Langkah-Langkah Cara Check In dan Check Out di Hotel

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Menginap di hotel merupakan hal yang kerap dilakukan oleh para turis atau orang-orang yang sedang dalam perjalanan dinas luar kota. Meskipun demikian, bagi beberapa orang yang belum terbiasa atau bahkan belum pernah menginap di hotel, hal itu tentu akan sangat membingungkan.

Nah, bila kamu ingin liburan atau sedang dalam perjalanan dinas kerja yang mengharuskan kamu untuk menginap di hotel, namun kamu tidak memiliki pengalaman untuk itu, jangan khawatir. Karena kali ini Keluyuran akan membahas cara check in dan check out hotel yang harus kamu tahu. Biar kamu tidak bingung, langsung cek saja penjelasannya di bawah ini.

Mencari Informasi Hotel

Mencari Informasi Hotel

* sumber: thenation.com

Langkah yang harus kamu lakukan saat pertama kali ingin menginap di hotel yaitu mencari informasi mengenai hotel di daerah yang menjadi tujuan kamu singgah. Dalam hal ini kamu bisa memanfaatkan kecanggihan internet dengan mencari informasi hotel melalui mesin pencarian Google, online travel agent (OTA) atau langsung berkunjung ke situ resmi hotel yang ingin kamu singgahi.

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memilih hotel untuk menginap. Mulai dari akses menuju lokasi hotel, harga yang ditawarkan, hingga fasilitas yang kamu dapatkan saat menginap di hotel. Hal tersebut sangat penting untuk kenyamanan kamu saat beristirahat serta memaksimalkan waktu yang kamu punya saat liburan. Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasannya.

  • Lokasi Hotel

Sesuaikan lokasi hotel dengan tujuan kamu menginap. Hal itu perlu agar kamu bisa mengefisiensikan waktu yang kamu miliki. Pilihlah hotel dengan akses yang mudah serta ditunjang dengan sarana transportasi yang memadai.

Meskipun pada dasarnya beberapa hotel juga telah bekerjasama dengan pihak travel untuk menyediakan jasa transportasi, namun kamu juga harus memperhatikan budget yang kamu miliki agar liburan kamu tidak terkuras hanya karena masalah transportasi.

  • ‌Harga

Setiap hotel memang menawarkan harga berdasarkan fasilitas atau klasifikasi hotel sesuai dengan kualitas yang mereka dimiliki. Kamu bisa mulai membandingkan harga di berbagai platform mulai dari Google, situs resmi hotel atau online travel agent.

Beberapa hotel juga biasanya memberikan diskon khusus untuk momen tertentu. Sehingga kamu juga harus jeli saat membandingkan harga antara satu hotel dengan hotel yang lain.

  • Fasilitas

Menginap di hotel yang memiliki fasilitas yang lengkap tentu akan membuat liburan kamu jauh lebih menyenangkan. Meskipun kamu bisa mengetahui informasi tersebut dari deskripsi yang sudah dijelaskan oleh beberapa platform, namun jika informasi yang diberikan kurang cukup, kamu juga bisa langsung menelpon pihak hotel untuk menanyakan fasilitas lain yang disediakan hotel seperti breakfast, extra bed, tempat gym, kolam renang atau mungkin fasilitas lain yang ingin kamu ketahui.

Cara Booking Kamar

Cara Booking Kamar

* sumber: bntl.org

Setelah kamu mengetahui informasi yang cukup lengkap mengenai hotel tujuan kamu menginap, kamu bisa langsung melakukan reservasi di hotel tersebut. Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memesan kamar hotel adalah sebagai berikut.

  • ‌Booking Langsung ke Hotel

Pertama kamu bisa menelpon langsung ke pihak hotel untuk memesan kamar yang kamu inginkan. Kamu bisa memberikan informasi lengkap mengenai jumlah kamar yang butuhkan, waktu kedatangan, hingga berapa lama kamu akan menginap di sana.

Biasanya untuk pembayarannya sendiri dapat dilakukan saat kamu sudah berada di hotel. Pihak hotel juga memiliki aturan dalam masalah check in. Jadi, pastikan kamu datang sesuai dengan jadwal yang telah kamu buat dengan pihak hotel.

  • Memesan Lewat Online Travel Agent

Selain menelpon langsung pihak hotel, kamu juga bisa melakukan booking melalui OTA. Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk atau langkah-langkah sesuai yang diarahkan oleh pihak OTA. Setelah kamu selesai mengisi informasi yang diperlukan, kamu akan menerima kode booking dan jumlah yang harus kamu bayarkan.

Biasanya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam pembayaran, yaitu melalui transfer, kartu kredit atau metode pembayaran lain. Kamu juga akan diberikan jangka waktu tertentu untuk melakukan pembayaran.

Jika batas waktu yang telah ditentukan habis, maka booking yang telah kamu lakukan akan sendirinya hangus. Setelah kamu melakukan pembayaran biasanya pihak OTA akan mengirim e-mail sebagai bukti pemesan yang telah kamu lakukan.

  • Memesan Kamar Secara Online

Kamu juga bisa memesan langsung secara online melalui situs resmi hotel tersebut. Kamu hanya perlu mengisi data diri. Setelah proses reservasi kamar selesai, kamu akan mendapat bukti pesat melalui email dari pihak hotel. Simpan bukti pesan tersebut karena hal itu akan dibutuhkan saat proses check in hotel.

Cara Check In Hotel

Cara Check In Hotel

* sumber: fluentu.com

Setelah kamu melakukan reservasi kamar di hotel tersebut, kamu bisa langsung check in dengan menyebutkan nama serta memberikan identitas diri saat memesan hotel. Jika kamu memesan via OTA atau online, kamu hanya perlu menunjukan bukti pemesanan yang telah mereka kirim ke email kamu.

Setelah itu pihak hotel akan meminta kartu identitas diri kamu. Jika kamu menginap di hotel yang ada di luar negeri, kamu hanya perlu menunjukan paspor sebagai pengganti kartu tanda penduduk atau KTP yang kamu gunakan sebagai identitas diri.

Setelah pihak hotel memvalidasi data yang kamu berikan, mereka pun akan memberikan sebuah kartu yang digunakan sebagai kunci masuk kamar hotel.

Setelah check in, kamu akan diantar pihak hotel menuju kamar yang sudah kamu pesan. Kamu juga akan diberikan kartu akses hotel yang bisa digunakan sebagai kunci masuk pintu kamar atau untuk menggunakan beberapa fasilitas hotel seperti lift.

Kunci tersebut juga digunakan untuk mengaktivasi listrik yang ada di kamar hotel. Kamu hanya perlu menggesek atau menyelipkan kartu pada tempat yang terpasang di tembok dekat dengan pintu setelah masuk.

Setiap kamar akan dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang bersih dengan handuk baru yang akan diganti setiap dua kali sehari. Selain itu kamu juga akan mendapatkan fasilitas hiburan seperti televisi dengan berbagai channel pilihan, AC yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, telepon untuk menghubungi pihak resepsionis bila ada kendala atau untuk memesan sesuatu.

Selain itu kamu juga akan disuguhkan dengan mini bar berisi berbagai minuman atau makanan yang khusus disediakan pihak hotel. Biasanya pembayaran makanan atau minuman yang ada di mini bar tersebut akan dikenakan saat kamu melakukan check out atau masuk ke dalam charge room.

Satu hal lagi, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas laundry yang disediakan pihak hotel. Kamu hanya perlu menyimpan cucian kotor kamu di tempat yang telah disediakan pihak hotel. Biaya laundry sendiri akan masuk dalam charge room.

Cara Check Out Hotel

Cara Check Out Hotel

* sumber: livejapan.com

Setelah waktu menginap kamu habis, kamu hanya perlu melakukan check out dengan mendatangi resepsionis dan mengembalikan kartu akses hotel yang kamu bawa. Sebelum kamu check out pastikan tidak ada barang yang tertinggal.

Biasanya pihak hotel memperbolehkan pengunjung membawa beberapa benda seperti sabun, sandal, sampo, odol, pensil dan kertas yang disediakan pihak hotel sebagai bentuk promosi. Sehingga kamu pun bisa membawanya pulang ke rumah. Di luar itu kamu tidak diperbolehkan membawa apapun. Karena bila kamu melakukannya, kamu akan dikenakan charge.

Pihak hotel juga memiliki kebijakan waktu check out sampai pukul 12.00. Selama kamu tidak melebihi waktu tersebut kamu tidak akan terkena tambahan charge, namun bila kamu terlambat check out kamu bisa dikenakan charge tambahan. Untuk mengetahui batas waktu check out, kamu hanya perlu menanyakan pada pihak hotel tempat kamu menginap.

Jika kamu ingin melakukan advance booking, kamu hanya perlu menghubungi resepsionis. Jika pihak hotel memiliki kamar yang kosong, biasanya kamu diperbolehkan untuk menginap kembali di hotel tersebut, namun jika tidak ada kamar kosong, pihak hotel akan memberitahukan hal tersebut.

Pada saat check out pula biasanya kamu akan dikenakan tagihan untuk makanan dan minuman yang kamu pesan di luar dari fasilitas yang kamu dapat dari pihak hotel.

Nah, itulah cara check in dan check out hotel yang harus kamu ketahui. Mudah, bukan? Semoga informasi di atas bisa mengatasi kebingungan kamu yang ingin menginap di hotel.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *