10 Tempat Bakso Enak yang Ada di Jakarta Selatan

Siapa yang tak suka bakso? Kebanyakan orang biasanya suka makan bakso. Saat hujan, udara dingin, enaknya makan yang hangat seperti bakso dengan kuah panasnya, bukan? Apalagi kalau ditambah sambal, pasti tambah nikmat.

Mencari bakso yang sesuai selera memang tidak mudah. Bahkan kita harus pandai melihat mana bakso yang benar-benar menggunakan daging sapi asli dan yang bukan.

Di daerah Jakarta Selatan banyak tempat makan bakso yang enak dan juga tidak bikin was-was. Namun, Keluyuran pilihkan 10 tempat yang paling banyak dicari saja, ya!

1. A Fung Baso Sapi Asli

  • Alamat: Ciputra World Jakarta. Lotte Shopping Avenue Lantai 4. Jalan Professor Doktor Satrio No. 3-5, Karet Kuningan, Setiabudi, RT 18/RW 4, Kuningan, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, jam 10.00-22.00
  • Kisaran Harga: Rp50.000 - Rp100.000 /orang

Siapa yang tak kenal bakso A Fung? Bakso yang paling populer di Jakarta ini sudah memiliki beberapa cabang. Salah satunya ada di Ciputra World Jakarta, Lotte Shopping Avenue Lantai 4. Mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam.

Gerai bakso yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi untuk kualitas rasanya, ya. Harganya memang above average, tapi buat yang suka bakso, cukup worth it.

Kuahnya bening, dan dominan bawang putihnya, bisa jadi makanan alternatif juga saat kamu sedang sakit dan susah makan.

Kamu bisa pilih menu yang kamu suka, ada bakso campur, bakso bihun, bakso urat, bakso babat urat, dan bakso tahu yang semuanya menggunakan daging sapi asli berkualitas.

2. Bakso Titoti

Bakso Titoti Jakarta_
  • Alamat: Jl. Komp. Pokala Jl. Raya Pasar Minggu No.1, RT 13/RW 5, Pejaten Tim., Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.30-21.00
  • Kisaran Harga: Rp 15.000 - Rp30.000

Bakso Titoti sudah ada sejak tahun 90-an, loh. Bakso asal Wonogiri ini dulunya dijual dengan menggunakan gerobak pikul. Namun, sekarang sudah punya cabang di mana-mana. Salah satunya di Jl. Komp. Pokala, Jl. Raya Pasar Minggu No. 1.

Kuah kaldunya yang terbuat dari tulang sumsum sapi asli, menjadi ciri khas rasa yang gurih dan warna kuah yang keruh. Bakso dengan kisaran harga Rp15.000-Rp30.000/porsi ini menjadi salah satu tempat makan bakso favorit semua kalangan.

Kamu bisa coba salah satu menu yang ditawarkan, ada Bakso Urat, Bakso Special, Bakso Telur, Bakso Biasa, dan Mie Ayam dengan beragam pilihan topping.

3. Bakso Solo Samrat

  • Alamat: Jl. Cikajang No. 38, RT 6/RW 6, Petogogan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12170
  • Jam Operasional: Setiap hari, 11.00-22.00
  • Kisaran Harga: Makanan Rp36.000-Rp61.000 | Minuman Rp2.000-Rp30.000

Awalnya, bakso ini didirikan di Jl. Sam Ratulangi, Manado, sehingga diberi nama Samrat. Sedangkan nama 'Bakso Solo' diambil dari kota kelahiran istri pemilik bakso.

Menu favorit pelanggan di sini yaitu Bakso Urat Granat, Bakso Tenis Rusuk, Bakso Telur Puyuh, Bakso Urat Rusuk, dan Bakso Isi Daging. Meski harganya di atas rata-rata, tapi sebanding dengan kualitas bakso dan kuahnya yang gurih.

Selain di Jalan Cikajang, bakso ini tersedia juga di beberapa lokasi lainnya di JakSel. Yaitu di Jalan Professor Doktor Satrio No.10, Jalan Cipete Raya No. 50C, dan Jalan Tebet Raya No. 45C.

4. Nikki Bakso Daging Sapi

  • Alamat: Jl. KH Abdullah Syafei No.11, RW.1, Manggarai Sel., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860
  • Jam Operasional: 09.00-21.00
  • Kisaran Harga: Rp50.000 / orang

Buat yang suka makan bakso dengan tetelan, kamu harus coba ke Nikki Bakso Daging Sapi. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Namun, karena sedang pandemi, untuk makan di tempat pengunjung diberi waktu selama 20 menit saja. Ruang untuk makannya terbatas, jadi harus bersabar menunggu meja kosong kalau sedang ramai.

Pengunjung yang datang ke sini biasanya paling banyak memesan bakso tenis, bakso urat, bakso goreng, bakso keju, dan bakso telur. Untuk harga masih affordable, kok.

5. Bakso Gondrong

Bakso Gondrong jaksel_Sumber: kumparan.com
  • Alamat: Jl. Tebet Raya No.92, RT.1/RW.3, Tebet Tim., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820
  • Jam Operasional: 24 jam
  • Kisaran Harga: Rp20.000

Di Jl. Tebet Raya ada bakso gerobak yang fenomenal banget, namanya Bakso Gondrong. Baksonya tidak gondrong, ya, yang gondrong itu rambut pemilik gerobak baksonya. Baksonya enak, dengan racikan bumbu olahan rahasia bang gondrong.

Tempatnya ada di samping Stasiun Tebet. Bakso yang satu ini memang bakso gerobak, tapi tidak menyurutkan pengunjung yang datang dan makan di tempat. Harga baksonya juga sangat terjangkau semua kalangan.

Di tempat makan bakso yang buka setiap hari 24 jam ini meja dan kursinya memang terbatas. Jadi, harus bersabar tunggu giliran, dan disarankan tidak datang pada jam makan siang dan weekend, soalnya suka penuh!

6. Mie Ayam Bakso Yunus

  • Alamat: Jl. Tebet Bar. Dalam VIII D No.2, RT.2/RW.5, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12810
  • Jam Operasional: 08.00-19.30
  • Kisaran Harga: Makanan Rp17.000 - Rp35.000 | Minuman Rp1.000-Rp16.000

Tebet memang salah satu surganya kuliner. Tempat bakso ini adala di Jl. Tebet Bar. Dalam VIII D No. 2. Mie Ayam Bakso Yunus menunya simpel, hanya mi ayam dan mi bakso.

Pilihan baksonya yaitu bakso urat, bakso kecil, dan bakso spesial. Harganya juga terjangkau, sekitar 17 ribu sampai 35 ribu rupiah per porsinya. Pilihan minumannya ada banyak, seperti aneka jus buah dan minuman es serta minuman botol kemasan.

Tempatnya memang mungil, tapi selalu ramai dikunjungi para penggemar bakso dari berbagai penjuru. Kedai ini buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 7.30 malam, ya.

7. Bakso JWR Express Kemang

Bakso JWR Express Kemang_
  • Alamat: Jl. Kemang Raya, RT.11/RW.5, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
  • Jam Operasional: 09.00-23.00
  • Kisaran Harga: < Rp50.000 / orang

Di Jl. Kemang Raya ada tempat bernama Bakso JWR Express. Karena 'Express', disarankan membeli untuk take away saja, ya.

Meja yang disediakan hanya muat untuk 4 orang soalnya. Mungkin lebih cocok untuk kamu yang datang sendiri atau ingin makan cepat bukan makan nongkrong.

Menu baksonya sangat beragam, dari bakso biasa, bakso isi, sampai bakso rusuk. Menu selain bakso juga ada pilihan lain seperti beragam menu dari kwetiaw, bihun, nasi goreng, roti bakar, tape bakar, dan pisang bakar.

Dengan harga yang di atas harga bakso pada umumnya, tentunya akan sebanding dengan kualitas daging yang digunakan serta porsinya yang lumayan besar.

Bakso JWR Express buka setiap hari Senin-Jumat jam 9 pagi sampai jam 11 malam, untuk Sabtu dan Minggu bukanya dari jam 10 pagi.

8. Candik Ayu Bakso Rahayu

  • Alamat: Jl. D No.11, RT.6/RW.6, Ps. Minggu, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12520
  • Jam Operasional: 14.30-21.00
  • Kisaran Harga: < Rp50.000 / orang

Bakso yang satu ini memang bakso warung rumahan. Tapi, untuk rasa, berani diadu dengan bakso enak dan terkenal lainnya. Lokasinya di Perumahan Rawa Bambu, Jl. D No. 11.

Meja yang disediakan lumayan banyak, namun area parkirnya kurang memadai karena parkirnya di depan area rumah. Jadi, bisa dipikirkan lagi ketika akan membawa kendaraan, ya.

Rasa baksonya sendiri memang agak sedikit pedas dari merica, tapi masih bisa dimakan anak-anak, kok. Kuahnya yang segar dengan kaldu dari daging sapi asli merupakan ciri khasnya. Di sini baksonya memang kurang MSG, jadi gurihnya beda. Dengan 20 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa makan bakso enak ini, loh.

9. Bakso Urat Pak Unyil

  • Alamat: Jl. Asem II No. 9, RT 14/RW 5, Cipete Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12410
  • Jam Operasional: 10.00-22.00
  • Kisaran Harga: < Rp50.000 / orang

Tempat yang terakhir ini namanya Bakso Urat Pak Unyil yang berlokasi di Jl. Asem II No. 9. Tempatnya memang kecil, tapi selalu ramai pengunjung. Disarankan datang tidak pada saat jam makan siang, ya.

Menu favorit disini yaitu bakso urat dan mie ayam. Harganya juga masih sangat terjangkau. Tempat makan bakso yang buka setiap hari ini, hanya menerima pembayaran tunai saja. Bukanya jam 10 pagi, dan tutupnya jam 10 malam.

10. Bakso Boedjangan

  • Alamat: Jl. Warung Jati Barat No. 14, RT 3/RW 5, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12510
  • Jam Operasional: 12.00-20.00
  • Kisaran Harga: Rp5.000-Rp39.000 / makanan

Bakso yang satu ini sudah punya cabang di berbagai kota di Indonesia. Pastinya, banyak orang sudah pernah coba atau mungkin menjadi langganan tetap di tempat makan bakso ini, betul begitu?

Kamu harus coba Bakso Special Boedjangan, baksonya lembut dengan kuah yang diberi sambal pastinya akan tambah sedap. Ada juga Nasi Kenyang ala Boedjangan, perpaduan nasi dengan bakso yang akan bikin kamu kenyang.

Kamu juga bisa coba rasa yang gurih dengan mie dan bakso yang kenyal dari menu Yamin Top Boedjangan. Jangan lupa pakai tambahan Topping Duniawi yang membuat kamu akan lebih double puas. Buat yang suka mi ayam, kamu harus coba Mie Ayam Gerobaknya, ya. Ada juga bakso dengan isi daging wagyu yang sudah dicincang.

Tidak usah khawatir dengan harganya, karena dengan kisaran harga Rp60.000/orang kamu sudah bisa makan sampai kenyang plus minumannya, loh. Di JakSel saja lokasi bakso ini ada banyak. Berikut alamat-alamatnya:

  • Jalan Mahakam No. 64, RT 1/RW 6, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130. (Buka setiap hari jam 9 pagi - 9 malam)
  • Jalan Bulungan No. 11, RW 7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130. (Buka setiap hari jam 10 pagi - 9 malam)
  • Plaza Festival Mall Kuningan. Plaza Festival, Lantai LG 03 Pintu Utara. Jalan H. R. Rasuna Said No.Kav. C-22, RT 2/RW 5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940 (Buka setiap hari jam 10 pagi - 8 malam)

Buat yang mau makan di tempat, dalam kondisi pandemi saat ini kamu harus menunjukkan surat vaksin dan hanya boleh makan di sana selama 30 menit saja. Jadi, jangan terlalu lama makannya, ya.

Itulah 10 rekomendasi tempat makan bakso enak di Jakarta Selatan. Untuk rasa memang kembali ke selera masing-masing. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu mau coba dan menilai sendiri, ya. Selamat ngebakso!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram