10 Café di Solo yang Seru untuk Jadi Tempat Nongkrong

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kota Solo memang tak pernah ada habisnya untuk dieksplor. Kota yang disebut sebagai kembarannya Jogja ini, terdapat banyak sekali hal yang bisa kamu ­explore. Mulai dari wisata sejarah, budaya, hingga kuliner. Banyaknya pendatang dari seluruh penjuru tanah air untuk menempuh pendidikan di Kota Solo, membuat kota ini semakin nyaman untuk sekadar nongkrong bersama sahabat.

Banyak anak muda Solo yang menjadikan wedangan atau angkringan sebagai tempat untuk nongkrong bersama teman-teman. Meski begitu, bukan berarti di Solo jarang ditemukan café. Kali ini, Keluyuran akan memberikan informasi tentang 10 café di Solo yang asyik untuk nongkrong bersama teman. Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Playground Café

Playground Café

Jika di Jogja ada angkringan, maka di Solo ada wedangan. Namun, tempat ini berbeda dengan wedangan pada umumnya. Playground Café menyediakan menu khas wedangan seperti sego kucing, nasi granat, sate ayam, sate udang, dan aneka kudapan lainnya, dengan konsep tempat selayaknya café.

Playground Café menyediakan area indoor dan outdoor yang nyaman untuk digunakan nongkrong bersama teman-teman. Tak jarang, mahasiswa Solo menjadikan Playground sebagai tempat untuk mengerjakan tugas ataupun kerja kelompok. Menu yang murah dan tempat yang nyaman menjadi salah satu alasannya.

  • Alamat: Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta
  • Operasional: 12.00 – 24.00 WIB
  • Harga: Rp5.000 – Rp15.000

2. Café Tiga Tjeret

Café Tiga Tjeret

* sumber: www.catatannobi.com

Café Tiga Tjeret merupakan angkringan dengan bentuk café. Penamaannya pun diambil dari identitas angkringan yang terdapat tiga ceret di atas anglo. Konsep tempatnya pun nyaman bagaikan di rumah sendiri. Ada area indoor dan outdoor dengan kursi kayu yang nyaman.

Menu yang disajikan di Café Tiga Tjeret persis dengan angkringan pada umumnya. Kamu bisa menikmati kopi joss, sego kucing, sate bakso, dan aneka kudapan yang murah dan enak di tempat yang nyaman.

  • Alamat: Jl. Ronggowarsito No. 97, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: 11.00 – 00.30 WIB
  • Harga: Rp2.500 – Rp15.000

3. Catniphora Café

Catniphora Café

* sumber: agendasolo.com

Café yang satu ini, bukan hanya sekadar tempat untuk nongkrong saja. Catniphora Café menyediakan tempat sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Terdapat tiga lantai dengan atmosfer yang berbeda di setiap lantainya. Kamu bisa sekadar ngopi atau bersantai. Bisa pula bersantai sambil membaca buku di book corner. Hingga meeting di café. Unik bukan?

Lantai 1 terdapat tempat ngopi, bar, dan outdoor area berkapasitas 40 kursi. Di lantai 2, terdapat live music, book corner, board game, dan juga VIP room, cocok untuk seru-seruan. Terakhir di lantai 3, ada meeting room dengan kapasitas 10 – 12 orang, bisa kamu gunakan untuk meeting dengan suasana yang berbeda. Menu yang ditawarkan pun lengkap mulai dari makanan berat, hingga kopi.

  • Alamat: Jl. Depok No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: 09.00 – 24.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp150.000

4. Marakez Café and Resto

Marakez Café and Resto

Makan sambil bersantai seperti di rumah tentu menyenangkan. Namun, apakah kamu ingin mencoba makanan khas Timur Tengah? Di Solo, ada café yang jika dilihat dari luar nampak seperti rumah biasa. Marakez Café and Resto namanya. Café ini menyediakan makanan khas Timur Tengah dengan nuansa yang sangat nyaman.

Marakez Café and Resto menyediakan tiga tempat yang bisa dipilih. Ada ruang biasa, outdoor, dan juga VIP. Saat masuk area café, kamu akan langsung disambut denganalunan music khas Timur Tengah, dan terdapat hiasan dinding dengan tema Timur Tengah pula. Menu yang disajikan bisa kita pilih antara roti ataupun nasi. Selain itu untuk dagingnya ada kambing dan juga ayam dengan masakan khas Timur Tengah.

  • Alamat: Jl. Untung Suropati No. 76, Pasar Kliwon, Pasar Kliwon, Kota Surakarta
  • Operasional: 10.00 – 22.00 WIB
  • Harga: Rp8.000 – Rp660.000

5. Ngopi Serius

Ngopi Serius

Sebelum minuman kopi mulai memenuhi setiap sudut kota Solo, sejak zaman dulu Solo dikenal dengan minuman teh beraroma kuat yang dipasok dari lereng Gunung Lawu dan Karanganyar. Jadi, sulit bagi kita untuk menemukan tempat ngopi yang bukan berasal dari kopi kemasan hingga akhirnya dibuatlah café bernama Ngopi Serius.

Kedai Ngopi Serius menyediakan menu kopi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada sekitar 40 jenis biji kopi yang siap dinikmati pengunjung. Kedai Ngopi Serius ini memberikan nuansa klasik yang dilengkapi dengan beberapa lukisan tarian khas Nusantara yang menawan.

  • Alamat: Jl. Melati No. 7, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta
  • Operasional: 16.00 – 24.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp15.000

6. Café Bukuku Lawas

Café Bukuku Lawas

* sumber: carimakanaja.com

Di sekitar kampus biasanya banyak ditemukan café yang cocok untuk mahasiswa. Café dengan  fasilitas free wifi dan tempat yang nyaman menjadi salah satu yang paling banyak dicari. Namun, bagaimana dengan café yang menyediakan buku untuk dibaca pengunjung? Dari setiap kota mungkin hanya ada beberapa atau bahkan tidak ada.

Di Solo, terdapat sebuah café yang menyediakan buku-buku untuk dibaca oleh pengunjung. Café Bukuku Lawas namanya. Di sini, pengunjung dipersilahkan memilih buku yang hendak dibaca. Tersedia tiga rak tinggi dan dua rak sedang yang berisi buku-buku layak baca. Letak café ini dekat dengan kampus ISI Surakarta. Membaca buku sambil menyeruput kopi di sore hari, tentu sangat menyenangkan.

  • Alamat: Jl. Guruh No. 26, Ngasinan, Jebres, Kota Surakarta
  • Operasional: 17.00 – 24.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp19.000

7. Kadja Café & Flower

Kadja Café & Flower

* sumber: travelingyuk.com

Kamu suka kaktus? Di Solo, terdapat café yang tidak hanya menjual makanan dan minuman saja. Kadja Café & Flower menjual tanaman kaktus serta saudara succulent-nya. Ada banyak jenis bunga yang bisa kamu temukan di sini. Tak hanya bunga segar dalam pot, Kadja juga menyediakan flower crown dan bucket bunga.

Kamu bisa bersantai di café ini di dua area. Ada area indoor dengan konsep minimalis dalam ruangan kaca, di sini kamu juga bisa melihat langsung pembuatan kopi yang dipesan. Lalu ada pula area outdoor di mana area ini merupakan tempat florist yang cantik dan nyaman untuk bersantai.

  • Alamat: Jl. Moh. Husni Thamrin No. 17, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: 10.00 22.00 WIB
  • Harga: Rp10.000 – Rp35.000

8. am – p.m

am – p.m

* sumber: wejava.id

Kamu suka nongkrong sampai tengah malam? Di Solo, ada café yang siap menemanimu selama 24 jam! Café a.m-p.m namanya. Sesuai dengan namanya, café ini menyediakan tempat nongkrong yang bisa kamu kunjungi kapan saja. Mulai dari pagi, siang, sore, malam, bahkan dini hari.

Café a.m – p.m menyediakan menu yang beragam. Mulai dari makanan Indonesia hingga Western food. Suasana café yang nyaman, menu yang beragam, dan waktu operasionalnya 24 jam membuat café ini selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda.

  • Alamat : Jl. Slamet Riyadi No. 408, Purwosari, Laweyan, Kota Surakarta
  • Operasional : 24 jam
  • Harga : Rp15.000 – Rp225.000

9. Omahe Whawin

Omahe Whawin

* sumber: www.mymagz.net

Kamu ingin nostalgia atau merasakan suasana di Ubud Bali? Datang saja ke café yang satu ini. Omahe Whawin merupakan angkringan dengan konsep kombinasi antara Bali dan Jawa. Kamu bisa menemukan ornamen Bali seperti patung, lukisan, hingga pernak-pernik khas Bali di sini. Sedangkan bangunannya menggunakan konsep Joglo yang kental dengan nuansa Jawa.

Menu yang disajikan di sini, persis dengan makanan yang ada di angkringan. Seperti nasi bakar, nasi mangut, sego kucing, wedang uwuh, wedang lower, dan masih banyak lagi. Café dengan suasana yang unik dan harganya yang murah, Omahe Whawin selalu jadi pilihan untuk nongkrong bersama teman-teman.

  • Alamat: Jl. Kelud Selatan, Kadipiro, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: 11.00 – 24.00 WIB
  • Harga: Rp4.000 – Rp250.000

10. Café Librairie

Café Librairie

* sumber: mewalik-jaya.blogspot.com

Satu lagi café bagi para pencinta buku di Kota Solo. Café Librairie memenyediakan buku-buku yang bisa kamu baca secara gratis. Café ini bekerja sama dengan dosen dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Terdapat berbagai macam buku dari genre yang bermacam-macam pula.

Buku yang tersedia di sini bukan hanya buku baru saja. Melainkan ada pula buku-buku lawas yang sudah tidak ditemui di pasaran. Apabila kamu tertarik dengan buku itu, bisa juga lho membeli buku tersebut di sini. Jadi, bukan hanya nongkrong dan menikmati santapan, di Café Librairie kamu bisa menambah wawasan dengan membaca buku.

  • Alamat: Jl. Lumban Tobing No. 2, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta
  • Operasional: Senin – Sabtu, 17.00 – 22.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp10.000

Demikian informasi tentang 10 café di Solo yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama sahabat di Kota Solo. Jadi tempat favoritmu yang mana? Jangan lupa ajak teman-temanmu ke salah satu café di atas ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *