan, disarankan membawa jas hujan karena sepanjang jalur menuju air terjun tidak ada tempat untuk berteduh kala hujan.

  • Alamat : Jl. Keweron, Sidoharjo, Samigaluh, Tukmudal, Sidoharjo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 08.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Curug Sigembor

Curug Sigembor

Curug Sigembor merupakan air terjun yang cukup tinggi dan terletak tak jauh dari jalan raya. Meski tak jauh dari jalan raya, kamu perlu berjalan kaki dengan jalur yang cukup terjal dari tempat penitipan motor. Sepanjang jalur akan melewati aliran sungai kecil yang berasal dari Curug Sigembor.

Perjalanan menuju ke air terjun utama melewati jalan yang curam dan licin. Karena itulah tempat ini masih jarang diketahui wisatawan. Namun setibanya di lokasi, kamu bisa melihat pesona Curug Sigembor yang menyegarkan.

  • Alamat : Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Refreshing dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menyegarkan tubuh dan pikiran di tempat yang sejuk. Wisata ke Kulon Progo, bisa jadi pilihanmu. Dari 10 air terjun yang disebutkan di atas, mana yang menjadi favoritmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram