Inilah 10 Alasan Kenapa Pengajuan Visa Jepang Kamu Ditolak

Ditulis oleh Dhini Oktavianti

Jangan lupa untuk menyiapkan itinerary bila berkunjung ke Jepang. Itinerary ini bisa disertakan saat pengajuan visa. Dengan itinerary ini juga menentukan apakah visa kamu diterima atau ditolak.

Untuk itu, cantumkan itinerary selengkap dan serinci mungkin. Mulai dari dimana kamu menginap, transportasi yang digunakan, tempat wisata, aktivitas yang akan kamu lakukan selama kamu di Jepang. Rinci per hari agar pengajuan visa bisa diterima. Jangan lupa, pastikan budgetnya cukup.

7. Interview yang Tak Meyakinkan

Interview yang Tak Meyakinkan

Setelah dokumen pengajuan visa diberikan, ada tahapan lagi yang perlu dilakukan. Tahapan ini adalah interview. Interview dilakukan oleh pihak berwenang untuk menanyakan seputar perjalanan dan rencana yang akan kamu lakukan selama di Jepang. Ini untuk memastikan apakah dokumen sudah sesuai serta kesiapanmu mengunjungi negara tersebut.

8. Pernah Berbuat Kriminal

Pernah Berbuat Kriminal

Jika pada masa lalu pernah melakukan tindakan kriminal, baik di negara sendiri atau negara lain, bisa saja permohonan visa Jepang ditolak. Ini karena dianggap bisa membahayakan keselamatan penduduk di suatu negara. Tak hanya pengajuan visa Jepang, ini juga menjadi fokus dalam pengajuan visa negara lain.

9. Melanggar Peraturan Imigrasi

Melanggar Peraturan Imigrasi

Sebelumnya kamu pernah mengunjungi suatu negara namun jangka waktu kunjungan melebihi waktu yang diijinkan ataupun penyalahgunaan visa, bisa jadi pengajuan visa Jepang bisa ditolak. Ingat bahwa apa yang kamu lakukan tercatat dan terekam di sistem imigrasi.

10. Paspor Expired atau Rusak

Paspor Expired atau Rusak

Selain dokumen, surat, itinerary, jangan lupa pastikan paspormu dalam kondisi baik dan masa berlaku masih lama. Bila masa berlaku paspor kurang dari enam bulan, bisa jadi visa yang diajukan ditolak. Untuk itu, perhatikan dulu masa berlaku paspor. Kalau akan expired, segera lakukan perpanjangan. Sudah aman, bisa langsung mengurus pengajuan visa Jepang.

Setelah mengetahui alasan ditolaknya visa Jepang di atas, sudah selayaknya kamu menyesuaikan dan penolakan bisa diminimalisir. Jangan lupa untuk ceritakan pengalamanmu mengajukan visa Jepang dan juga perjalanan ke Jepang di kolom komentar.

«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram