Alun-Alun Kota Bandung, Wisata Rekreasi Keluarga yang Seru

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Alun-Alun Kota Bandung merupakan pusat titik 0 kilometer dari kota yang menjadi ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Alun-Alun Kota Bandung dibangun pada tahun 1811, pembangunannya bersamaan dengan perpindahan ibu kota Pemerintahan Kolonial Belanda yang semula berada di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, menjadi di Cikapundung, Kota Bandung.

Saat masa pemerintahan Hindia Belanda, Alun-Alun Kota Bandung dipagari pohon beringin pada empat sisi yang kemudian menjadi ikon dari tempat ini. Alun-Alun Kota Bandung terletak di depan Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat yang semula dikenal dengan nama Masjid Agung Kota Bandung.

Alun-Alun Kota Bandung mengalami beberapa kali renovasi, hingga akhirnya bisa menjadi seperti saat ini. Pada taun 1950 – 1960, Alun-Alun Kota Bandung dihiasi berbagai jenis bunga, hingga akhirnya dikenal dengan julukan “Bandung Kota Kembang”.

Pada tahun 1973, dipercantik dengan kolam air mancur yang sempat menjadi ikon bagi Kota Bandung. Tahun 2001 – 2003 Alun-Alun Kota Bandung kembali dilakukan renovasi, serta perubahan nama Masjid Agung Bandung menjadi Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat.

Sebelas tahun kemudian, tepatnya tahun 2014, Alun-Alun Kota Bandung dilakukan renovasi secara total, dimana pada area taman seluas 1.200 m2 tersebut dilengkapi dengan rumput sintetis dan area taman bermain anak. Hingga kini, Alun-Alun Kota Bandung sering menjadi pilihan untuk bersantai dan rekreasi bersama keluarga.

Ingin wisata gratis bersama keluarga di Bandung? Kalau iya, main ke Alun-alun Bandung yuk! Sebelumnya simak dulu ulasannya berikut ini.

 Wahana dan Spot Populer

Wahana dan Spot Populer

* sumber: allindonesiatourism.com

Rekreasi di Alun-Alun Kota Bandung, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari santai di atas rumput sintetis yang empuk dan bersih, wisata kuliner di area basement Alun-Alun Kota Bandung, berfoto di beberapa spot menarik, menerbangkan gasing terbang, hingga bermain di area Pasar Malam Alun-Alun Kota Bandung, di seberang Gedung Merdeka.

Uniknya, ketika jalan-jalan ke Alun-Alun Kota Bandung, kamu tak hanya bisa santai di taman saja, melainkan juga bisa mengenal sejarah Kota Bandung, juga mengenal sejarah Konferensi Asia Afrika karena Alun-Alun ini letaknya tak jauh dari Gedung Asia Afrika. Inilah wahana dan spot populer di sekitar Alun-Alun Kota Bandung.

1. Taman Alun-Alun

Taman Alun-Alun

* sumber: edisjun.wagomu.id

Di Alun-Alun Bandung, kamu bisa bersantai di Taman Alun-Alun, dan merebahkan diri di atas rumput sintetis. Setiap pengunjung yang datang ke Alun-Alun, wajib membuka alas kaki sebelum menginjak area taman dengan rumput sintetis. Jadi kebersihan di Taman Alun-Alun ini tetap terjaga dan aman untuk anak-anak.

Taman Alun-Alun selalu ramai baik itu pada siang ataupun malam hari. Saat siang hari, ada banyak penjual yang menjajakan dagangannya dengan berkeliling area taman. Kemudian pada malam hari, kamu bisa menerbangkan gasing terbang yang berwarna-warni.

2. Menara Masjid Raya Bandung 

Menara Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat

Ingin melihat Kota Bandung dan Jawa Barat dari ketinggian? Naik saja ke Menara Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat atau Masjid Agung Bandung yang terdiri dari dua menara. Menara Masjid Agung Bandung memiliki tinggi maksimal sekitar 81 meter, dan berjumlah 19 lantai.

Di puncak Menara Masjid Agung Bandung, kamu bisa melihat landscape Kota Bandung dengan sudut pandang 360 derajat. Dari kejauhan, nampak Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Manglayang, Gunung Burangrang, dan gunung-gunung lain yang mengelilingi Bandung Raya. Dari atas sini, kamu juga bisa melihat motif rumput sintetis yang ada di Taman Alun-Alun.

3. Taman Bermain

Taman Bermain

* sumber: majalahpeluang.com

Selain taman yang dilengkapi dengan rumput sintetis, Alun-Alun Kota Bandung juga memiliki area Taman Bermain Anak. Terdapat beberapa wahana permainan, salah satunya ayunan. Meski tidak banyak wahana yang tersedia, Taman Bermain menjadi salah satu tempat favorit bagi anak-anak yang berkunjung ke Alun-Alun Kota Bandung.

4. Monumen Asia Afrika

Monumen Asia Afrika

Monumen Asia Afrika menjadi salah satu spot foto menarik di Alun-Alun Kota Bandung. Letaknya berada di persimpangan Jalan Asia Afrika dan Jalan Alun-Alun Timur. Monumen Asia Afrika menjadi ikon dari Alun-Alun Kota Bandung yang sering dijadikan sebagai spot foto terutama pada malam hari.

Monumen Asia Afrika terdapat bola dunia berukuran besar, dan pada badan penyangga bola dunia terdapat tulisan “Asia Afrika” serta di sisi yang lain terdapat tulisan negara-negara yang masuk ke dalam kawasan benua Asia dan benua Afrika.

5. Palestine Walk

Palestine Walk

Di sudut Jalan Alun-Alun Timur, terdapat Palestine Walk yang dilengkapi dengan ikon “Bandung love Palestine”. Palestine Walk dibuat sebagai bentuk solidaritas terhadap saudara kita yang ada di Palestina. Palestine Walk terletak tak jauh dari Monumen Asia Afrika. Di sini juga terdapat taman untuk sekadar bersantai.

6. Jalan Asia Afrika

Jalan Asia Afrika

* sumber: mediaindonesia.com

Jalan Asia Afrika merupakan titik 0 kilometer Kota Bandung yang menjadi salah satu kawasan ramai wisatawan dan ikon dari Kota Bandung. Jalan Asia Afrika membentang dari Tugu Simpang Lima, sampai perempatan Jalan Sudirman. Jalan Asia Afrika bukan sekadar jalan, tetapi ini menjadi salah satu tempat bersejarah di Kota Bandung.

Jalan Asia Afrika merupakan tempat dimana Gedung Merdeka dan Gedung Asia Afrika berada. Trotoar di Jalan Asia Afrika dirancang senyaman mungkin sehingga bisa digunakan dengan baik oleh masyarakat.

Selain itu, di sini terdapat beberapa cosplay yang bisa diajak untuk berfoto. Jalan Asia Afrika semakin dikenal karena adanya tulisan tentang Bandung dari penulis terkenal, Pidi Baiq.

7. Cikapundung Riverspot

Cikapundung Riverspot

* sumber: kktransbandung.com

Tak jauh dari Jalan Asia Afrika, terdapat sebuah taman yang dilengkapi dengan air mancur menari yang aktif pada waktu malam hari. Cikapundung Riverspot menjadi salah satu tempat untuk bersantai dan wisata kuliner di sekitar Alun-Alun Kota Bandung. Tempat ini sering dijadikan sebagai venue untuk menggelar acara musik.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

  • Tiket Masuk : Gratis
  • Waktu Operasional : 24 jam

Fasilitas

Fasilitas Alun-alun Bandung

Alun-Alun Kota Bandung sudah menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi pendatang dari luar kota Bandung. Tak heran jika tempat ini selalu ramai dikunjungi pada saat libur akhir pekan. Alun-Alun Bandung menyediakan beragam fasilitas, diantaranya :

  • Taman dengan Rumput Sintetis
  • Aneka Kuliner di basement Alun-Alun dan Jalan Cikapundung
  • Toilet dan Masjid Agung
  • Arena Bermain Anak
  • Halte Bus Damri
  • ATM dan Bank BRI

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

  • Alamat : Jl. Asia Afrika, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat

Alun-Alun Bandung terletak di pusat kota Bandung dan sangat mudah diakses dari dalam dan luar kota, karena lokasinya dekat dari Stasiun Bandung dan dilewati oleh berbagai transportasi umum seperti bus, hingga angkutan kota. Berikut ini akses transportasi untuk sampai ke Alun-Alun Kota Bandung.

  • Mobil / Motor

Jika kamu datang dari arah Pasteur atau Bandung Utara, lanjutkan perjalanan dengan melewati fly over Pasupati dan turun di Jl. Tamansari. Kemudian mengarah ke arah Dago bawah, dilanjutkan ke Jalan Merdeka, Jalan Veteran, kemudian ke Jalan Tamblong dan berakhir di Jalan Asia Afrika. Sampailah di Alun-Alun Kota Bandung.

Jika datang dari arah Bandung Timur / Terminal Cicaheum, bisa mengarah ke Jalan Jendral Ahmad Yani, sampai di Tugu Simpang Lima lurus ke arah Jalan Asia Afrika, dan sampai di Alun-Alun Bandung.

  • Transportasi Umum

Akses menuju Alun-Alun Kota Bandung sangat mudah. Kamu bisa menggunakan berbagai transportasi umum. Damri yang melewati Alun-Alun diantaranya jurusan Leuwipanjang – Cibiru, Alun-Alun – Ciburuy, Alun-Alun – Kota Baru Parahyangan, Cicaheum – Cibereum, dan Leuwipanjang – Dago.

Jika datang dari Stasiun Bandung, akan lebih mudah apabila berjalan kaki. Dari Stasiun Bandung Selatan atau Stasiun Lama, bisa jalan mengarah ke selatan, melewati Jalan ABC, dilanjutkan ke Jalan Banceuy, dan berakhir di Alun-Alun Bandung. Bisa naik angkutan kota menggunakan jurusan Stasiun Hall – Gede Bage.

Hotel dan Penginapan di Sekitar Alun-Alun Kota Bandung

Hotel dan Penginapan di Sekitar Alun-Alun Kota Bandung

Terletak di pusat kota, Alun-Alun Bandung memiliki banyak hotel ternama di sekitarnya. Berikut ini daftar hotel yang bisa dipilih ketika berencana ke Alun-Alun Kota Bandung.

1. Hotel Savoy Homann

  • Jl. Asia Afrika No. 112, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4232 244

2. Grand Hotel Preanger

  • Jl. Asia Afrika No. 81, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4231 631

3. Ibis Styles Braga

  • Jl. Braga No. 8, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4213 070

4. Golden Flower

  • Jl. Asia Afrika No. 15 – 17, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4239 999

5. Ibis Budget Asia Afrika

  • Jl. Asia Afrika No.128, Paledang, Lengkong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4267 999

6. Zodiak Hotel

  • Jl. Asia Afrika No. 34, Balonggede, Regol, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4267 468

7. Hotel 88 Asia Afrika

  • (022) 2050 7088

8. The Naripan Hotel

  • Jl. Naripan No. 31 – 35, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 4207 009

9. Mercure Bandung

  • Jl. Lengkong Besar No.8, Cikawao, Lengkong, Kota Bandung
  • Kontak : (022) 3000 8000

Jalan-jalan ke Bandung, tak lengkap jika tidak mampir ke Alun-Alun Kota Bandung. Bukan hanya bisa santai di taman saja, kamu bisa mencicipi wisata kuliner asli Bandung, hingga menginap di hotel berbintang 4. Wisata di Alun-Alun Bandung tepat untuk rekreasi bersama keluarga. Yuk, ke Alun-Alun!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *