keluyuran web banner

Yuk, Kunjungi 9 Wisata Air Terjun yang Indah di Semarang

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Semarang adalah salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia yang berada tepat di Provinsi Jawa Tengah. Bukan hanya metropolitan saja, Kota yang memiliki jumlah penduduk yang cukup padat ini juga menjadi kota yang kaya akan ekowisata. Wisata kuliner, wisata sejarah, hingga wisata alam yang dapat memanjakan mata terdapat di Kota Semarang.

Salah satu wisata alam yang paling diminati oleh para wisatawan dan pecinta alam di Semarang adalah air terjun. Ya, siapa sih yang tak terpesona karena keindahan air terjun? Siapapun itu, jika melihat keindahan air terjun pasti akan merasakan suasana alam yang menyegarkan sehingga terkadang mempengaruhi para pengunjungnya untuk bermain air atau sekedar berfoto. Tentunya wisata air terjun ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata keluarga.

Siapa sangka, Semarang ternyata memiliki banyak air terjun yang dapat memanjakan siapapun  yang mengunjunginya. Maka dari itu, rasanya sayang sekali jika kamu jalan-jalan ke Kota Semarang tanpa mengunjungi wisata air terjunnya. Yuk, simak ulasan Keluyuran mengenai air terjun terkeren di Semarang ini!

1. Curug Lawe

Curug Lawe

* sumber: ulinulin.com

Bagi kamu masyarakat Semarang, tentu tak asing lagi, bukan dengan nama air terjun ini? diberi nama “lawe” karena butiran air yang jatuh di curug ini menyerupai benang-benang berwarna putih yang dalam bahasa Jawa disebut dengan “lawe”.

Tak hanya itu, versi yang lainnya mengatakan bahwa di area Curug Lawe tersebut terdapat 25 buah air terjun, yang mana, 25 dalam bahasa Jawa disebut “salawe”. Curug Lawe terletak di Gunungsari, Limbangan, Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, yang tak jauh dari pusat Kota Semarang yaitu hanya berjarak 12 km saja.

Berada di kawasan Gunung Ungaran, Curug ini dikelola oleh pemerintah setempat dengan sebaik mungkin. Untuk bisa masuk ke Curug Lawe, kamu hanya dikenakan tiket yang cukup murah, yaitu hanya Rp 4.000 saja dengan feedback keindahan alam yang sangat mempesona.

2. Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang

* sumber: lelungan.net

Air Terjun Semirang berada di kawasan Gunung Ungaran, lebih tepatnya di Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah. air terjun yang memiliki ketinggian 45 meter ini berada di kawasan pegunungan dan lereng yang cukup terjal sehingga para pengunjung harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir atau terjatuh.

Meskipun perjalanan menuju Air Terjun ini cukup menguras tenaga, akan tetapi pesona Air Terjun serta suhu sejuknya mampu membayar rasa lelah tersebut. untuk bisa pergi ke Air Terjun Semirang, maka kamu harus menempuh 7 km perjalanan dari Kantor Bupati atau kira-kira 30 menit dan dilanjutkan dengan berjalan kaki di jalan setapak.

3. Air Terjun Kalipancur

Air Terjun Kalipancur

* sumber: ksmtour.com

Berlokasi di Gejayan, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Curug yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi karena keeksotisannya yang sangat memukau. Tak ada transportasi umum yang dapat membawamu ke Air Terjun ini sehingga disarankan untuk membawa kendaraan pribadi agar lebih mudah dan leluasa.

Akses jalanan menuju Air Terjun Kalipancur terbilang baik dan aman dengan pemandangan sekitar yang indah dan bisa kamu nikmati sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Kalipancur ini.

Para pengunjung harus membayar tiket sebesar Rp 3.000 saja per orangnya. Sementara untuk parkir kendaraan pribadi dikenakan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

4. Air Terjun Klenting Kuning

Air Terjun Klenting Kuning

* sumber: guntoro10.blogspot.com

Selanjutnya ada Air Terjun Klenting Kuning. Sesuai namanya, Air Terjun yang satu ini memiliki bebatuan berwarna kuning di sekeliling airnya yang memancar. Meskipun air Terjun ini memiliki ketinggian hanya 8 meter saja, akan tetapi Air Terjun ini tetap menyuguhkan keindahan alam yang sangat keren dan asyik untuk dinikmati.

Berlokasi di Sumowono, Area Kebun, Gondang, Limbangan, Semarang, Jawa Tengah, Air Terjun ini memiliki kandungan belerang yang cukup tinggi, lho. Bukan hanya Air Terjun Klenting Kuning, akan tetapi di area yang sama juga terdapat Air Terjun lainnya yaitu Air Terjun Klenting Hijau dan Air Terjun Klenting Biru.

5. Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi

Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi

* sumber: www.reresepan.com

Hanya berjarak beberapa ratus meter dari Curug Lawe, Air Terjun Curug Lawe Benowo Kalisidi ini tak kalah menariknya dengan Curug Lawe sehingga sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Air Terjun Benowo ini. Jadi, jika kamu mengunjungi Curug Lawe, pastikan juga untuk mengunjungi Air Terjun Benowo yang masih berada di area yang sama.

Diberi nama Air Terjun Benowo Kalisidi, karena konon, katanya Air Terjun ini menjadi tempat yang sering dikunjungi Pangeran Benowo, seorang Pangeran Kerajaan Pajang. Lokasi Air Terjun ini yaitu di Kalisidi, RT.01/RW.06, Ungaran Barat, Hutan, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah.

6. Air Terjun Tirto Wening

Air Terjun Tirto Wening

* sumber: travel.detik.com

Tirto Wening merupakan nama dari salah satu air terjun terkenal di Jawa Tengah. Berlokasi di Munding, Bergas, Semarang, Jawa Tengah, air terjun yang menjadi bagian dari cagar alam ini merupakan air terjun yang memiliki air jernih lagi menyegarkan sehingga tak heran banyak orang yang meminum air ini secara langsung.

Memiliki suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, siapapun yang datang ke tempat ini pasti akan merasa betah. Terletak di lereng Gunung Ungaran, akses menuju Wisata Alam Air Terjun Tirto Wening ini terbilang baik. Tak hanya air terjun, masih di area yang sama juga terdapat tempat wisata lain seperti Bukit Gajihan yang unik dan menarik.

7. Air Terjun Kembar Bolodewo

Air Terjun Kembar Bolodewo

* sumber: www.ardiyanta.com

Tak kalah menarik dari Air Terjun lainnya, Air Terjun Kembar Bolodewo juga menjadi Air Terjun yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Sesuai dengan namanya, Air Terjun yang berlokasi di Kendal Ngiser, Wirogomo, Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah ini, memiliki 2 air terjun yang tidak berjauhan sehingga disebut kembar.

Bukan hanya memiliki air yang jernih, konon katanya air di Air Terjun Kembar Bolodewo ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, lho. Sepanjang perjalanan menuju Air Terjun, kamu akan dimanjakan dengan panorama alamnya yang indah serta suhunya yang sejuk.

Akan tetapi, jalanan yang agak licin, mengharuskanmu untuk ekstra hati-hati saat berjalan. Untuk bisa mengunjungi Air Terjun Kembar Bolodewo, kamu hanya akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 4000 saja. sangat ekonomis, bukan?

8. Curug 7 Bidadari

Curug 7 Bidadari

* sumber: www.jejakpiknik.com

Curug 7 Bidadari menjadi salah satu tempat wisata yang masih baru karena pertama kali ditemukan pada tahun 2010 yang kemudian mendapat perhatian dari masyarakat serta pemerintah setempat untuk dijadikan tempat wisata.

Namanya yang unik diambil dari mitos masyarakat yang percaya bahwa dahulu kala tempat ini pernah dikunjungi 7 bidadari yang terkena kutukan. Terlepas dari semua itu, percaya atau tidak, yang jelas Curug ini memiliki keindahan yang sangat memukau dengan suasana sejuknya yang mampu memanjakan para pengunjungnya.

Curug 7 Bidadari ini terletak di Tlawah, Keseneng, Sumowono, Semarang, Jawa Tengah. Curug ini memiliki keunikan tersendiri karena memiliki 3 tingkatan dengan tinggi yang mencapai 14 meter. Ditempat ini para pengujung juga bisa melakukan Camping dan Outbound serta diberikan fasilitas yang cukup lengkap seperti mushola dan toilet.

9. Air Terjun Watu Ijo Dadapayam

Instagram

*sumber: https://www.instagram.com/salmafidya11/

Yang terakhir juga tak kalah menarik. Bernama Air Terjun Watu Ijo Dadapayam, air terjun ini terletak di Hutan, Dadapayam, Suruh, Semarang, Jawa Tengah. Bukan hanya 1 mata air yang ada di kawasan ini. Tak tanggung-tanggung, bahkan 3 air terjun sekaligus berdiri di kawasan yang sama dan menarik banyak perhatian.

Tempat Wisata Air Terjun Watu Ijo Dadapayam yang dikelola oleh karang taruna setempat ini, tak pernah kehabisan pengunjung setiap harinya.  Terlebih jika musim liburan tiba, pengunjung air terjun ini dapat naik beberapa kali lipat dari hari-hari biasanya.

Memiliki panorama alam yang indah serta suhu udara yang sejuk menjadikan tempat ini patut kamu kunjungi ketika pergi ke Kota Semarang. Dijamin, deh tempat ini akan memberikanmu pengalaman yang sangat menyenangkan dan mengesankan.

Itu dia beberapa tempat wisata alam berupa air terjun di Kota Semarang yang tentunya indah, menarik, serta instagrammable sehingga sayang jika dilewatkan. Maka dari itu, bagi kamu yang hendak mengunjungi Kota Semarang untuk berlibur, catat, ya beberapa destinasi wisata air terjun di atas yang sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi.

Jika ingin berwisata dengan membawa anak-anak, sebaiknya baca artikel tempat wisata anak di Semarang ini untuk mendapatkan referensinya.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram