Yuk, Melepas Penat di 9 Air Terjun Indah di Malang Ini!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Kalau lagi liburan, kamu lebih suka yang mana? Bersantai di pantai, mendaki gunung, atau berenang di air terjun? Apapun kegiatannya, pasti menyenangkan jika kamu pergi jalan-jalan untuk mengisi hari libur. Nah, di Malang, kamu bisa melakukan semua aktivitas liburan yang seru. Di sini ada gunung yang bisa kamu daki, pantai yang bisa kamu singgahi, dan tentu ada pula air terjun/coban.

Banyaknya pegunungan mengelilingi Kota Malang, membuat kota yang satu ini memiliki banyak sekali air terjun yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari air terjun yang sudah terkenal, hingga yang masih tersembunyi. Kali ini, Keluyuran mau memberikan informasi tentang 9 air terjun yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar melepas penat di akhir pekan. Apa saja? Yuk, simak artikelnya!

1. Coban Pelangi

Coban Pelangi (Copy)

* sumber: piknikasik.com

Coban Pelangi merupakan salah satu wilayah konservasi di Kecamatan Tumpang. Air terjun ini cukup tinggi, mengalir deras dari ketinggian 30 meter. Kamu bisa menikmati air terjun ini dengan berenang, atau merasakan segarnya di atas bebatuan setelah lelah dalam perjalanan menuju Coban Pelangi.

Pastikan fisikmu dalam keadaan baik ketika hendak berlibur ke sini. Karena, medan yang akan kamu tempuh untuk sampai di Coban Pelangi adalah bukit dengan kemiringan sekitar 450. Kamu akan melewati bukit ini selama 15 menit dan selanjutnya menyusuri jalur di atas sungai. Sepanjang perjalanan, kamu akan ditemani kicauan burung dan suara air. Sejuk!

  • Alamat : Dusun Ngadas, Ngadas, Poncokusumo, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000

2. Coban Talun

Coban Talun (Copy)

*

Coban Talun sebenarnya masuk ke wilayah Kota Batu. Namun, karena keindahannya, kamu perlu memasukkan Coban Talun ke dalam list perjalananmu ketika berlibur ke Kota Malang. Hal unik dari Coban Talun adalah, air terjun yang takkan surut meski kemarau tiba. Karena Coban Talun merupakan hulu dari Sungai Brantas.

Ketika musim kemarau, air yang dialirkan dari Coban Talun sangat deras, dan saat musim hujan tiba, debit air semakin deras sehingga menambah keindahan dan kesegaran Coban Talun. Karena derasnya, pengunjung dilarang mendekat ke sekitar air terjun karena bisa menimbulkan banjir secara tiba-tiba. Jadi, tetap berhati-hati, ya!

  • Alamat : Dusun Wonorejo, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

3. Coban Ciblungan

Coban Ciblungan (Copy)

* sumber: www.masdonie.com

Air terjun yang satu ini, mungkin asing didengar. Karena, Coban Ciblungan terbilang masih sepi jika dibandingkan dengan air terjun lainnya di Malang. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, aliran air Coban Ciblungan tak hanya dari satu titik saja, melainkan dari beberapa titik, dan ada satu aliran air yang cukup tinggi.

Coban Ciblungan belum dilengkapi dengan fasilitas penunjang wisata, karena itu tempat ini masih terbilang sepi. Buat kamu yang suka dengan suasana sepi untuk menikmati air terjun, sangat cocok datang ke sini. Meski masih belum diketahui wisatawan, akses menuju Coban Ciblungan cukup mudah, karena tak jauh dengan jalan raya.

  • Alamat : Jl. Raya Dampit – Lumajang, Purwoharjo, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

4. Coban Sewu

Coban Sewu (Copy)

Kalau air terjun ini, pasti tahu kan? Coban Sewu menjadi salah satu primadona Kota Malang yang selalu ramai dikunjungi dan pesonanya tak ada habisnya untuk dinikmati. Air terun ini masuk ke wilayah dua kabupaten yaitu Malang dan Lumajang.

Jika dilihat pemandangannya dari atas, Coban Sewu memiliki banyak titik aliran air yang tertuju pada satu titik. Maka dari itu, air terjun ini disebut Coban Sewu, yang artinya “air terjun seribu”. Coban Sewu masih satu wilayah dengan Bromo Tengger Semeru, jadi buat kamu yang liburan ke Bromo, jangan lupa singgah di Coban Sewu, ya!

  • Alamat : Jl. Raya Sidorenggo, Besukcuit, Sidorenggo, Ampelgading, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

5. Coban Kembar Sidoasri

Coban Kembar Sidoasri (Copy)

* sumber: nahwatravel.co.id

Di Malang, terdapat beberapa Coban Kembar, salah satunya Coban Kembar Sidoasri yang terletak di selatan Kota Malang. Disebut Coban Kembar, karena air terjun ini memiliki lebih dari satu lokasi air yang mengalir dari atas tebing. Terdapat empat air terjun dari dua aliran sungai yang berbeda. Air terjun ini, masih terbilang baru dikenal wisatawan.

Lokasinya mudah dijangkau, jadi meskipun masih baru, air terjun ini cukup ramai dikunjungi terutama pada saat libur akhir pekan. Letak keempat air terjun ini berdekatan antara satu dan lainnya. Suasana Coban Kembar yang sejuk, indah, dan masih asri, menjadi alasan pengunjung senang berkunjung ke sini.

  • Alamat : Sidomulyo Wetan, Tambakasri, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp10.000/orang

6. Coban Rondo

Coban Rondo (Copy)

* sumber: wisataid.com

Kamu ingin wisata ke Taman Labirin di Malang? Nah, jangan sampai lupa untuk mampir ke Coban Rondo. Air terjun yang memesona ini masih satu gerbang dengan Taman Labirin. Kamu bisa menikmati segarnya air terjun setelah ‘tersesat’ di Taman Labirin.

Coban Rondo berada di lereng Gunung Kawi, sekitar 20 km ditempuh dari Kota Malang. Terletak di area pegunungan, Coban Rondo sangat sejuk dan suasananya masih asri. Di sekitarnya, terdapat hutan pinus. Menambah suasana alami di tempat ini. Tak heran, tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berlibur ke Malang.

  • Alamat : Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Pujon, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Rp15.000/orang

7. Grojogan Sewu

Grojogan Sewu (Copy)

* sumber: malangstrudel.com

Seperti di Tawangmangu, Solo, di Malang juga ada Grojogan Sewu. Berbeda dengan Coban Sewu, Grojogan Sewu terletak di Pujon. Jika kamu berada di Kota Batu, akan sangat mudah menuju ke sini, karena untuk menuju Grojogan Sewu, kamu harus melewati Coban Rondo terlebih dahulu.

Grojogan Sewu cukup mudah diakses. Dari Jalan Raya Malang – Kediri, hanya berjarak 200 meter saja, kamu sudah sampai dan bisa menikmati segarnya air terjun ini. Pesona Grojogan Sewu masih sangat alami, terasa dari jalur menuju ke sini yang masih terdapat sawah di dekat sungai.

  • Alamat : Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Pujon, Kabupaten Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Coban Kethak

Coban Kethak (Copy)

Coban Kethak, biasa disebut juga dengan Coban Singo Edan karena bebatuan di bawah siraman air terjun, berupa seperti kepala singa. Ketinggian Coban Kethak kurang lebih 15 meter. Terbilang tidak terlalu tinggi, namun pesonanya tetap memanjakan mata dan menyegarkan pikiranmu.

Pada zaman dahulu, perbukitan di sekitar Coban Kethak menjadi tempat tinggal kera. Maka dari itu, dinamakan Kethak. Namun, saat ini kera-kera tersebut sudah tidak pernah terlihat, dan hanya diabadikan menjadi nama Coban Kethak.

  • Alamat : Pait Utara, Pait, Kasembon, Kabupaten Malang
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

9. Coban Tundo

Coban Tundo (Copy)

* sumber: www.kanalmalang.net

Coban Tundo merupakan salah satu air terjun di Malang yang memiliki keunikan. Di sini, terdapat tiga air terjun dalam satu lokasi yang jarak antara satu dan lainnya tidak terlalu jauh. Ada Coban Tundo 1, 2, dan 3 yang bisa kamu nikmati. Ketiga air terjun ini memiliki ketinggian dan kedalaman yang berbeda-beda.

Coban Tundo 1 berada di paling atas atau air terjun pertama yang akan kita temui. Di sini, kamu bisa berenang di kolam alami yang dalamnya 1 – 2 meter. Coban Tundo 2, jaraknya tidak terlalu jauh dari Coban Tundo 1. Terakhir, Coban Tundo 3. Sangat jarang pengunjung ke sini, karena letaknya paling jauh, dan memiliki kolam alami paling dalam. Jadi kamu tidak disarankan berenang di sini ya.

  • Alamat : Gunung, Tambakasri, Sumbermanjing, Kabupaten Malang
  • Operasional : 07.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp5.000/orang

Demikian informasi tentang 9 air terjun di Malang yang akan menyegarkan pikiranmu dari kepadatan aktivitas sehari-hari. Sudah punya rencana liburan ke air terjun di Malang? Yuk, kunjungi air terjun favoritmu!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram