Inilah 10 Air Terjun Tertinggi yang Eksotis di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Banyaknya objek wisata yang ada di Indonesia memang menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Salah satunya adalah destinasi wisata air terjun. Keberadaan air terjun memang bisa menjadi objek wisata pilihan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Air yang mengalir dan jatuh dari ketinggian memang bisa menjadi pemandangan eksotis yang dapat membawa sensasi kesegaran.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak air terjun yang memiliki ketinggian dengan pemandangan yang indah. Nah, kali ini Bacaterus telah rangkum 10 air terjun tertinggi dengan pemandangan eksotis yang ada di Indonesia. Berikut adalah rangkumannya:

1. Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura (Copy)

Probolinggo memang terkenal dengan keindahan objek wisata gunung Bromo. Namun tidak hanya itu, di Probolinggo juga terdapat objek wisata menarik yang wajib dikunjungi, yaitu air terjun Madakaripura. Berlokasi di desa Sapih, kecamatan Lumbang. Objek wisata yang satu ini, selain memiliki keindahan panorama.

Madakaripura juga memiliki cerita sejarah yang dapat menambah Khasanah ilmu pengetahuan sejarah kita. Berjarak kurang lebih satu jam dari kota. Para wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata yang satu ini memang perlu mempersiapkan stamina yang cukup baik. Karena selain memiliki jarak yang lumayan jauh, medan yang harus dilewati pun cukup berat.

Namun kamu jangan khawatir, karena rasa lelah kamu akan terbayar setelah melihat pemandangan air terjun setinggi 200 meter yang eksotis yang ada di sana.

  • Alamat : Sapih, Branggan, Lumbang, Probolinggo, Jawa timur 67183
  • Operasional : 24 jam (Senin-Minggu)
  • Harga tiket : Rp11.000/umum, Rp6.000/pemerintah daerah, Rp5.000/Perhutani

2. Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso (Copy)

* sumber: Jejakpiknik.com

Air terjun Sipiso-piso berada di Pulau Sumatera. Tepatnya di Desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara. Berada di perbukitan dengan ketinggian 800 mdpl. Air terjun Sipiso-piso menjadi salah satu objek wisata air terjun tertinggi yang ada di Indonesia.

Di tempat tersebut para wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan indah pohon Pinus serta keindahan pulau Samosir di atas bukit. Para pengunjung air terjun Sipiso-piso memerlukan waktu satu jam untuk sampai ke dasar air terjun melalui tangga yang sudah disiapkan oleh Pemda Kabupaten Karo.

Memiliki ketinggian 120 meter, air terjun yang satu ini memang wajib menjadi tujuan wisata bila kamu sedang berpelesir ke pulau Sumatera.

  • Alamat   :  Tingginya, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22173
  • Operasional : 24 Jam (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket : 5.000/orang (Weekday/weekend)

3. Air Terjun Dua Warna

Air terjun dua warna (Copy)

* sumber: gosumatra.com

Masih di Pulau Sumatera. Air terjun yang satu ini menjadi objek wisata populer yang ada di Kecamatan Sibolangit, Sumatera Utara. Menawarkan pemandangan eksotis air terjun yang memiliki gradasi dua warna yang berbeda. Pengunjung akan dibuat kagum dengan pemandangan indah air terjun yang satu ini.

Keunikan air terjun yang berada di desa Durin Sirugun tersebut memang tidak hanya sampai di sana. Pengunjung juga dapat merasakan sensasi air dengan perbedaan suhu. Pada air yang memiliki gradasi berwarna biru, pengunjung dapat merasakan sensasi dingin yang menyegarkan. Sementara pada air yang memiliki gradasi warna putih keabu-abuan, pengunjung dapat merasakan sensasi air hangat.

  • Alamat : Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20354
  • Operasional: 07.00-17.00 (senin-minggu)
  • Harga Tiket : Rp25.000

4. Air Terjun Ponot

Air terjun Ponot (Copy)

* sumber: medanwisata.com

Berlokasi di dusun Sampuran Siarimo, desa Halado, kecamatan Pintu Pohan, kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Air terjun yang memiliki pemandangan eksotis ini memang menjadi salah satu objek wisata lain di Sumatera Utara yang wajib untuk dikunjungi. Memiliki dua undakan, air terjun Ponot memang memiliki keunikan tersendiri.

Air terjun ini berada di aliran sungai Ponot yang merupakan anak sungai Asahan. Pemandangan eksotis air terjun yang berada 500 meter di atas permukaan laut ini memang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu liburan. Air terjun sendiri memiliki ketinggian sekitar 100 meter lebih setiap undakan. Bila kedua ketinggiannya air terjun digabungkan bisa mencapai 250 meter.

  • Alamat :  Desa Tangga Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohan, Kabupaten Asahan, Sumut.
  • Operasional : 08.00 – 18.00 (Senin-Minggu)
  • Harga Tiket : Rp10.000

5. Air Terjun Sigura-gura

Air terjun Sigura-gura (Copy)

* sumber: beepdo.com

Air terjun sepertinya bisa menjadi objek wisata pilihan terbaik yang ada di Pulau Sumatera. Salah satunya adalah air terjun Sigura-gura yang menjadi air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Air terjun dengan ketinggian 250 meter ini berlokasi di kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Air terjun Sigura-gura sendiri bersumber dari sungai Asahan.

Memiliki pemandangan alam yang membentang indah sepanjang kawasan, membuat air terjun Sigura-gura sangat diminati oleh para pengunjung. Air terjun dengan kontur bebatuan di dasarnya ini menambah pemandangan eksotis yang dapat dinikmati wisatawan.

  • Alamat : Desa Tangga Sampuran Siarimo, Halado, Pintu Pohan, Kabupaten Asahan, Sumut.
  • Operasional : 24 Jam
  • Harga Tiket : Rp10.000

6. Air Terjun Nokan Nayan

Air terjun Nokan Nayan (Copy)

Memiliki ketinggian 180 meter, air terjun Nokan menjadi salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Air terjun Nokan berada di desa Deme, kecamatan Ambalau, Sintang, Kalimantan Barat. Berada di pedalaman pulau Kalimantan. Air terjun Nokan memiliki dua sumber air yang berasal dari sungai yang berbeda.

Air terjun Nokan Nayan memang dipercaya oleh warga sekitar sebagai tempat berkumpulnya makhluk halus. Meskipun, menawarkan pemandangan yang indah. Namun, lokasi air terjun yang cukup jauh membuat air terjun Nokan sangat jarang dikunjungi para wisatawan. Bagi kamu yang suka tantangan, air terjun Nokan bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

  • Alamat : Nanga Menantak, Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.
  • Operasional : –
  • Harga Tiket. : –

7. Air Terjun Tumpak Sewu

Air terjun Tumpak Sewu (Copy)

Air terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan antara kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Memiliki pemandangan eksotis yang menawan. Salah satu objek wisata yang satu ini memang cukup banyak memiliki penggemar.

Dengan ketinggian mencapai 120 meter, air terjun Tumpak Sewu yang sebagian besar bertipe plunge atau air yang mengalir tak bersentuhan langsung dengan dinding tebing ini memang memiliki keunikan yang dapat membuat para wisatawan kagum. Berlokasi di wilayah dengan landscape yang indah, pengunjung pun bisa mengabadikan panorama indah dalam sebuah foto di berbagai sudut lokasi.

  • Alamat : Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa timur 65183
  • Operasional : 24 Jam
  • Harga tiket : Rp10.000

8. Air Terjun Jarakan

Air terjun Jarakan (Copy)

* sumber: andriantw1964.wordpress.com

Salah satu tempat wisata air terjun lainnya yang cukup menarik untuk dikunjungi adalah air terjun Jarakan. Berada di desa Ngancar, kecamatan Plaosan, Magetan. Objek wisata yang satu ini memiliki pemandangan eksotis yang bisa memanjangkan mata para pengunjung.

Memiliki keindahan alam yang mempesona dengan ketinggian air terjun sekitar 115 meter. Air terjun Jarakan bisa menjadi objek wisata menarik yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan bila sedang berada di Jawa Timur.

  • Alamat : Desa Ngancar, Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.
  • Operasional : 24 Jam
  • Harga tiket : Rp3.000

9. Air Terjun Citambur

Air terjun Citambur (Copy)

Air terjun Citambur atau lebih dikenal dengan Curug Citambur. Air terjun yang berada di Jawa Barat ini memang menjadi salah satu air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Memiliki ketinggian sekitar 130 meter. Curug Citambur menjadi objek wisata pilihan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu berlibur.

Berlokasi di kabupaten Cianjur Selatan, Jawa Barat. Curug Citambur memiliki debit air yang cukup deras hingga membentuk kabut tipis yang menambah keindahan pesona wisata alam yang ada di daerah Cianjur.

  • Alamat : Desa Karang Jaya, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Jawa Barat 43266.
  • Operasional : 24 Jam
  • Harga tiket : Rp3.000

10. Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo (Copy)

* sumber: fimela.com

Sebagai penutup ada air terjun Moramo yang berada di kawasan hutan Suaka Alam Tanjung Peropa, Kendari, Sulawesi Tenggara adalah pilihan yang tepat untuk berlibur.  Air terjun Moramo adalah air terjun bertingkat atau cascade yang memiliki ketinggian mencapai 100 meter.

Air terjun Moramo memiliki keunikan yang dapat memanjakan pengunjung dengan pesona alamnya. Berada di kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Kehadiran air terjun yang satu ini memang wajib kamu kunjungi.

  • Alamat : Desa Sumbersari, Kec. Moramo, Kab. Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.
  • Operasional : 24 Jam
  • Harga tiket : Rp.3.000

Nah, itulah 10 air terjun tertinggi dengan pemandangan eksotis yang ada di Indonesia. Nantikan info tempat wisata lainnya yang akan Bacaterus bahas untuk kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *