Ini Dia 10 Tempat Makan Bakso Paling Enak di Surabaya

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 22 Juli 2020

Sebagai warga negara Indonesia, Anda tentu sudah familiar dengan makanan yang namanya “bakso”, bukan? Ini adalah makanan sejuta umat yang disukai oleh berbagai kalangan. Selain rasanya enak, bakso juga cocok dinikmati kapan saja, baik itu siang hari sampai tengah malam sekali pun.

Ketika berada di Surabaya, Anda harus mencoba tempat makan bakso yang hits dan legendaris di kota ini. Ya, Surabaya memang tidak hanya memiliki sejumlah tempat kuliner malam saja, lho. Anda harus mencoba 10 tempat makan bakso enak di Surabaya yang Keluyuran rekomendasikan berikut ini.

1. Bakso Pak Seger

Bakso Pak Seger Bakso Enak di Surabaya

Setelah jalan-jalan di kawasan Tunjungan, Anda bisa mampir ke Jalan Pirngadi yang tidak terlalu jauh dari kawasan Tunjungan. Pasalnya, ada salah satu bakso enak di Surabaya yang wajib Anda coba, yaitu Bakso Pak Seger. Bakso yang satu ini terkenal karena kita juga bisa request untuk ditambah tetelan sapi pada bakso yang dipesan.

Selain tetelan sapi, Bakso Pak Seger juga menyediakan sumsum sapi. Tentu saja harga seporsi bakso yang ditambah tetelan atau sumsum jadi lebih mahal dibanding Anda memesan baksonya saja. Kunjungi Bakso Pak Seger di Jalan Pirngadi, Bubutan, Surabaya.

2. Bakso Jalil

Bakso Jalil

Jika Anda sudah mencicipi Bakso Jalil, percayalah Anda pasti akan ingin kembali untuk makan bakso ini di kemudian hari. Ya, Bakso Jalil memang bikin nagih! Ukuran baksonya sangat kecil, tapi kita bisa memperoleh 10 – 15 biji bakso dalam satu porsinya.

Belum lengkap jika menyantap bakso tanpa tahu dan gorengan. Nah, gorengan di Bakso Jalil ini juga bikin Anda ketagihan, lho. Banyak pengunjung yang sengaja memesan ekstra tambahan gorengan. Di Bakso Jalil, pemberian bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan daun bawang juga terbilang tidak pelit. Anda dapat mengunjungi Bakso Pak Jalil di Taman Apsari, tepatnya dekat Patung Joko Dolog.

3. Bakso Koya Pak Ateng

Bakso Koya Pak Ateng

“Bakso kok pakai koya?” Ya, selama ini makanan yang hanya ditaburi koya saat hendak dimakan adalah soto. Akan tetapi, di Surabaya Anda bisa menemukan bakso unik dengan taburan koya di atasnya. Bakso Koya Pake Ateng ini memang sudah sangat terkenal.

Warung bakso ini berdiri di dekat SMA Frateran Surabaya. Satu mangkuk bakso di sini berisi su’un, tahu, bakso, dan gorengan. Kemudian, di atas bakso ini akan ditaburi dengan koya gurih dan sedap. Lokasi Bakso Koya Pak Ateng ada di Jalan Kepanjen, tepatnya di depan Gereja Katolik Santa Perawan Maria.

4. Bakso Rindu Malam

Bakso Rindu Malam

Bukan karena lokasinya yang strategis yang membuat Bakso Rindu Malam ini menjadi sangat ramai. Depot bakso yang berada di pertigaan Jalan Aditawarman dan Jalan Ciliwung ini memang menyajikan bakso yang enak sejak bertahun-tahun yang lalu.

Bakso Rindu Malam 2

Meskipun ramai pengunjung, pemilik Bakso Rindu Malam tetap memberikan harga yang terjangkau untuk seporsi baksonya. Satu mangkok bakso di sini berisi bakso kasar, bakso halus, bakso telur puyuh, dan tahu. Namun, Anda juga bisa tambah bakso keju dan gorengan. Alamat Bakso Rindu Malam ada di Jalan Ciliwung No. 123, Surabaya.

5. Bakso Pak War

Bakso Pak War

Tempat makan bakso enak di Surabaya yang satu ini berada di kaki lima dekat Sekolah Buah Hati di kawasan Manyar. Sebagian pembeli Bakso Pak War adalah siswa-siswi sekolah tersebut dan orang tua yang datang menjemput anak-anaknya.

Ukuran bakso ini memang tidak terlalu besar, tapi dagingnya sangat terasa. Kuah baksonya pun terlihat jernih, tetapi terasa kaldu sapinya. Pak War, si pemilik warung bakso ini, sangat ramah ketika melayani pembeli. Kita juga bebas mengambil daun bawang dan bawang goreng sesuai selera. Bakso Pak War bertempat di Jalan Manyar Kertoarjo III (sebelah Sekolah Buah Hati).

6. Bakso Jamur & Keju Bintoro

Bakso Jamur & Keju Bintoro

Dinamakan Bakso Jamur & Keju Bintoro karena gerobak bakso yang mangkal di Jalan Bintoro ini memang menjual bakso isi jamur dan bakso isi keju saja. Jika Anda belum pernah makan bakso jamur dan keju sebelumnya, itu artinya Anda wajib berkunjung dan mencoba bakso ini.

Berbeda dengan bakso keju di tempat lain, di sini bakso kejunya gurih dan tidak bikin eneg. Selain itu, jamur yang ada di dalam bakso ini juga terasa renyah. Jangan lupa untuk memesan gorengannya juga ketika makan bakso ini. Lokasi bakso jamur & keju Bintoro ini berada di Jalan Bintoro, tepatnya di depan ruko yang ada Holland Bakery-nya.

7. Baso Daging Sapi & Es Teller Tanjung Anom

Baso Daging Sapi & Es Teller Tanjung Anom

Berlokasi di Jalan Tanjung Anom (di depan rumah no. 11), Baso Daging Sapi & Es Teller Tanjung Anom ini selalu ramai pengunjung. Di tempat ini, ukuran baksonya cukup besar sehingga lebih puas ketika menyantapnya.

Sambil menikmati semangkuk bakso daging sapi yang lezat, Anda pun bisa memesan es teller yang segar, lho. Jika Anda sedang berada di Surabaya, maka ingatlah untuk tidak melewatkan tempat makan bakso enak di Surabaya yang satu ini.

8. Bakso Omen

Bakso Omen

Bakso Omen juga merupakan tempat makan bakso enak di Surabaya. Penjualnya sangat kreatif dalam memilih berbagai macam bakso, mulai bakso keju, jamur, sampai dengan bakso yang berisi daging sapi cincang. Bakso Omen menggunakan sistem self-service, di mana pengunjung dapat bebas memilih bakso favoritnya langsung dari gerobaknya.

Bakso Omen 2

Akan tetapi, sebelum makan Anda harus membayar dulu ke pemilik Bakso Omen ini. Katakan pesanan Anda secara jujur karena pemilik tidak menghitung berapa dan apa saja bakso yang Anda ambil. Lokasi Bakso Omen terletak di Jalan Raya Darmo Permai Timur (depan Gereja Kristen Indonesia Darmo Satelit).

9. Bakso Ketabang Kali

Bakso Ketabang Kali

Yang satu ini adalah bakso yang legendaris dan sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Adalah Bakso Ketabang Kali yang menawarkan bakso dengan rasa yang sedap dan bikin Anda ketagihan. Bakso ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, tapi satu porsi Anda bisa mendapatkan 9 - 10 buah bakso.

Rasa bakso yang kenyal dan tidak terlalu lembek membuat Bakso Ketabang Kali memiliki banyak pelanggan setia meskipun sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu. Saat ini, Bakso Ketabang Kali sudah bisa dijumpai di pusat-pusat perbelanjaan seperti Pasar Atum dan Galaxy Mall.

10. Bakso Bonet

Bakso Bonet

Bernama Bakso Bonet karena letak warung bakso ini ada di seberang pasar swalayan Bonet. Jadi, banyak pengunjung yang memanggil tempat makan bakso ini dengan sebutan “Bakso Bonet” Jangan kaget jika ketika memesan bakso yang datang hanya 2 buah bakso dan 2 buah tahu / gorengan saja.

Meskipun hanya 2 buah, tapi ukuran bakso di sini jumbo. Jika tidak puas, Anda bisa menambah beberapa buah bakso sesuai selera. Lokasi Bakso Bonet terletak di  Jalan Manyar Kertoarjo V, Surabaya.

Kuliner menjajal bakso enak di Surabaya memang sangat menyenangkan. Jika Anda juga berdomisili di Surabaya, adakah tempat bakso enak lainnya yang ingin Anda sarankan di sini?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram