10 Barang Unik dari Jepang untuk Oleh-oleh Anti-Mainstream

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 8 Juni 2019

Tak perlu bingung ketika sedang berburu oleh-oleh di Jepang. Pasalnya, ada banyak barang-barang unik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kalau kamu memiliki banyak waktu luang saat berlibur di Jepang, sempatkan diri untuk mencari barang-barang anti-mainstream yang “Jepang banget”.

Bosan memberi oleh-oleh teh hijau, gantungan kunci, dan makanan ringan? Tenang, Keluyuran akan memberikan rekomendasi 10 barang unik yang “Jepang banget” untuk dijadikan buah tangan. Yuk, langsung cari tahu barang-barangnya di sini!

10 Barang Unik dari Jepang

1. Senjafuda Straps

Senjafuda Straps

* sumber: sv02.wadax.ne.jp

Sekilas benda yang satu ini memang nampak seperti gantungan biasa. Namun, gantungan ini berupa papan yang bertuliskan huruf kanji nama yang bisa kita request. Siapapun namamu, mau Bambang, Susi, Rio, atau Natasha, semuanya bisa diukir dalam huruf kanji.

Siapapun yang menerima senjafuda straps ini pasti senang. Apalagi jika mereka mengetahui bahwa yang tertulis di gantungan kayu ini adalah namanya dalam bahasa kanji. Gantungan ini nantinya bisa dipakai sebagai gantungan tas, kunci, atau ponsel.

2. Kokeshi

Kokeshi

Cari souvenir yang “Jepang banget”? Pertimbangkan untuk membeli kokeshi. Yang satu ini tergolong barang unik dari Jepang karena tak banyak yang membelinya sebagai oleh-oleh. Padahal jika diperhatikan lebih seksama, boneka kayu ini nampak kental dengan budaya Jepang.

Kokeshi sendiri merupakan kayu yang dilukis dengan cat. Meskipun pembuatannya sederhana, tetapi benda ini akan nampak sangat elegan dijadikan pajangan. Kamu pun bisa menemukan kokeshi dengan mudah di toko oleh-oleh, toko mainan, bahkan toko kelontong yang ada di Jepang.

3. Kanzashi

Kanzashi

Di Jepang, kanzashi mungkin merupakan benda yang biasa saja. Namun, kanzashi bisa menjadi sesuatu hal yang unik dan beda dari yang lain jika kamu membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih di tanah air.

Kanzashi adalah hiasan rambut tradisional Jepang. Motif kanzashi biasanya berupa bunga. Di Jepang, para wanita biasa menggunakan hiasan rambut ini ketika sedang memakai kimono atau yukata. Akan tetapi, hiasan rambut ini bisa dipakai kapan saja tanpa perlu memakai kimono terlebih dahulu.

4. Noren

Noren

Saat memasuki restoran Jepang, pernahkah kamu memperhatikan kain yang digantung di depan pintu masuknya? Kain tersebut adalah noren. Di kain ini biasanya terdapat tulisan yang merupakan nama dari restoran tersebut. Noren tidak hanya bisa ditemukan di restoran saja, tapi juga di pemandian air panas dan rumah-rumah warga.

Nah, kalau kamu bingung mencari oleh-oleh yang anti-mainstream, noren bisa menjadi pilihan yang tepat, lho. Apalagi saat ini sudah banyak noren yang bermotif pemandangan, tanaman, dan binatang. Jadi, tak harus melulu huruf kanji, ya!

Kamu bisa mendapatkan noren di toko souvenir maupun toko kelontong di Jepang. Harga selembar noren hanya sekitar 1.000 – 3.000 yen saja.

5. Koinobori

Koinobori

Bagi kamu yang sering membaca komik atau menonton anime dari Jepang, tentu saja kamu pernah melihat bendera ikan koi yang biasa diletakkan di luar rumah masyarakat Jepang. Bendera ikan kopi bersusun itu akan berkibar ketika ditiup angin. Nah, nama bendera ikan koi itu adalah koinobori.

Di Jepang, koinobori merupakan simbol perayaan hari anak-anak. Perayaan tersebut bernama Tango no Sekku. Jika dulu bendera ini dipasang di pertengahan musim hujan, kini koinobori justru identik dengan musim panas atau musim semi.

Tertarik membeli koinobori sebagai oleh-oleh? Benda unik yang satu ini bakal menjadi buah tangan yang luar biasa untuk mempercantik rumah penerimanya.

6. Sandal Ikan

Sandal Ikan

* sumber: www.dhgate.com

Jepang selalu memiliki sesuatu yang unik. Bahkan, saking uniknya, sesuatu tersebut kadang bisa menjadi aneh di mata kita. Seperti sandal ikan yang satu ini. Tampilannya benar-benar mirip dengan ikan asli. Kalau tidak diperhatikan dengan seksama, orang pasti akan mengira bahwa ada ikan menggelepar di kakimu.

Sandal ikan ini hanya bisa ditemukan di Jepang. Apabila kamu ingin memberikan oleh-oleh kepada sahabat atau keluarga yang punya pribadi gokil dan percaya diri, sandal ikan ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

7. Chocin

Chocin

Lampion memang sudah jarang ditemukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Sekalipun ada lampion, biasanya merupakan lampion khas negeri tirai bambu yang digantung pada saat menyambut imlek. Lampion Cina sangat berbeda dengan lampion khas Jepang. Lampion dari Jepang memiliki bentuk yang memanjang dan berwarna merah atau putih.

Chochin atau lampion adalah benda unik yang wajib kamu miliki. Bahkan, kamu bisa memberikan chochin ini sebagai oleh-oleh. Jika di Jepang chochin biasa digantung di luar rumah, di Indonesia kamu bisa menggantung lampion ini di luar maupun di dalam rumah sesuka hatimu.

8. Kabuki Face Mask

Kabuki Face Mask

Kabuki merupakan seni teater tradisional Jepang. Ciri khas dari petunjukan kabuki adalah pemainnya yang memakai kostum mewah dan riasan wajah yang sangat mencolok. Saking mencoloknya riasan tersebut sampai-sampai penontonnya mengira bahwa si pemain menggunakan topeng.

Keunikan riasan wajah pemain kabuki ini membuat perusahaan kosmetik tertarik untuk menjadikannya sebagai motif masker. Kalau sheet mask bermotif wajah binatang sudah terlalu mainstream, mungkin kamu bisa membeli kabuki face mask. Ketika lagi maskeran, cobalah berkaca maka kamu akan terlihat seperti pemain kabuki dengan riasannya yang mencolok.

9. Cup Noodle Holder

Cup Noodle Holder

Salah satu kendala ketika kita menunggu mie instan cup matang adalah tutupnya yang selalu terbuka sendiri. Alhasil, kita harus memanfaatkan barang-barang di sekitar sebagai pemberat untuk menahan tutupnya sampai mie matang.

Di Jepang, kamu bisa menemukan cup noodle holder dengan aneka bentuk. Dengan benda unik ini, kamu tidak perlu lagi menutup mie instan cup dengan buku, mangkuk, atau HP-mu. Benda ini akan menahan penutup mie instan cup dengan baik. Mie instan lebih cepat matang dan kamu bisa segera menyantapnya dengan lahap!

10. Chork (Sumpit Garpu)

Chork

Sumpit adalah alat makan wajib di Jepang. Dapat dipastikan bahwa seluruh masyarakat Jepang pasti makan dengan menggunakan sumpit. Namun, bukan Jepang namanya jika tidak menciptakan barang-barang unik yang bermanfaat. Kali ini, negeri sakura tersebut menciptakan chork alias chopstick fork yang memadukan sumpit dan garpu.

Dengan chork, orang yang tidak terbiasa makan mie atau sushi dengan sumpit bisa memanfaatkan garpunya. Benda yang satu ini pasti akan sangat bermanfaat untuk dijadikan oleh-oleh. Bentuknya yang unik dan manfaatnya yang besar tentu membuat penerimanya merasa senang. Chork juga bisa dipakai berkali-kali seperti sendok garpu pada umumnya.

Dari 10 barang-barang unik ini kita jadi tahu bahwa Jepang tidak hanya sekadar menciptakan benda unik yang tak berguna. Setiap barang unik yang diciptakan pasti memiliki manfaat, entah itu hanya sebagai pajangan untuk mempercantik rumah atau untuk memudahkan kehidupan kita sehari-hari. Catat barang-barang ini jika kamu ingin mendapatkan oleh-oleh anti-mainstream dari Jepang, ya!

Kunjungi artikel oleh-oleh khas Jepang yang murah apabila kamu mencari buah tangan yang “Jepang banget” dengan harga yang terjangkau.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram