Keluyuran / Wisata Bali / Perkiraan Biaya Liburan ke Bali yang Murah Meriah ala Backpacker

Perkiraan Biaya Liburan ke Bali yang Murah Meriah ala Backpacker

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit dan terbaik yang dimiliki Indonesia. Apabila secara fisik dan finansial Anda belum mampu untuk berlibur di luar negeri, maka Anda bisa memilih untuk berlibur di Bali terlebih dahulu. Pasalnya, biaya liburan ke Bali tentu jauh lebih murah dibanding Anda berlibur ke Jepang atau Korea Selatan.

Bukankah segala akomodasi ke Bali serba mahal? Ada beberapa hotel eksklusif yang memang memasang tarif yang sangat mahal. Pasalnya, sebagian besar tamu di hotel tersebut adalah wisatawan mancanegara. Namun, sebagai wisatawan backpacker Anda bisa memilih hotel yang jauh lebih murah. Nah, semua perhitungan biaya liburan ke Bali ala backpacker akan kami bahas dalam tulisan kali ini.

Tiket Pesawat

pesawat air asia

Siapa bilang untuk menjadi bakcpacker Anda harus naik kereta api atau menumpang di truk dari Jakarta menuju ke Bali? Cara tersebut hanya akan membuang-buang waktu dan energi. Mengapa tidak mempersingkat waktu dengan naik pesawat terbang saja?

Banyak wisatawan yang enggan naik pesawat terbang karena takut harga tiketnya mahal. Nah, beberapa bulan terakhir, ada salah satu maskapai penerbangan, yang sejak dulu terkenal selalu memberi promo dan harga tiket pesawat yang miring, kerap kali menawarkan tiket pesawat pulang-pergi Jakarta-Bali, Bandung-Bali, atau Surabaya-Bali dengan harga Rp 400.000 – 600.000 saja.

Namun, Anda harus membeli tiket pesawat tersebut pada saat pameran atau promosi. Umumnya, tiket tersebut dijual untuk jadwal keberangkatan 3-6 bulan mendatang. Tak masalah kan jika Anda membeli tiket pesawat jauh-jauh hari?

Penginapan

biaya liburan ke bali

Beberapa saat yang lalu Keluyuran sempat mengulas tentang berbagai penginapan yang ada di Bali. Bahkan, ada pula penginapan dengan pemandangan yang sangat romantis dan indah. Namun, penginapan berbintang tersebut memasang tarif kamar yang sangat mahal. Sebagai backpacker, sebaiknya Anda memilih penginapan dengan tarif yang ramah dengan dompet Anda.

Penginapan dalam bentuk guest house atau homestay dapat ditemukan dengan mudah di Bali. Anda tinggal memilih lokasi penginapan yang Anda inginkan, entah itu yang di dekat Bandara Ngurah Rai, Pantai Kuta, atau di Ubud.

Sedikit rekomendasi untuk Anda, ada banyak penginapan murah yang nyaman di sekitar Gang Poppies, Kuta. Harga penginapan murah yang ada di Bali berkisar dari harga Rp 200.000 – 400.000 per malam. Biaya penginapan akan jadi lebih murah jika Anda patungan dengan teman liburan Anda.

Makan

nasi jinggo bali

Bacaterus sempat melakukan perjalanan ala backpacker ke Bali. Sejatinya, ada banyak makanan murah meriah yang bisa dikonsumsi saat sedang berlibur di Bali. Namun, jika ingin makan enak dan mahal sesekali, itu juga tidak masalah.

Misalnya, pada pagi hari Anda sarapan dengan membeli Nasi Jinggo khas Bali yang banyak dijajakan di pinggir jalan. Harga Nasi Jinggo ini hanya Rp 5.000 per bungkus. Agar lebih kenyang, Anda bisa membeli 2 bungkus.

Di siang hari, Anda bisa singgah untuk makan di Nasi Pedas Bu Andhika, di sini harga satu porsi nasi tergantung pada lauk yang Anda pilih. Perkiraan untuk satu kali makan di Nasi Pedas Bu Andhika ini adalah Rp 25.000. Pada malam hari, Anda bisa makan di restoran fast food dengan membeli paket seharga Rp 25.000.

Kesimpulannya, dalam satu hari Anda hanya perlu biaya makan Rp 60.000 – 100.000, tergantung pada jenis makanan yang Anda pilih. Saran kami, pilihlah kedai atau warung makan kaki lima yang tidak banyak dikunjungi wisatawan mancanegara. Karena pada umumnya rumah makan yang banyak disinggahi wisatawan mancanegara biasanya akan memberikan harga makanan yang mahal.

Transportasi

Berencana untuk menyewa mobil selama berada di Bali? Ingat, Anda harus mempertimbangkan penghematan biaya liburan ke Bali. Namun, bila jumlah rombongan berlibur Anda banyak, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa mobil dan membayar sewa maupun BBM secara patungan.

Ada pula rental mobil yang sudah menyediakan BBM dan supirnya, harga sewa mobilnya sekitar Rp 400.000 per hari. Rental tersebut adalah Bagus Deva Tour, dengan drivernya yang bernama Bli Wayan. Bli Wayan sangat ramah dan informatif, terutama bagi kita yang baru pertama kali ke Bali.

Travel Bali

Bersama Bli Wayan di Uluwatu

Tidak hanya mengantarkan kita ke berbagai objek wisata yang recommended, Bli wayan juga akan menjadi guide sekaligus fotografer. Jadi, kita bisa terus berfoto bersama teman atau keluarga tanpa ada yang perlu ‘dikorbankan’ menjadi juru foto. Bli Wayan bisa dihubungi langsung di nomor 087762756164 atau kunjungi link ini untuk informasi lebih lanjutnya.

Lantas, bagaimana jika Anda hanya sendiri, berdua, atau hanya berempat saja? Cobalah untuk menyewa sepeda dengan boncengan. Namun, bila tempat tujuan Anda jauh, maka Anda bisa menyewa sepeda motor. Harga sewa sepeda motor tentu lebih murah dibanding Anda menyewa mobil. Harga sewa sepeda motor di Bali rata-rata adalah Rp 60.000 per hari atau Rp 350.000 per 7 hari.

Tempat Wisata

pantai kuta

Sejatinya, banyak sekali tempat wisata di Bali yang bisa dikunjungi tanpa harus membayar tiket masuk. Sebut saja Pantai Kuta yang sangat fenomenal, Pantai Sanur yang juga menjadi tujuan favorit para wisatawan, atau Tanjung Benoa yang menjadi pusat watersport saat berada di Bali.

Walaupun Anda harus membayar tiket masuk, seperti di Tanah Lot atau Pantai Balangan, tentu saja harganya sangat murah. Biaya untuk masuk ke tempat wisata ini akan membengkak jika Anda masuk ke Waterboom atau ingin mencoba watersport saat berada di Tanjung Benoa.

Untuk menghemat biaya liburan ke Bali, sebaiknya pilih tempat wisata yang tidak dikenakan tiket masuk atau memasang tarif tiket masuk yang sangat murah. Selain itu, pilih tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari penginapan Anda. Karena Anda harus memperhitungkan biaya untuk BBM juga.

Belanja dan Oleh-Oleh

Joger

Ketika berlibur di Bali, mungkin Anda tidak bisa menahan hasrat Anda untuk tidak berbelanja. Tak masalah jika Anda ingin berbelanja, tapi belanjalah di tempat yang menjual oleh-oleh khas Bali dengan harga murah meriah.

Tempat pertama yang harus disinggahi adalah Pasar Seni Sukowati. Di pasar ini, harga barang tentu lebih miring dibanding Anda membeli di butik atau pusat perbelanjaan yang ada di Bali. Bahkan, Anda pun bisa membeli oleh-oleh dengan harga uang murah di Pasar Seni Sukowati.

Selain itu, Anda pun bisa membeli oleh-oleh di Joger. Barang-barang yang dijual di Joger tidak terlalu mahal dan cukup unik untuk dijadikan buah tangan. Bila Anda ingin membeli makanan khas Bali, datanglah ke Krisna. Akan tetapi, baik di Joger maupun Krisna Anda tidak bisa menawar barang yang hendak dibeli seperti di Pasar Seni Sukowati.

Dengan perkiraan akomodasi selama berlibur di Bali ini, Bacaterus menyarankan Anda untuk menyiapkan dana sekitar Rp 3.500.000 – 4.000.000 untuk berlibur di Pulau Dewata selama 5 hari. Biaya liburan ke Bali ini sudah termasuk tiket pesawat, dengan catatan Anda bisa memperoleh tiket pesawat dengan harga Rp 400.000 – 600.000 untuk pulang-pergi.

Apabila Anda memiliki teman atau keluarga di Bali, cobalah untuk menghubungi mereka. Siapa tahu Anda bisa tinggal di rumah mereka selama berlibur di Bali. Bahkan, mereka mungkin akan meminjami Anda alat transportasi. Dengan begitu biaya liburan Anda di Bali akan menjadi lebih murah.

Nah, siapkah Anda untuk liburan ala backpacker ke Bali? Yuk, ajak sahabat atau keluarga Anda untuk sama-sama berpetualang di Pulau Dewata!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar