Nikmati Enaknya Mie Hijau + Bakso Ceker Mang Iyus

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bakso Ceker Mang Iyus merupakan bakso andalannya anak-anak SMPN 40 Bandung. Kenapa? Karena lokasi bakso ini berada tepat di samping sekolah menengah tersebut. Bakso Ceker Mang Iyus merupakan bakso dengan jenis restorja, yaitu seperti bakmi, tapi dengan mie yang tipis dan diameternya kecil. Tapi, ada juga penjual yang menggunakan mie yang pipih/gepeng.

Nah, mienya ini biasanya disajikan kering (yamin) lalu diberi taburan ayam suir kecil-kecil. Nanti, kuah baksonya disediakan di mangkuk terpisah. Selain mie, biasanya ada juga yamin bihun. Kalau Anda tidak mau makan yamin, Anda bisa pesan mie/bihun kuah. Biasanya pedagang Restorja juga menyediakan nasi tim yang berisi ayam dan telur, tapi di Bakso Ceker Mang Iyus ini tidak ada nasi tim.

Jadi, yang bisa Anda pesan di Bakso Mang Iyus adalah Mie atau Bihun Kuah, serta YaHun dan YaMin. Untuk mie yang kering, Anda bisa pesan manis atau pun asin. Kalau manis, yamin-nya disajikan setelah diberi kecap, kalau yamin manis dibiarkan tanpa kecap.

Yang membuat Bakso Ceker Mang Iyus spesial adalah, mie-nya menggunakan mie hijau buatan sendiri. Warna hijaunya dibuat dari sayuran, bukan pewarna makanan, ya. Makanya, kalau makan mie bakso di Mang Iyus pasti lebih sehat daripada di tempat mie yang mie-nya dibeli dari pasar.

Bakso Ceker Mang Iyus

Di atas merupakan penampakan Mie Yamin Mang Iyus. Gambar yang kiri adalah Yamin Manis dan yang kanan adalah Yamin Asin. Bisa Anda lihat perbedaan warnanya, kalau yamin asin mie-nya tetap warna hijau, sedangkan yamin manis jadi seperti yamin manis pada umumnya yaitu warna cokelat karena diberi kecap.

Bakso Ceker Mang Iyus

Andalan author Keluyuran tiap kali nostalgia makan bakso Mang Iyus pasti pesan yamin asin + bakso ceker + tahu. Sayangnya, waktu author ke sana, tahunya sedang kosong. Yang jelas, kalau Anda mau mencoba makan di Mang Iyus, pesan dengan ceker. Soalnya, ceker di Mang Iyus tuh empuk banget, diemut juga langsung lepas-lepas tulangnya.

Nilai plus lainnya adalah, kuah baksonya enak banget! Gurih tapi tidak lebay, pas banget pokoknya. Terus, karena author suka banget sama sayur, author suka minta ekstra sawi lagi, dan boleh-boleh saja sama pegawai Mang Iyus-nya.

Bakso Ceker Mang Iyus

Di meja nanti akan ada pisin atau piring kecil seperti ini. Fungsi pisin ini adalah untuk meyimpan tulang ceker. Jadi, tulang cekernya jangan dibuang di lantai atau di mangkuk Anda lagi, ya.

Bakso Ceker Mang Iyus

Ini dia penampakan gerobak Mie Bakso Ceker Mang Iyus. Di dalamnya ada tiga meja dan banyak kursi, jadi Anda bisa datang ke sini ramai-ramai dengan teman-teman sekolah, kuliah atau kantor Anda. Karena author alumni SMPN 40, kadang kalau reunian dengan teman-teman akan janjian di Mang Iyus terus makan bakso ini dulu sebelum main.

Porsi mie bakso di Mang Iyus ini pas banget, tidak bikin begah dan tidak bikin ‘masih lapar’ juga. Selain tahu, Anda bisa menambahkan additional lainnya seperti siomay. Seporsi mie bakso Mang Iyus dimulai dari Rp 12.000 – Rp 15.000-an saja per porsi. Murah, ya?

Anda bisa langsung datang ke gerobak Bakso Ceker Mang Iyus di Gang Nangkasuni, Jalan Wastukencana, samping SMPN 40 Bandung. Patokan lainnya adalah, dari Pasar Bunga, Anda tinggal menyebrang saja.

Nah, itu dia review dari Keluyuran tentang Mie Bakso Ceker Mang Iyus. Apakah Anda pernah makan di sini juga? Menu favorit author adalah Yamin Asin + Bakso + Ceker + Tahu. Kalau Anda, suka pesan menu yang mana?

Artikel Terkait

Baca Juga