Keluyuran / India / 10 Candi di India yang Eksotis dan Harus Kamu Kunjungi

10 Candi di India yang Eksotis dan Harus Kamu Kunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Desember 2019

India merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan. Kentalnya unsur budaya dalam negara ini adalah daya tarik negara ini. Salah satu bukti kentalnya unsur budaya di India adalah banyaknya candi legendaris nan eksotis.

Mengunjungi candi-candi eksotis di India sendiri bisa menjadi pilihan kegiatan wisatamu nanti. Jangan bingung candi mana saja yang harus kamu kunjungi. Sebab, Keluyuran akan merekomendasikan beberapa di antaranya. Sejumlah rekomendasi itu bisa kamu simak di bawah ini:

1. Khajuraho

Khajuraho

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=joT02ndculw

Candi pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Khajuraho. Bisa dibilang kalau ini merupakan candi paling terkenal sekaligus ikonik dari Negeri Barata. Candi ini mempunyai sejumlah paung berbentuk manusia nyaris telanjang.

Menurut cerita masyarakat setempat, candi ini konon dulunya merupakan tempat pemujaan Dewa Shiwa. Candi ini juga diyakini merupakan penggambaran empat pilar utama ajaran Hindu, yaitu: Dharma, Kama, Mokhsa, dan Artha.

Candi satu ini bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Chhatarpur, Madhya Pradesh, India.

2. Markandeshwar

Markandeshwar

* sumber: www.templeadvisor.com

Candi selanjutnya yang harus kamu kunjungi adlaah Markandeshwar. Walau candi ini bisa dikunjungi siapa pun, kamu tak bisa sembarangan bila hendak ke candi ini. Candi ini dijaga secara ketat oleh warga setempat. Hanya orang-orang yang berniat baiklah yang boleh memasuki candi satu ini.

Bila nanti kamu diizinkan masuk, kamu bakal menyaksikan keeksotisan candi satu ini. Keeksotisan candi ini bisa kamu lihat dari banyaknya sejumlah pahatan yang terdapat di hampir tiap sudutnya. Beberapa di antaranya memiliki unsur erotisme yang bakal membuatmu tenganga.

Tertarik mengunjungi candi ini? Datang saja ke alamat lengkapnya di bawah ini:

  • Alamat : Markandeshwar Sahi, Brahmagiri Road, Puri, Odisha, India.

3. Tripurantaka

Tripurantaka

Seperti halnya candi-candi di India pada umumnya, candi satu ini juga memiliki pahatan yang mengagumkan. Pahatan candi ini bisa kamu lihat di bagian sampingnya. Pahatan-pahatan di candi ini cenderung menggambarkan sesuatu yang berbau erotis.

Namun, kamu jangan berpikiran negatif. Unsur erotisme pada pahatan candi ini sendiri tentu tidak dibuat asal-asalan. Ada unsur spiritual yang terkandung dalam pahatan-pahatan tersebut. Jadi, tak ada salahnya untuk datang ke candi ini dan melihat sejumlah pahatan yang ada di dalamnya.

Kalau kamu betulan mau ke candi ini, jangan lupa datang ke alamatnya ini:

  • Alamat : Coovum (dekat Tiruvallur), India.

4. Padawali

Padawali

Sebagian besar bagian candi satu ini telah runtuh. Walau begitu, masih ada beberapa candi yang bertahan dan cukup menarik untuk kamu simak. adapun bagian-bagian tersebut adalah relief atau pahatan yang ada di bagian dinding candi.

Selain sebagai tempat wisata, candi ini dulunya juga lazim dipakai untuk pemujaan sejumlah dewa. Mulai dari Dewa Siwa, hingga dewa Wisnu. Kalau kamu tertarik ke candi ini, sila datang ke alamat lengkapnya di:

  • Alamat : Morena, Madhya Pradesh, India.

5. Sachiya Mata

Sachiya Mata

* sumber: jodhpurtourism.in

Sachiya Mata merupakan sebuah candi yang terletak di Osian. Osian sendiri merupakan kota kuno yang letaknya ada di pinggiran Jodhipur. Kota kuno itu dulunya merupakan pusat perdagangan yang ramai dikunjungi banyak orang.

Adapun Sachiya Mata sendiri sudah dibangun di Osian sejak abad ke-9. Candi ini dibuat sebagai tempat pemujaan Dewi Sachiya. Seorang dewi yang juga merupakan anak dari raja Pauloma. Kalau kamu berminat datang ke candi ini, sila datang ke alamat berikut:

  • Alamat : Jodhpur – Bikaner Highway, Osian, Rajashtan, India.
  • Jam buka : 06.00 -19.00 (waktu India).

6. Konark Sun Temple

Konark Sun Temple

Secara bahasa, nama kuil ini berasal dari kata Kona yang berarti ‘sudut’, serta Arka yang berarti ‘matahari’. Pengambilan nama candi ini sendiri sesuai dengan tujuan dibuatnya candi ini. Adapun tujuan pembangunan candi ini adalah sebagai bentuk dedikasi terhadap dewa Surya (dewa matahari).

Secara arsitektur, candi ini memiliki bentuk serupa kereta kuda. Bentuk tersebut diambil dari kereta kuda yang lazim ditunggangi dewa Surya. Kalau kamu mendatangi pintu masuk candi ini, kamu bakal menemkan dua patung singa besar yang masing-masing sedang menghancurkan gajah perang.

Dan kalau masuk ke dalam pintu masuknya, kamu bakal menemukan sebuah ruangan bernama Nata Mandir. Nata Mandir merupakan ruangan yang dulunya dipakai para penari untuk menarikan tarian Dewa Matahari. Tertarik melihat semua bagian candi ini? Langsung saja datang ke alamat lengkapnya di:

  • Alamat : Konark, Odisha, India.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 06.00 – 20.00 (waktu India).

7. Kailasa

Kailasa

Bisa dibilang kalau ini merupakan salah satu candi tertua di India. Bagaimana tidak, candi ini sudah ada di Negeri Bollywood sejak 1.200 tahun yang lalu. Keunikan candi ini adalah bahan bakunya yang hanya sebuah batu besar.

Batu besar tersebut lantas diukir sedemikian rupa, hingga menjadi candi Kailasa. Di candi ini, kamu bakal menemukan 34 buah kuil dan biara. Adapula sebuah goa yang dikenal dengan sebutan Goa Ellora. Candi ini bisa kamu sambangi di alamat lengkapnya yang ada di :

  • Alamat : Ellora, Maharashtra, India.
  • Jam buka : Rabu s.d. Senin pukul 09.00 – 17.00 (waktu India).

8. Jagdish Mandir

Jagdish Mandir

Jagdish Mandir merupakan candi Hindu yang ada di Udaipur, Rajashtan. Candi yang semula bernama Jagannath Rai ini sudah dipakai sebagai tempat ibadah sejak 1651 silam. Candi ini memiliki 3 lantai yang tiap lantainya punya ukiran yang terbilang rumit.

Semua bagian candi serta relief-reliefnya dibuat dari batu hitam dan logam yang mirip kuningan. Penggunaan dua bahan tersebut membuat tampilan candi ini terhitung menarik. Untuk menikmati keeksotisan candi ini, kamu bisa datang di waktu pagi atau petang hari.

Adapun alamat lengkap candi ini bisa kamu simak sebagai berikut:

  • Alamat : RJ SH 50, Old City, Udaipur, Rajashtan, India.

9. Virupakhsa

Virupakhsa

* sumber: www.mysteryofindia.com

Ini merupakan candi yang sudah masuk dalam daftar UNESCO. Lembaga yang berada di bawah PBB itu memasukkan Virupakhsa sebagai candi yang harus dijaga dengan baik. daya tarik utama candi ini adalah pahatannya yang mengandung unsur erotis yang eksotis.

Arsitekturnya pun tak kalah menarik. candi ini memiliki arsitektur yang dibuat serumit mungkin, namun tetap indah dilihat. Ingin melihat keeksotisan candi ini? Langsung saja datang ke alamat lengkapnya yang ada di:

  • Alamat : Hampi, Karnataka, India.

10. Modhera Surya Mandir

Modhera Surya Mandir

* sumber: lakshmisharath.com

Di daerah Gujarat, ada satu candi yang harus kamu kunjungi. Modhera Surya Mandir adalah candi tersebut. Seperti halnya Konark, kuil ini juga dibangun sebagai persembahan kepada Surya, sang dewa matahari.

Kuil ini sudah ada di Gujarat sejak 1026 Masehi. Sempat dipakai tempat ibadah, candi ini kini mulai dijadikan tempat wisata. Perawatan candi ini sendiri dilakukan oleh pihak lembaga Survei Arkeologi India.

Candi ini dibangun dengan gaya arsitektur Maru-Gurjara. Ada tiga komponen utama yang terkandung dalam candi satu ini. Garbhagriha, Gudhamandapa, dan Kunda adalah tiga komponen tersebut. Candi ini juga memiliki sejumlah pahatan erotis layaknya candi-candi India lainnya.

Bila ingin melihat candi ini secara keseluruhan, datang saja ke alamat lengkapnya di:

  • Alamat : Becharaji, Highway, Modhera, Gujarat, India.
  • Jam buka : Setiap hari pukul 07.00 – 18.00.

India mempunyai sejumlah candi eksotis yang bisa kamu kunjungi. Sepuluh di antaranya sudah kami rekomendasikan di atas. Kamu bisa mengunjungi salah satu atau beberapa candi di atas saat ke India nanti. Dan jangan lupa ya untuk membeli oleh-oleh khas India kalau sedang berlibur kesana. Oh ya, di antara candi-candi di atas, mana yang bakal kamu kunjungi dulu? Yuk cerita ke kami via komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *