8 Art Space di Bandung Untuk yang Ingin Berwisata Seni

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tak hanya wisata kuliner dan fashion, Bandung juga cocok dijadikan tempat wisata seni dan kreatif. Adanya sejumlah art space di ibukota Jawa Barat ini adalah alasan di balik pernyataan tersebut. Lantas, apa saja art space di Bandung yang cocok dijadikan tempat wisata seni dan kreatif? Jawabannya bisa kamu lihat pada sejumlah list di bawah ini.

1. Selasar Sunaryo Art Space

Selasar Sunaryo Art Space (Copy)

* sumber: www.selasarsunaryo.com

Selasar Sunaryo Art Space adalah salah satu art space di Bandung yang cukup populer. Art space yang didirikan seniman Sunarto ini memiliki galeri seni yang memiliki tiga bagian, yakni religius, sosial, dan pengelolaan bahan lokal. Bila kamu beruntung, kamu juga bisa mengikuti kegiatan seni-budaya yang lazim dihelat di sini.

Semisal pemutaran film, konser musik, dan pembacaan karya sastra. Art space satu ini dilengkapi dengan coffee shop yang cocok untuk tempatmu bersantap atau ngopi-ngopi cantik. Selasar Sunaryo Art Space bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Bukit Pakar Timur No. 100, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198.
  • No. Telepon : (022) 2507939.
  • Jam Buka : Selasa s.d Minggu pukul 10.00 – 17.00.

2. Galeri Soemardja

Galeri Soemardja (Copy)

* sumber: www.ayobandung.com

Boleh dikata kalau ini adalah art space tertua yang ada di Bandung. Art space yang ada di dalam area ITB ini sudah ada di Bumi Parahyangan sejak 1959 silam. Galeri ini lazim sekali dipaai oleh mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FRSD) ITB untuk pameran atau tempat diskusi.

Masyarakat umum pun bisa mengakses art space satu ini. di art space satu ini, kita bisa melihat sejumlah karya seni, baik dari para seniman kenamaan ataupun dari mahasiswa FSRD ITB. Kita pun juga bisa mengikuti seminar, diskusi, atau loka karya yang lazim dihelat di art space satu ini. Galeri Soemardja bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Ganesha No. 10, Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132.
  • No. Telepon : (022) 22534242.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat pukul 09.00 – 16.00.

3. NuArt Sculpture Park

NuArt Sculpture Park (Copy)

Kalau art space satu ini merupakan art space buatan salah satu seniman legendaris, Nyoman Nuarta. Beliau adalah seniman legendaris yang bergelut di bidang seni patung, serta merupakan salah satu seniman jebolan ITB.

Di NuArt Sculpture Park, kamu bisa melihat sejumlah karya patung karya sang empunya art space ini. Art space satu ini juga punya Nesti Café yang cocok kamu jadian sebagai tempat bersantapmu kelak. Kalau nanti bersantap di sana, kami sarankan untuk memesan menu Crispy Duck, ya.

NuArt Sculpture Park bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Setraduta Raya Blok L 6, Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40151.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 17.00.
  • HTM : Rp50.000/orang.

4. Orbital Dago

Orbital Dago (Copy)

* sumber: whatsnewindonesia.com

Dago tak hanya memiliki Selasar Sunaryo sebagai art space yang layak dikunjungi. Masih ada satu art space lainnya yang ada di daerah tersebut. Namanya adalah Orbital Dago. Ini adalah sebuah art space yang didirian Rifky Effendy dan Michael Janssen pada 2016 silam.

Kamu bakal menemukan sejumlah karya seni dari seniman lintas negara di dalam art space ini. Mulai dari karya seniman dalam negeri, hingga dari seniman internasional. Orbital Dago sendiri beralamat persis di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan Rancakendal No. 7, Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40191.
  • Telepon : (022) 82522979.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 09.00 – 19.30.

5. Salian Art

Salian Art (Copy)

*

Salian Art merupakan sebuah art space yang berdiri pada 2014 silam di Lembang. Kala berkunjung ke sini, kamu bakal menemukan sejumlah kegiatan seni yang menarik. Mayoritas adalah kegiatan pameran dari para seniman lokal, nasional, maupun internasional.

Seperti beberapa art space sebelumnya, art space satu ini juga dilengkapi kafe di dalamnya. Jadi, kamu pun bisa bersantap ria bila nanti berkunjung ke Salian Art. Kamu tertarik untuk mengunjunginya? Sila langsung saja datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134.
  • No. Telepon : (022) 88880277.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00.

6. Lawangwangi Creative Space

Lawangwangi Creative Space

* sumber: travelingyuk.com

Berada di ketinggian kota Bandung, kamu bakal merasaan sensasi melihat alam sekaligus karya seni di art space satu ini. bila kamu pertama kali datang ke art space ini, kamu bakal disambut oleh sembilan buah patung yang menyimbolkan proses transformasi seorang manusia.

Di hampir tiap bulannya, Lawangsari Creative Space bakal menyajikan art exhibition yang menampilan sejumlah karya para seniman. Baik itu dari kalangan seni lukis maupun seni rupa. Selain sebagai galeri seni, Lawangwangi ini juga dikenal sebagai cafe atau tempat nongkrong favorit di Lembang yang selalu ramai pengunjung. Kalau kamu tertarik melihat sejumlah karya mereka, langsung saja datang ke alamat Lawangwangi Creative Space yang ada di bawah ini:

  • Alamat : Jalan Dago Giri No. 99, Mekarwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.
  • No. Telepon : 0815-6016-666.
  • Jam Buka : Selasa s.d. Minggu pukul 11.00 – 22.00.

7. Griya Seni Popo Iskandar

Griya Seni Popo Iskandar (Copy)

*

Griya Seni Popo Iskandar merupakan sebuah art space milik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Nama art space ini sendiri diambil dari pemilik dari art space satu ini. sejumlah karya seni dari seniman legendaris bisa kamu temui di sini. Mulai dari Karya Affandi hingga Mochtar Lubis.

Beberapa karya dari seniman kontemporer pun turut dipamerkan di art space ini. Kamu pun juga bakal menemukan sejumlah karya terbaik dari Popo Iskandar di tempat satu ini. Popo Iskandar sendiri merupakan seniman yang terkenal lewat lukisan kucing buatannya.

Adapun art space milik Popo Iskandar itu bisa kamu kunjungi di alamat berikut ini:

  • Alamat : Jalan Dr. Setiabudi No. 235 B, Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154.
  • No. Telepon : (022) 2014770.
  • Jam Buka : Senin s.d. Jumat 11.00 – 16.00.

8. Roemah Seni Sarasvati

Roemah Seni Sarasvati (Copy)

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Di daerah Astanaanyar, kamu bakal mendapati sebuah art space menarik. Roemah Seni Sarasvati adalah art space yang kami maksud. Art space ini lazim sekali mengadakan event bernuansa seni, entah itu yang berupa pameran seni maupun diskusi soal seni.

Ada satu fakta menarik di balik art space ini. Ternyata, bangunan yang dipakai art space ini dulunya adalah sebuah toko ranjang dan mebel bernama Moelia & Co. Salah satu hal yang menguatkan fakta tersebut adalah adanya tulisan Het Ledikanten Huis pada ruang utama art space ini.

Dalam bahasa Belanda, Het Ledikanten Huis memiliki arti “ Toko Penjual Ranjang”. Lalu, di manakah alamat art space satu ini? Berikut adalah jawabannya:

  • Alamat : Jalan Jenderal Sudirman No. 137, Karanganyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241.
  • No. Telepon : (022) 4232986.
  • Jam Buka : Setiap hari pukul 10.00 – 21.00.

Selain wisata kuliner dan fashion, Bandung juga cocok dijadikan tempat wisata seni dan budaya. Kehadiran sejumlah art space di ibukota Jawa Barat ini adalah alasan utamanya. Adapun beberapa art space di antaranya sudah kami rekomendasikan.

Silakan mengunjungi beberapa art space hasil rekomendasi kami, bila kamu tertarik berwisata seni dan budaya saat di Bandung kami. Semoga rekomendasi kami bermanfaat, ya. Selamat berwisata!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *