10 Alasan Mesti Coba Solo Traveling Satu Kali Seumur Hidup

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 3 Juni 2021

Liburan memang merupakan satu agenda yang sangat menyenangkan. Apalagi jika dilakukan bersama orang-orang terkasih seperti keluarga dan teman. Pergi rombongan ke berbagai tempat wisata lalu berbagi kebahagiaan dengan mereka akan jadi sebuah kenangan yang tidak terlupakan. Hal baik yang ditularkan ini bisa memberikan Anda kebahagiaan lain.

Namun, pernahkah terpikir untuk liburan seorang diri? Ketakutan pasti sudah lebih dulu datang daripada  bayang-bayang tentang keseruan. Rasa was-was dan khawatir, termasuk dari orang-orang terdekat jadi alasan lain yang membuat hal itu sulit terwujud. Padahal, solo traveling punya banyak keuntungan.

Ada beberapa alasan coba solo traveling yang bisa dipertimbangkan. Apa saja alasan mengapa satu kali dalam seumur hidup Anda harus coba liburan dan bertualang seorang diri? Simak alasannya berikut ini!    

Belajar Keluar dari Comfort Zone

Belajar Keluar dari Comfort Zone

Alasan coba solo traveling yang pertama adalah Anda bisa menjadikan agenda ini sebagai salah satu cara untuk belajar keluar dari zona nyaman.

Liburan bersama keluarga memang menyenangkan, tapi Anda tetap berada dalam kenyamanan karena dikelilingi orang-orang yang dikenal. Apa pun kesulitan yang ditemui saat liburan bisa dengan mudah diselesaikan dengan bantuan mereka.

Hal ini sangat berbeda dengan solo traveling karena ketika melakukannya Anda tidak bisa mengandalkan siapa pun selain diri sendiri. Macam-macam kesulitan atau masalah yang ditemui suka tidak suka harus diselesaikan seorang diri. Ini akan memaksa Anda berpikir dan berani melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak terpikirkan.

Lebih Bebas Bertemu dan Mengenal Banyak Hal Baru

Lebih Bebas Bertemu dan Mengenal Banyak Hal Baru

Itinerary yang dibuat saat berlibur bersama keluarga kadang terbatas oleh banyak hal, sehingga liburan benar-benar hanya untuk melepas penat tanpa mendapat pengalaman baru yang lebih banyak. Namun, jika Anda pergi liburan seorang diri, ekplorasi tempat-tempat baru lebih mungkin dilakukan karena hanya mempertimbangkan diri sendiri.

Selama solo traveling Anda bisa lebih bebas bertemu hal baru dan mengenalnya. Anda bisa mengetahui hal yang sebelumnya tidak diketahui. Salah satunya budaya masyarakat di tempat yang didatangi. Tentu asyik bisa melihat keindahan dan keaslian sebuah budaya lain dari dekat, bukan?

Selain itu Anda juga akan mendapat teman-teman baru dengan berbagai pandangan hidup yang sebelumnya asing. Dengan mendapat dan mengenal hal baru semacam itu, pengalaman berlibur pasti jauh lebih menyenangkan. Tentu saja ini semua akan terbatas jika Anda pergi bersama keluarga atau teman-teman.

Melatih Agar Lebih Mandiri dan Berani

Melatih Agar Lebih Mandiri dan Berani

Hidup mandiri membawa banyak keuntungan karena Anda tidak lagi terlalu mengandalkan bantuan orang lain untuk semua permasalahan. Akan sangat menyenangkan sekaligus membanggakan ketika segala hal bisa dilakukan secara mandiri. Bukan berarti tidak membutuhkan bantuan orang lain ya, melainkan membiasakan untuk menyelesaikan tanggungjawab seorang diri.

Selama solo traveling, secara otomatis Anda harus mengurus segala sesuatunya sendiri, mulai dari transportasi, penginapan, urusan makan hingga perjalanan menuju lokasi wiata. Dengan mengurus segala sesuatunya sendiri, Anda dipaksa untuk berani memutuskan atau berani meminta bantuan orang asing saat benar-benar membutuhkan.

Mengenali Diri Sendiri

Mengenali Diri Sendiri

Banyak hal tidak menyenangkan bisa terjadi selama liburan. Walau sudah dipersiapkan dengan matang, kenyataan di lapangan kadang tidak serapi itinerary  Anda. Segala yang sudah diperkirakan besar kemungkinan meleset karena sesuatu hal. Kejadian semacam ini bisa jadi turut mengintai rencana solo traveling Anda. Namun, justru inilah saat yang tepat untuk mengenal diri sendiri secara lebih dalam.

Keadaan terdesak atau apa pun yang tidak menyenangkan bisa membuat Anda menampilkan jati diri sebenarnya. Jika selama ini Anda merasa cukup sabar, apakah saat menghadapi masalah-masalah tersebut bisa tetap sabar? Jika selama ini Anda merasa cukup bisa mengendalikan emosi, apakah saat menghadapi kesialan tersebut bisa tetap tenang?

Hal-hal itu akan menguji Anda untuk menampilkan jati diri sesungguhnya. Terlebih ketika liburan sendirian, tidak ada siapa pun yang dikenal sehingga Anda akan lebih jujur dalam bersikap. Kejadian semacam ini juga bisa menjadi pemicu diri sendiri untuk lebih dewasa menyikapi segala kesulitan.

Menjadi Semakin Percaya Diri

Menjadi Semakin Percaya Diri

Alasan coba solo traveling lainnya adalah Anda akan menjadi lebih percaya diri. Melalui beberapa hari berlibur di luar sana, di tempat yang mungkin belum pernah dikunjungi, rasa percaya diri bisa meningkat. Perjalanan demi perjalanan yang mengharuskan Anda mandiri, berani dan bertanggungjawab terhadap pilihan sendiri, bisa memupuk keyakinan tersebut.

Menjadi pribadi yang lebih percaya diri tentu bermanfaat sekembalinya Anda dari liburan. Ia adalah investasi jangka panjang agar bisa menjalani hidup dengan lebih yakin dan tidak lagi terpengaruh dengan pandangan serta pendapat orang lain yang merendahkan. Seseorang yang yakin terhadap dirinya bisa melalui banyak kesulitan.

Lebih Menghargai Banyak Hal

Lebih Menghargai Banyak HalSumber: pegipegi.com

Ketakutan pergi sendiri memang tidak bisa dipungkiri, apalagi jika Anda melakukannya untuk pertama kali. Namun, ketahuilah ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari solo traveling, termasuk bisa lebih menghargai banyak hal, bahkan sampai pada hal-hal yang kecil.

Seperti contoh, dimulai dengan menghargai waktu dan rencana yang sudah dibuat, Anda akan lebih berhati-hati jika ingin menyia-nyiakan sesuatu.

Menghargai waktu, menghargai orang lain yang ditemui di jalan, menghargai bantuan mereka, menghargai uang recehan saat sudah mulai kehabisan dana atau menghargai perbedaan budaya dari satu tempat ke tempat lainnya.

Hal ini akan membentuk Anda jadi pribadi yang tidak sembarangan menyepelekan apa pun. Ketika menghadapi situasi yang sulit dihadapi sendirian, Anda jadi lebih menghargai kehadiran orang lain.

Saatnya Memberikan Waktu dan Perhatian untuk Diri Sendiri

Saatnya Memberikan Waktu dan Perhatian untuk Diri Sendiri

Setiap hari rasanya kerja keras hingga tak ada waktu untuk perhatian terhadap diri sendiri. Sekalinya punya waktu, kepentingan orang lain lagi-lagi lebih diutamakan dari keinginan sendiri. Apakah Anda seperti itu? Ketahuilah bahwa tidak ada salahnya untuk sesekali memikirkan dan lebih peduli terhadap diri sendiri.

Beri diri Anda ‘hadiah’ karena sudah bekerja keras dan bertanggungjawab, salah satunya dengan berlibur. Melakukan solo traveling akan ada banyak waktu yang dimiliki untuk menyenangkan diri pribadi. Jangan beratkan hati Anda dengan perasaan bersalah sebab tidak mengajak siapa pun; khusus kali ini saatnya memberi waktu dan perhatian kepada diri sendiri.   

Bisa Menyembuhkan Luka Hati

Bisa Menyembuhkan Luka Hati

Alasan coba solo traveling yang satu ini bersifat personal dan sentimental karena berhubungan dengan hal paling sensitif dari hidup seseorang. Sebagai manusia, terluka itu niscaya. Kesedihan yang disebabkan oleh sesuatu bisa menimbulkan luka hati, tapi karena keadaan, luka tersebut kerap diabaikan. Ia tidak sembuh melainkan dibiarkan dan sewaktu-waktu bisa kambuh.

Banyak cara yang bisa dilakukan guna menyembuhkannya. Salah satu yang menyenangkan adalah pergi liburan, tentu saja sendirian! Selama berlibur Anda punya banyak waktu dengan diri sendiri; mengajaknya bicara, mendengarkan seberapa terluka dirinya, pelan-pelan menerima luka lalu melepaskannya. Semua dilakukan sembari menikmati pengalaman datang ke tempat baru yang tidak terlupakan.

Berlatih Menaklukan Tantangan

Berlatih Menaklukan Tantangan

Tanpa maksud mendramatisasi, pergi liburan sendiri memang penuh tantangan. Ketika Anda memutuskan untuk melakukan itu, artinya sudah ada satu tantangan yang siap ditaklukkan. Selama di perjalanan, akan ada tantangan lainnya yang mau tidak mau harus diselesaikan sendirian.

Tantangan yang biasa dihadapi antara lain hal-hal bersikap teknis, seperti masalah di jadwal penerbangan, penginapan yang tidak nyaman, makanan yang belum terjamin kehalalannya (khusus untuk teman muslim) dan lain-lain. Tantangan tersebut melatih kepiawaian Anda dalam menyelesaikan masalah.

Punya Kenangan Indah yang Sulit Dilupakan

Punya Kenangan Indah yang Sulit Dilupakan

Alasan coba solo traveling yang terakhir adalah Anda akan punya kenangan indah yang sulit dilupakan. Kenangan tersebut pasti selalu diingat sampai kapan pun, bahkan bisa Anda bagikan pada anak-anak nanti. Membagikan cerita dan pengalaman yang menyenangkan bisa menularkan kebahagiaan dan semangat.

Selain itu, ingatan yang indah seperti demikian bisa pula menjadi pemicu semangat untuk bekerja semakin giat agar bisa liburan lagi di lain kesempatan. Ia bagai candu yang membuat Anda ketagihan. Satu hal yang pasti, agenda solo traveling selanjutnya pasti akan memberikan kenangan dan pengalaman yang baru lagi.

Dari sepuluh alasan coba solo traveling di atas, garis besarnya adalah agar Anda semakin bertumbuh jadi pribadi yang lebih kuat dan baik. Liburan seorang diri juga dapat memberikan kenangan dan pengalaman tak terlupakan yang sulit ditukar oleh apa pun.

Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan matang ya! Pilih kota paling dekat lebih dulu sebagai pengalaman pertama. Sudah siap melancong seorang diri?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram