Guys, Ini Dia Petunjuk Cara Makan Pizza yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mayoritas restoran pizza di Indonesia selalu menyediakan garpu dan pisau untuk pengunjung yang makan di tempat. Yang jadi pertanyaan, apakah sebenarnya pizza memang harus dimakan dengan menggunakan garpu dan pisau? Sejujurnya, apakah kamu sudah merasa nyaman dengan cara makan pizza yang memakai garpu dan pisau?

Penggunaan pisau dan garpu saat menyantap pizza memang tidak ada salahnya. Akan tetapi, ternyata ada cara yang lebih benar dan mudah saat menyantap pizza favoritmu, lho. Keluyuran akan membahas berbagai cara makan pizza yang benar. Yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Cara Makan Pizza yang Benar

1. Melipat Satu Loyang Utuh

Melipat Satu Loyang Utuh

Cara makan pizza yang satu ini cukup mencengangkan. Bagaimana mungkin kita melahap satu loyang pizza utuh secara langsung? Tenang dulu. Cara ini hanya ditujukan ketika kamu memakan pizza khas Italia yang rotinya sangat tipis dan ukuran loyangnya kecil.

The Manchester Evening News mengulik seputar cara makan pizza yang benar bersama seorang pakar kuliner bernama Daniel Young. Young mengaku telah mempelajari tata cara makan pizza yang benar dari seorang ahli pizza, Enzo Coccia.

Menurut Young, cara makan Pizza Italia yang benar melipatnya jadi dua bagian, lalu lipat lagi hingga menjadi empat bagian. Konon, orang-orang Italia terbiasa menyantap pizza dengan cara seperti ini. Pizza yang sudah dilipat, dibungkus dengan kertas tipis lalu dimakan sambil jalan.

Perlu kamu ingat bahwa cara ini lebih nyaman ketika kamu menyantap Pizza Italia yang rotinya sangat tipis. Kalau kamu menyantap Pizza Amerika sebaiknya hindari cara seperti ini.

2. Melipat Jadi Dua Bagian

Melipat Jadi Dua Bagian

* sumber: www.thezareport.com

Yang satu ini adalah cara makan pizza yang mungkin bisa dipakai untuk menyantap Pizza Amerika yang banyak dijual di Indonesia. Pizza Amerika memiliki roti yang lebih tebal. Mengingat sebagian restoran pizza di Indonesia menjual Pizza Amerika, tentu saja kamu bisa mencoba cara ini.

Cara mudah menyantap pizza dan menjaga topping-nya tidak berjatuhan adalah dengan melipat pizza jadi dua bagian. Lipat di bagian tengah lalu masukkan bagian sudut terkecilnya ke dalam mulut. Cara ini menjamin topping, saus tomat, dan lelehan keju di atas pizzamu tidak berjatuhan kemana-mana.

Apakah cara ini terbilang ‘sopan’ ketika kita menyantap pizza di depan umum, seperti di restorannya? Tentu saja cara ini tergolong sopan. Apalagi kamu melipat pizzamu dengan tujuan agar topping-nya tidak berjatuhan, tentu saja cara makan ini lebih rapi dibanding langsung menyantap pizza pakai tangan tanpa melipatnya terlebih dahulu.

3. Menggulung

Menggulung

* sumber: www.thezareport.com

Selanjutnya, ada sebuah cara makan pizza yang perlu kamu coba, yakni dengan menggulung pizzamu terlebih dahulu. Cara ini bisa dipakai pada Pizza Amerika berukuran sedang atau besar. Namun, apabila kamu sedang menyantap Pizza Italia yang rotinya lebih tipis, cara ini akan sangat mudah diterapkan.

Gulung pizzamu dari atas (bagian sudut terkecil) hingga ke bawah (sudut terbesar). Setelah itu, masukkan gulungan pizza ke dalam mulut. Nah, cara makan pizza dengan menggulungnya terlebih dahulu ini juga menjaga topping tidak berjatuhan.

4. Tata Cara Makan Pizza untuk Acara Formal

Tata Cara Makan Pizza untuk Acara Formal

* sumber: www.gamespot.com

Ketiga cara makan pizza di atas memang cocok untuk menikmati pizza saat sedang di rumah atau makan di restoran pizza berkonsep family restaurant (seperti Pizza Hut, Papa Ron’s, atau Domino). Akan tetapi, ketika kamu menyantap pizza di restoran atau acara formal, kamu harus kembali lagi pada garpu dan pisau yang tersedia di mejamu.

Pizza yang disajikan di restoran formal biasanya merupakan jenis Pizza Italia yang rotinya tipis. Untuk menyantap pizza jenis ini, kamu wajib menggunakan garpu dan pisau karena penggunaan tangan akan membuatmu tampak kurang sopan.

Nah, buat kamu yang ingin menyantap pizza di acara formal, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Saat pizza sudah tersaji di meja, segera ambil pizza dari piring atau loyang sajinya. Persilakan orang yang lebih tua darimu untuk mengambil pizza lebih dulu. Jangan menunggu sampai pizzanya dingin karena tindakan seperti ini merupakan penghinaan bagi pizzaiolo (pembuat pizzanya).
  • Apabila di piring saji pizza sudah dipotong menjadi beberapa bagian, gunakan sendok pipih (yang biasa dipakai untuk mengambil pizza dari loyang) untuk memindahkan pizza ke piring makanmu. Namun, jika pizza belum dipotong, kamu bisa memotongnya dengan pisau dan garpu makanmu. Pastikan pisau dan garpu bersih dan belum kamu pakai sebelumnya.
  • Potong pizza dengan ukuran kecil agar mudah dimasukkan ke mulut. Tusuk potongan kecil pizza dengan garpu, lalu masukkan ke dalam mulut.
  • Habiskan seluruh bagian pizza agar terlihat sopan karena orang Italia asli pasti menghabiskan semua bagian pizza.

Kesimpulannya, penggunaan garpu dan pisau tetap diperbolehkan untuk menyantap pizza. Namun, sebaiknya pakailah sendok dan garpu pada acara-acara formal saja, ya! Kalau kamu menikmati pizza di suasana yang santai, lebih baik gunakan tangan saat menyantapnya.

5. Cara Menyantap Pizza dengan Saus

Cara Menyantap Pizza dengan Saus

* sumber: www.hooverlibrary.org

Di Indonesia, penikmat pizza sangat suka menambahkan saus tomat atau saus sambal ke pizza yang akan dimakan. Ada yang mencocol langsung ke sausnya, ada pula yang menuang saus ke pizzanya. Bagaimana sih aturan makan pizza jika ingin menambahkan saus?

  • Oleskan saus ke pizza dengan menggunakan pisau atau menuangkannya langsung ke atas pizza.
  • Hindari mencocol pizza ke dalam saus, terutama jika sausnya hanya satu mangkuk dan kamu harus membaginya dengan orang lain.
  • Agar saus tidak tumpah, lipat pizza menjadi dua bagian atau iris menjadi potongan-potongan kecil agar bisa langsung dimakan.

Tak hanya di Indonesia saja, ternyata masyarakat yang tinggal di luar negeri juga suka menambahkan saus pada pizzanya, entah itu saus tomat, saus sambal, tabasco, mayones, atau saus keju. Jadi, sah-sah saja jika kamu suka menambahkan saus tertentu ke pizzamu.

Itulah aturan makan pizza yang benar. Kamu bebas menggunakan cara makan di atas asalkan sesuai dengan suasana. Ketika sedang santai dan beradai di restoran pizza yang casual, kamu boleh langsung menyantap pizza dengan tangan. Namun, jika kamu berada di acara formal, nikmati pizzamu dengan pisau dan garpu secara elegan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *