Keluyuran / Tips Liburan / 10 Bekal Piknik yang Wajib Kamu Bawa Saat ke pantai

10 Bekal Piknik yang Wajib Kamu Bawa Saat ke pantai

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 November 2019

Membawa bekal saat piknik ke pantai adalah pilihan bijak. Membawa bekal—apalagi dari rumah—membuatmu tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makanan saat di pantai nanti. Jadi, cocok nih untuk kamu yang ingin liburan tapi dengan budget minim atau tanpa perlu banyak pengeluaran.

Kalau kamu bingung bekal apa yang harus dibawa nanti, kamu jangan khawatir. Di artikel ini, Keluyuran bakal memberimu beberapa pilihan bekal piknik ke pantai yang bisa kamu bawa nanti. Apa saja pilihan bekal tersebut? Langsung saja simak di bawah ini:

1. Mi

Mi (Copy)

*

Pilihan bekal pertama yang bisa kamu bawa adalah mi. Ini adalah bekal yang paling mudah dibuat sekaligus dibawa. Mi untuk bekal sendiri bisa dari beragam jenis. Namun, jenis mi yang recommended untuk dibawa adalah mi telur.

Mi telur amat disarankan karena tekstur mi ini tidaklah mengembang saat hendak disantap. Agar makin menggugah rasa, mi yang kamu jadikan bekal tersebut bisa kamu tambahkan beragam lauk. Misalnya daging ayam, bakso, sosis, telur, dan sayur-sayuran.

2. Roti Isi

Roti Isi (Copy)

Selain mi, roti adalah bekal piknik yang praktis dibawa. Cara pembuatannya pun terlatif mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan selembar roti tawar gandum atau putih yang diolesi mayones dan saus. Setelah itu, berilah sejumlah isian pada roti tersebut, serta tutup dengan lembaran roti lainnya.

Isian roti sendiri bisa apa saja. Entah itu berupa irisan sayur, keju, daging, atau bisa juga dengan kornet. Bila roti sudah diberi isian dan ditutup dengan lembaran roti, roti isi tersebut lantas dipotong menjadi 2 bagian agar mudah disantap, serta praktis dibawa.

Supaya roti isi lebih mudah dibawa dan tidak berubah bentuk, bungkuslah roti isi tersebut dengan alumunium foil atau plastik wrap.

3. Onigiri

Onigiri (Copy)

* sumber: www.verywellfit.com

Onigiri merupakan salah olahan nasi khas Jepang yang cocok dijadikan bekal ke pantai. Bentuknya yang tidak terlalu besar dan mudah dibuat adalah dua alasannya. Onigiri sendiri dibuat dengan mencampur nasi dengan garam dan kecap asil.

Setelah itu, nasi tersebut lantas diberi isian dan dibentuk serupa segitiga. ada beberapa bahan yang cocok dijadikan isian. Bahan-bahan tersebut adala potongan ikan tuna, daging ayam, dan saus. Bila sudah diberi isian, bagian bawah onigiri lantas dilapisi dengan lembaran nori (rumput laut).

4. Sushi

Sushi (Copy)

* sumber: www.souschef.co.uk

Selain Onigiri, ada satu olahan khas Jepang lainnya yang cocok dijadikan bekal. Olahan tersebut tak lain adalah sushi. Cara pembuatan bekal ini juga tergolong mudah dilakukan. Pertama, kamu harus mencampurkan nasi dengan cuka beras, gula, dan garam.

Campur keempat bahan tersebut hingga rata. Ambilah segenggam campuran nasi itu, kemudian dipipihkan, dan lantas diletakkan di atas 1 lembar nori yang telah disediakan sebelumnya. Pastikan campuran nasi menutupi seluruh permukaan nori.

Bila permukaan nori sudah tertutup, campuran nasi tersebut lantas diberi sejumlah isian. Semisal wortel, daging ikan, alpukat, dan mayones. Kalau sudah, gulunglah campuran nasi itu beserta nori dan isinya dengan menggunakan gulungan bambu. Barulah setelah itu dipotong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

5. Kebab

Kebab (Copy)

Kalau mau bekal yang tidak biasa, kebab bisa menjadi pilihan tepat. Selain bentuknya yang unik, makanan khas Timur Tengah ini juga kaya akan rasa dan gizi. Cara membuatnya pun juga relatif mudah, seperti halnya bekal-bekal lainnya yang telah Keluyuran sebutkan sebelumnya.

Kalau mau membawa kebab sebagai bekal, kamu sebaiknya jangan langsung memasukkan saus atau mayones ke dalam kebab yang kamu buat. Hal tersebut dilakukan agar kebab yang kamu bawa tidak basi saat kamu hendak menyantapnya nanti.

6. Samosa

Samosa (Copy)

* sumber: www.cooktube.in

Masih ada satu bekal unik lainnya yang bisa kamu bawa. Bekal tersebut adalah Samosa. Seperti halnya kebab, bekal makanan ini juga berasa dari Timur Tengah. Hanya saja, bekal satu ini mempunyai tekstur yang lebih renyah tinimbang kebab. Sangat cocok buatmu yang ingin membawa bekal yang lebih crunchy.

Samosa sendiri dibuat dari kulit lumpia dengan isian yang telah ditumis sebelumnya. Adapun isian tersebut terdiri atas bawang Bombay, bawang putih, ayam, telur, garam, dan gula. Sajian bekal ini cocok disantap bersama saus dan mayones.

7. Burger

Burger (Copy)

* sumber: www.bonappetit.com

Selain roti isi, burger adalah olahan roti lainnya yang bisa kamu bawa. Adapun cara membuatnya adalah dengan mengisi roti khusus burger dengan sejumlah isian. Semisal bawang bombay, selada, irisan tomat, irisan mentimun, mayonnaise, saus, dan tentu saja patty alias daging burger.

Khusus untuk patty, ada satu tips khusus yang perlu kamu perhatikan. Pastikan patty atau daging burger yang kamu pakai dipanggang dulu dengan api kecil-sedang, agar patty-nya tidak mudah gosong saat dipanggang nanti.

8. Salad

Salad (Copy)

* sumber: www.tasteofhome.com

Kalau mau bekal yang lebih sehat, salad bisa menjadi bekal yang kamu bawa. Kayanya buah dan sayur-sayuran pada bekal ini adalah alasan mengapa salad begitu sehat. Salad sendiri bisa kamu buat dengan beragam varian sesuai dengan seleramu.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat kamu hendak membuat salad. Terlepas apa pun varian salad yang kamu buat. Pastikan bahan-bahan salad yang dipakai (entah buah atau sayur) dicuci dulu hingga bersih, serta dikeringkan dengan kain lembap.

Agar sayur atau buah pada salad mudah dimakan, kamu harus memotongnya dalam ukuran yang agak kecil. Khusus untuk bahan sayur, kamu bisa memasaknya lebih dulu sebelum dijadikan salad. Memasak sayur akan membuat sayuran pada salad relatif lebih awet.

9. Buah-Buahan

Buah-Buahan (Copy)

Selain salad, buah-buahan adalah bekal sehat lainnya yang bisa dibawa. Tak seperti salad, bekal satu ini tak perlu repot-repot diolah sedemikian rupa. Kamu hanya perlu memasukkan bekal ini ke dalam wadah bekal yang kamu siapkan.

Sebagai saran, bawalah buah yang tidak perlu repot-repot dikupas saat hendak disantap contohnya apel, anggur, dan pir. Disarankan pula untuk tidak membawa buah berbau tajam seperti durian, agar baunya tidak menyengat hidung baik saat di perjalanan, lebih-lebih saat kamu sampai di pantai nanti.

10. Snack Sehat

Snack Sehat (Copy)

* sumber: www.gimmesomeoven.com

Bekal terakhir yang bisa kamu bawa ke pantai adalah snack sehat. Seperti halnya buah-buahan, bekal ini tergolong praktis dibawa, serta tidak perlu diolah sedemikian rupa. Ada beberapa snack sehat yang bisa kamu bawa, di mana granola adalah salah satunya.

Granola sendiri merupakan sebuah snack dengan bahan dasar oat gulung, kacang-kacangan, dan madu. Snack ini kaya akan kandungan serat yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu bisa mengunjungi beberapa supermarket yang menyediakan snack ini.

Bukan hanya perlengkapan berenang dan berjemur, membawa bekal piknik ke pantai adalah pilihan bijak. Dengan membawa bekal, kamu dapat menghemat pengeluaranmu saat piknik ke pantai nanti. Adapun beberapa bekal yang bisa kami bawa sudah kami rekomendasikan di atas. Di antara bekal-bekal di atas, mana yang bakal kamu bawa nanti?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar