10 Cafe di Jakarta Pusat yang Asik dan Instagramable

Ditulis oleh Suci Maharani R

Café menjadi tempat nongkrong yang nyaman untuk banyak orang, entah itu anak muda maupun orang tua. Tapi standar café yang bagus dan nyaman di zaman sekarang tidak hanya dilihat dari pelayanan, jenis makanan dan seberapa bersih tempatnya.

Belakangan ini banyak orang yang mencari café yang memiliki desain unik yang cocok banget buat jadi spot berfoto yang instagramable.

Café yang memiliki desain atau tema unik, tidak hanya memberikan rasa nyaman, tapi bisa membuat feed Instagram kamu makin keren.

Untuk kamu yang tinggal atau sedang berada di Jakarta Pusat, sepertinya wajib banget untuk mendatangi beberapa café instagramable disana. Apalagi lokasi yang ditawarkan sangat mudah untuk ditemukan dan harganya juga sangat friendly.

Penasaran dong, kira-kira café instagramable mana saja yang lokasinya ada di Jakarta Pusat? Untuk mencari tahu jawabannya, kamu bisa membacanya di bawah ini. 

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Menarik Dikunjungi

1. Goedkoop Benhil

  • Alamat: Jl. Bendungan Hilir No.62, RT.5/RW.1, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 10.00 -22.00
  • Telepon: (021) 5734430
  • Harga: Mulai dari Rp50.000

Mencari café yang instagramable ala rumah Belanda? Sepertinya kamu harus banget datang ke Goedkoop Benhil. Café yang berada di Jakarta Pusat ini cocok banget untuk nongkrong santai bersama para sahabat dengan desainnya yang klasik.

Sejak pertama kali memasuki café ini, para pengunjung dimanjakan dengan desain interior berwarna biru dan putih. Sementara untuk dekorasi, Goedkoop Benhill memiliki berbagai furnitur kayu yang bikin nuansa cafe-nya jadi lebih etnik.

Tidak hanya menyajikan suasana ala Belanda, kamu juga bisa menikmati berbagai santapan khas negeri kincir angin tersebut lho. Sebut saja makanan seperti bitterballen, patat, poffertjes, hingga minuman seperti koffie verkeerd dan masih banyak lagi.

2. Kedai Tjikini

Kedai TjikiniSumber: kooliner.com
  • Alamat: 17, Jl. Cikini Raya No.17, RT.16/RW.1, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 08.00- 21.00
  • Telepon: (021) 31935521
  • Harga: Mulai dari Rp22.000

Mencari café yang nyaman buat nugas dan memiliki konsep klasik yang terkesan jadul? Sepertinya kamu harus banget datang ke Kedai Tjikini.

Seperti namanya, café ini berada tepat di Jalan Cikini, Jakarta Pusat, dengan temannya oldies-nya yang kental banget. Bahkan saat dilihat dari luar saja, café satu ini sudah kerasa banget kesan jadulnya lewat berbagai interior berbahan kayunya yang khas.


Tapi nostalgia ke jaman doeloe kurang lengkap rasanya tanpa ditemani berbagai kuliner nusantara. Berkesan santai, Kedai Tjikini juga menyajikan berbagai makanan dan minuman ala kaki lima.

Contohnya seperti tape bakar, roti bakar hingga nasi pecel, bisa kamu temukan di café ini. Tapi untuk minuman, kamu wajib banget cobain kopi Aceh Gayo, kopi Toraja hingga kopi khusus racikan Kedai Tjikini.

3. Pigeonhole Coffee Chapter 2

  • Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.36, RT.10/RW.10, Menteng, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 07.00-21.00
  • Telepon: 0858-9997-1238
  • Harga: Dibawah Rp50.000

Mencari spot foto instagramable di Jakarta Pusat sambil nongkrong santai bersama teman-teman. Sepertinya Pigeonhole Coffee Chapter 2 bisa menjadi tempat paling pewe untuk nongkrong.

Café berkonsep resto kontemporer ini terlihat cukup aesthetic dengan pilihan area indoor dan outdoor-nya. Seperti namanya, café ini memang menjadikan kopi sebagai hidangan utamanya yang memang wajib banget untuk dicoba.

Contohnya seperti cold brew, long black, happy white, jamocha, s’more latte dan kopi kemasan satu liter. Untuk kamu yang suka ice cream, kamu bisa memesan kopi bertoping ice cream yang menyegarkan.

4. Monolog – Plaza Senayan

  • Alamat: Palm Gate Entrance, Plaza Senayan Mall CP 101 B, Jl. Asia Afrika No.8, RT.1/RW.3, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 07.00-21.00
  • Telepon: (021) 5725144
  • Harga: Mulai dari Rp35.000

Mencari café yang cozy dan instagramable? Monolog bisa menjadi tempat yang paling tepat. Café yang memiliki konsep industrial minimalis dan klasik ini memang cocok untuk mengisi feed Instagram lho.

Uniknya café ini menyediakan breakfast dan jadi tempat hangout keren di pagi sampai sore hari. Tapi di malam hari mereka menyediakan DJ yang bikin suasana jadi lebih meriah.

Café indoor di dekat mall Plaza Senayan ini menyediakan berbagai macam hidangan yang simpel. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada menu breakfast khas Monolog hingga berbagai macam sup.

Kalau dilihat-lihat, menu makanannya cukup beragam dan lengkap dari breakfast to dinner. Sementara untuk menu minuman, kamu bisa mencoba berbagai macam kopi, juice hingga smoothies.  

5. Djournal Coffee

  • Alamat: Grand Indonesia West Mall Ground Floor Lobby Pandawa, Jl M.H Thamrin No 1, Kebon Melati, Kb. Melati, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 10.00-20.00
  • Telepon: (021) 23581835
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Berada di kawasan Grand Indonesia Mall, Djournal Coffee memang salah satu cafe favorit banyak orang. Tidak hanya menjadi tempat paling strategis buat meeting bareng klien, tapi café ini memang memiliki desain yang instagramable.

Memakai warna coklat dan berbagai perabotan berbahan kayu, café satu ini memang bikin pengunjungnya merasa nyaman saat bersantai.

Kalau soal pilihan menu makanan dan minuman yang paling direkomendasikan, ada sandwich dan cakenya. Sementara untuk minuman, olahan kopi seperti long black, latte hingga caramel macchiato-nya kerap jadi primadona.

6. Bakoel Koffie

Bakoel KoffieSumber: flickr.com
  • Alamat: Jl. Cikini Raya No.25, RT.16/RW.1, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: 08.00-21.00
  • Telepon: (021) 31936608
  • Harga: Mulai dari Rp25.000

Tau gak sih, ternyata di daerah Cikini terdapat satu café yang katanya sudah berdiri sejak tahun 1878? Bakoel Koffie disebut-sebut sebagai kedai kopi dan roastery tertua yang pernah ada di Jakarta. Hal ini terbukti dari desain café-nya yang sangat sederhana dengan nuansa jadul yang terasa cozy.

Belum lagi berbagai furniture kayu dan lampu gantung khas jaman dulu menjadi pemandangan yang unik dan klasik. Kalau soal makanan, Bakoel Koffie menyediakan berbagai kategori kudapan ringan sampai yang mengenyangkan.

Apalagi mereka menyediakan menu sharing, yang bisa dinikmati oleh lima hingga 10 orang. Lalu makanan berat khas nusantara seperti olahan nasi dan ayam sampai berbagai macam minuman khas Bakoel yang klasik.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram