Cara Membaca Boarding Pass agar Tidak Ketinggalan Pesawat

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi orang-orang yang sering berpergian dengan pesawat, rutinitas di airport tentu sudah menjadi hal yang biasa bagi mereka. Mulai dari pengecekan tiket, check-in untuk mendapat boarding pass sampai dengan menunggu penerbangan di waiting room. Namun, bagi yang baru pertama kali naik pesawat tentu ini adalah hal yang membingungkan.

Jika ini adalah kali pertama Anda berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, Keluyuran akan memberikan panduan cara membaca boarding pass yang benar. Jika Anda sudah berhasil membaca informasi yang tertera pada boardings pass, dijamin Anda tidak akan ketinggalan pesawat saat akan berpergian.

Panduan Check-In di Bandara Nasional

Sebelum masuk ke pembahasan cara membaca boarding pass, Keluyuran akan memberikan sedikit panduan mengenai cara checkin di bandara nasional Indonesia. Petunjuk ini akan membantu Anda yang baru pertama kali naik pesawat agar bisa check-in dan memperoleh boarding pass:

  • Masuk ke Bandara dan Tunjukkan Tiket Anda Kepada Petugas di Gerbang
Masuk ke bandara dan tunjukkan tiket Anda kepada petugas di gerbang

* sumber: www.antarafoto.com

Dewasa ini, tiket dapat berbentuk kertas atau E-Ticket yang dikirim melalui e-mail atau bisa diakses melalui aplikasi pembelian tiket pesawat. Apapun bentuk tiket Anda, tunjukkan kepada petugas yang berjaga di pintu gerbang loket check-in.

Pemeriksaan ini dilakukan karena hanya calon penumpang saja yang diperbolehkan masuk ke loket check-in. Jadi, jangan sampai lupa membawa tiket Anda, ya!

  • Menuju ke Loket Check-in

Menuju ke loket check-in

Selanjutnya, untuk bisa mendapat boarding pass, Anda harus check-in terlebih dahulu. Ada beberapa loket check-in yang tersedia, Anda hanya perlu menuju loket yang sesuai dengan tiket Anda. Cocokkan jenis maskapai dan rute penerbangannya karena Anda tidak bisa check-in di loket yang maskapai dan rute penerbangannya berbeda dengan tiket Anda.

  • Tunjukkan KTP/Paspor dan Menimbang Bagasi

Tunjukkan KTP Paspor dan menimbang bagasi

Selanjutnya, petugas loket check-in akan meminta KTP dan paspor Anda. Untuk penerbangan domestik, Anda hanya perlu menunjukkan KTP saja. Apabila Anda membawa koper dan banyak barang, timbang barang-barang Anda di bagasi. Biasanya setiap maskapai memberikan kapasitas bagasi berbeda-beda, jadi sebaiknya cari tahu dulu berapa bagasi yang Anda peroleh saat membeli tiket pesawat.

Jika sebelumnya Anda sudah membeli bagasi tambahan saat membeli tiket, maka Anda tidak akan dikenakan biaya bagasi. Namun, jika ingin membeli bagasi, Anda akan dikenakan biaya (sesuai aturan maskapai penerbangan) yang harus dibayarkan saat di loket. Bawa koper atau tas ukuran kabin di tangan Anda (biasanya tas yang dibawa berisi barang-barang berharga yang tidak mungkin dimasukkan ke dalam kabin).

  • Ambil Boarding Pass dan Tunggu di Dekat Gate Keberangkatan

Ambil boarding pass dan tunggu di dekat gate keberangkatan

Setelah proses check-in selesai, petugas akan memberikan boarding pass Anda. Jika masih bingung, tanyakan kepada petugas mengenai gate keberangkatan Anda. Tunggu di ruang tunggu yang berada dekat dengan gate keberangkatan Anda.

Cara Membaca Boarding Pass

Cara Membaca Boarding Pass

* sumber: airport.id

Setelah mendapatkan boarding pass, Anda harus mencermati berbagai informasi yang tercantum pada boarding pass tersebut agar tidak ketinggalan pesawat. Di dalam boarding pass Anda bisa mengetahui keterangan lengkap mengenai penerbangan Anda. Berikut adalah cara membaca boarding pass berdasarkan contoh gambar boarding pass yang tertera di atas ini:

  1. Kelas tiket. Ini adalah kelas penerbangan yang sesuai dengan reservasi tiket Anda. Terdapat beberapa jenis kelas penerbangan yang umum, mulai dari ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Kelas yang termurah adalah ekonomi dan Anda hanya memperoleh fasilitas seadanya saja dari maskapai penerbangan jika memilih kelas ekonomi.
  2. Kriteria keanggotaan. Beberapa maskapai penerbangan memberikan fasilitas membership kepada penumpang setianya. Misalnya, Garuda Indonesia menawarkan membership Sky Priority yang memberika prioritas check-in, drop-off bagasi, boarding, dan masih banyak lagi.
  3. Nama penumpang yang sudah disesuaikan dengan nama yang tertera pada KTP atau paspor. Perlu Anda ketahui bahwa Anda harus menulis nama sesuai dengan KTP atau paspor saat membeli tiket agar memudahkan proses check-in.
  4. Nomor pesawat. Setiap pesawat memiliki nomor tersendiri. Hafalkan nomor ini karena jika waktu boarding tiba biasanya akan terdengar pengumuman mengenai nomor pesawat yang akan boarding.
  5. Boarding gate. Ini adalah nomor gate untuk menunjukkan pintu di mana Anda akan masuk untuk menuju ke pesawat. Tunggu pengumuman boarding di runag tunggu yang berada dekat dengan boarding gate Anda agar tidak ketinggalan pesawat.
  6. Jam dan tanggal keberangkatan. Ini merupakan jam dan tanggal keberangkatan Anda. Namun, jika ada keterlembatan (delay), maka akan ada pengumuman dari pihak bandara dan maskai penerbangan, sehingga saat delay jam keberangaktan ini sudah tidak berlaku lagi.
  7. Nomor tempat duduk yang Anda peroleh saat di pesawat. Carilah nomor kursi Anda dan duduklah sesuai dengan baris dan nomor yang tertera pada boarding pass.
  8. Bandara keberangkatan. Biasanya hanya tertulis nama kotanya saja, tapi ada juga boarding pass yang menuliskan nama bandara keberangkatannya.
  9. Bandara kedatangan.
  10. Kode bar graph.
  11. Nomor tiket.
  12. Nomor keanggotaan (membership).

Setelah check-in dan hendak masuk ke ruang tunggu yang berada dekat dengan gate keberangkatan, biasanya akan ada pemeriksaan barang-barang yang Anda bawa (bukan barang yang sudah masuk ke bagasi).

Petugas juga akan mengecek boarding pass dan merobek di salah satu sisi boarding pass. Apabila Anda sudah melalui tahapan ini, maka Anda hanya perlu menunggu di ruang tunggu sampai dengan gate keberangkatan Anda dibuka atau waktu boarding.

Tips Naik Pesawat untuk Pemula

Tips Naik Pesawat untuk Pemula

Apakah Anda belum memiliki pengalaman naik pesawat sebelumnya? Jangan khawatir, selain memberikan panduan cara membaca boading pass, kami juga akan memberikan tips bagi Anda yang baru pertama kali naik pesawat.

  • Datang Lebih Awal

Jika waktu penerbangan Anda pukul 09:00, pastikan Anda sudah berada di bandara pukul 07:30 atau selambat-lambatnya pukul 08:00. Pasalnya, Anda harus check-in dan menimbang bagasi terlebih dahulu. Jika loket check-in antri, maka Anda bisa-bisa ketinggalan pesawat jika datang terlalu dekat dengan waktu penerbangan.

  • Persiapkan Identitas Diri dan Tiket

Sebelum berangkat ke airport, pastikan bahwa Anda sudah membawa identitas diri (KTP atau paspor). Jangan lupa untuk membawa tiket Anda, baik itu berupa print tiket atau E-Ticket. Kedua benda ini akan dicek pada saat masuk ke loket check-in dan saat check-in.

  • Ketahui Barang-Barang yang Tidak Boleh Dibawa

Ada sejumlah barang yang tidak boleh dibawa saat di pesawat, seperti alat yang dapat memicu ledakan, cairan, senjata api, senjata tajam, obat-obatan terlarang, dan zat kimia. Jika ingin membawa korek api, sebaiknya letakkan korek api di bagasi karena saat Anda melewati security check, korek api Anda akan ditahan.

  • Dengarkan Pengumuman Keberangkatan

Untuk menghindari masalah ketinggalan pesawat, duduklah di dekat gate yang sesuai pada boarding pass. Hindari penggunaan headset agar Anda bisa mendengarkan pengumuman keberangkatan pesawat Anda.

Itulah panduan cara membaca boarding pass dan beberapa tips agar Anda tidak ketinggalan pesawat. Semoga penerbangan pertama Anda lancar dan selamat sampai tujuan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *