Gampang Banget! Ini Cara Membeli Dunkin Donuts di Gerainya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 12 Juni 2021

Siapa tak kenal dengan gerai donat waralaba terbesar di dunia, Dunkin Donuts. Gerai donat asal Amerika ini sudah menjadi salah satu perusahaan internasional yang cabangnya ada di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Saking popularnya merek donat satu ini, masyarakat Indonesia sudah sangat akrab dengan keberadaannya.

Dunkin Donuts bisa dibilang sudah banyak makan asam garam bisnis donat. Tentu berbagai perubahan dan perkembangan sudah banyak dilakukan, termasuk tata cara membeli donat di gerainya. Lalu, bagaimana cara membeli Dunkin Donat saat ini? Oh ya, kita ulas singkat perjanalanan bisnis waralaba kepunyaan William Rosenberg.

Dunkin Donat dan Perjalanan Panjangnya

Dunkin Donat dan Perjalanan PanjangnyaSumber: ourstory.id

Sejak kapan Dunkin Donuts masuk ke Indonesia? Pertanyaan itu sering terlontar dari mulut anak Indonesia yang lahir di zaman milenial. Nah, Dunkin Donuts pertama hadir di Indonesia tahun 1985 dengan membuka gerai di kawasan Jl Hayam Wuruk, Jakarta.

Jaringan usaha waralaba di Indonesia dipegang oleh Dunkin Donuts Indonesia. Sejak itu Dunkin Donuts Indonesia berencana untuk membangun brand positioning yang kokoh di negeri berpenduduk padat ini. Langkah ini dimulai dari membuka cabang di beberapa kota besar lain setelah Jakarta.

Sekarang gerai Dunkin Donuts di Indonesia sudah mencapai ratusan gerai. Geria-gerai ini tersebar di kota Bandung, Bali, Medan, Depok, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Bogor, Bekasi dan lain-lain.

Seiring dengan strategi brand positioning yang dilakukan oleh Dunkin Donuts semakin kuat, Dunkin Donuts Indonesia membuat terobosan baru dengan menerapkan citra konsep baru di setiap gerainya. Langkah ini dimulai dengan mengubah desain logo, desain interior gerai dan perubahan lainnya.

Tidak sampai di situ. Perubahan lain terjadi di kualitas dan layanan produk, sehingga pelanggan Dunkin Donuts bisa mendapat kenyamanan maksimal dari setiap produk yang didapat.

Varian Donut Klasik Terbaik dari Dunkin Donuts

Varian Donut Klasik Terbaik dari Dunkin DonutsSumber: kompas.com

Berbicara soal donat, ada cerita yang menyebutkan bahwa donat dibawa oleh imigran belanda yang juga memperkenalkan penganan lain seperti kue kering, pai buah dan pai krim. Semakin lama kue berlubang di tengah ini menjadi sangat popular.

Di Amerika kue donat identik dengan petugas polisi. Pasalnya para petugas ini sering membeli donat saat mereka bertugas untuk mengganjal perut ketika lapar. Biasanya mereka makan sembari menyesap kopi. Jadi, bisa dibilang kopi dan donat ini satu paket.

Karena gerai Dunkin Donutss beroperasi 24 jam, para polisi yang kelaparan tengah malam suka membeli donat di gerai-gerai Dunkin Donuts dan gerai donat lainnya di Amerika. Lalu, apa saja varian donat paling popular kesukaan pelanggan Dunkin Donuts?

  • Donat Isi Chocolate dan Strawberry
Donat Isi Chocolate dan Strawberry

Varian satu ini adalah varian donat paling klasik. Donut isi cokelat dan strawberry sudah ada sejak Dunkin Donuts pertama kali buka di Kawasan Jl Hayam Wuruk. Bentuk donat ini tidak punya lubang di tengah seperti donat-donat pada umumnya.

Isian saus cokelat dan strawberry dimasukan ke dalam bagian tengah kue. Setelah itu, donat yang sudah diisi dengan saus dicelupkan ke dalam gula bubuk sehingga seluruh bagian donat terlumuri gula bubuk.

  • Donat Cokelat Kacang
Donat Cokelat Kacang

Yang ini pun salah satu varian klasik dari Dunkin Donuts. Paduan cokelat dan kacang panggang yang dicacah tidak pernah gagal jika ditambahkan ke dalam kue.

Pada donat pun seperti itu, rasa manis dan gurih dari kacang dan cokelat membuat rasa donat lebih sedap. Untuk yang tidak begitu suka manis, donat ini menjadi pilihan yang pas. Rasa donatnya tidak terlalu manis.

  • Donat Cokelat Keju dan Topping Keju
Donat Cokelat Keju dan Topping Keju

Selain cokelat dan kacang, cokelat dan keju pun menjadi paduan kondimen terbaik yang bisa membuat kue lebih lezat. Cokelat yang manis dan keju yang gurih sangat disukai oleh para pelanggan Dunkin Donat.

Varian donat cokelat keju sebetulnya diharga lebih mahal dibanding harga donat lainnya, namun jika kamu mencicipi donatnya, kamu bakal mengerti kenapa donat ini harganya lebih mahal tapi jadi varian favorit.

  • Donat Blueberry Ice Cool
Donat Blueberry Ice Cool

Nah, kalau donat satu ini dibuat lucu dengan diberi hiasan berbentuk mata di atas topping-nya. Donat rasa blueberry ini terlihat menggemaskan. Blueberry Ice Cool adalah donat yang cocok diberikan pada anak kecil.

Bentuknya akan mengingatkan kita pada karakter di film Sesame Street. Varian donat ini diberi selai blueberry dan ditambahkan icy sugar rasa mint yang memberikan sensasi dingin ketika dikunyah.

  • Donat Smiley
Donat Smiley

Donatnya tersenyum. Itulah keunikan dari Donat Smiley buatan Dunkin Donuts. Tampilan donat ini bikin kita ikut tersenyum. Pasalnya donat satu ini diberi krim pisang berwarna kuning terang. Isian donat ini adalah custard dan krim pisang.

Topping kuning yang ada di atas donat kemudian digambari emoticon smile. Lucu. Anak-anak yang melihatnya pasti tertarik untuk membelinya.

Cara Beli Donut di Dunkin Donuts

Nah, sekarang kita beli donat di Dunkin Donuts yuk! Caranya akan kami jelaskan di tulisan berikut ini. Jangan berhenti membaca artikel ini ya. Oh iya, donat di Dunkin Donuts bisa kamu nikmati di gerainya langsung atau di bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

1. Cari Gerai Dunkin Donuts Terdekat

Cari Gerai Dunkin Donuts TerdekatSumber: ussfeed.com

Seperti yang kamu ketahui bahwa gerai Dunkin Donuts sudah tersebar di beberapa tempat di kota-kota di Indonesia. Dalam satu kota bahkan bisa terdapat lebih dari dua gerai.

Cek lokasi gerai paling dekat dari tempatmu berada dan pastikan bahwa gerainya masih buka. Gerai Dunkin Donutss biasanya terdapat di beberapa mall besar dan gerai khusus yang tidak bergabung dengan tempat lain.

Kamu bisa mencari gerai Dunkin Donuts di dengan memasukan kata kunci “Dunkin Donuts” di mesin pencarian. Hasil pencarian tidak hanya akan menyajikan informasi letak gerai, namun ada pula review dan daftar menu lengkap dengan harganya.

2. Pilih Menu

Pilih MenuSumber: radar-palembang.com

Setelah kamu menemukan gerai yang cocok, silahkan langsung kunjungi. Ketika kamu sampai di gerai Dunkin Donuts kamu bisa langsung memilih donat mana yang kamu suka. Donat-donat yang dijual di setiap gerai akan dipajang di sebuah rak display yang bisa dilihat oleh pelanggan.

Karyawan gerai akan membantumu menjelaskan donat yang ada di rak. Kamu tinggal tentukan varian yang kamu suka. Selain itu, di dinding gerai terdapat satu bagian yang berisi daftar harga donat dan harga paket donatnya, begitu pula dengan harga minuman dan camilan manis lainnya.

3. Bayar dan Tunggu Donat Disiapkan

Bayar dan Tunggu Donat DisiapkanSumber: radarcirebon.com

Bagi pelanggan yang memesan donat take away, setelah kamu selesai memilih donut, kamu diminta menunggu dona dimasukan ke dalam box untuk dibawa pulang. Namun, sebelum itu, kamu harus membayar terlebih dahulu donat yang telah kamu pilih tadi.

Karyawan di gerai tidak akan membiarkan menunggu lama kok. Hanya beberapa detik, kalau pesanannya tidak banyak. Setelah pesanan siap, karyawan gerai akan memanggil namamu dan menyerahkan donat pesananmu.

Untuk pelanggan yang makan di gerai, setelah membayar donatnya, kamu bisa langsung memilih meja yang akan kamu tempati. Setelah itu, karyawan gerai akan mengantarkan pesanan donat dan minuman yang telah kamu pilih tadi.

4. Makan dengan Rapi dan Bereskan

Makan dengan Rapi dan BereskanSumber: myeatandtravelstory.wordpress.com

ini memang bukan hal yang wajib tapi akan lebih baik dilakukan. Jika kamu makan di gerai Dunkin Donuts, membereskan peralatan makan setelah kita pakai adalah sesuatu perbuatan yang sangat baik.

Tidak hanya meringankan tugas karyawan namun, hal ini akan menjadi penilaian yang bagus terhadap dirimu sendiri. Apalagi membantu orang akan beroleh pahala, bukan? Plus, membereskan peralatan bekas pakai bukan perbuatan yang sulit dilakukan.

Nah, itulah beberapa cara membeli Dunkin Donuts. Mudah sekali bukan? Sekarang kamu bisa membeli donat sebanyak apapun, yang penting kamu mampu membayarnya. Dunkin Donuts tersedia dalam paket juga lho. Satu paket donat tersedia dalam ukuran setengah dan satu lusin. Jika kamu akan membeli lebih, tidak masalah.

Gerai Dunkin Donuts mampu memenuhi pesananmu asal kamu mengontak dan menanyakan terlebih dahulu ketersediaan donatnya. Jadi, kapan kita ngemil donat di dunkin donat bareng?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram