10 Bakso Enak di Solo yang Tidak Boleh Dilewatkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Jika ditanya apa jajanan khas Solo yang paling terkenal? Tentu sebagian dari Anda akan menjawab Serabi Solo. Ya, serabi memang merupakan jajanan paling terkenal dari Solo. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa ada satu lagi jajanan yang cukup terkenal dan familiar bagi masyarakat Indonesia, yakni bakso.

Bakso Solo sudah banyak dijual di kota-kota lain. Kelezatan Bakso Solo memang sudah tersohor di seantero Indonesia. Kurang pas rasanya jika ke Solo tanpa makan bakso khas kota ini. Berikut ini Keluyuran akan memberikan rekomendasi 10 bakso enak di Solo yang nggak boleh dilewatkan begitu saja.

10 Bakso Enak di Solo yang Tidak Boleh Dilewatkan

1. Bakso Mblenger

Bakso Mblenger

Jika di beberapa kota sedang marak menjual bakso beranak atau bakso mangkuk, di Solo pun Anda bisa menemukan bakso sejenis itu. Bakso Mblenger adalah salah satu bakso enak di Solo yang menjual bakso mangkuk.

Apa sih bakso mangkuk? Ini adalah bakso unik karena mangkuknya terbuat dari bakso sapi. Kemudian, di dalam “mangkuk” tersebut juga diisi beberapa buah bakso, mie, dan kuah. Sensasi makan bakso mangkuk ini bisa Anda dapatkan di Bakso Mblenger. Lokasi Bakso Mblenger berada di Jalan Kalingga Tengah No. 9, Kadipiro, Banjarsari, Surakarta.

2. Bakso Alex

Bakso Alex

Cari warung bakso terkenal di Solo? Tentu saja Bakso Alex. Warung bakso sederhana ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Selalu saja ada pengunjung yang datang silih berganti kemari. Kelezatan Bakso Alex memang sudah terkenal di seluruh masyarakat Solo. Satu porsi bakso berisi bakso urat, bakso halus, mie, dan pangsit goreng.

Bakso Alex 2

Yang membuat bakso ini istimewa adalah rasa dan teksturnya. Tekstur Bakso Alex sangat halus dan dagingnya pun sangat terasa. Kuah Bakso Alex ini beraroma kaldu sapi, tapi tidak terlalu bikin eneg. Bakso Alex berada di Jalan Gajah Mada No. 62 dan Jalan Yosodipuro No. 12 B Solo.

3. Bakso Pak Ruk

Bakso Pak Ruk

Nikmat mana lagi yang engkau dustakan selain semangkuk bakso panas dengan balungan yang gurih-gurih sedap? Hm… Semua itu bisa Anda nikmati dengan berkunjung ke Bakso Pak Ruk. Kedai bakso ini memang menyajikan menu bakso yang dikombinasikan dengan balungan (tulang) sapi.

Sambil mengunyah bakso dan menyeruput kuahnya, Anda bisa sesekali menyesap balungan yang gurih. Gorengan yang dijual di sini juga terasa renyah dan nagih. Penasaran dengan bakso balungan ala Kedai Bakso Pak Ruk? Datang saja ke Jalan Jamsaren No. 20, Serengan, Solo.

4. Bakso Patung Kuda

Bakso Patung Kuda

Tempat bakso enak di Solo yang berikutnya adalah Bakso Patung Kuda. Bakso ini berlokasi di sebuah warung yang terletak di dekat patung kuda kawasan Manahan. Menu bakso andalan di sini adalah bakso urat, tapi Anda juga bisa memesan bakso halus dan bakso isi telur puyuh.

Banyak yang mengatakan jika ingin menikmati kelezatan Bakso Solo yang sesungguhnya maka Anda harus datang ke warung ini. Selain murah dan enak, menu bakso di sini juga dijamin halal. Alamat Bakso Patung Kuda ada di Jalan MT Haryono No. 7, Banjarsari, Manahan, Solo.

5. Bakso Kadipolo

Bakso Kadipolo

Di antara tempat makan bakso yang kami review di sini, boleh dibilang bahwa tempat Bakso Kadipolo ini yang paling mewah dan bagus. Pasalnya, bangunan Bakso Kadipolo ini berupa rumah makan. Tak hanya menyajikan menu bakso, di tempat ini juga banyak menu masakan khas Jawa.

Bakso Kadipolo 2

Akan tetapi, kali ini kami akan membahas Bakso Kadipolo yang cukup fenomenal. Bakso ini sangat gurih dan teksturnya pun pas, tidak terlalu kenyal atau terlalu lembek. Kuahnya yang bening tapi gurih ini membuat kita ketagihan untuk menyeruputnya hingga tetes terakhir. Bakso Kadipolo berlokasi di  Jalan Ronggowarsito No. 163, Timuran, Banjarsari, Solo.

6. Bakso Garasi

Bakso Garasi

Bakso Garasi adalah bakso yang cukup hits di Solo. Lokasi bakso ini berada di tempat yang bersih dan nyaman. Selain itu, kedai bakso ini juga terletak di pinggir jalan yang cukup strategis. Menu bakso di sini sangat bervariasi, ada bakso kuah biasa, bakso babat, bakso koyor, bakso iso, bakso tahu isi, dan masih banyak lagi.

Tekstur bakso ini sangat kenyal, ditambah dengan kuahnya yang gurih dan sedap. Selain menjual bakso, tempat ini juga menjual sosis goreng khas Solo yang tampilannya justru seperti lumpia. Bakso Garasi bertempat di Jalan Ronggowarsito No. 84, Keprabon, Banjarsari, Solo.

7. Bakso Kalilarangan

Bakso Kalilarangan

Siapa yang suka bakso goreng? Di Bakso Kalilarangan Anda bisa menikmati bakso kuah dan bakso goreng secara bersamaan. Porsi bakso di sini lumayan besar. Apalagi kita bisa menambah tetelan sapi di dalam mangkuk bakso yang kita pesan.

Kuah Bakso Kalilarangan ini sangat terasa kaldu sapinya. Bahkan, aromanya saja sudah bikin berselera makan. Satu porsi bakso di sini hanya dibandrol dengan harga 20 ribuan saja. Sangat murah, bukan? Bakso Kalilarangan bisa dikunjungi Jalan Yos Sudarso No. 129, Gajahan, Ps. Kliwon, Solo.

8. Bakso Rusuk Palur

Bakso Rusuk Palur

Satu lagi bakso enak di Solo yang cukup legend, yakni Bakso Rusuk Palur. Tempat makan ini menyajikan bakso sapi yang juga dikombinasikan dengan rusuk dan tetelan sapi. Gurihnya tetelan akan berpadu dengan sedapnya bakso daging sapi.

Semangkuk bakso di sini dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni tidak sampai 20 ribu rupiah. Tak heran jika Bakso Rusuk Palur ini tidak pernah sepi pengunjung. Untuk dapat mencicipi Bakso Rusuk Palur, Anda bisa langsung ke lokasinya di Jalan Adi Sucipto, Blulukan, Colomadu, Karanganyar.

9. Bakso Titoti

Bakso Titoti Bakso Enak di Solo

Berbicara seputar bakso yang enak di Kota Solo, kita tentu tidak akan melewatkan Bakso Titoti. Kedai bakso yang satu ini tidak hanya enak baksonya saja, tetapi siomay gorengnya juga enak. Belum lagi di sini juga menjual mie ayam yang tak kalah lezat.

Rasanya sayang bila ke Solo tanpa mencicipi Bakso Titoti. Jadi, sempatkan diri untuk mampir di Bakso Titoti di Jalan Honggowongso No. 42, Sriwedari, Laweyan, jika Anda sedang berada di Kota Solo.

10. Bakso Remaja

Bakso Remaja

Bakso Remaja merupakan satu dari sekian banyak bakso terenak di Solo. Kedai bakso yang terdiri dari 2 lantai di Jalan Kartopuran No. 8, Serengan, Jayengan, Solo, ini memang selalu ramai. Apa yang istimewa dari bakso ini? Tentu saja semuanya yang disajikan terasa istimewa.

Bakso ini disajikan dengan tetelan sapi yang menambah gurih rasanya. Selain itu, ada juga semangkuk sawi yang disajikan terpisah dengan baksonya. Nah, bagi pecinta bakso Anda harus menyempatkan diri menjajal kelezatan Bakso Remaja ini.

Bingung mencari makanan enak di Solo? Rekomendasi bakso enak di Solo ini bisa Anda jadikan pilihan, lho. Jika ingin menambahkan daftar rekomendasi ini, silakan tulis nama bakso di Solo yang Anda rekomendasikan melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *