7 Bubur Ayam Enak di Jakarta Timur, Cocok Untuk Sarapan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Selain nasi goreng dan nasi kuning, bubur ayam adalah hidangan yang sering disantap oleh masyarakat Indonesia. Sajian ini menjadi penghilang rasa lapar sebelum beraktivitas dan membuat perut hangat di tengah udara pagi yang dingin.

Beberapa daerah di Indonesia punya hidangan bubur khas, misalnya saja bubu rase dari Minang, bubur mengguh dari Bali, bubur manggul dari Madura, dlsb.

Di antara semua jenis bubur di Indonesia, bubur ayam adalah yang paling umum dijajakan oleh pedagang. Proses pembuatannya yang praktis dan rasanya yang lezat membuat bubur ini banyak peminat.

Menariknya, para pedagang bubur tidak hanya bisa ditemui pagi hari, tapi juga malam hari. Nah, berikut ini daftar bubur ayam enak di Jakarta Timur yang banyak direkomendasikan.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Jakarta Timur yang Wajib Dicoba

1. Nasi Goreng dan Bubur Ayam Cirebon

  • Alamat: 1, Jl. Paus No.7 D, RT 1/RW 7, Rawamangun, Kec. Pulo Gadung, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 06.00 – 00
  • Telepon: (021) 47862928
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

Kedai yang satu ini dulunya menjajakan bubur dan nasi gorengnya di pinggir jalan dengan konsep kaki lima. Namun, seiring waktu kedainya semakin ramai dan sekarang sudah punya tempat sendiri dan mangkal di daerah Jalan Paus, Rawamangun.

Aktivitas di sini selalu ramai. Kamu bisa lihat para pegawai bubur hilir mudik mengantarkan pesanan bubur ke meja pelanggan. Tidak heran, memang, sebab kedai ini menyajikan bubur yang nikmat.

Satu mangkuk bubur berisi racikan bubur yang gurih dengan aroma yang menggoda. Lalu, ada topping daging suwir ayam gurih yang lezat.

Jika belum puas, kamu bisa tambah topping lain, seperti sate ati, usus, telur puyuh atau telur rebus dengan membayar Rp4.000 - Rp5.000. Nah, coba juga menu nasi gorengnya. Kedai ini punya racikan nasi goreng dengan campuran bahan-bahan yang lezat.

2. Bubur Ayam Sukabumi

  • Alamat: Jl. Basuki No.15, RT 4/RW 2, Cilangkap, Kec. Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 06.00 - 11.00
  • Harga: Mulai dari Rp14.000

Setelah lelah jogging, paling nikmat menyantap semangkuk bubur ayam hangat. Apalagi ditambah dengan aneka topping yang enak-enak. Di Bubur Ayam Sukabumi, kamu bisa menemukan sajian sedap bubur ayam pagi hari. Buka sejak pukul 6 pagi, kamu bisa mampir ke kedainya setelah berolahraga.

Kedai bubur ayam yang satu ini menyajikan semangkuk bubur dengan topping melimpah. Selain bubur ayam dengan daging suwir yang khas, ada pula menu bubur lainnya, seperti bubur dengan topping seafood, kornet, dan daging sapi.


3. Bubur Ayam Ta Wan

Bubur Ayam Ta WanSumber: instagram.com
  • Alamat: Mall Cipinang Indah, Ground Floor, Jl. Raya Kalimalang No.88, RT 18/RW 3, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 10.00 – 21.00
  • Telepon: (021) 29489467
  • Harga: Mulai dari Rp30.000

Ta Wan adalah sebuah restoran keluarga yang sudah punya banyak cabang. Tidak hanya di Jakarta saja, Ta Wan Restoran membuka cabangnya di kota lain. Nah, untuk kamu penggemar bubur Ta Wan, kamu bisa datang ke salah satu gerainya di Jakarta Timur.

Sajian bubur Ta Wan memang tidak ada dua. Aroma dan rasanya terasa lezat di lidah. Yang menarik dari sajian ini adalah presentasi buburnya. Bubur Ta Wan dihidangkan dalam mangkuk putih polos berukuran besar.

Senada dengan wadahnya, warna buburnya pun putih bersih. Warna bubur dan topping cakue serta daging ayamnya tampak serasi. Ada tiga jenis sambal yang tersedia bagi para penggemar bubur pedas.

Jika ingin variasi lain bubur ayam, kamu bisa pilih bubur jagung atau seafood. Ada juga lho sup khas Ta Wan Restaurant yang tidak kalah nikmat.

4. Bubur Ayam Barokah

  • Alamat: Jl. Taman Malaka Selatan No.8b, RT 1/RW 9, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 06.00 - 10.00
  • Telepon: 0856-9513-8886
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Cari bubur ayam pagi-pagi? Coba deh mampir ke kedai Bubur Ayam Barokah di Jalan Taman Malaka Selatan. Tempat ini sehari-harinya terlihat ramai oleh pengunjung, terutama di pagi hari. Pasalnya jam operasionalnya pendek, yakni hanya sampai jam 10 pagi.

Daya tarik kedai bubur yang sudah buka sejak lama ini adalah rasa buburnya yang nikmat. Topping-nya pun tidak pelit.

Satu mangkuk bubur ini diberi topping daging ayam suwir, potongan cakue dan daun bawang yang hampir menutupi mangkuknya. Sambal pedas bisa kamu tambahkan untuk meningkatkan cita rasa.

5. Bubur Ayam Pak Nasroh

  • Alamat: No. 23, Jl. Kerja Bakti No.23, RT 1/RW 10, Kramat Jati, Kec. Kramat Jati, Jakarta Timur
  • Jam Buka: Siang Jam 06.00 – 10.00 & Malam Jam 16.30 – 23.00
  • Telepon: 0877-7797-7332
  • Harga: Mulai dari Rp15.000

Bubur Ayam Pak Nasroh punya dua jam operasional, yakni siang dan malam. Jam operasionalnya yang panjang membuat kedai bubur ayam ini jadi pilihan kuliner malam hari yang menghangatkan badan. Bubur Ayam Barokah menyajikan bubur beras bercita rasa gurih dengan topping ayam dan cakue.

Sekilas memang tidak ada istimewanya, tapi penyajiannya cukup menarik. Setiap pelanggan yang datang akan ditanyai apakah bubur dan topping-nya disajikan dalam mangkuk yang sama atau dalam mangkuk terpisah. Selain itu, tersedia kerupuk yang ukurannya besar-besar. Para penggemar kerupuk pasti senang nih.

6. Bubur Ayam Mas Ali

  • Alamat: Jl. Albaidho I, Cipayung, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 06.00 – 11.00
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Salah satu hal yang wajib dipenuhi oleh sebuah tempat makan adalah kecepatan penyajian makanan yang dipesan pelanggan. Biasanya kalau penyajiannya lama, pelanggan akan bosan dan tidak jarang misuh-misuh.

Bubur Ayam Mas Ali agaknya sangat memperhatikan hal ini. Meskipun tempat makan buburnya sederhana, ia dan tim tidak pernah membiarkan pelanggannya menunggu lama. Dalam waktu singkat, pesanan bubur akan dihidangkan di atas meja pelanggan.

Inilah yang membuat Bubur Ayam Mas Ali disukai pelanggannya. Selain itu, cita rasanya pun lezat dan porsinya besar. Dengan harga yang terjangkau, pelanggan dapat menikmati sajian bubur yang mengenyangkan.

Buburnya disajikan dengan tambahan emping yang gurih. Tapi, ada pula kerupuk putih yang banyak tersedia di kedai bubur pada umumnya.

7. Bubur Ayam Pak Rasimin

Bubur Ayam Pak RasiminSumber: youtube.com
  • Alamat: Jl Caraka Buana No. 7, Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur
  • Jam Buka: 07.00 – habis
  • Harga: Mulai dari Rp6.000

Pak Rasimin, pemilik bubur ayam ini sudah berjualan sejak tahun 2000. Dulu, buburnya dibanderol dengan harga Rp1.500/porsi. Sekarang, beliau menjual buburnya dengan harga sekitar Rp6.000/porsi.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram