Yuk, Kunjungi 10 Galeri Seni Kontemporer di Tokyo Ini!

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 November 2021

Tokyo merupakan kota yang diselimuti oleh seni dimana-mana, kamu dapat menemukan begitu banyak galeri seni yang tersebar di seluruh kota. semua galeri ini memperlihatkan karya-karya mereka yang menarik dan juga unik dari seniman lokal hingga seniman mancanegara. Seni menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kota Tokyo dan menjadikannya pusat seni di Asia.

Tokyo yang dipenuhi oleh galeri seni kontemporer dan juga museum-museum seni telah menjadikannya destinasi wisata yang menarik. Jumlahnya yang begitu banyak tentunya akan membuat bingung untuk memulainya. Berikut ini adalah beberapa galeri seni kontemporer yang bisa kamu kunjungi di Tokyo, dan beberapa di antaranya dapat kamu kunjungi dengan gratis.

Baca juga: 10 Taman Terindah di Tokyo untuk Piknik dan Menikmati Sakura

1. Galeri Seni Taka Ishii

  • Lokasi: 6-5-24 3F Roppongi Minato-ku Tokyo 106-0032, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Gratis

Taka Ishii merupakan sebuah galeri seni yang lebih menitikberatkan  pada fotografi dan juga film. Galerinya berada di daerah Ropponggi dan mulai dibuka pada tahun 1994. Galeri seni ini memiliki tujuan untuk memberikan ruang pada seniman muda  lokal maupun internasional untuk berkembang dengan memberikan mereka dukungan serta pembinaan.

Galeri seni Taka Ishii merupakan galeri seni kontemporer yang cukup terkenal di Tokyo. Saat ini mereka telah memperluas galerinya. Lokasi terbaru berada di sebuah gedung yang merupakan komplek galeri di daerah Ropponggi. Galerinya berada di lantai tiga di gedung yang bernama Complex 665 dan kini telah memperluas programnya termasuk media artistik lainnya.

2. Galeri Seni SCAI Bathhouse

Galeri Seni SCAI Bathhouse
  • Lokasi: Kashiwayu-Ato, 6-1-23 Yanaka, Taito-ku 110-0001 , Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 12.00 – 18.00
  • HTM: Gratis

SCAI Bathhouse merupakan satu galeri seni kontemporer terbaik yang ada di Tokyo. Sebuah galeri seni yang wajib kamu datangi saat ke Tokyo terutama untuk para pecinta seni. Galeri ini memiliki tempat yang cukup unik. Tempatnya berasal dari sebuah tempat pemandian dengan usianya yang telah mencapai 200 tahun.

Tetapi kini tempat pemandian ini telah direnovasi dan juga dirancang secara inovatif agar dapat menjadi sebuah ruang untuk mempromosikan seni. Arsitektur bangunannya yang masih dipertahankan membuatnya layak dikunjungi untuk merasakan keunikan dari bangunannya sendiri. Kamu dapat merasakan nuansa Jepang masa lalu dengan gaya tradisional minimalis arsitekturnya.

3. Galeri Seni Perrotin

Galeri Seni Perrotin
  • Lokasi: 6-6-9 Roppongi, Minato-Ku, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Gratis

Galeri seni Perrotin merupakan perluasan dari Galeri Seni Perrotin yang ada di Perancis. Galeri seni ini pertama kali dibangun di Paris Perancis atas prakarsa dari Emmanuel Perrotin. Cabangnya yang berada di Tokyo dibuka pada tahun 2017. Emmanuel Perrotin merupakan orang yang pertama kali memperkenalkan Takashi Murakaki kepada dunia.

Perrotin saat ini menempati Sebuah gedung piramid yang letaknya berada di pusat kota Roppongi, pada bagian dasar gedung. Pameran yang diadakannya berasal dari seniman seluruh dunia, terdiri dari lusinan seniman kontemporer. Galeri ini telah diperluas hingga ke enam kota di seluruh dunia termasuk ke kota Tokyo.

4. Galeri Seni Take Ninagawa

  • Lokasi: 2-12-4-1F Higashiazabu, Minato-ku, Tokyo, 106-0044 , Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Gratis

Galeri Seni Take Ninagawa merupakan sebuah galeri yang dianggap sebagai tempat untuk melahirkan seniman-seniman baru. Selain itu galeri ini juga berkontribusi menjadikan Tokyo sebagai pusat seni kontemporer di dunia. Seniman-seniman yang kini terkenal seperti Misaki Kawai, shiro Ohtake, dan Soju Tao mengawali karier mereka, selain dari beberapa seniman internasional juga.

Galeri ini didirikan pada sekitar tahun 2008, pada masa terjadinya krisis ekonomi, tetapi mereka berani menampilkan karya seni yang berani seperti karya Misaki Kawai, yaitu Kimagure Float. Galeri ini memiliki peranan penting dalam mempromosikan para seniman baru muncul. Para seniman dari luar diundang agar dapat memberikan tanggapan terhadap seni kontemporer Jepang yang unik.

5. Galeri Seni 3331 Arts Chiyoda

Galeri Seni 3331 Arts Chiyoda
  • Lokasi: 6-11-14 Sotokanda Chiyoda-Ku Tokyo 101-0021, Jepang
  • Jam Operasional: 12.00 – 19.00
  • HTM: Bergantung Jenis Pameran

Galeri seni yang satu ini terbilang unik, karena menggunakan sebuah gedung sekolah sebagai tempat memajang koleksi mereka. Sebagian dari perabotan sekolah masih terpajang di beberapa ruang kelasnya yang kini telah berubah fungsi menjadi ruang kantor dan juga sebagai ruang galeri. Galeri seni di tempat ini berisikan setidaknya lebih dari 24  seniman.

Ruang pameran utama di galeri seni ini terdapat di lantai pertama, sedangkan pada lantai dasar terdapat sebuah cafe dan juga sebuah ruangan tempat untuk mengadakan sebuah event. Pada bagian atap bangunannya terdapat sebuah kebun organik yang dapat kamu sewa untuk menumbuhkan tanaman yang kamu inginkan.

6. Galeri Seni Mizuma

  • Lokasi: 2F Kagura Bldg, 3-13 Ichigayatamachi Shinjuku-ku, Tokyo 162-0843, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Tergantung Jenis Pameran

Galeri Seni Mizuma dibuka pada sekitar tahun 1994 di Tokyo, oleh seorang Direktur Eksekutif bernama Sueo Mizuma. Setelah dibuka, galeri ini lebih sering memamerkan hasil karya dari para seniman Jepang dan juga seniman dari Asi, tetapi kini mereka juga memamerkan hasil karya seni dari seniman mancanegara.

Tujuan dari Galeri Mizuma adalah agar karya-karya dari seniman internasional dapat memberikan pengaruhnya yang dibutuhkan oleh seniman-seniman Jepang. Galeri Mizuma biasanya mencari seniman dengan gaya personal mereka yang unik untuk dipamerkan agar dapat mendorong kreativitas para seniman.

7. Ginza Graphic Gallery

Ginza Graphic Gallery
  • Lokasi: DNP Ginza Building 7-7-2 Ginza, Chuo City, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Gratis

Ginza Graphic Gallery merupakan sebuah galeri seni kontemporer yang didirikan dengan menitik beratkan pada bidang desain grafis. Tempat ini merupakan sebuah galeri yang memamerkan karya-karya desain grafis dari para desainer grafis Jepang serta desainer grafis mancanegara. Galeri ini layak untuk kamu kunjungi terutama kamu yang senang dengan kegiatan desain grafis.

Ginza Graphic Gallery atau biasa disingkat dengan “ggg” adalah sebuah galeri seni yang dikelola oleh sebuah perusahaan percetakan terbesar di Jepang yaitu Dai Nippon Printing.

Pameran yang digelar di galeri ini biasanya berubah setiap bulannya sehingga selalu ada tema baru untuk kamu lihat. Selain tempat pameran. Di galeri ini juga terdapat perpustakaan dan juga toko buku.

8. Design Festa Gallery

Design Festa Gallery
  • Lokasi: 3-20-18 Jingumae, Shibuya 150-0001, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 20.00
  • HTM: Gratis

Galeri seni yang satu ini bertujuan memberikan ruang kepada para seniman untuk mengekspresikan diri melalui karya-karya mereka. Galerinya menjadi sebuah tempat untuk para seniman menjual karya-karya mereka tanpa harus dibebani oleh komisi penjualan. Pameran di galeri ini juga sering berganti sehingga setiap saatnya banyak karya yang tersaji.

Galeri Design Festa berada di daerah Harajuku, terdapat dua gedung dengan 21 tempat pameran, serta 50 tempat untuk memamerkan karya-karya pribadi. Ada juga 20 tempat untuk kegiatan mural, sesuatu yang jarang terlihat di Tokyo. Design festa merupakan sebuah galeri seni yang memberikan dukungan pada para seniman lokal tanpa dibatasi usia ataupun kebangsaan.

9. Galeri Seni Ota Fine Art

  • Lokasi: 3F Piramide Building, 6-6-9 Roppongi, Minato-ku 106-0032 ,Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 19.00
  • HTM: Gratis

Ota Fine art merupakan satu galeri seni yang dikatakan sebagai galeri seni kontemporer terbaik di Tokyo. Galeri ini dikenal sebagai pelopor dalam menyajikan pameran seni kontemporer. Satu seniman yang pernah dipromosikan oleh Ota Fine Art adalah Yayoi Kusama yang kini telah dikenal luas. Galeri ini memberikan kesempatan kepada para talenta muda agar dapat menjadi seniman.

Ota Fine Art dibangun pada tahun 1993. Galeri kecil ini selain telah menjadi pelopor, mereka juga memiliki tujuan untuk mendukung karya seni dengan karakter regionalnya. Kini mereka juga memiliki galeri di luar Jepang. Galeri yang mereka miliki saat ini berada di Shanghai dan Singapura. Mereka juga ikut serta dalam pameran seni Internasional

10. Terrada Art Complex

Terrada Art Complex
  • Lokasi: 1−33−10 Higashi-Shinagawa, Shinagawa- ku 140-0002, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 11.00 – 20.00

Terrada Art Coplex merupakan sebuah fasilitas seni yang menyatukan beberapa galeri seni dalam sebuah gudang yang cukup besar. Terrada sendiri merupakan sebuah perusahaan pergudangan untuk seni dan juga wine. Kompleks ini sekarang menjadi bagian tur penting dalam hal seni kontemporer. Hal itu karena Terrada berhasil menjadikan Tennozu Isle sebagai pusat dari budaya artistik.

Lantai tiga dan juga lantai lima menjadi tempat galeri seni itu berada. Sedangkan bagian lantai yang lain seperti lantai empat biasa dijadikan sebagai tempat pertunjukan kelompok. Awalnya Terrada Art Complex ini terdiri dari empat  buah galeri, yaitu Galeri Kodama, Yuka Tsuruno, Yamamoto Gendai, dan Urano. Kini bertambah dua galeri seni baru yaitu SCAI Park dan Kosaku Kanechika.

Itulah beberapa galeri seni yang dapat kamu kunjungi di Tokyo. Semuanya memiliki gaya yang menarik. Galeri-galeri ini seperti sebuah kepompong tempat  membina talenta-talenta muda. Sebagian galeri ini memberikan kesempatan bagi para seniman-seniman pemula ruang untuk berkarya.

Galeri-galeri ini menjadi awal bagi para seniman untuk dikenal luas bahkan hingga mancanegara seperti yang terjadi pada Yayoi Kusama, yang kini telah mendunia. Kamu pun berkesempatan untuk memamerkan karya-karyamu di galeri-galeri seni ini. Galeri manakah yang ingin kamu jadikan tempat untuk memamerkan karyamu selanjutnya?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram