11 Bandara Terbesar di Dunia yang Memikat Para Pelancong

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Di dunia terdapat lebih dari seribu bandara sipil. Beberapa  bandara tersebut ada yang kecil dan mudah dinavigasi, sementara yang lainnya ada yang membuatmu khawatir karena antriannya dan waktu koneksinya yang panjang. Namun bandara terbesar di dunia sering kali bisa menjadi bagian dari keindahan yang menawarkan banyak hiburan bagi para penumpang.

Ada pengalaman lucu ketika tersesat mencari gate ketika harus segera terbang atau terpesona dengan keindahan desain interior dan arsitektur bandara. Tak jarang bandara pun menjadi rumah kedua bagi para backpacker yang menghemat budget traveling atau penumpang yang menunggu penerbangan selanjutnya. Apa saja bandara terbesar di dunia tersebut? Yuk, simak ulasannya berikut.

1. Bandara Internasional Hong Kong

Bandara Internasional Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu pusat bisnis tersibuk di dunia, dan kemudian memiliki salah satu sektor perjalanan udara tersibuk. Itulah sebabnya Bandara Internasional Hong Kong, yang sejak tahun 1988 telah berkembang pesat menjadi salah satu bandara terbesar di dunia. Yang menarik, bandara ini dibangun di atas tanah hasil reklamasi, dan upaya ekspansi ini masih berlangsung.

Bandara Internasional Hong Kong sudah melayani lebih dari 70 juta wisatawan di tahun 2016, dan dengan upaya perluasannya yang masih berjalan, diperkirakan jumlah pelancong akan terus meningkat.

2. Bandara Internasional King Fahd (DMM)

Bandara Internasional King Fahd (DMM)

Bandara Internasional King Fahd yang memiliki luas total 780 kilometer persegi ini terletak 20 km dari Dammam di daerah antara Qatif dan Dammam, Arab Saudi. Bandara ini termasuk ke dalam kategori bandara terbesar di dunia berdasarkan ukuran.

Total wilayah bandara melebihi negara Bahrain, tapi sebagian besar properti ini tidak digunakan. Hanya 37 kilometer persegi yang didedikasikan untuk penggunaan bandara. Itu hanya sekitar 5% dari total area bandara! Ketinggian bandara adalah 22m. Bandara ini juga tidak terlalu sibuk dan menangani sekitar 10 juta penumpang per tahun.

Pada tanggal 28 November 1999, bandara ini dibuka untuk lalu lintas komersial karena awalnya bandara digunakan untuk keperluan militer. Bandara Internasional King Fahd adalah pusat kegiatan utama untuk Saudi Arabian Airlines, Flynas SaudiGulf Airlines, dan Aramco Aviation.

3. Bandara Internasional Pudong Shanghai (PVG)

Bandara Internasional Pudong Shanghai (PVG)

Shanghai Pudong bukan hanya bandara terbesar di Asia tapi juga bandara terbesar di dunia. Di Asia, bandara ini menduduki ranking kedua sedangkan di dunia menduduki peringkat ketujuh. Selain itu, bandara ini juga termasuk salah satu bandara tersibuk di dunia.

Lokasi Pudong berada di sekitar 30 kilometer sebelah timur dari pusat kota. Bandara ini menempati area seluas 40 kilometer persegi dengan ketinggian hanya 4 meter. Pudong juga merupakan hub utama bagi Shanghai Airlines dan China Eastern Airlines. Bandara Pudong mempunyai dua terminal utama dan satu terminal satelit, total tiga terminal penumpang menjadikannya bandara tersibuk.

Pada tahun 1999, Bandara Internasional Pudong Shanghai dibuka. Pembangunan bandara ini menghabiskan biaya sebesar USD 1,67 miliar dan pembangunannya membutuhkan waktu dua tahun. Terminal satelit Bandara Internasional Pudong mulai beroperasi sejak Oktober 2019.

4. Bandara Heathrow

Bandara Heathrow

Bandara Heathrow yang terletak di kota London juga merupakan salah satu bandara tersibuk dan juga terbesar di dunia. London mempunyai sistem bandara terluas di dunia, dan Bandara Heathrow secara signifikan berkontribusi terhadap sistem ini. Bandara ini melayani sekitar 75 juta orang di tahun 2016, dan selama dua tahun terakhir, rata-rata 80 juta penumpang.

Jumlah penumpang ini diperkirakan akan terus berkembang selama beberapa tahun ke depan. Heathrow mempunyai empat terminal aktif, tiga di antara terminal tersebut didedikasikan untuk kemitraan yang signifikan sedangkan British Airways menggunakan yang lainnya.

5. Bandara Amsterdam Schiphol

Bandara Amsterdam Schiphol

Bandara Amsterdam Schiphol merupakan bandara internasional utama di negara Belanda. Schiphol merupakan bandara tersibuk ketiga di Eropa dalam hal lalu lintas penumpang. Pada tahun 2016, bandara ini melayani lebih dari 63 juta penumpang. Bandara ini terkenal karena hanya mempunyai terminal besar tunggal yang terbagi jadi tiga ruang keberangkatan.

Berlokasi di barat daya Amsterdam, pada awalnya Bandara Schiphol Amsterdam merupakan pangkalan militer saat dibuka pada tahun 1916. Bandara ini hancur saat Perang Dunia II tapi segera dibangun kembali dan akhirnya pada tahun 1949 diakui sebagai bandara utama di Belanda. Bandara ini memiliki 2.787 hektar tanah dan termasuk enam landasan pacu dengan permukaan aspal

6. Bandara Internasional Dubai

Bandara Internasional Dubai

Bandara Internasional Dubai merupakan bandara internasional utama di Dubai. Secara terus-menerus, bandara ini menempati peringkat sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia. Bandara ini menempati urutan ketiga dalam daftar bandara tersibuk di dunia berdasarkan lalu lintas penumpang tapi urutan kesatu dalam hal lalu lintas penumpang internasional.

Pada tahun 2016, bandara melayani lebih dari 83 juta penumpang. Bandara Internasional Dubai menyumbang lebih dari $ 26 miliar untuk perekonomian Dubai. Para pengamat berpendapat bahwa jumlah itu akan terus meningkat sampai hampir $ 90 miliar pada tahun 2030. Bandara ini mempunyai 2.900 hektar lahan dan mencakup dua landasan pacu dan tiga terminal.

7. Bandara Paris Charles de Gaulle

Bandara Paris Charles de Gaulle

Dinamai setelah mantan Presiden Prancis Charles de Gaulle, Bandara Paris Charles de Gaulle merupakan bandara terbesar di Prancis. Bandara ini adalah pusat utama Air France, salah satu maskapai paling besar di Eropa. Bandara ini mempunyai sekitar 3.200 hektar lahan, termasuk tiga terminal dan empat jalur beraspal.

Bandara Paris Charles de Gaulle posisinya tepat berada di belakang Bandara Heathrow London, menempati peringkat daftar bandara tersibuk di Eropa. Tahun lalu, bandara ini melayani hampir 66 juta penumpang, hampir identik dengan jumlah penumpang yang dilayani oleh bandara pada 2015.

Bandara top ini melayani satu juta penumpang ke hampir seluruh ibu kota internasional dengan setiap jam penerbangan ke bandara seperti Bandara Barcelona-El Prat, Bandara Amsterdam Schiphol, dan Bandara Munich. Charles de Gaulle merupakan salah satu bandara terbesar dan bandara terbaik untuk terbang ke Eropa untuk liburan di Eropa.

8. Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas

Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas

Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas merupakan bandara internasional terbesar kedua di Eropa tepat berada di belakang Bandara Paris Charles de Gaulle. Bandara yang dibuka pada tahun 1928 ini berlokasi di Madrid, Spanyol dengan jarak sekitar 13 kilometer dari Plaza Mayor de Madrid.

Berfungsi sebagai markas bagi Iberia Airlines, Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas merupakan bandara internasional tersibuk di Eropa. Bandara ini melayani 50 juta penumpang pada 2016. Adolfo Suarez Madrid-Barajas dinamai dari nama mantan Perdana Menteri Spanyol Adolfo Suarez. Bandara internasional ini mempunyai empat landasan pacu yang tersebar di 3.050 hektar tanah.

9. Bandara Suvarnabhumi

Bandara Suvarnabhumi

Merupakan bandara internasional terbesar di Asia Tenggara, Bandara Suvarnabhumi adalah salah satu dari dua bandara internasional di Asia Tenggara yang termasuk dalam daftar bandara terbesar di dunia. Bandara ini berfungsi sebagai hub utama untuk beberapa maskapai penerbangan Asia terkemuka, di antaranya Bangkok Airways juga Jet Asia Airways.

Bandara Suvarnabhumi mempunyai 3.240 hektar lahan. Selain itu, bandara ini juga memiliki salah satu menara kontrol tertinggi dan merupakan terminal bandara satu-bangunan terbesar di dunia. Bandara ini merupakan bandara internasional tersibuk di Asia dan melayani hampir 56 juta penumpang pada tahun 2016. Nama Sansekerta bandara ini jika diterjemahkan berarti “Tanah Emas” atau “Tanah Emas.”

10. Bandara Internasional Daxing Beijing

Bandara Internasional Daxing Beijing

Bandara ini merupakan bandara Cina lainnya, tapi bandara ini baru saja diluncurkan. Bandara Internasional Daxing Beijing dengan sendirinya menjadi bandara terbesar yang pernah dibangun, bahkan jika dilihat dari jejak geografisnya.

Tiap tahunnya bandara ini melayani 130 juta pelancong, sehingga memperkuat tempatnya di posisi atas daftar bandara terbesar di dunia. Desain bandara ini juga cukup menarik. Bandara ini terlihat seperti kapal asing yang bisa Anda temukan dalam film SCI-FI.

11. Bandara Haneda Tokyo

Bandara Haneda Tokyo

Dikenal juga sebagai Bandara Internasional Tokyo, Bandara Haneda merupakan kebanggaan dan kegembiraan Tokyo sejauh menyangkut industri perjalanan udara. Japan Airlines dan Nippon Airways, dua maskapai besar Jepang, beroperasi dari bandara ini. Beberapa maskapai lain yang beroperasi di Bandara Haneda di antaranya Air Do, StarFlyer, Solaseed Air, dan Skymark Airlines.

Setiap tahun jumlah rata-rata wisatawan yang dilayani oleh bandara ini adalah sekitar 79 juta, sehingga menjadikannya tempat di antara lima bandara teratas di dunia. Maka tak mengherankan jika bandara ini masuk dalam daftar bandara terbesar di dunia.

Nah, itu tadi daftar Bandar terbesar di dunia. Sayangnya tak ada satupun bandara dari Indonesia yang masuk dalam peringkat terbesar tapi Bandara Internasional Soekarno Hatta termasuk dalam salah bandara tersibuk di dunia. Pernahkah Anda singgah di salah satu bandara yang disebutkan di atas?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *