10 Air Terjun Terbesar di Dunia dengan Panorama yang Memukau

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keindahan alam dari bumi ini memang tidak akan habis untuk digali, satu diantaranya adalah kemegahan dari sebuah air terjun yang membuat kita terkesima. Berikut ini adalah ulasan dari beberapa air terjun terbesar di dunia yang mungkin dapat kamu kunjungi untuk pengalaman yang tidak akan kamu lupakan.

Untuk kamu yang sangat suka dengan wisata alam, yuk simak ulasan tentang air terjun terbesar di dunia yang sudah Keluyuran rangkum berikut ini!

1. Air Terjun Chutes de Khone – Laos

Air Terjun Chutes de Khone - Laos

Air Terjun Khone merupakan air terjun yang terdapat di Negara Laos, tepatnya berlokasi di Provinsi Champasak di sungai Mekong. Sungai Khoe ini memiliki luas 10.783 meter, yang menjadikannya sebagai air terjun terbesar di dunia.

Air terjun Khone merupakan rangkain dari beberapa air terjun yang jatuh dari beberapa pulau yang ada di aliran Sungai Mekong. Aliran air dari sungai ini terbagi menjadi tujuh aluran besar dan ratusan aliran yang kecil, dengan air terjun tertingginya berukuran 21 meter.

Di saat curah hujan tinggi dan mengakibatkan banjir maka air terjun ini tidak akan terlihat sama sekali. Yang terlihat hanya riakan air dan gelombang yang tampak kasar.

2. Air Terjun Para – Venezuela

Air Terjun Para – Venezuela

Sungai Caura di Bolivar Venezuela, merupakan tempat dari Air Terjun Para, yang dalam bahasa pribuminya berarti kelelawar. Letaknya berada 46 km dari mulut Sungai Caura di tepi sebelah kanan. Luas dari air terjun ini adalah 5.608 meter, dan memiliki bentuk seperti tapal kuda.

Air terjun ini memiliki potensi untuk dijadikan Pembangkit Listrik Tenaga Air, Setelah diteliti oleh Perusahaan listrik CADAFE. Namun akhirnya dibatalkan karena tidak adanya jalan menuju area air terjun sendiri dan ketidaksesuaian masalah geologi tempatnya.

3. Air Terjun Kongou – Gabon

Air Terjun Kongou – Gabon

Air terjun yang berada di daratan Afrika ini, tepatnya berada di Negara Gabon dalam sebuah Taman Nasional Ivindo. Air terjun yang paling cantik di Afrika tengah adalah nama yang disematkan pada Air Terjun Kongou ini, selain rumah bagi keanekaragaman hayati dari ikan

Air terjun dengan luas 3.200 ini memiliki konfigurasi yang cukup rumit, hal itu karena air terjun ini dipisahkan oleh pulau-pulau kecil, selain juga oleh pepohonan yang tumbuh diantara air terjunnya. Air terjun dibentuk oleh beberapa sungai yang besar dan kecil, juga undakan-undakan.

4. Air Terjun Iguazu – Perbatasan Brasil & Argentina

Air Terjun Iguazu – Perbatasan Brasil & Argentina

Air terjun ini berada tepat diperbatasan antara Brasil dan Argentina dengan luasnya 2.682 m, dan membagi sungai Iguazu menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Sungai Iguazu melewati daerah Negara Brazil, sedangkan sebagian besar air terjunnya berada di Argentina.

Air terjun ini juga memiliki legendanya tersendiri, berawal dari seorang dewa hendak menikahi wanita bernama Naipi, tetapi sang wanita melarikan diri dengan kano bersama kekasih manusianya bernama Taroba. Dengan Kemarahannya, Sang dewa memotong sungai dan mengutuk keduanya.

Air Terjun Iguazu ini terdiri dari sekitar 270 an air terjun, banyak dari flora dan fauna yang terancam punah terdapat di air terjun ini. Vegetasi di daerah sekitaran air terjun ini tumbuh dengan sangat rimbun, hal itu dikarenakan semburan uap dari air terjun yang kuat.

5. Air Terjun Saltos del Mocona – Argentina & Brasil

Air Terjun Saltos del Mocona

Air Terjun Mocona memiliki karakeristik yang unik, tidak sperti air terjun yang lain, yang biasanya berada di ujung aliran sungai. Air terjun Mocona berada di sepanjang sungai dengan membentuk formasi memanjang, yang panjangnya sekitar 1.800 – 2.700 meter, dengan tinggi yang bervariasi.

Air terjun ini menjadi bagian dari dua negara yaitu Argentina dan Brasil, dengan sungai Uruguay yang menjadi pembatas antara kedua negara ini. Sebagian besar air terjunnya berada di sisi Argentina di Provinsi Misiones, dan di Brasil berada di Rio Grande do Sul dengan nama Yucuma.

6. Air Terjun Vermillion – Canada

Air Terjun Vermillion – Canada

Air Terjun Vermillion adalah air terjun yang letaknya berada di Amerika Utara, tepatnya berada di Alberta, Canada. Air terjun yang cukup lebar ini, membentang sepanjang 1,8 km ini, terbentuk dari batu kapur yang membentuk anak tangga yang menyerupai kipas.

Air terjun ini berada dari tempat yang cukup terpencil sehingga membuatnya tidak cukup terkenal atau menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan. Namun pemandangan di sekeliling air terjun ini akan cukup untuk membuatmu terkesan.

7. Air Terjun Victoria – Zambia & Zimbabwe

Air Terjun Victoria – Zambia & Zimbabwe

Siapa yang tidak kenal dengan Air Terjun Victoria yang berada di Benua Afrika ini. Bentuk air terjunnya yang sangat spektakuler ini, mengundang banyak orang untuk berkunjung. Lebar dari air terjun ini sekitar 1,6 km dan airnya jatuh dari ketinggian 128 meter.

Orang mengenalnya dengan nama Victoria tetapi masyarakat setempat menyebutnya Mosi-oa-Tunya yang berarti asap menggelegar. Air terjun ini letaknya berada di dua negara yaitu Taman Nasional Mosi-oa-Tunya di Zambia, dan Taman Nasional Victoria yang berada di Zimbabwe.

Air terjun ini masuk kedalam satu situs warisan dunia UNESCO, dan mengundang banyak turis untuk mengunjunginya. Jika kamu datang pada musim kemarau kamu akan dapat berjalan diatas air terjun itu karena airnya yang mengering, tetapi dimusim hujan kamu dapat melihat kemegahan airnya.

8. Air Terjun Wagenia – Republik Kongo

Air Terjun Wagenia – Republik Kongo

Air terjun Wagenia merupakan satu dari tujuh rangkaian Air terjun Boyoma, nama Wagenia sendiri berasal dari Nelayan Wagenia yang mendiami daerah sungai. Mereka membuat sistem sendiri dengan menggunakan tripod dari kayu yang berfungsi sebagai jangkar untuk menangkap ikan.

Air terjun Wagenia bukanlah air terjun yang mengesankan secara visual. Airr terjun ini membentang sepanjang Sungai Lualaba dan airnya jatuh dari ketinggian sekitar 9 meter dan memiliki volume air yang cukup besar.

9. Air Terjun Niagara – Kanada & Amerika Serikat

Air Terjun Niagara – Kanada & Amerika Serikat

Air Terjun Niagara merupakan kumpulan dari tiga buah air terjun yang berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada. Tiga air terjun itu adalah Air Terjun Horseshoe yang dikenal juga dengan nama air Terjun Kanada, lalu Air Terjun Amerika, dan Air terjun Bridal Veil yang berada di Amerika Serikat.

Air terjun Niagara selain terkenal karena keindahannya dan digunakan sebagai destinasi wisata, air terjun ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air. Jika kamu ingin melihat air terjun ini dari dekat, kamu bisa melihatnya dari Rainbow Bridge, jembatan yang menghubungkan dua negara.

Jembatan ini dapat kamu lintasi dengan berkendara atau juga dengan berjalan kaki. Tetapi jangan lupa untuk kembali ke tempat asal, jika kamu tidak ingin di denda karena melewati batas negara, dengan nominal denda yang cukup besar.

10. Air Terjun Inga – Republik Kongo

Air Terjun Inga – Republik Kongo

Air terjun Inga yang terletak di pelabuhan laut Matadi, merupakan kumpulan dari beberapa jeram yang berada di sepanjang sungai Kongo. Airnya jatuh dari ketinggian 96 meter dengan kecepatan sekitar 15 km. Air terjun ini berada di bagian bawah dari Air terjun Living Stone yang ada diatasnya.

Saat ini air terjun ini digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dengan nama Inga I dan Inga II. Aliran dan sungai kini tak sepenuhnya mengalir ke air terjun, tetapi masih ada sebagian yang masih mengalir ke sana dan masih digunakan untuk migrasi dari fauna yang berada di Air Terjun Inga.

Melihat besar dan megahnya air terjun itu akan memberikan kesan yang mendalam bagi orang yang telah melihatnya. Keajaiban yang diberikan oleh alam yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya. Adakah air terjun dalam daftar diatas yang ingin kamu kunjungi untuk mendapat pengalaman yang tak terlupakan?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *