10 Cafe Unik dan Menarik untuk Dikunjungi Saat di Jepang

Ditulis oleh Siti Hasanah

Jepang selalu menjadi negara yang terkenal dengan hal-hal unik dan juga tidak biasa. Konsep yang mereka miliki terasa segar dan juga terkadang terasa aneh bagi sebagian orang.

Keunikan dari konsep-konsep yang mereka miliki juga dapat terlihat dari tema-tema cafe yang mereka miliki. Temanya dari yang terlihat sangat imut hingga tema cafe yang membuat bulu kuduk berdiri.

Konsep atau tema dari cafe yang unik dan juga tak jarang aneh justru menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk mengunjunginya. Berikut ini adalah beberapa cafe dengan yang memiliki konsep dan juga tema cafe yang unik dan menarik di Jepang. Siapkan isi dompet kamu, mungkin saja kamu ingin mengunjungi semuanya.

Baca juga: 10 Jajanan Khas Jepang yang Paling Enak dan Populer

1. Harry Cafe

Harry Cafe
  • Lokasi: Tokyo, Shibuyaku, jingumae 1-13-21, Jepang
  • Jam Operasional: 12.00- 19.00

Harry Cafe merupakan cafe landak yang terletak di Harajuku yang cukup terkenal. Di cafe ini kamu dapat bermain bersama landak kecil yang lucu. Kamu juga dapat menjadikan peliharaan, karena mereka juga menjual landak-landak tersebut.

Ukuran mereka yang kecil sehingga pas sekali di dalam genggaman tangan dan memiliki beragam warna. Harry Cafe tak hanya menyediakan landak saja, beberapa Harry Cafe di tempat lain menyediakan hewan lainnya seperti berang-berang dan juga hamster.

Jika kamu tertarik untuk memeliharanya mereka juga menyediakan jasa konsultasi untuk pengembangbiakannya. Jadi kamu tertarik untuk memeliharanya hewan yang imut ini?

2. The Lockup: Dungeon Cafe

  • Lokasi: 160-0021 Tokyo, Shinjuku City, Kabukicho, 1 Chome−16−3 6F, Jepang
  • Jam Operasional: 16.00-21.00

Cafe satu ini memiliki tema horor, tempat yang memberikan pengalaman menjadi seorang tahanan. Masuk ke dalam cafenya tanganmu akan diborgol layaknya seorang tahanan. Setelah masuk ke dalam kamu akan melihat ruang tempat makan berupa ruang tahanan.

Di luar ruang makan temboknya di dekorasi dengan tulang tengkorak dan juga makhluk menyeramkan lainnya. Ruangan di cafe ini terlihat agak gelap sehingga menambah horor saat kamu memasuki cafenya.

Pelayannya mengenakan pakaian polisi dan mereka yang akan membawa pengunjung ke ruang tahanan yang berada di ruang bawah tanah. Sajian di cafe ini juga terlihat sama seramnya seperti minuman yang disajikan dengan dekorasi bola mata manusia.

3. Maid Cafe

Maid Cafe
  • Lokasi: Akihabara, Jepang
  • Jam Operasional: 16.00-21.00

Maid cafe berada di Akihabara, tokyo. Cafe dengan tema ini mulai muncul di Akihabara sekitar tahun 2000an. Maid cafe merupakan bagian dari budaya otaku yang terdapat di Akihabara.


Di cafe-cafe ini para pelayan menggunakan pakaian seragam maid yang terlihat imut dan lucu. Ada sekitar lima maid cafe yang terkenal dan juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi.

Satu maid cafe yang paling dikenal adalah Cafe Maidreamin, yang memiliki cabang di beberapa kota. Satu maid cafe yang telah lama berdiri adalah Maid Cafe Finafore. Lalu ada juga maid cafe yang menjadi pionir dalam mengusung tema maid cafe yaitu Cure Made Cafe, tempat ini pertama kali berdiri di tahun 2001.

4. Ninja Cafe

Ninja Cafe
  • Lokasi: 3 Chome-27-14 Nishiasakusa, Taito-ku, Tokyo 111-0035, Jepang
  • Jam Operasional: 16.00-21.00

Cafe dengan tema ninja di Jepang ini ada beberapa. Satu yang cukup dikenal adalah Cafe Ninja Asakusa, Tokyo. Ninja merupakan satu budaya yang jadi menjadi ciri khas dari Jepang selain Samurai.

Keunikan dari seni bertarung mereka yang menjadikan daya tarik untuk orang mengunjungi cafe ninja ini. Memasuki area dalam cafenya kamu akan langsung merasakan nuansa ninja yang menyeruak.

Bagian dalam cafe didekorasi dengan persenjataan yang biasa digunakan oleh seorang ninja. Makanan yang disajikan juga terdapat makanan seperti udon, kari, dan juga puding, serta menu untuk para vegetarian.

Tetapi yang menarik orang untuk datang adalah kesempatan untuk menjadi seorang ninja dengan mencoba berpakaian ala ninja, dan tentunya mencoba trik para ninja.

5. Swallowtail Butler Café

Swallowtail Butler Café
  • Lokasi: 3-12-12 Higashi-Ikebukuro, Toshima-Ku Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 10.30-21.15

Jika maid cafe lebih lebih banyak menggunakan wanita sebagai pelayannya maka Swallowtail Butler Café menggunakan pria sebagai pelayannya. Cafe ini akan membuat kamu merasakan menjadi seorang nona besar di sebuah cafe dengan gaya Victoria.

Saat kamu memasuki cafenya kamu akan disambut senyuman seorang pelayan yang mengenakan tailcoat. Cafe yang menjadikan kamu tuan muda dan nona muda ini menyajikan menu dari makan siang dan juga makan malam dan tentu saja tidak lengkap jika tidak ada jamuan minum teh terlebih dahulu.

Bel disediakan untuk setiap pengunjung yang dapat digunakan untuk memanggil para pelayan jika kamu membutuhkan sesuatu. Tertarik untuk mencobanya?

6. Gundam Cafe

Gundam Cafe
  • Lokasi: 1–1, Kandahanaoka-cho, Chiyoda-ku, Tokyo, Jepang
  • Jam Operasional: 10.00-22.30

Cafe yang satu ini pastinya menjadi tempat favorit dari para penggemar Gundam. Saat memasuki cafenya kamu akan disapa oleh para pelayan yang mengenakan seragam seperti dalam anime Gundam.

Di dalam cafenya kamu akan merasakan atmosfer futuristik menghiasi ruangannya beserta pernak pernik Gundam. Satu menu yang terbaiknya adalah minuman kopinya.

Karya seni dalam kopi latte-nya menjadi menu yang banyak direkomendasikan terutama untuk para fans berat dari Serial Gundam ini. Selain makan dan minum kamu juga dapat membeli souvenir Gundam yang tersedia di cafe ini.

7. Vampire Cafe

Vampire Cafe
  • Lokasi: 104-0061 Tokyo, Chuo City, Ginza, 6 Chome−7−6, Lape Building 7F, Jepang
  • Jam Operasional: 13.00-19.30

Vampire Cafe pastinya akan memberikan kamu pengalaman yang luar biasa, apalagi jika kamu senang dengan hal-hal seram. Cafe dengan tema vampire ini dibuat dengan sangat detail sehingga memberikan pengunjung perasaan seram saat memasukinya.

Dekorasi dari cipratan darah, peti mati, lilin yang membuat suasana temaram membuat suasana cafe semakin menyeramkan. Selain itu seluruh ruangan yang didominasi warna merah membuat serasa benar-benar ada vampire di sana.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram