6 Air Terjun di Magelang dengan Pesona yang Memukau

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika mendengar kata Magelang, orang pasti teringat dengan tempat wisata yang sangat ikonik di daerah ini, yaitu Candi Borobudur. Akan tetapi, Magelang memiliki banyak potensi wisata lain yang tak kalah menarik dari Candi borobudur. Di sini terdapat banyak perbukitan, pegunungan, hutan, situ, danau, wisata alam juga wisata kulinernya yang pasti menggoda selera.

Kalau mencari wisata alternatif di Magelang, pengunjung bisa datang ke salah satu dari banyak air terjun yang terdapat di daerah Magelang. Air terjun ini mempunyai ketinggian yang bervariasi. Selain itu, dingin dan jernihnya air serta lokasinya yang terletak di dalam hutan atau tertutupi pepohonan rimbun membuat 6 air terjun di Magelang ini wajib dikunjungi.

Kalau kamu ingin berwisata ke 6 air terjun di Magelang, simak ulasan selengkapnya berikut ini ya!

1. Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Salah satu air terjun di Magelang yang terkenal adalah Air Terjun Sekar Langit. Air terjun ini terkenal karena menyimpan sejarah tentang Jaka Tarub. Oleh karenanya banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Air terjun ini berada di Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang.

Arti dari nama Sekar Langit yaitu “bunga dari langit”. Nama air terjun ini memang menggambarkan keindahan dari destinasi wisata air ini. Tinggi jatuhan air dari air terjun ini sekitar 25 meter. Airnya mengalir ke Sungai Elo kemudian menuju ke Laut Selatan Jawa.

Lereng Gunung Telomoyo merupakan tempat air terjun ini berada sehingga air terjun ini memiliki air yang sangat bersih, jernih dan sejuk. Tak mengherankan jika air terjun ini menyandang predikat sebagai tempat pemandian para bidadari yang ada di Legenda Jaka Tarub.

Tak hanya itu, air terjun ini juga memiliki pesona alam yang sangat eksotis. Untuk mengunjungi tempat wisata air terjun di Magelang ini tiketnya murah sekali hanya lima ribu rupiah saja. Terdapat fasilitas parkir untuk kendaraan sehingga memudahkan kamu yang datang dengan mobil atau motor.

  • Alamat: Tlogorejo, Kec. Grabag, Magelang
  • Jam buka : 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk : Rp5.000

2. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang

Air terjun di Magelang tidak pernah sepi dari kunjungan para pelancong. Sebagai tempat wisata air terjun, tempat ini merupakan objek wisata andalan kabupaten Magelang dengan pemandangan yang menyejukan, airnya dingin dan bersih ini. Di Air Terjun Kedung Kayang terdapat lebih dari satu air terjun.

Pengunjung dapat turun ke bawah kalau ingin mencoba mandi di air terjunnya. Air di sini sangat bening dan udaranya di air terjun ini sejuk sekali serta menyegarkan. Air terjun di sini masih tetap bagus serta airnya melimpah walaupun di musim kemarau.

Kalau kamu ingin turun ke air terjun ini, lumayan cukup jauh dan menghabiskan tenaga. Namun, begitu menyaksikan keindahan air terjunnya, semua kelelahan terbayarkan. Tak hanya air terjunnya, di sini juga terdapat spot foto yang bagus yang berlatar pohon pinus. Tempat wisata ini cocok juga jadi tempat untuk melihat sunrise.

  • Alamat: Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah
  • Jam buka : 07.00 – 16.00 WIB, hari Jumat tutup
  • Harga tiket masuk : Rp5.000
  • Telepon : 0817-0802-926

3. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar

Tempat wisata ini berada di Dusun Citran, Desa Munengwarangan, yang terletak di Kab. Magelang. Air terjun di Magelang ini bernama Air Terjun Grenjengan kembar. Letak wisata air terjun ada di dalam hutan pinus jadi untuk sampai di air terjun ini harus melalui hutan pinus terlebih dulu.

Hutan pinus ini cocok sekali untuk dijadikan tempat berfoto alias ber-selfie. Kalau mengaku pengemar olahraga hiking, Air Terjun Grenjengan Kembar ini tak boleh dilewatkan karena tempat wisata ini sangat nyaman dan bersih juga asri.

Terdapat dua air terjun yang berjejer yang memiliki air yang segar dan bening dengan debit yang deras. Pemandangan ini tentu saja membuat pengunjung jadi senang berlama-lama di tempat ini. Harga tiket masuknya pun murah dan pengelola air terjun juga menyediakan spot untuk berfoto.

Selain menikmati keindahan air terjun, para pengunjung juga bisa berkemah serta menikmati wisata di perkebunaan warga. Fasilitas lain yang tersedia di air terjun ini adalah seperti mushola serta kamar mandi cukup bersih.

  • Alamat: Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Magelang
  • Jam buka : 08:00 – 18:00 WIB
  • Harga tiket masuk : Rp3.000

4. Air Terjun Goa Slandak

Air Terjun Goa Slandak

* sumber: edisas.wordpress.com

Air Terjun Goa Slandak merupakan objek wisata yang masih alami sekali dengan pohon pinus yang sangat indah dan sejuk. Keindahan air terjun ini terletak pada airnya yang jernih. Sebenarnya air terjun di lokasi ini ada tiga, yaitu Air Terjun Goa Slandak, Kedung Sembrani, dan Kedung Bunder.

Sementara itu lokasi Kedung Bunder berbeda jalur dengan kedua air terjun sebelumnya. Pengunjung harus melakukan sedikit tracking dengan melewati area hutan pinus untuk bisa sampai di air terjun di Magelang ini. Karena jalur menuju air terjun cukup rindang, jadi udaranya tetap sejuk dan segar.

Tak hanya melewati area hutan pinus, pengunjung juga akan melewati jalan yang memiliki turunan yang cukup curam dan licin. Walaupun terdapat pegangan yang terbuat dari bambu, pengungjung harus tetap berhati-hati saat turun.

Fasilitas yang dimiliki tempat wisata ini di antaranya, warung, toilet, dan tempat parkir yang cukup memadai. Air Terjun Goa Slandak merupakan tempat wisata air terjun yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman.

  • Alamat: Dusun Grogol, Ngabean, Muneng Warangan, Pakis, Magelang
  • Jam buka : 24 jam
  • Harga tiket masuk : Rp3.000

5. Air Terjun Sumuran

Air Terjun Sumuran

Air terjun yang bisa dikunjungi di daerah Magelang yang tak kalah indahnya adalah Air Terjun Sumuran. Letak air terjun ini di daerah Grabak. Walaupun lokasi air terjun ini berada agak masuk dan berada di dalam perkampungan penduduk, tetapi jalannya sudah bagus dan nyaman untuk dilewati.

Dari tempat parkir, perlu waktu sekitar lima menitan untuk berjalan. Begitu sampai, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan yang indah. Sawah yang menghampar serta hutan pinus di lereng perbukitan adalah suasana yang ditawarkan tempat wisata ini.

Terdapat hutan pohon pinus yang menyejukan di atas air terjun ini. Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini, di antaranya  gazebo untuk beristirahat yang terletak sekitar air terjun serta kamar mandi. Untuk warung makan jumlahnya masih sedikit, jadi lebih baik membawa bekal dari rumah.

  • Alamat: Seloprojo, Ngablak, Magelang
  • Jam buka : 06.30 – 17.00 WIB
  • Harga tiket masuk : Rp4.000

6. Air Terjun Ngesong

Air Terjun Ngesong

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=8sVpGFDTjV8

Air Terjun Ngesong memiliki pesona yang sangat memukau. Yang membedakan air terjun ini dengan Air Terjun Sumuran adalah adanya bebatuan berukuran besar dan kecil yang tersebar di area pinggiran sungai. Karena bebatuannya ditumbuhi lumut, pengunjung haru pelan-pelan ketika menuju air terjun.

Selain itu, perbedaan lainnya adalah debit airnya lebih kecil serta airnya turun lebih melebar. Air terjunnya juga mengalir di rerumputan sehingga air tampak seperti keluar dari tanah. Ketinggian air terjun ini hampir sama dengan Air Terjun Sumuran.

Tempat Air Terjun Ngesong lebih tersembunyi sehingga memerlukan perjuangan yang berat untuk tiba di objek wisata ini. Perlu diketahui bahwa tempat ini belum memiliki tempat sampah, jadi jika datang ke tempat ini jangan lupa untuk membawa sampahmu atau membuangnya di tempat sampah.

Objek wisata ini memiliki tebing atau canyon yang lebih luas dibanding Sumuran. Di aliran sisi bawah, pengunjung bisa menyaksikan grojogan atau tebing batu yang tak memiliki rumput. Soal tiket masuk, tak perlu risau. Harganya sangat murah. Selebihnya kamu hanya perlu membayar tiket parkir saja.

  • Alamat: Seloprojo, Ngablak, Magelang
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp5.000

Itulah air terjun di Magelang yang bisa dikunjungi saat berwisata ke tempat ini. Jika ingin melihat objek wisata lainnya, selain Candi Borobudur, kunjungi saja tempat wisata air terjun ini. Hilangkan rasa penat dengan berada di alam sambil menikmati segarnya air terjun dan indahnya pemandangan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *