10 Angkringan di Solo yang Asyik buat Makan dan Hangout

Berjalan-jalan di Kota Solo tidak lengkap rasanya jika belum mencoba kuliner khas dari kotanya. Kota Solo banyak menawarkan tempat yang asyik untuk mencicipi kuliner dan juga ngumpul bareng dengan teman.

Angkringan atau yang di Kota Solo dikenal dengan istilah wedangan ini dapat dijadikan pilihan untuk menikmati kuliner tanpa harus merasa gelisah isi kantong terkuras.

Tempat angkringan di Kota Solo menyajikan konsep-konsep yang menarik dari bergaya vintage, ala cafe, modern atau juga yang sederhana tetapi tetap nyaman dan asyik.

Berikut ini adalah beberapa angkringan di Solo yang dapat kamu jadikan referensi untuk makan enak dan juga hang out bareng dengan teman-teman.

Baca juga: Inilah 10 Angkringan Populer dan Recommended di Surabaya

1. Angkringan Omah Londo

  • Alamat: Jl. Agus Salim No.2A, Sondakan, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 07.00 – 24.00 WIB
  • Telepon: (0271) 713741
  • Harga: Mulai dari Rp4.000

Jika kamu mencari angkringan dengan tempat yang unik, Omah Londo dapat kamu jadikan pilihan untuk bersantap saat ada di Kota Solo.

Angkringan Omah Londo merupakan angkringan yang menggunakan rumah Belanda sebagai tempat berjualannya. Rumah tersebut merupakan bekas rumah dari seorang manajer dari pabrik gula yang dimiliki oleh Belanda.

Omah Londo merupakan tempat nongkrong yang cukup nyaman. Menu makanan yang disajikan di angkringan ini menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanannya.

Menu makanannya terdiri dari sego sambel belut, sego geprek, sego ati ampela, dan sego empal. Semuanya disajikan dalam sebuah tampah. Para pengunjung cukup tinggal mengambil makanan yang mereka pilih.

2. Wedangan Pak Dhie

  • Alamat: Jl. Sutan Syahrir, Setabelan, Kec Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 08.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0897-7738-931
  • Harga: Mulai dari Rp1.000

Wedangan atau angkringan Pak Dhie telah terkenal dari zaman dahulu. Angkringan yang berada di belakang Mangkunegaran ini telah berusia puluhan tahun, dan bisa dikatakan sebagai satu angkringan yang tertua di Solo.

Menu yang menjadi andalan mereka adalah nasi bandeng yang merupakan pelopor nasi bandeng original yana telah ada dari dulu.

Selain nasi bandeng, masih banyak beragam menu yang dapat kamu coba di wedangan Pak Dhie. Satu menu lagi yang mesti kamu coba adalah minumannya yaitu minuman jahe coklat yang jadi favorit dari banyak orang. 

Harga dari setiap menu di sini tidak jauh dari wedangan-wedangan yang lainnya, yang jelas tidak bikin kantong bolong.

3. Wedangan Lawang Djoendjing

Wedangan Lawang Djoendjing
  • Alamat: Gg. Gunung kelud II No. 7, Kadipiro, Kec. Bajarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 11.00 s/d 23.00
  • Telepon: 0821-3700-5551
  • Harga: Mulai dari Rp.3.500 - Rp25.000

Wedangan atau angkringan Lawang Djoendjing berbeda dari angkringan yang lainya, terutama dari konsep tempat yang dihadirkannya. Semua barang yang ada di wedangan ini merupakan barang-barang hasil daur ulang.

Pintu masuk dari wedangan ini sendiri terlihat unik karena bentuk pintunya yang tinggi sebelah seperti arti nama wedangannya yaitu Lawang Djoendjing itu sendiri.

Menu makanan yang disajikan di wedangan ini berupa makanan-makanan tradisional yang biasa ada di kampung-kampung, seperti, jadah, bakwan, sate, serta beragam nasi yang dibungkus dengan daun pisang.

Satu makanan ikonik dari kota Solo juga ada di sini yaitu sate kere. Jangan lupa juga untuk mencoba racikan dari minuman Jahe Djoendjingnya. Harganya terjangkau semua kalangan.

4.  Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo
  • Alamat: Jl. Srigading I No. 7 Mangkubumen, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 08.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0811-2564-868
  • Harga: Mulai dari Rp2.000

Wedangan atau angkringan yang satu ini tentunya banyak dikenal orang karena merupakan tempat angkringan favorit dari keluarga Presiden Republik Indonesia ke-7 Joko Widodo.

Wedangan ini juga memiliki konsep yang unik. Konsep klasik yang dimiliki wedangan ini terlihat dari pernak-pernik yang menghiasi tempatnya, dari sepeda ontel, radio dan juga iklan-iklan jadul.

Seluruh makanan yang berada di wedangan ini disajikan dalam sebuah angkringan. Menu yang jadi menu favorit dari Wedangan pendopo adalah sayur ndeso atau sayur lombok ijo.

Walau sering didatangi para pejabat, harga makanan yang terdapat di Wedangan ini cukup terjangkau, jadi tidak perlu risau untuk singgah di wedangan yang satu ini.

5. Wedangan Pak Amir

Wedangan Pak Amir
  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto, No. 111 Sumber, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 16.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0813-2863-6214
  • Harga: Mulai dari Rp2.000 s/d Rp15.000

Wedangan ini memiliki tempat yang sederhana, tetapi tetap nyaman untuk menikmati semua hidangan yang disajikannya. Wedangan Pak Amir merupakan tempat yang asyik untuk menikmati hidangan di malam hari di Kota Solo.

Mereka menyediakan beragam hidangan yang dapat kamu nikmati. Satu  yang berbeda adalah nasi kucing yang dibungkus hanya nasi putihnya saja tanpa sambal.

Jika nasi kucing di angkringan Solo biasanya telah diberi sambal, di angkringan ini sambalnya dapat kamu pilih sendiri sesuai selera.

Selain makanan pengunjung juga dapat menikmati wedang teh yang ginastel, ciri khas dari Wedangan Pak Amir ini. Semua hidangan di sini tidak akan membuat kamu khawatir, karena semua harganya bisa ramah di kantong.

6.  Wedangan Gareng

Wedangan Gareng
  • Alamat: Jl. Basuki Rahmat No. 6 RT 2 RW 12 Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 16.00 s/d 24.00
  • Telepon: 0813-8605-5025
  • Harga: Mulai dari Rp2.000 s/d Rp14.000

Wedangan yang satu ini dapat dikatakan sebagai wedangan atau angkringan yang cukup legendaris. Tempatnya yang mengusung konsep vintage, akan membuat orang rindu dengan Kota Solo.

Hal itu karena konsep tempatnya yang menonjolkan kesan tradisional yang sangat kental, dari bangku, meja serta ornamen-ornamen yang lainnya.

Tempatnya yang selalu ramai pengunjung ini menyajikan beragam jajanan tradisional kampung serta beragam menu masakan. Menu makanan yang jadi ciri khas dari angkringan yang satu ini adalah Wedang Jahe Gepuk.

Jadi pastikan untuk mencobanya. Selain itu, untuk minuman racikan antara jahe, jeruk dan juga kencur yang disajikan secara hangat.

7. Wedangan Pakem

Wedangan Pakem
  • Alamat: Jl. Honggowongso, Kemlayan, Kec. Serengan Kab. Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 16.00 s/d 23.00
  • Telepon: -
  • Harga: Mulai dari Rp2.000 - Rp6.000

Wedangan atau angkringan Pakem merupakan satu tempat kamu dapat menikmati kuliner di Kota Solo pada Malam hari. Wedangan Pakem berada di Pasar Kembang di lantai dua.

Nama pakem sendiri merupakan singkatan dari Pasar Kembang. Walaupun letaknya di dalam pasar, wedangan ini dikemas dengan modern sehingga pengunjung akan tetap merasa nyaman.

Wedangan Pakem menjadi tempat makan dan juga nongkrong yang asyik, serasa seperti di sebuah cafe. Menu yang ditawarkan rata-rata sama dengan semua wedangan atau angkringan biasa, seperti berbagai macam nasi dan juga camilan.

Di sini juga selain makan dan ngobrol, pengunjung dapat menyaksikan berbagai karya seni lukis, patung dan karya kreatif lainnya dipajang di setiap sudut pasar.

8. Wedangan Dongo Pak Untung

Wedangan Dongo Pak Untung
  • Alamat: Jl. Gotong Royong No.107, Sewu, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 14.30 s/d 22.00
  • Telepon: 0813-2731-9222
  • Harga: Mulai dari Rp5.000

Wedangan atau angkringan Dongo Pak Untung termasuk dalam angkringan yang legendaris yang ada di Kota Solo. Wedangan ini telah ada sejak tahun 1955, yang diawali dengan berjualan wedang dongo.

Wedang dongo sendiri merupakan minuman khusus keluarga kerajaan yang saat ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Wedangan Dongo Pak Untung ini tak hanya menyajikan wedang dongo saja, tetapi beberapa minuman lainnya seperti sedang kacang hijau, wedang, kacang putih, dan wedang asle.

Tetapi minuman tentunya tidak lengkap jika tidak ditemani dengan makanan ringan. Wedangan Dongo Pak Untung juga  menyediakan camilan untuk menemani wedang yang sedang kamu minum.

9. Wedangan Sri Rejeki

Wedangan Sri RejekiSumber: facebook.com
  • Alamat: Jl. Reksoniten No.22, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 12.00 s/d 23.00
  • Telepon: 62271635511
  • Harga: Mulai dari Rp9.000

Wedangan Sri Rejeki merupakan sebuah angkringan yang terkenal dengan wedang aslenya. Wedang asle sendiri merupakan sajian berupa campuran dari irisan roti, mutiara, agar-agar, dan juga kacang yang kemudian diberi kuah santan.

Sajian ini terasa lebih nikmat apabila jika disajikan masih dalam keadaan masih hangat. Aroma dari kuah santannya membuat hidangannya terasa semakin nikmat.

Selain dari wedang asle, angkringan Sri Rejeki ini juga memiliki menu yang lain yang juga jadi favorit yaitu wedang ronde dan juga bubur kacang hijau.

Jika kamu ingin makanan yang membuat kamu kenyang, kamu dapat memilih menu seperti mie ayam, mie kopyok dan juga yang lainnya.  Untuk setiap hidangannya,  terbilang cukup terjangkau sekitar sembilan ribu rupiah.

10. Angkringan Tiga Tjeret Cafe

  • Alamat: Jl. Ronggowarsito No. 97, Keparbon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: 11.00 s/d 01.00
  • Telepon: (0271) 630078
  • Harga: Mulai dari Rp3.000 s/d Rp16.000

Tempat yang satu ini juga terbilang sebagai angkringan yang legendaris lainnya yaitu Tiga Tjeret Cafe. Konsep yang diusung oleh Tiga Tjeret Cafe adalah angkringan yang bergaya seperti cafe.

Tempatnya nyaman untuk dijadikan tempat ngumpul dan ngobrol bersama teman-teman, dan selalu penuh dengan pengunjung. Setiap hari Jumat kamu juga dapat menikmati live musik.

Menu yang disajikan sama dengan wedangan-wedangan pada umumnya, seperti beragam nasi bungkus dan juga beragam makanan tradisional lainnya.

Ada juga camilan yang bisa kamu nikmati berupa lumpia, pisang goreng, mendoan dan masih banyak yang lainnya. Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, masih dapat terjangkau kantong anak muda.

Itulah beberapa angkringan yang terdapat di kota Solo yang dapat kamu pilih sesuai dengan selera yang kamu suka. Konsep yang dihadirkan setiap angkringan atau wedangan pastinya menarik untuk dicoba.

Pengunjung yang datang ke angkringan ini pasti dibuat betah untuk berlama-lama. Kamu dapat menyantap makanan yang enak dan juga terjangkau ditemani suasana yang asyik.

Makanan favorit dari setiap angkringan juga jangan sampai lupa untuk dicoba. Setiap angkringan biasanya memiliki makanan atau minuman yang jadi andalannya.

Angkringan atau wedangan di Solo merupakan tempat yang asyik untuk nongkrong dan juga bersantap. Kira-kira angkringan yang manakah yang jadi pilihanmu untuk berkumpul bersama teman-teman?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram