Keluyuran / Tips Liburan / 10 Ide Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan

10 Ide Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Akhir pekan atau yang biasa dikenal weekend adalah hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak orang terutama para pekerja dan pelajar. Weekend adalah hari terakhir dalam satu minggu yaitu hari minggu. Weekend ini sangat dinanti-nanti karena biasanya semua orang memiliki jadwal libur dari aktivitas normal seperti bekerja dan bersekolah.

Orang-orang menghabiskan waktu akhir pekannya dengan berbagai macam aktivitas dimulai dari yang biasa dilakukan di rumah hingga ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Akhir pekan menjadi hari-hari yang menyenangkan karena akhir pekan bisa me-refresh semua kepenatan yang menumpuk dalam pikiran selama weekday atau hari-hari kerja dan sekolah.

Berbagai macam aktivitas menyenangkan dilakukan oleh banyak orang di akhir pekan. Kira-kira apa saja sih yang biasa mereka lakukan? Lalu apa saja hal-hal yang harus dilakukan ketika weekend atau akhir pekan? Kami telah merangkum beberapa aktivitas yang harus kamu lakukan di akhir pekan agar akhir pekanmu dapat berkesan. Simak informasi dari Keluyuran ini, yuk!

10 Ide Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan

1. Kumpul Keluarga

Kumpul Keluarga Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Akhir Pekan

* sumber: baltyra.com

Pada akhir pekan biasanya seorang ayah yang biasa bekerja seharian penuh memiliki waktu luang untuk libur. Begitupun seorang istri yang bekerja. Selain itu, pada akhir pekan anak-anak biasanya juga memiliki jatah libur mingguan secara rutin. Hal ini menjadikan semua anggota bisa berkumpul bersama.

Kumpul keluarga sangatlah penting dan wajib dilakukan ketika akhir pekan. Jika biasanya seluruh anggota keluarga melakukan aktivitasnya masing-masing, maka di akhir pekan ini adalah waktunya seluruh anggota keluarga dikumpulkan untuk bersenang-senang baik itu mengobrol dan bercerita, minum teh bersama, dan hal-hal lainnya yang dilakukan bersama.

Manfaat dari adanya kegiatan kumpul bersama keluarga secara rutin terutama di akhir pekan sangatlah banyak. Diantaranya adalah saling berbagi kasih sayang antar anggota keluarga, bertukar cerita satu sama lain, dan membahas berbagai macam agenda kedepannya. Hal ini akan menambah kesan harmonis dalam rumah tangga dan keluarga.

2. Hangout Bersama Teman

Hangout Bersama Teman

* sumber: kinibisa.com

Selain berkumpul bersama keluarga, hangout atau hanya sekedar berkumpul bersama teman dan orang-orang terkasih juga merupakan hal yang harus dilakukan di akhir pekan. Hal ini karena sulitnya mencari waktu lain untuk berkumpul di hari-hari kerja. Maka dari itu, manfaatkanlah akhir pekan ini untuk saling beradu sapa dan berkumpul bersama teman.

Akhir pekan ini bisa menjadi ajang temu dengan teman-teman lama, teman sekolah, teman kantor, atau bahkan teman spesial. Ketika sedang berkumpul dan bersenang-senang, pastikan kurangi penggunaan smartphone karena hal tersebut bisa mengganggu komunikasi sosial secara langsung.

Hangout bersama teman bisa kamu lakukan di berbagai tempat yang menyenangkan misalnya di suatu cafe, restoran, atau bahkan hanya di rumah. Hal itu tak menjadi masalah karena pada dasarnya hangout dan berkumpul dengan teman sangatlah menyenangkan.

3. Travelling

Travelling

* sumber: www.jawapos.com

Travelling atau jalan-jalan merupakan kegiatan yang wajib kamu lakukan di akhir pekan. Travelling bisa memberikan kesegaran kembali pada otak dan tubuh yang merasa penat dan lelah akibat aktivitas di hari kerja. Dengan travelling, kita akan mendapatkan semangat baru untuk melakukan aktivitas di hari kerja berikutnya.

Maka dari itu, travelling lah ke suatu tempat yang menarik seperti misalnya jalan-jalan ke tempat wisata di daerahmu, jalan-jalan ke pantai, air terjun, pegunungan, dan yang lainnya. Travelling bisa dilakukan di daerah sekitar, luar kota, atau bahkan ke luar negeri. Saat travelling jangan lupa ajak orang-orang terkasihmu untuk melakukannya bersama agar lebih menyenangkan.

4. Olahraga

Olahraga

* sumber: aceh.tribunnews.com

Untuk menunjang aktivitas kita dalam melakukan aktivitas rutin di hari kerja, tentu saja kita harus terus merasa sehat dan bugar. lalu bagaimanakah cara agar tubuh tetap sehat dan bugar mengingat sibuknya hari-hari kerja yang kita jalani sehingga tak ada waktu untuk berolahraga? Caranya yaitu dengan memanfaatkan akhir pekan untuk berolahraga.

Di akhir pekan, kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas olahraga yang menyenangkan dimulai dari hal terkecil seperti jogging pagi di car free day atau di halaman rumah, berenang, push up, dan olahraga lainnya. Hal ini bertujuan agar tubuh kita tetap sehat dan bugar meskipun selalu disibukkan dengan berbagai macam tuntutan pekerjaan.

5. Istirahat

Istirahat

* sumber: catatanmini.com

Selain melakukan berbagai macam aktivitas yang menyenangkan, istirahat juga dibutuhkan tubuh sehingga istirahat menjadi hal yang harus dilakukan di akhir pekan. Tubuh kita akan merasa lelah karena terlalu banyak bekerja di hari-hari biasa, maka dari itu akhir pekan merupakan waktu yang cocok untuk beristirahat mengumpulkan kembali energi yang terbuang.

Lakukan istirahat yang cukup seperti tidur siang dan bersantai. Hal ini berguna untuk membangkitkan kembali energi yang terkuras selama bekerja. Istirahat harus dilakukan secukupnya. Tidak boleh berlebih-lebihan karena tidak baik untuk kesehatan. Istirahat juga harus diimbangi dengan aktivitas lainnya agar kondisi tubuh tetap stabil.

6. Melakukan Hobi

Melakukan Hobi

* sumber: food.detik.com

Weekend atau akhir pekan juga bisa kamu manfaatkan sebagai waktu penyalur hobimu. Berbagai macam hobi sangat cocok dilakukan di akhir pekan seperti misalnya memasak, bermain bulu tangkis, bermain alat musik, dan yang lainnya. Jadi tak perlu khawatir akan hobimu yang akan terbengkalai karena sibuknya aktivitas di hari kerja. Weekend bisa menjadi solusinya.

7. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Jika kamu tak sempat melakukan pekerjaan rumah seperti misalnya menyapu, mengepel, mencuci pakaian, dan mencuci piring di hari-hari kerja terutama bagi kamu yang memilih tinggal sendirian di kamar kos, maka akhir pekan ini sangat cocok untukmu melakukan semua aktivitas ini. Jadi, selalu agendakan untuk mengerjakan pekerjaan rumah di akhir pekanmu.

Jika semua telah teragenda untuk selalu membersihkan dan melakukan pekerjaan rumah yang lainnya, maka jangan khawatir lagi akan rumah yang berantakan karena selalu ditinggalkan bekerja di hari-hari kerja. Melakukan pekerjaan rumah di akhir pekan sangatlah bermanfaat agar rumah selalu terlihat rapi dan bersih meskipun kita selalu sibuk bekerja.

8. Membuat Tugas

Membuat Tugas

* sumber: www.kesekolah.com

Bagi kamu para pelajar yang biasa disuguhi berbagai macam tugas dari sekolah, weekend atau akhir pekan ini adalah waktu yang tepat untuk menyelesaikan semua tugas-tugas tersebut. Kamu bisa menyelesaikan berbagai macam tugas baik itu perorangan ataupun kelompok di akhir pekan ini.

Mengerjakan tugas merupakan hal positif sehingga weekendmu akan lebih bermanfaat jika digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Akan tetapi kamu harus pandai membagi waktu dan jangan jadikan tugas sekolah sebagai alasan kurang beristirahat atau bersenang-senang dengan orang terkasih terutama keluarga.

9. Datang ke Suatu Event

Datang ke Suatu Event

* sumber: kaltim.tribunnews.com

Berbagai macam event biasanya banyak dilakukan pada akhir pekan di berbagai daerah. Event-event yang dilaksanakan memiliki berbagai macam tema seperti misalnya kesenian daerah, event musik, dance, dan yang lainnya. Event-event seperti ini bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para penontonnya.

Jadi, pastikan untuk datang mengunjungi dan menyaksikan berbagai macam event yang diselenggarakan di daerahmu karena itu sangatlah menyenangkan sebagai hiburan dan melepas segala penat.

10. Nonton Film

Nonton Film

* sumber: www.selipan.com

Melakukan banyak aktivitas di hari-hari kerja akan menyebabkan tubuh menjadi lelah serta pikiran yang penat. Maka dari itu kamu membutuhkan hiburan. Salah satunya yaitu menonton film. Menonton film sendiri bisa dilakukan dengan pergi ke bioskop atau menonton koleksi film yang kamu punya di rumah.

Dengan menonton film yang menyenangkan tentu saja akan memperbaiki suasana hati dan dapat menghibur diri dari kepenatan yang melanda. Jadi, pastikan kamu memiliki koleksi-koleksi film yang menyenangkan dan seru untuk ditonton pada akhir pekan.

Wah ternyata banyak sekali ya aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan di akhir pekan guna meningkatkan kembali energi yang terbuang habis karena sibuk bekerja dan bersekolah. Selain itu melakukan aktivitas menyenangkan di akhir pekan juga bermanfaat sebagai hiburan melepas semua beban pikiran yang memenuhi otak kita.

Selain melakukan aktivitas yang menyenangkan, istirahat yang cukup juga wajib dilakukan di akhir pekan ya! Semoga setelah membaca pemaparan di atas, kamu bisa terinspirasi untuk melakukan berbagai macam aktivitas positif dan menyenangkan di akhir pekanmu.

Selain aktivitas-aktivitas di atas, menurutmu apa aktivitas lain yang harus dilakukan di akhir pekan? Semoga informasi mengenai aktivitas yang harus kamu lakukan pada akhir pekan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua untuk mengisi waktu akhir pekan agar lebih berkesan dan menyenangkan.

Bagi Anda yang berdomisili di Jakarta, cek artikel tempat liburan murah di Jakarta ini untuk membuat akhir pekan Anda semakin menyenangkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar