9 Angkringan di Semarang dari yang Tradisional Hingga Modern

Angkringan umum ditemui di Yogyakarta dan Solo, tapi tempat makan ini bisa juga dijumpai di kota lain seperti Semarang. Jenis angkringannya yang ada di Kota Semarang ini ada yang masih tradisional tapi ada juga yang dibuat lebih modern.

Walaupun sebagian angkringan di Semarang memiliki konsep modern tapi menu yang ditawarkan masih berupa menu khas angkringan.

Kamu masih bisa mencicipi menu berupa dari nasi kucing, nasi ikan teri, nasi bakar, serta jenis nasi bungkus yang lainnya. Harganya seperti di angkringan yang ada di Yogyakarta dan Solo. Apa saja angkringannya? Cek daftarnya di bawah ini.

1. Angkringan Pak Gik

  • Alamat: Jl. Inspeksi, Sekayu, Semarang Tengah, Semarang
  • Jam buka: 23.00 s/d 04.00
  • Harga: sekitar Rp 1.000 s/d Rp 5.000

Di kalangan warga Semarang, Angkringan Pak Gik sudah tidak asing lagi. Angkringan ini merupakan salah satu angkringan yang paling legendaris di Semarang karena sudah berdiri semenjak lebih dari 50 tahun yang lalu.

Nama angkringan ini adalah Nasi Kucing Pak Gik Gajahmada. Tempat ini dikenal tak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Alamat angkringan ini berada di Jl. Inspeksi, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah. Buka mulai malam hari, Angkringan Pak Gik buka beroperasi sampai menjelang pagi. Menu makanan yang dijual di sini juga sangat banyak hingga pelangannya betah untuk berlama-lama di sini.

Tak hanya nasi kucing, di angkringan Pak Gie ini juga ada juga nasi gurih, tahu petis, nasi babat, nasi kering nasi telur tahu, ketan dan lainnya. Harga makanannya berkisar antara Rp1.000 s/d Rp5.000.

2. Angkringan Pandawa

Angkringan Pandawa
  • Alamat: Jl. Gajah Raya No.25, Gayamsari, Kec. Gayamsari
  • Jam buka: 17.00 - 00.00
  • Telepon: (024) 76413882
  • Harga: mulai dari Rp1.000

Kalau mampir ke angkringan ini, kamu bisa menikmati nasi kucing. Dikenal dengan nama Angkringan Pandawa, tempat makan yang satu ini menawarkan 30 macam nasi kucing lengkap dengan bermacam lauknya.

Selain nasi kucing, kamu juga bisa pilih beragam sate-satean yang jenisnya beragam dan jenisnya ada sekitar 40 sate-satean.

Keunikan sate-satean ini yaitu semuanya dihidangkan dengan ditambah saus barbeque. Saus lainnya ada saus lada hitam yang memiliki sensasi pedas yang terasa menghangatkan. Harga makanan di sini mulai dari Rp1.000an.

3. Angkringan Ing Teras

  • Alamat: Jl. Puspanjolo Selatan No.28, Bojongsalaman, Semarang Barat
  • Jam buka: 16.00 - 22.30
  • Telepon: 0811-277-008
  • Harga: mulai dari Rp2.500

Terbilang unik, Angkringan Ing Teras ini warungnya terletak di teras rumah pemiliknya. Angkringan di Kota Semarang ini merupakan salah satu tempat nongkrong anak-anak muda.

Tak hanya suasananya yang adem, di angkringan ini kamu juga bisa mencicipi banyak menu makanan serta minuman. Ingin menu makanan yang mengenyangkan, kamu bisa memilih nasi bungkus dilengkapi berbagai lauk.

Camilan yang ditawarkan di Angkringan Ing Teras seperti pisang goreng coklat sementara untuk minuman hangatnya di sini tersedia wedang ronde. Soal harga nggak perlu khawatir. Semua menu makanannya dijual dengan harga yang terjangkau.

4. Angkringan Kemebul

  • Alamat: Barusari, Semarang Selatan, Semarang City, Central Java 50245
  • Jam buka: 16.00 s/d 23.00
  • Telepon: 0857-2856-0906
  • Harga: Rp7.000

Angkringan Kemebul berlokasi di Barusari, Kec. Semarang Selatan dan beroperasi dari hari Selasa sampai Minggu. Para pengunjung mulai berdatangan ke Angkringan Kemebul dari jam lima sore sampai tengah malam.

Kalau dilihat-lihat angkringan ini penampilannya lebih mirip dengan kafe. Menu yang tersedia di angkringan ini beragam, seperti ada nasi uduk, nasi bungkus, mie goreng dan nasi goreng.

Sementara untuk menu minuman andalannya adalah jaher rempah. Minuman ini sangat direkomendasikan khususnya saat musim hujan karena bisa menghangatkan badan.

5. Angkringan Dot Com

Angkringan Dot ComSumber: brisik.id
  • Alamat: Jl. Pasirmas Raya, Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara, Semarang
  • Jam buka: 24 jam
  • Telepon: 0812-2831-5119
  • Harga: mulai dari Rp1.000

Angkringan yang satu ini sangat terkenal di kalangan anak muda. Ini karena dahulu angkringan ini terletak di sekitar Kampus Undip Pleburan.

Kini kampus tersebut letaknya sudah bergeser ke Tembalang. Walaupun begitu, angkringan ini tetap terkenal dan ramai didatangi oleh kawula muda. Pengunjung semakin nyaman berada di sini karena pengelolanya sangat ramah.

Bermacam jenis nasi bungkus yang dihidangkan di sini, seperti nasi orak arik telur, nasi ayam rica, nasi babat gongso, nasi semur ayam, nasi ayam sambal bawang, nasi ayam balado, nasi teri sambal bawang, nasi ayam lombok ijo, nasi cumi, nasi rendang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, di sini juga ada menu sate-satean, seperti sate telur puyuh, sate bakso goreng, sate bakso pedas, sate usus ayam, sate hati ayam, sate nugget, dan masih ada lagi jenis sate lainnya. Di sini tersedia bangku kayu serta tikar untuk lesehan.

Lokasi angkringan ini berada di Jalan Pleburan Barat, di dekat Jalan Hayam Wuruk. Sekarang angkringan ini juga buka cabang di daerah Tembalang juga Tanah Mas.

6. Angkringan Mbak Terra

  • Alamat: Jl. Kedungmundu, Semarang
  • Jam buka: 17.30 s/d 00.00
  • Telepon: 0815-1607-072
  • Harga: mulai dari Rp1.000

Kamu akan menjumpai angkringan yang selalu ramai di kawasan Kedungmundu. Nama angkringan ini adalah Angkringan Mbak Terra.

Tak hanya nasi bungkus, di angkringan ini juga ditawarkan bakso. Karena lokasinya yang strategis angkringan ini selalu ramai oleh orang-orang yang nongkrong. Di sini nasi bungkusnya dibungkus memakai daun jati jadi terasa lebih tradisional.

Menu lain yang tersedia di sini adalah aneka gorengan serta sate-satean untuk jadi teman makan nasi bungkus. Harga di angkringan ini juga tak kalah murah dibandingkan angkringan yang lain.

7. Angkringan Blendoek

Angkringan Blendoek
  • Alamat: Jl. Gajahmada No.138, Gabahan, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang
  • Jam buka: 16.30 s/d 24.00           
  • Telepon: 0822-2413-2806
  • Harga: mulai dari Rp1.500

Berlokasi di Jl. Gajahmada No. 138 Gabahan, Kec. Semarang Tengah, Angkringan Blendoek adalah salah satu angkringan yang bisa kamu temui di Semarang.

Nama Blendoek sendiri diambil dari tempat dulu angkringan ini berlokasi, yaitu di sekitar Gereja Blendoek di daerah Kota Lama.

Jenis menu yang dihidangkan antara lain beraneka ragam nasi bungkus, aneka sate, mi instan, tahu kupat, sop buntut serta loenpia.

Karena harganya murah meriah angkringan ini cocok sekali untuk kalangan anak muda. Di sini juga live music-nya, lho! Angkringan Blendoek buka tiap pukul 16.30 sampai 00.00 WIB.

8. Angkringan Polke

  • Alamat: Jl. Pamularsih Raya No.42-44, Salamanmloyo, Kec. Semarang Baru, Semarang
  • Jam buka: 10.00 s/d 22.00
  • Telepon: 081392157225
  • Harga: mulai dari Rp5.000

Nama angkringan ini adalah Polke yang merupakan singkatan dari jempol dan oke. Angkringan ini dibuka secara resmi pada 20 November 2015.

Alamat angkringan ini di Jl. Pamularsih Raya No. 42-44 Salamanmloyo, Kec. Semarang Barat. Angkringan ini memiliki menu paling populer yaitu bakso, sate hati ayam, aneka nasi bungkus, aneka wedang dan aneka minuman.

Beragam menu yang ada di angkringan Polke adalah hasil buatan sendiri. Di sini tersedia fasilitas, wifi lesehan, live acoustic performance, playground untuk anak-anak, musala, dan letaknya strategis karena angkringan ini dekat dengan bandara, sekitar 5 menit saja.

Di sini tersedia juga bermacam nasi kucing. Tiap harinya minimal ada 13 menu, seperti nasi sambel teri, orak-arik pedo, bandeng lombok ijo, ayam crispy, ayam rica, bistik ayam, cumi crispy, cumi item, udang crispy, rendang daging, telur balado, dan lain-lain.

Beragam jenis gorengan yang tersedia di sini di antaranya, mendoan, martabak, tahu bakso, tahu petis, bakwan sayur, bakwan jagung, pisang goreng, dan lain-lain. Untuk jenis satenya tersedia sate ayam, usus, kulit, kerang, kikil, keong, lilit daging, lilit ayam, dan lain-lain.

Menu jajanan pasar yang ditawarkan ada jadah tempe, pisang caramel, ketan bubuk, donat, kukus, bolu dan lain-lain. Sementara itu menu wedangan yang tersedia, yaitu wedang jahe, wedang uwuh, serta wedang ronde.

Tempat angkringan ini sekarang cukup strategis serta bersebelahan dengan lapangan bulutangkis. Jam bukanya mulai dari pukul 4 sampai tengah malam.

9. Angkringan 88

  • Alamat: Jl. Hayam Wuruk No.24, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Semarang
  • Jam buka: 09.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0899-7896-654
  • Harga: mulai dari Rp1.000

Angkringan 88 letaknya di Jl. Puspowarno No.31, Kota Semarang dan memberikan suguhan yang berbeda dibandingkan angkringan – angkringan lainnya. Tiap hari Jumat, di Angkringan 88 ada program Jumat berkah yang memperbolehkan pengunjung untuk makan sepuasnya serta membayar seikhlasnya.

Asyiknya lagi angkringan ini juga menyediakan fasilitas karaoke, layar lebar serta hotspot WIFI gratis. Menu di angkringan ini ada nasi bungkus, nasi bakar, nasi goreng, sate, gorengan, ayam penyet, tahu bacem, ayam geprek, wedang jahe kencur, wedang jahe, jus serta teh.

Nah itulah sembilan angkringan yang ada di Semarang. Jadi kalau kamu orang Semarang dan ingin mencicipi angkringan khas Yogyakarta, tak perlu jauh-jauh berkendara ke Jogja. Cukup kunjungi salah satu angkringan di daftar yang ada di atas.

Angkringan di Semarang juga bisa jadi pilihan untuk kamu hangout bareng teman-teman. Sudah pilih angkringan mana yang ingin kamu datangi?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram