10 Angkringan di Jogja yang Populer dengan Rasa yang Lezat

Selain terkenal dengan budaya dan gudegnya, Yogyakarta juga ternyata terkenal dengan angkringannya. Angkringan merupakan istilah orang Jogja untuk menyebut lapak penjual nasi kucing serta minuman tradisional khas Jawa.

Biasanya penjualnya menggunakan gerobak kayu yang ditutupi terpal. Orang yang pertama kali berjualan angkringan adalah Mbah Pairo dari Klaten.

Ketika berdagang, Mbah Pairo jualan angkringannya menggunakan pikulan. Angkringan kemudian dipopulerkan oleh anaknya Mbah Pairo yang bernama Lik Man.

Di Jogja banyak sekali angkringan namun ada beberapa angkringan yang ikonik dan populer. Mereka yang menikmati angkringan adalah penduduk lokal dan luar daerah. Berikut ini adalah 10 angkringan yang bisa kamu datangi di Jogja.

Baca juga: 10 Angkringan Terbaik di Bandung untuk Nongkrong Seru

1. Angkringan KR

Angkringan KRSumber: tripzilla.id
  • Alamat: Jl. P. Mangkubumi, Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 12.00 s/d 02.00
  • Telepon: 087739550727
  • Harga: Rp3.000 s/d Rp12.000

Di Jalan Mangkubumi terdapat Kantor Harian Kedaulatan Rakyat. Kantor ini usianya sudah puluhan tahun. Di depan kantor tersebut ada warung angkringan terkenal yang sudah melegenda, yaitu Angkringan Pak Jabrik yang sering disebut dengan Angkringan KR karena letaknya yang depan kantor tersebut.

Angkringan KR seperti halnya angkringan lainnya di Jogja, menjual berbagai menu murah meriah. Yang membuat tempat makan ini spesial yaitu lokasinya yang pas.

Tak hanya untuk bersantap santai, tetapi juga untuk berdiskusi tentang bermacam hal. Sambil ngobrol, pengunjung bisa duduk lesehan menikmati segelas teh manis hangat atau kopi

2. Angkringan Lek Man

  • Alamat: Pasar Kranggan, Jl. Poncowinatan No.7, Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 16:00 s/d 01.00
  • Telepon: 0882-1670-6744
  • Harga: Rp500 s/d Rp3.500

Salah satu angkringan di Jogja yang terkenal adalah Angkringan Lek Man. Angkringan ini terkenal dengan Kopi Joss-nya yang menjadi minuman spesialnya.

Minuman ini adalah segelas kopi yang dihidangkan panas dengan ditambah arang yang masih nyala. Untuk menu makanannya ada nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, sate kulit, gorengan, dan masih banyak lagi.

Lek Man adalah anak dari Mbah Pairo yang dikatakan sebagai pionir pedagang angkringan di daerah Jogja. Beliau sudah berjualan semenjak tahun 1950-an.

Maka tak heran karena sudah cukup legendaris, angkringannya pun tak pernah sepi pembeli. Banyak pengunjung dari luar kota mendatangi Angkringan Lek Man karena letaknya dekat dengan Stasiun Tugu.

3. Angkringan Wijilan/Angkringan Kang Harjo

  • Alamat: Jl. Wijilan, Panembahan, Kec. Kraton, Yogyakarta
  • Jam operasional: 17.00 s/d 02.00
  • Telepon: 0817-9446-247
  • Harga: Rp3.000 – Rp25.000

Berada di kawasan Wijilan yang dikenal sebagai sentra gudeg, Angkringan Kang Harjo lebih dikenal sebagai Angkringan Wijilan karena letaknya tersebut. Saking terkenalnya angkringan Kang Harjo sekarang ini, tempatnya dibuat jadi dua lantai.

Tempat angkringan ini bisa dibilang cukup luas dengan beberapa deret bangku serta meja. Saat masuk ke dalam, kamu akan melihat dua meja besar berisi beragam gorengan, seperti tempe, tahu, bakwan.

Ada juga bermacam sate, seperti telur puyuh, keong, gajih, usus, serta bermacam gorengan ala supermarket, seperti tempura dan nugget.

Di Angkringan Kang Harjo para pembeli bisa mengambil nasi hangat sepuasnya. Rasa nasi kucing serta lauk pauknya terasa lezat karena diberi bumbu yang pas membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Jangan lupa untuk memesan teh nasgitel, yaitu teh panas, manis, juga kental. Teh ini merupakan minuman andalan yang dihidangkan di Angkringan Kang Harjo.

4. Angkringan Semar

  • Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No.2, Gowongan, Kecamatan Gondokusuman, Yogyakarta
  • Jam operasional: 16.00 s/d 01.00
  • Telepon: 087775202333
  • Harga: Rp1.000 s/d Rp13.000

Jika kebanyakan angkringan memiliki suasana tradisional, tapi Angkringan Semar justru menawarkan konsep yang berbeda, yaitu ‘angkringan kekinian’.

Untuk mendukung konsep ini, Angkringan Semar menawarkan tempat yang instagramable dan nyaman, tapi tidak ada lesehan. Meski demikian, tempat ini tetap menjajakan menu angkringan.

Di sini tersedia Wi-Fi sehingga jadi tempat para mahasiswa nongkrong dan mengerjakan tugas. Walaupun harganya dikatakan agak sedikit mahal, anak kost juga tetap bisa mampir ke Angkringan Semar ini.

5. Angkringan Mas Bagong

Angkringan Mas Bagong
  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.3, Cokrodiningratan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 17.00–01.45
  • Telepon: 0856-4399-7979
  • Harga: Rp2.000 s/d Rp13.000

Menikmati jalan-jalan malam di sekitaran Tugu Jogja akan semakin mengasyikan dengan menyantap menu angkringan, seperti nasi kucing, gorengan, serta bermacam menu sate.

Angkringan Mas Bagong berbeda dari tipe angkringan yang lain yang berjualan menggunakan model gerobak dengan atap terpal lengkap dengan bangku kayu dan tunggu arang.

Angkringan ini dilengkapi dengan beberapa meja serta tikar lesehan. Jualannya ditempatkan di gerobak kaca yang berisi berbagai jenis nasi kucing, seperti nasi kucing dengan isi teri.

Nasi kucing di Angkringan Mas Bagong porsinya agak lebih besar dibandingkan nasi kucing di angkringan lainnya. Di sini juga kamu bisa menikmati kopi joss khas Jogja.

6. Angkringan Gadjah

  • Alamat: Jl Kaliurang No.KM.9, Gondangan, Sleman, DIY
  • Jam operasional: 14.00-22.00 WIB
  • Telepon: 0819-1549-8080
  • Harga: mulai dari Rp3.500

Satu lagi angkringan yang terkenal di Jogja, yaitu Angkringan Gadjah. Angkringan yang satu ini berbeda dari angkringan lainnya yang umumnya berada di pinggir jalan.

Yang satu ini menggunakan konsep paket juga all you can eat. Paket menunya seperti nasi, bermacam sate, lauk juga minuman.

Untuk menu paketnya bisa untuk 10 hingga 15 orang. Harga menu paket sekitar Rp30.000 – Rp40.000. Minuman di sini menggunakan nama-nama unik, yaitu tokoh wayang hingga nama macapat, yakni puisi tradisional Jawa.

Angkringan ini juga mempunyai teman makan yang outdoor yang cocok untuk jadi pilihan di masa pandemi seperti sekarang.

7. Angkringan Gareng Petruk

  • Alamat: Jl. Margo Utomo No.30, Gowongan, Kecamatan Jetis, Yogyakarta
  • Jam operasional: 17:30 s/d 02.00
  • Telepon: -
  • Harga: Mulai dari Rp3.000

Angkringan Gareng Petruk adalah salah satu angkringan di Jogja yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal juga asing.

Letak angkringan ini ada di pusat kota Jogja sehingga kental dengan atmosfer Kota Jogja. Cocok untuk kamu yang suka nongkrong menikmati Kota Gudeg di malam hari.

Kalau kamu bermalam di dekat Tugu Jogja, untuk bersantap di sini cukup dengan jalan kaki kurang lebih 5 menit. Di angkringan ini kamu akan bisa menikmati bermacam kuliner tradisional yang murah tapi enak, seperti sate dan nasi kucing.

Nasi kucingnya tersedia dalam beragam varian, seperti nasi ayam bumbu bali, oseng ati ampela, dan ayam rica-rica.

Bermacam lauk pauk juga tersedia di sini, seperti sate ampela, macam-macam bacem dan lain-lain. Untuk minumannya bisa dilipih kopi joss.

8. Angkringan Pak Satari

  • Alamat: Jl. Magelang Km 15,2 Medari Sleman
  • Jam operasional: 15.00 s/d 03.00
  • Telepon: 081393967606
  • Harga: Rp1.000 s/d Rp5.000

Kalau ingin tahu rasanya makan di angkringan pinggir jalan, kamu bisa singgah di Angkringan Satari yang letaknya tepat di pinggir jalan.

Angkringan ini berada di depan sebuah ruko menggunakan tenda. Sebagai pengganti gerobak tradisional adalah sebuah meja panjang yang digunakan untuk bisa menyusun menu-menu pilihan.

Menu yang tersedia di angkringan ini lumayan lengkap dibandingan menu angkringan lain yang berada di daerah Tugu yang terkenal mahal. Di sini kamu bisa mencicipi beragam nasi kucing, sate juga gorengan.

9. Angkringan Nganggo Suwe (Lek Adi)

Angkringan Nganggo Suwe (Lek Adi)
  • Alamat: Jl. Pramuka No.106, Giwangan, Kecamatan Umbulharjo, Yogyakarta
  • Jam operasional: 17.00 – 05.00
  • Telepon: 0813-2823-5161
  • Harga: Kurang dari Rp10.000

Angkringan Nganggo Suwe lebih mirip warung makan dibandingkan angkringan. Meski demikian, tempat ini adalah angkringan walaupun tak menggunakan gerobak.

Menu di Angkringan Nganggo Suwe sama seperti angkringan tradisional umumnya. Di sini ada nasi kucing, berbagai jenis sate, gorengan, wedang jahe, dan lain-lain.

Angkringan Lek Adi adalah nama lain untuk angkringan ini. Letaknya ada di daerah Kotagede. Bagi kalangan mahasiswa sering kali angkringan ini dijadikan tempat untuk nongkrong dan bagi warga sekitar tempat ini dijadikan sebagai tempat "berburu" lauk pauk ketika malam hari.

Beberapa menu yang bisa dicoba, yaitu tongseng keong, nasi bakar, wedang asem panas maupun wedang asem jahe.

10. Angkringan Pa’Ong

  • Alamat: Jl. Bintaran Wetan No.1, Wirogunan, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151
  • Jam operasional: 15.00 s/d 24.00
  • Telepon: 085701757773
  • Harga: Mulai dari Rp500

Terletak di Jl. Bintaran Wetan Wirogunan Pakualaman, Angkringan Pa’Ong ini banyak disambangi oleh pengunjung.

Yang nongkrong di tempat ini umumnya anak muda karena makanan serta minuman yang dijual cukup murah sehingga terjangkau oleh pelajar dan mahasiswa.

Lauk pauk dan kuliner khas angkringan bisa dijumpai di sini, selain tentunya beraneka ragam sate serta nasi kucing.

Jenis nasi kucingnya ada beberapa, seperti nasi langi, nasi teri, nasi kikil, nasi oseng tempe, dan nasi-nasi lainnya.

Ada juga aneka gorengan dan untuk minumannya ada menu kopi. Pilihan kopinya, seperti kopi Aceh, Lampung, Gayo, Bali dan kopi Papua. Tak ketinggalan juga ada kopi joss.

Itulah daftar angkringan di Jogja yang rasanya enak dan terkenal. Saat liburan ke Jogja tak akan lengkap tanpa mampir untuk bersantap di angkringan. Ini adalah salah satu yang khas dari kota Jogja.  Jadi, jangan sampai terlewatkan.

Sekarang ini angkringan di Jogja bermacam-macam, dari yang tradisional hingga yang kekinian lengkap dengan fasilitas seperti Wi-Fi. Kamu mau pilih yang mana, angkringan tradisional atau kekinian?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram