10 Botanical Garden Terindah di Amerika Serikat

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 4 November 2021

Kebun raya atau botanical garden dapat dijadikan pilihan untuk menikmati liburan yang lebih menenangkan. Berjalan-jalan di antara indahnya taman bunga atau hijaunya pepohonan akan membuat pikiran menjadi tenang dan rileks. Amerika  menjadi satu negara yang memiliki jumlah botanical garden yang banyak dan indah yang dapat kamu pilih untuk dikunjungi.

Kebun botani yang indah di Amerika merupakan satu tempat liburan bagi siswa di Amerika untuk lebih mengenal alam. Kebun raya tak hanya berfungsi sebagai tempat rekreasi semata tetapi menjadi tempat belajar untuk anak. Berikut ini adalah beberapa kebun raya atau botanical garden yang dapat kamu nikmati saat bertandang ke negeri Paman Sam Amerika Serikat.

Baca juga: 10 Taman Nasional di Dunia dengan Luas yang Menakjubkan

1. Kebun Raya Missouri

 Kebun Raya Missouri
  • Lokasi: 4344 Shaw Blvd., St. Louis, MO 63110, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-17.00, senin tutup
  • HTM: $14

Kebun Raya Missouri lebih dikenal dengan nama Shaw’s Garden merupakan sebuah kebun raya yang didirikan oleh seorang filantropis  juga ahli botani amatir yang bernama Henry Shaw. Kebun raya ini dapat dikatakan sebagai kebun raya tertua di Amerika didirikan pada sekitar tahun 1859.  Kebun raya ini juga berfungsi sebagai tempat penelitian dan pendidikan sains.

Kebun rayanya dibangun pada sebuah lahan dengan ukuran sekitar 75 hektar yang mengelilingi rumah kediaman pribadinya. Kebun ini sendiri terdiri dari sebuah ruang observasi bergaya Victoria, taman bergaya jepang terbesar, taman bergaya Turki dan pada pusatnya terdapat sebuah kubah geodesik. Kubah tersebut berfungsi sebagai tempat untuk merasakan iklim yang berbeda-beda.

2. Kebun Raya Gurun

Kebun Raya Gurun
  • Lokasi: 1201 N. Galvin Parkway, Phoenix, AZ 85008, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 07.00-20.00
  • HTM: $9.95-$29.95

Jika mendengar kata gurun maka yang terbayang adalah pemandangan hamparan padang pasir dengan warna kecokelatan. Semuanya akan tampak berbeda saat kamu mengunjungi Desert Botanical Garden yang terdapat di Arizona. Kebun ini merupakan upaya masyarakat setempat untuk melestarikan lingkungan alam gurun yang dimulai di tahun 1939 oleh seorang Botani Gustav Starck.

Kebun rayanya memiliki luas terdiri dari 140 hektar dan memiliki koleksi lebih dari 50 ribu  tanaman yang ditata dengan indah dan dipamerkan di luar ruangan. Kebun Raya ini juga merupakan rumah dari 485 tanaman langka dan juga terancam punah. Tanamannya dipamerkan dalam lima buah jalur  yang cantik dan juga menawan tidak seperti gurun pasir yang mungkin kamu bayangkan.

3. Kebun Raya Amerika Serikat

Kebun Raya Amerika Serikat
  • Lokasi: 100 Maryland Avenue, SW, Washington, DC 20001, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 07.30-17.00
  • HTM: Gratis

Kebun Raya ini termasuk satu kebun raya tertua di Amerika Serikat, dibangun di sekitar tahun 1820. Ide dari Kebun Raya ini pertama kali dikemukakan oleh Thomas Jefferson, George Washington, dan juga James Madison di akhir tahun 1700an. Bangunan Kebun Raya ini mulai didirikan sejak tahun 1850, sedangkan penciptaannya sendiri telah ada sejak tahun 1820an.

Tamannya tidak terlalu besar, ukurannya hanya beberapa blok saja, tetapi walaupun kecil, keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Kebun Raya ini terdari dari taman indoor dan juga taman yang outdoor. Tamannya menjadi rumah dari  bunga mawar hingga bunga angrek, serta tanaman-tanaman yang dianggap langka dan juga terancam punah.

4. Kebun Raya San Francisco

Kebun Raya San Francisco
  • Lokasi: 1199 9th Ave, San Francisco, CA 94122, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 07.30-17.00
  • HTM: $3- $13

Kebun Raya San Francisco menawarkan keliling dunia hanya dengan berjalan-jalan  di tamannya. Satu hal yang paling menonjol dari kebun raya ini adalah tanaman bunga magnolianya. Koleksi bunga magnolia terbilang sangat lengkap, bahkan hingga menduduki peringkat keempat sebagai taman dengan koleksi bunga magnolia terbanyak.

Keindahan magnolia yang mekar dapat kamu lihat di akhir bulan Desember hingga akhir bulan Maret di saat itu kebun raya akan dipenuhi oleh warna merah muda bunga Magnolia. Kebun Raya San Francisco sendiri membagi kebunnya menjadi 10 tema taman, dari tema taman di zaman kuno hingga taman yang berupa padang hijau tempat kamu beristirahat dan bersantai bersama keluarga.

5. Kebun Raya New York

Kebun Raya New York
  • Lokasi: 2900 Southern Blvd., Bronx, New York 10458, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 10.00-18.00
  • HTM: $15-$35

Kebun Raya New York ini berada di pusat kota dengan luasnya sekitar 250 hektar, termasuk hutan lindung yang luasnya 50 hektar dengan 1 hektar yang  digunakan untuk 50 buah taman. Kebun raya ini sangat terkenal. Siswa yang berkunjung ke kebun raya ini dapat mencapai 90 ribu lebih siswa untuk satu tahunnya. Kini kebun raya ini telah menjelma menjadi institusi penting dalam pendidikan.

Kebun Raya New York menjadi rumah untuk lebih dari satu juta tanaman hidup dan merupakan kebun raya dengan koleksi teks botani terbesar di dunia. Satu bangunan yang jadi ciri khas dari Kebun Raya New York adalah sebuah rumah kaca dengan gaya Victoria yang menjadi habitat dari beragam tanaman yang berada di seluruh dunia, dari hutan hujan tropis hingga gurun di Afrika.

6. Kebun Raya Tropis Fairchild

Kebun Raya Tropis Fairchild
  • Lokasi: 10901 Old Cutler Rd, Miami, FL 33156, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 10.00-16.00
  • HTM: $11.59-$24.95

Kebun Raya Tropis Fairchild dengan luasnya sekitar 83 hektar berada di pinggiran kota Miami. Kebun Raya Fairchild mulai dibuka untuk umum pada tahun 1938. Tempatnya tak hanya sebuah kebun botani tetapi juga berisikan laboratorium, pusat belajar, balai konservasi, tempat penelitian dan juga museum tentunya.

Penelitian di kebun botani ini lebih menekankan pada melestarikan keanekaragaman hayati. Selain dari beragam tanaman tropis yang langka, ada sekitar 40 spesies burung tropis yang menjadi bagian dari Konservasi Wings of the Tropics. Selain burung ada juga sekitar 3000 kupu-kupu eksotis yang menjadi penghuni dari Kebun Raya Tropis Fairchild ini.

7. Konservatori dan Kebun Raya Franklin Park

Konservatori dan Kebun Raya Franklin Park
  • Lokasi: 1777 E. Broad Street Columbus, OH 43203, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 10.00-17.00
  • HTM: $12-$19

Kebun raya Franklin  tak hanya berfungsi sebagai kebun botani saja, tetapi juga berfungsi sebagai balai konservasi. Luas dari kebun rayanya sendiri sekitar 88 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 400 jenis tanaman yang asalnya dari daerah tropis dengan hutan hujannya hingga  daerah yang beriklim gurun. Tak hanya tanaman saja yang dapat kamu lihat, tapi ada juga satwa  yang hidup di sini.

Dikatakan bahwa kebun botani ini merupakan kebun pertama di Amerika yang memiliki pameran kupu-kupu musiman. Satu bangunan yang menonjol di kebun botani ini adalah bangunan rumah kaca atau green house yang dibangun dengan gaya Victoria. Di kebun raya ini juga terdapat tempat bernama Hot Shop, tempat seniman berkarya dengan seni meniup kaca.

8. Kebun Raya Atlanta

Kebun Raya Atlanta
  • Lokasi: 1345 Piedmont Avenue, Atlanta, GA 30309, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-20.00
  • HTM: $18.59-$21.95

Kebun Raya Atlanta merupakan sebuah kebun botani yang luasnya sekitar 30 hektar. Kebun raya ini mulai beroperasi di tahun 1967. Mereka memiliki misi untuk menjadikan kebun rayanya sebagai tempat memelihara koleksi tanaman yang berguna sebagai sarana pendidikan dan juga konservasi.

Kebun raya Atlanta memiliki pusat anggrek dan juga memiliki koleksinya dengan jumlah yang cukup besar. Tampilan dari taman-tamannya yang indah dengan sebuah kanopi yang panjangnya 600 kaki serta  instalasi karya seni berupa patung. Ada juga pameran permanen yang terbesar dari Dale Chihuly yang dapat kamu nikmati di kebun raya ini.

9. Kebun Raya Lewis Ginter

Kebun Raya Lewis Ginter
  • Lokasi: 1800 Lakeside Avenue Richmond, Virginia 23228, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: $8 - $14

Kebun raya ini dibangun pada tahun 1984, yang diprakarsai dan didanai oleh seorang filantropis asal Richmond bernama Grace Arent. Kebun botani ini dibangun untuk menghargai mendiang paman yang dicintainya yang bernama Lewin Ginter. Luas kebunnya sekitar 82 hektar dengan berbagai tema.  Dibuat dengan tujuan menghubungkan manusia dengan tanaman.

Kebun raya Lewis Ginter juga memiliki sebuah konservatorium yang bergaya klasik. Jalur di kebunnya akan menghantarkanmu ke tempat-tempat yang indah dari setiap tema taman yang ada, seperti taman untuk anak-anak, taman bunga mawarnya yang cantik, alau ada Asian Valley dan juga berjalan di antara pepohonan ceri.

10. Kebun Raya Dallas

Kebun Raya Dallas
  • Lokasi: 1800 Lakeside Avenue Richmond, Virginia 23228, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-17.00
  • HTM: $3-$17

Kebun Raya Dallas adalah kebun botani dan juga Arboretum yang luas lahannya sekitar 66 hektar, dan dikenal karena kebunnya yang penuh dengan warna. 8 hektar dari lahannya digunakan sebagai taman yang ditujukan khusus untuk anak-anak dengan 150 permainan interaktif tentang sains.

Kebun botani dan arboretum di Dallas ini merupakan tempat yang instagramable di saat musim semi ketika semua bunga bermekaran. Festival bunga musim seminya merupakan festival cukup besar, pada saat itu ada sekitar 500.000 bunga yang bermekaran. Pada saat musim gugur tiba kebun botani ini akan berubah menjadi sebuah desa yang penuh dengan labu.

Saat berlibur ke Amerika Serikat jangan lupa untuk mengunjungi kebun-kebun ini. Selain keindahan dari kebun botaninya kamu juga mendapatkan ketenangan di antara pepohonan hijau dan indahnya taman-taman bunga yang ada. Selain itu kebunnya dapat menjadi sarana edukasi keluarga terutama anak-anak yang masih sekolah.

Kebunnya benar-benar tertata dengan apik dan setiap tampilannya terlihat indah dan menawan. Mata setiap pengunjung  benar-benar dimanja oleh indah dan uniknya setiap tanaman yang menjadi koleksi dari kebunnya. Kira-kira Botanical Garden manakah yang menurutmu yang paling menarik?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram