Inilah 10 Bangunan Peninggalan Romawi Terbaik di Italia

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kekaisaran Romawi  meninggalkan warisan arsitektur yang menakjubkan untuk kamu kunjungi. Setiap tempatnya akan memberikan kamu sudut pandang dan wawasan tentang kehidupan dari masyarakat Romawi kuno saat itu. Berikut ini ulasan tempat-tempat  yang menjadi surga untuk para pencinta sejarah dan juga seni arsitektur, serta teknik rancang bangun.

1. Pantheon

Pantheon

Pantheon merupakan peninggalan Romawi yang masih terawat dengan baik dan yang paling terkenal. Bangunan ini dibangun atas perintah dari Marcus Agripa, yang berfungsi sebagai kuil untuk dewa-dewi Romawi. Bangunan asli dari Pantheon sebenarnya hancur terbakar dalam sebuah kebakaran besar.

Pantheon lalu dibangun kembali dan selesai sekitar tahun 125 Masehi dan masih berdiri hingga sekarang. Tempat ini lalu dialih fungsikan menjadi geraja pada tahun 609 Masehi. Selain menjadi gereja tempat ini juga menjadi pemakaman bagi tokoh-tokoh yang terkenal.

Pantheon kini menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi, yang memperlihatkan keindahan dan kemegahan sebuah aristektur dengan gaya Greco-Romawi. Struktur kubahnya yang spektakuler menjadikannya kehebatan dari teknik membangun dimasa kekasisaran Romawi.

  • Alamat : Piazza della Rotonda, 00186 Roma, Italia
  • Jam Buka : Senin-Jumat 08.30 – 18.00, Sabtu 08.30 – 19.30, Minggu 09.00 – 18.00
  • HTM : Gratis

2. Forum Romanum

Forum Romanum

Forum Romanum merupakan sebuah alun-alun kota pada zaman Romawi kuno, tempat merupakan sebuah kota kuno tempat pusat pemerintahan. Tempat ini berada di sebuah lembah diantara dua bukit yang terkenal di Roma yaitu bukit Capitoline di Barat dan Bukit Palatine di sebelah timur.

Reruntuhan yang terdapat di Forum Romanum merupakan tempat pusat kehidupan politik, agama, dan juga rumah bagi bangsa Romawi kuno. Sisa- sisa reruntuhan dari bangunannya memperlihatkan betapa megahnya kota tersebut pada saat itu. Sebagain dari bangunannya masih berdiri dengan gagah.

Forum Romanum memberikan kamu sedikit gambaran akan kejayaan kekaisaran Romawi pada saat itu. Bangunan yang berdiri mengambarkan kehebatan dari arsitektur dan teknik membangun mereka yang luar biasa. Kamu akan tertarik membayangkan reruntuhan itu di masa jayanya.

  • Alamat : Jl. Via della Salara Vecchia 5/6, 00186, Roma, Italia
  • Jam Buka : 08.30 – 19.00
  • HTM : Tiket terusan Dewasa 12 EUR, Anak-anak (18-24) 7.50 EUR
  • Transportasi : Metro – Colosseo (Line B)

3. Herculaneum

Herculaneum

Herculaneum merupakan sebuah kota pelabuhan kuno Romawi yang hancur akibat letusan Gunung Vesuvius  di tahun 79 Masehi. Kota ini terkubur oleh material piroplastik yang lebih tebal dari Pompeii.  Herculaneum terletak di Campagnia, Italia, dan masuk menjadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

Reruntuhan Kota pelabuhan Herculaneum memperlihatkan bagaimana kehidupan sehari-hari dari masyarakat Romawi Kuno dengan sangat detail. Reruntuhan di kota ini bangunannya dapat bertahan lebih baik dibandingkan dengan Pompeii. Lantai atas di Herculaneum terbilang masih utuh berdiri.

  • Alamat : Ercolano, Campania, Italy, Italia
  • Jam Buka : November-Maret 08.30 – 17.00 , April- Oktober 08.30 – 19.30
  • HTM : Dewasa 13 EURO, Anak-anak (18-25) 11 EURO, dibawah 18 & diatas 65 th gratis

4. Ostia Antica

Ostia Antica

Ostia Antica juga merupakan sebuah reruntuhan kota pelabuhan kuno Romawi yang masih terawat dengan baik. Di tempat ini kamu dapat mengamati reruntuhan kota dengan lebih tenang jika dibandingkan dengan Pompeii. Kota ini merupakan sebuah pintu utama menuju kota Roma.

Reruntuhan yang berada si Ostia ini memperlihatkan gambaran masyarakat di kota ini di masa lalu. Hal itu terlihat dari sisa rentuntuhan berupa gedung, flat, toko, yang masih terpelihara. Selain itu tempat ini juga pernah mengalami perang sipil dan juga pernah diserang oleh bajak laut.

  • Alamat : Viale dei Romagnoli, 717, 00119 Roma, Italia
  • Jam Buka : 08.30 – 18.00, Senin  Tutup
  • HTM : Dewasa 12 EURO, Anak-anak Uni Eropa (18-25) 10 EURO, dibawah 18 gratis

5. Pompeii

Pompeii

Pompeii merupakan situs kuno yang paling terkenal dan sering dikunjungi. Pompeii merupakan sebuah situ kota kuno yang terkubur material gunung berapi disaat Gunung Vesuvius meletus di tahun 79 Masehi. Tak hanya mengubur kotanya, tetapi juga seluruh penduduk di dalamnya.

Aspek yang menjadi daya tarik dari kota Pompeii adalah sebagian dari bangunan dan barang-barang yang masih utuh. Saat kamu mengunjungi tempat ini kamu akan serasa kembali berjalan di kota Pompeii di saat masa Romawi Kuno. kamu akan diajak berjalan menyusuri kehidupan di masa lalu.

  • Alamat : Viale dei Romagnoli, 717, 00119 Roma, Italia
  • Website : http://pompeiisites.org/en/
  • Telepon : +39 081 8575 347
  • Jam Buka : Senin  Tutup, Selasa – Minggu 09.00 – 17.30
  • HTM : Dewasa 16 EURO, Anak-anak (18-25) 14 EURO

6. Colosseum

Colosseum

Colosseum merupakan sebuah tempat pertunjukan dengan bentuk elips yang sering disebut dengan amfiteater. Sebuah bangunan yang memperlihatkan kejayaan dan kekuasaan dari kekaisaran Romawi. Colosseum memperlihatkan kemegahan dan kehebatan arsitektur dan juga teknik rancang bangunnya.

Di tempat ini akan kamu diajak merasakan kembali kehidupan masa lalu.  Di Colosseum ini kamu dapat menyusuri koridor tempat para gladiator bersiap diri sebelum bertarung. Saat kamu menyusuri tempat ini kamu dapat merasakan kehidupan masyarakat kala itu yang harus bertarung di arena ini.

  • Alamat : Jl. Piazza del Colosseo 1, 00184, Roma, Italia
  • Jam Buka : 09.00 – 16.30
  • HTM : Tiket terusan dengan Forum Romanum + Palatine 20 EURO

7. Villa Hadrian

Villa Hadrian

Villa Hadrian merupakan sebuah komplek villa Romawi yang dianggap melambangkan kemewahan dan keanggunan dari Kekaisaran Romawi. Tempat ini merupakan sebuah tempat peristirahatan kaisar Romawi Hadrian, dikatakan bahwa Kaisar Hadrian tidak menyukai istana yang berada di Bukit Palatine.

Villa Hadrian ini merupakan sebuah kompleks tempat peristirahatan yang terdiri dari sekitar 30 bangunan. Luas halaman dari villa ini sekitar 120 hektar dan diisi dengan beberapa bangunan favorit dari sang kaisar dari bangunan indah dengan gaya Yunani dan juga bangunan menawan bergaya Mesir.

  • Alamat : Largo Marguerite Yourcenar, 1, 00010 Tivoli RM, Italia
  • Jam Buka : 09.00 – 17.30
  • HTM : Dewasa € 14.00, anak-anak dari Uni Eropa (18-24) € 12.00

8. Villa Dei Quintili

Villa Dei Quintili

Villa Dei Quintilli merupakan villa yang dibangun oleh Kakak beradik Quintilli yang kaya raya di tahun 151 Masehi. Tetapi bangunan ini akhirnya jatuh ketangan Kaisar Commodus saat ia berkuasa. Dikatakan bahwa sang kaisar membunuh mereka untuk menguasai properti yang mereka miliki.

Bangunan ini diperluas  dan juga direnovasi setelah propertinya dimiliki oleh sang kaisar, sehingga menjadi lebih megah. Villa ini diperluas dengan membanguan sebuah alun-alun besar diantara Via Appia Antica dan Via Appia Nuova. Keindahan villa ini terlihat pada struktur ruangannya yang besar.

  • Alamat : Via Appia Nuova, 1092 Roma, Italia
  • Jam Buka : 09.00 – 19.30
  • HTM : Dewasa € 7.00, anak-anak dari Uni Eropa (18-24) € 4.00

9. Bath of Caracalla

Bath of Caracalla

Bath Of Caracalla adalah sebuah tempat pemandian umum kuno di zaman Romawi Kuno. tempat ini merupakan sebuah situs yang sangat mengesankan. Tempat ini memberikan kamu wawasan tentang bagaimana kehidupan sosial masyarakat Romawi Kuno yagn tergambar pada sisa-sisa reruntuhannya.

Bangunan pemandian ini masih terlihat mengesankan dengan dindingnya yang menjulang tinggi. Bangunan ini dibangun oleh kaisar Septimus Severus, tetapi dinamai dengan nama anaknya Kaisar Caracalla. Keindahan dari bangunan ini masih terlihat dari sisa mozaik  hitam putih pada lantainya.

  • Alamat : Viale delle Terme di Caracalla 52, Roma, Italia
  • Jam Buka : 09.00 – 19.30
  • HTM : Dewasa € 11.00, anak-anak dari Uni Eropa (18-24) € 6.00

10. Arena Di Verona

Arena Di Verona

Arena Verona merupakan sebuah amfiteater zaman Romawi kuno yang masih terpelihara dengan baik hingga sekarang. Bangunan ini dibangun pada abad ke 30 sebelum masehi dan masih dapat digunakan hingga sekarang. Saat ini tempat ini digunakan untuk berbagai pertunjukan, seperti konser atau opera.

Dahulu tempat ini juga digunakan sebagai temapt pertempuran para gladiator dengan binatang buas. Bentuk elips pada amfiteater ini membuatnya dapat menampung hingga 30.000 ribu penonton. Duduk dan menonton di sini akan membuatmu merasakan sensasi kembali ke zaman Romawi kuno.

  • Alamat : Jl. Piazza Bra, 1, 37121 Verona VR, Italia
  • Website : https://www.arena.it/arena/en
  • Jam Buka : Senin 13.30 – 19.30, Selasa – Minggu 08.30 – 19.30
  • HTM : Dewasa € 10.00, anak-anak dari Uni Eropa (18-24) € 9.00

Sisa peninggalan Romawi ini memberikan kamu wawasan tentang seberapa besar dan kuatnya kekaisaran Romawi pada saat itu. Kamu dapat melihat dan merasakan sendiri saat melihat bangunan peninggalan mereka yang tak jarang dalam ukuran yang luar biasa besar dan megah. Setiap peninggalannya memberikan kesan yang kuat disaat kamu melihatnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *