10 Benteng Terluas di Dunia, Salah Satunya di Indonesia!

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pada umumnya, benteng dibangun sebagai pertahanan sebuah kerajaan atau pemerintahan terhadap serangan musuh. Keberadaan benteng ini juga bisa menjadi pusat penyimpanan senjata, tahanan, dan tempat tinggal para tentara. Ada juga kerajaan yang membangun benteng sebagai istana untuk tempat tinggal.

Meskipun dibangun pada masa perang atau prasejarah, ada beberapa benteng yang masih berdiri kokoh sampai saat ini. Bahkan, beberapa di antaranya menjadi tempat wisata yang bebas dikunjungi oleh siapa saja. Keluyuran sudah merangkum 10 benteng terluas di dunia dalam daftar ini.

1. Benteng Keraton Buton – Indonesia

Benteng Keraton Buton Benteng Terluas di Dunia

* sumber: www.triptrus.com

Ketika membahas benteng terluas di dunia, mungkin Anda berpikir bahwa benteng terluas hanya ada di benua Eropa. Faktanya, 3 KM dari Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara juga ada sebuah benteng besar yang sudah diakui oleh Guinness World Records di tahun 2006. Benteng seluas 23,375 hektar ini dibangun pada abad ke-16 oleh Sultan Buton III bernama La Sangaji.

Di masa kejayaan Kesultanan Buton, Benteng Keraton Buton ini berhasil memberikan pengaruh terhadap eksistensi kerajaan. Selama empat abad, Kesultanan Buton dapat bertahan dan terhindar dari ancaman musuh berkat benteng ini. Dari benteng ini kita bisa menikmati pemandangan Kota Bau-Bau dan kapal-kapal yang hilir mudik di Selat Buton.

2. Citadel of Aleppo – Suriah

Citadel of Aleppo

Istana sekaligus benteng yang terletak di Suriah ini diklaim sebagai situs warisan dunia UNESCO. Citadel of Aleppo dianggap sebagai bangunan yang sangat bersejarah. Bahkan, benteng ini juga masuk dalam daftar benteng terbesar dan tertua ketiga di dunia sampai pertengahan abad ke-3 sebelum masehi.

Selama berdirinya, Citadel of Aleppo sempat dikuasai oleh Yunani, Bizantium, Ayyubiyah dan Mamluk. Masyarakat percaya bahwa Nabi Abraham pernah memerah domba-dombanya di salah satu bukit yang berada di benteng ini.

3. Edinburgh Castle – Skotlandia

Edinburgh Castle

Edinburgh memang dikenal sebagai kota wisata sejarah. Banyak bangunan-bangunan bersejarah di kota tersebut, salah satunya adalah Edinburgh Castle yang dianggap sebagai istana terluas di dunia. Beberapa bangunan di benteng ini sudah dibangun sejak abad ke-16. Kapel St. Margaret yang merupakan bagian dari bangunan ini bahkan sudah dibangun sejak abad ke-12.

Luas keseluruhan Edinburgh Castle ini mencapai 35.737 meter persegi. Kalau Anda sedang berjalan-jalan di Edinburgh rasanya sangat disayangkan jika Anda tidak mampir untuk melihat-lihat bangunan benteng sekaligus istana yang luas ini.

4. Chittor Fort – India

Chittor Fort

Dari tampilan bangunannya mungkin Anda mengira bahwa Chittor Fort ini berada di Eropa. Akan tetapi, salah satu benteng terluas di dunia ini ada di India. Ya, Chittor Fort bahkan pernah menjadi ibu kota Mewat dan terletak di Kota Chittorgarh. Benteng yang sudah ada sejak abad ke-7 ini memiliki luas wilayah hingga 280 hektare.

Chittor Fort sudah berganti kepemilikan selama berkali-kali, mulai dari abad ke-7 dikuasai Kerajaan Mewar, abad ke-9 sampai dengan abad ke-13 berada di bawah kepemilikan Dinasti Paramara, di tahun 1303 Sultan Delhi Alauddin Khalji berhasil mengalahkan pasukan Ratnasimha di benteng ini, sampai yang terakhir tahun 2013 UNESO mengakui Chittor Fort sebagai situs warisan dunia.

5. Buda Castle – Hongaria

Buda Castle

Buda Castle merupakan kompleks istana Raja-Raja Hongaria di Budapest yang dibangun pada tahun 1265. Namun, istana kerajaan ini juga berfungsi sebagai benteng karena menjadi pertahanan dari serangan Mongol. Mengingat Buda Castle menjadi objek penyerangan selama berkali-kali, maka tak heran jika bangunan ini sudah berganti-ganti aristektur selama berkali-kali.

Buda Castle pernah mengusung gaya arsitektur Gothic, pernah juga mengusung gaya arsitektur Baroque. Benteng ini terlihat sangat cantik di malam hari lantaran diterangi dengan lampu-lampu yang membuatnya terlihat megah. Luas area Buda Castle mencapai 44.674 meter persegi.

6. Spis Castle – Slovakia

Spis Castle

Pernah menonton film Dragonheart (2006) atau The Last Legion (2006)? Jika pernah, kedua film itu memilih Spis Castle di Slovakia sebagai lokasi pengambilan gambar. Boleh dibilang bahwa Spis Castle adalah istana abad pertengahan yang terbesar di Eropa Tengah.

Bagian utama kastil ini dibentengi dengan dinding batu yang sangat kokoh dan tidak lekang oleh zaman. Spis Castle berada di atas perbukitan hijau dengan pemandangan yang sangat mempesona. Keindahan pemandangan di sekitar benteng inilah yang membuatnya menjadi tempat wisata favorit sekaligus tempat syuting favorit untuk beberapa film mancanegara.

7. Königstein Fortress – Jerman

Königstein Fortress

Königstein Fortress atau juga dikenal dengan nama Saxon Bastille merupakan sebuah benteng di puncak bukit dekat Dresden, Swiss Saxon, Jerman. Benteng ini berada di tepi kiri Sungai Elbe. Bangunan ini juga merupakan salah satu benteng terbesar di Eropa.

Beberapa bagian dari benteng ini sudah berusia sekitar 400 tahun. Bahkan, di dalam benteng ini juga terdapat sebuah sumur terdalam kedua di Eropa. Sumur tersebut memiliki kedalaman hingga 152,5 meter. Saat ini, Königstein Fortress dibuka untuk umum, sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke benteng ini.

8. Masada – Israel

Masada

Sebuah benteng terluas di dunia ini berada di Israel dan menjadi tempat wisata favorit di negara tersebut. Bagaimana tidak, Benteng Masada ini terletak di dataran tinggi batu di Distrik Selatan Israel. Benteng ini sudah ada sejak zaman kuno dan tetap bertahan sampai saat ini karena berada di lokasi yang terisolasi dari dunia luar.

Salah satu sisi benteng ini adalah Gurun Yudea dan sisi lainnya lagi adalah Laut Mati. Dengan lokasi sedemikian rupa, benteng terluas ini tidak tersentuh oleh peradaban atau modernisasi selama ribuan tahun.

9. Mehrangarh Fort – India

Mehrangarh Fort

Meskipun secara teknis Mehrangarh Fort adalah sebuah benteng, tetapi bangunan ini sudah dianggap sebagai kastil. Kastil ini berada di atas bukit yang tingginya 122 meter. Kastil yang berada di Jodhpur, India, ini dibangun pada tahun 1459 oleh Rao Jodha.

Tujuan dibangunnya benteng ini untuk memindahkan ibu kota dari Mandore ke Jodhpur. Sampai saat ini, Mehrangarh Fort menjadi destinasi wisata favorit bagi wisatawan dalam maupun luar India. Dinding kolosal di kastil ini menawarkan pemandangan yang sangat mengesankan.

10. Malbork Castle – Polandia

Malbork Castle

Kastil di Polandia ini merupakan bangunan istana sekaligus benteng yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, luas bangunan ini mencapai 143.591 meter persegi. Malbork Castle didirikan pada tahun 1274 oleh para Ksatria Teutonik.

Fungsi dari kastil ini adalah markas besar untuk mengalahkan musuh Polandia dan menguasai teritori mereka sendiri utara Baltik. Seiring berjalannya waktu, jumlah ksatria pun bertambah dan Malbork Castle mengalami beberapa kali perluasan.

10 istana dan benteng terluas di dunia ini memang sangat layak untuk dikunjungi jika Anda adalah penikmat wisata bersejarah. Sebelum jauh-jauh ke luar negeri, kunjungi saja Benteng Keraton Buton yang ada di Indonesia.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *