Nongkrong di 10 Café Kekinian di Yogyakarta Ini Yuk!

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Daerah Istimewa Yogyakarta memang selalu istimewa bagi siapa saja yang mengunjunginya. Di sini, kamu bisa mengeksplor pantai di selatan Yogyakarta, gunung di Sleman, hingga wisata kota dan budaya di pusat kota Yogyakarta. Banyaknya destinasi wisata di Yogyakarta, seimbang dengan banyaknya café kekinian.

Bagi traveler atau mahasiswa yang sedang di menempuh pendidikan di Yogyakarta, sering menjadikan café sebagai tempat nongkrong, hingga foto-foto untuk diunggah di media sosial. Ada banyak café kekinian di Yogyakarta yang bisa kamu kunjungi. Berikut ini ulasan 10 café di Yogyakarta yang kekinian. Simak ulasannya ya!

1. Silol Kopi & Eatery

Silol Kopi & Eatery

* sumber: dolanyok.com

Silol Kopi & Eatery merupakan café di pusat kota Yogyakarta yang terbilang masih baru, tetapi memiliki daya tarik yang unik. Café yang dibangun pada tahun 2017 ini memiliki tempat yang luas, dengan interior menarik, dan menyediakan beragam menu tradisional hingga modern dengan harga yang terjangkau.

Silol Kopi & Eatery memiliki empat area yang bisa dipilih. Non-smoking room, smoking room, rooftop, dan meeting room berkapasitas 100 orang. Furniture yang digunakan di sini adalah kursi dan meja kayu, serta terdapat beberapa kursi khas Jawa yang nyaman. Pada dindingnya dihias dengan wallpaper yang lekat dengan budaya di Yogyakarta.

  • Alamat: Jl. Suroto, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 24 jam
  • Kisaran harga: Rp5.000 – Rp50.000

2. Noe Coffee & Kitchen

Noe Coffee & Kitchen

* sumber: www.duckofyork.com

Noe Coffee & Kitchen merupakan café bernuansa kayu yang nyaman untuk sekadar nongkrong atau mengerjakan tugas. Terdapat tiga bagian ruangan yaitu indoor, outdoor yang juga smoking room area, dan ruang VIP. Jika kamu mahasiswa Yogyakarta dan ingin mengerjakan tugas dengan suasana tenang, maka bisa memilih ruangan VIP.

Noe Coffee & Kitchen menyediakan beragam menu yang tak hanya makanan dari Indonesia saja. Café ini juga menyajikan menu makanan Eropa, Asia, serta Jepang. Selain itu, di sini kamu bisa mencoba berbagai permainan seru yang bisa dimainkan dengan teman-teman. Salah satunya adalah Uno Stacko.

  • Alamat:  Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 68, Klitren, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 09.00 – 02.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp12.000 – Rp40.000

3. Ruang Tengah Café

Ruang Tengah Café

* sumber: www.duakakikuu.com

Ruang Tengah Café tak hanya sekadar tempat nongkrong dan ngopi saja. Café ini juga bisa digunakan sebagai co-working space bagi kamu mahasiswa Yogyakarta yang ingin mengerjakan tugas dengan suasana baru atau freelancer yang ingin mendapatkan inspirasi dari kedai kopi.

Ruang Tengah Café terletak di tengah kota Yogyakarta, dan tak jauh dari Alun-Alun Kidul Yogyakarta, jadi café ini letaknya sangat strategis. Ruang Tengah Café memiliki dua area, yaitu indoor dan outdoor. Pada area indoor terdapat ruangan yang dilengkapi kursi dan meja berjarak sehingga lebih nyaman untuk dipakai bekerja.

  • Alamat: Jl. Patehan Lor No. 8 Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 10.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp8.000 – Rp40.000

4. Legend Coffee

Legend Coffee

Ingin nongkrong sambil bermain games? Di Yogyakarta, ada café yang menyediakan beragam permainan seperti PS2, PS3, Ding-Dong, hingga billiar. Bukan hanya permainan saja, ada lagi yang unik dari café ini. Legend Coffee merupakan café yang memiliki bangunan berarsitektur indis dengan gaya art deco yang populer pada tahun 1920.

Sesuai dengan namanya, Legend Coffee memberikan nuansa seperti sedang berada di era 1920-an karena bangunannya masih sangat klasik. Namun, café ini sangat menyenangkan untuk tempat nongkrong karena setiap hari senin diadakan live acoustic yang akan menemani waktumu dengan teman-teman.

  • Alamat: Jl. Abu Bakar Ali No. 24 – 24, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 09.00 – 03.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp6.000 – Rp50.000

5. Blanco Coffee and Books

Blanco Coffee and Books

* sumber: kanaljogja.id

Kamu senang membaca? Bagaimana kalau membaca di kedai kopi? Café yang satu ini, menyediakan beragam buku yang bisa kamu baca sambil menikmati secangkir kopi. Blanco Coffee and Books merupakan salah satu kedai kopi di Yogyakarta yang bisa disebut sebagai “surganya pencinta buku”.

Blanco Coffee and Books menyediakan ruangan bergaya Eropa yang nyaman dan suasananya tenang. Sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan tempat untuk membaca. Ditemani dengan minuman dan cemilan yang disediakan di café, akan menambah kenyamanan ketika nongkrong sambil membaca buku favorit.

  • Alamat: Jl. Kranggan No. 30, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 07.30 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp18.000 – Rp32.000

6. Lekker Je Café

Lekker Je Café

Lekker Je Café merupakan salah satu café unik di Yogyakarta yang kental dengan konsep rock n roll. Pada halaman depan café, terdapat motor tua yang dipanjang sebagai ikon dari Lekker Je Café. Pada bagian dalam café, memiliki perbedaan dengan café pada umumnya. Di sini terdapat drum set yang terpajang di sudut ruangan, lengkap dengan foto Bob Marley pada dindingnya.

Lekker Je Café dibagi menjadi tiga ruangan yang nyaman dengan hiasan yang sangat unik dan dilengkapi dengan barang-barang yang merupakan koleksi pemilik café semasa kuliah di Amerika. Selain menjadi tempat nongkrong, tak jarang Lekker Je Café dijadikan sebagai tempat untuk shooting film indie karena interiornya yang unik.

  • Alamat: Jl. Cik Di Tiro No. 22, Terban, Gondokusuman, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 11.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp200.000

7. TUJUAN Café

TUJUAN Café

Café yang satu ini, sudah memiliki keunikan mulai dari nama, hingga interiornya. TUJUAN café namanya. Sebelum masuk ke area café, sudah terlihat keunikannya karena jika dilihat dari luar, Tujuan nampak kecil. Namun, ketika masuk ke dalam café, areanya luas dan nyaman. Sebelum mencari tempat duduk, pengunjung memesan dan membayar terlebih dahulu di kasir.

Jika sudah memesan makanan dan minuman, maka pengunjung akan mendapatkan fasilitas wifi gratis, serta dapat memilih tempat duduk sesuai yang diinginkan. TUJUAN memiliki area indoor dan outdoor yang sama-sama unik dengan interior artistik dan nyaman. TUJUAN kini menjadi salah satu café favorit di Yogyakarta.

  • Alamat: Jl. Tirtodipuran No. 17C, Mantrijeron, Mantrijeron, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 12.00 – 21.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp15.000

8. Lawas Café

Lawas Café

Lawas Café merupakan salah satu café favorit di Yogyakarta yang memiliki konsep unik. Sesuai dengan namanya, café ini mengusung tema lawas. Di sini pengunjung akan disuguhkan dengan suasana yang unik dengan bangunan dan furniture yang terlihat tua. Meski kesan lawas sangat melekat, café ini sangat nyaman untuk dikunjungi.

Hal yang membuat nyaman dari Lawas Café ini adalah atapnya yang tinggi dan sirkulasi udaranya sangat baik, sehingga pada siang hari sangat terang meski tanpa menggunakan lampu. Café yang masih satu manajemen dengan Adhistana Hotel ini menyediakan beragam menu, diantaranya ada Indonesian food, Western food, hingga snack, dan minuman yang variatif.

  • Alamat: Jl. Prawirotaman 2 No. 613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 07.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp10.000 – Rp50.000

9. Ekologi Desk & Coffee

Ekologi Desk & Coffee

* sumber: majalah.ottencoffee.co.id

Sebagai Kota Pendidikan, Yogyakarta tak habisnya berinovasi untuk memudahkan masyarakat. Bagi kamu yang suka nugas atau bekerja di co-working space, tak ada salahnya mencoba tempat yang satu ini. Ekologi Desk & Coffee menjadi kedai kopi dengan co-working space pertama di Yogyakarta.

Terdapat dua lantai dengan fungsi yang berbeda. Pada lantai pertama, merupakan coffee shop dengan kursi-kursi nyaman hingga sofa yang bisa kamu gunakan untuk sekadar nongkrong atau mengerjakan tugas. Sedangkan di lantai dua merupakan ruang khusus co-working space. Dimana tempat ini dilengkapi dinding kaca besar sehingga terang dan nyaman.

  • Alamat: Jl. Pandean Sari IV No. 10A, Candok, Condongcatur, Depok, Kabupaten Sleman
  • Operasional: 10.00 – 24.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp20.000 – Rp50.000

10. Water Castle Café

Water Castle Café

* sumber: www.flickr.com

Istana Air Taman Sari merupakan salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Tak jauh dari area wisata, terdapat Water Castle Café yang kental dengan suasana rumah khas Yogyakarta. Café ini dikenal juga sebagai Rumah Pak Kompi Setyoko. Pak Kompi merupakan pemilik dari Water Castle Café.

Jika kamu ingin ngopi dengan suasana yang sangat homey, maka sangat cocok datang ke sini. Berada di rumah tinggal dari Pak Kompi, Water Castle Café memberikan suasana ngopi di rumah mungil beratapkan bambu, serta dilengkapi dengan galeri seni seperti lukisan, kaligrafi, hingga hasil foto kamera analog.

  • Alamat: Jl. Polowijan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB
  • Kisaran harga: Rp6.000 – Rp27.000

Demikian ulasan 10 café kekinian di Yogyakarta yang menarik untuk disinggahi ketika berlibur ke Yogyakarta. Siapa yang rindu dengan kota istimewa satu ini? Jangan lupa mampir ke salah satu café kekinian di Yogyakarta ini ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *