Masih Bingung? Begini Cara Membeli Marugame Udon

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 24 Juni 2021

Bagi pencinta mie, kamu wajib mencicipi mie asal Jepang satu ini. Orang Jepang menyebutnya udon. Secara garis besar udon diartikan sebagai jenis mie yang berbentu tebal dan pipih yang terbuat dari tepun terigu. Mie yang sudah dikenal sejak abad pertengahan punya waralaba yang sudah mendunia. Kedai udon yang paling terkenal adalah Marugame.

Marugame Udon adalah sebuah kedai mie terkenal di Jepang dan sudah mendirikan banyak cabang di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Beberapa mall besar di Indonesia terdapat kedai Marugame di dalamnya. Tapi kamu tahu tidak bagaimana cara membeli udon di Marugame?

Nah, agar tidak salah pesan, yuk simak cara memesan udon dan informasi lengkap soal kedai Marugame berikut ini!

Tentang Udon dan Nama Marugame

Tentang Udon dan Nama MarugameSumber: diarysivika.com

Kita awali pembahasan ini dengan menelaah kata Marugame. Marugame adalah sebuah nama kota yang terletak di prefektur Kagawa.

Mulanya udon di Jepang tidak disebut udon. Nama “udon” baru digunakan untuk menyebutkan penganan yang dimakan bersama kuah khusus ini pada masa Edo. Orang Jepang dulu menyebut mie pipih ini dengan sebutan kirimugi.

Pada masa itu udon identik dengan penganan orang Jepang yang tinggal di bagian barat. Sementara orang Jepang timur punya soba sebagai makanan khas mereka. Namun, pendapat tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya di beberapa wilayah timur ada juga kedai udon, begitu pun sebaliknya.

Meskipun nama Marugame diambil dari sebuah nama kota, namun pusat dari kedai Marugame Udon yang di Jepang disebut Marugame Seimen ini terletak di Kobe, prefektur Hyogo.

Nah, kita ulas kedai Marugame Udon sekarang. Jadi, Marugame udon ini adalah sebuah nama kedai yang menjual mie udon dari Jepang. Keunggulan dari kedai udon satu ini adalah proses pembuatannya. Udon dibuat fresh saat ada pesanan. Mereka baru membuat udon saat pesanana tiba.

Kedai Marugame biasanya mempunyai ruangan khusus untuk mengolah tepung dan semua bahan baku membuat udon. Kemudian adonan tersebut dipotong-potong menjadi ukuran tertentu.

Alat ini mencetak mie ke dalam bentuk yang presisi dan seragam. Ukuran lebar udon yang masih berupa adonan ini bisa dibuat menjadi 4-5 kali lipatnya. Agar menghasilkan cita rasa udon yang lezat, adonan tersebut didiamkan semalaman.

Adonan yang sudah dipipihkan kemudian dipotong-potong menyerupai bentuk mie. Mie mentah tersebut lalu direbus ke dalam air mendidih sampai matang. Setelah udon matang, lalu udon disajikan kepada pelanggan.

Keunggulan inilah yang membuat Marugame Udon terkenal, mereka menyajikan udonfresh’ yang tidak menggunakan bahan pengawet.

Menu Unggulan Marugame Udon

Menu Unggulan Marugame UdonSumber: instagram.com

Ngomong-ngomong menu, sebuah tempat makan selalu mempunyai menu andalan dan khas dari tempat tersebut. Nah, Marugame pun demikian. Kedai satu ini punya beberapa menu khas dan menu lainnya yang tersedia di kedainya.

Harga satu mangkuk udon Marugame berkisaran Rp33.000-Rp50.000. untuk tempuran dan gorengan lainnya dijual mulai dari harga Rp10.000-Rp15.000. Berikut ini daftar menu udon di Marugame, kalau-kalau kamu tertarik, kamu bisa pesan langsung di kedainya nanti.

  • Kamaage Udon
Kamaage UdonSumber: marugameudon.co.id

Kamaage udon adalah satu menu khas dari kedai Marugame. Udon disajikan dalam sebuah mangkuk kecil berwarna hitam. Sebelum disajikan udon direndam ke dalam air yang ditempatkan dalam sebuah baskom kayu kecil.

Udon bertekstur kenyal ini dimakan dengan cara dicelupkan terlebih dahulu ke dalam tsuysu, kuah khusus yang terbuat dari kaldu hasil rebusan bahan makanan, yang ditempatkan pada sebuah mangkuk kecil.

Agar lebih sedap, santap udon dengan tempura. Oh ya, satu porsi mie udon otentik Jepang ini cukup besar. Usahakan jangan kalap mengambil makanan lainnya.

  • Oroshi Shoyu Udon
Oroshi Shoyu Udon

Nah, kalau udon satu ini dimakannya dengan kuah shoyu, kuah terbuat dari campuran kecap asin Jepang yang dicampur dengan kaldu daging dan sayuran dan ditambahkan dengan perasan jeruk sudachi, jeruk khas Tokushima yang berbentuk bulat kecil dan berwarna hijau. Oroshi udon cocok buat kamu yang menginginkan hidangan sederhana yan berfokus pada cita rasa dan tekstur udon.

Oroshi udon pas disantap ketika udara panas dan panas. Aroma dan rasa segar dari kuah dan perasan keruk memimbulkan lezat yang cocok mengusir hawa panas tapi cocok juga disantap kala cuaca dingin. Kamu tinggal sesuaikan saja dengan selera.

  • Torotama Udon
Torotama UdonSumber: matcha-jp.com

Torotama Udon dihidangkan dengan adalah ubi yamaimo, ubi gunung khas Jepang. Di atas udon ini diberi topping telur ayam setengah matang. Torotama udon diberi kuah kaldu yang kental.

Paling pas dinikmati dengan tenkatsu (remah gorengan) dan daun bawang. Satu prosi Torotama Udon cukup besar. Bagi kamu yang tergoda untuk mencicipinya, sesuaikan jumlah gorengan yang kamu ambil untuk melengkapi ini.

Khusus di Indonesia, kedai Marugame Udon menyediakan menu nasi. Ini dilakukan karena nasi adalah bahan makanan pokok orang Indonesia. jadi, mereka menyediakan menu nasi untuk pelanggan yang ingin menambahkan nasi ke dalam menu pilihannya.

Cara Beli Marugame Udon

Cara Beli Marugame UdonSumber: suara.com

Membeli Marugame Udon sebetulnya tidak sulit. Hanya saja ada tata cara tertentu yang diterapkan oleh kedai udon ini, tujuannya adalah agar proses penyajian udon dan penyerahannya ke tangan pelangan teratur.

Saat kamu sampai di kedai Marugame, jangan buru-buru mencari meja untuk duduk ya. Pasalnya kamu harus mengantri terlebih dahulu di meja antrian yang menuju ke dapur dan memesan menu yang kamu inginkan.

Ketika kamu memesan udon, pesananmu akan diproses oleh pegawai tapi tidak seperti di café atau restoran lainnya. Pelanggan yang membeli udon di Marugame menyiapkan sendiri pesanannya. Setiap pelanggan nantinya akan diberi nampan.

Udon yang telah siap akan ditempatkan dalam sebuah nampan besar untuk menampung udon dan menu lainnya. Ketika udon siap, geser ke bagian konter berikutnya yang berisi menu makanan lain.

Kamu tidak perlu mengangkat nampan. Pasalnya meja pesanan di Marugame didesain agar bisa digeser-geser tanpa hambatan sehingga pelangga tidak perlu repot menenteng nampan dan udon di atasnya tidak tumpah.

Setelah itu, geser konter lainnya lagi. Ini adalah konter tempat menyajikan tempura dan omusubi dan gorengan lainnya. Makanan pelengkap ini disajikan berjejer di atas meja konter.

Setelah kamu merasa cukup dengan menu udonmu, geser ke sisi lainnya. Bagian lain dari meja penyajian makanan ini adalah kasir. Kasir akan menghitung makanan apa saja yang kamu ambil. Lalu, bayar makananmu sebelum kamu menyantapnya.

Di dekat meja kasir terdapat satu meja kecil tempat menyajikan yakumi. Yakumi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan buah-buahan, seafood kering dan sayuran yang ditambahkan pada masakan Jepang. Selain sebagai kondimen, yakumi berfungsi sebagai garnish.

Simpan Kembali Piring yang Digunakan

Simpan Kembali Piring yang DigunakanSumber: matcha-jp.com

Kedai Marugame di Jepang menyediakan tempat khusus piring dan peralatan makan yang digunakan oleh pelanggan. Jadi setiap pelanggan yang makan di kedai mie ini diwajibkan untuk mengembalikan nampan yang berisi mangkuk, piring dan gelas yang kita gunakan tadi.

Berbeda dengan di restaurant atau café lainnya di mana pramusaji akan membantu membereskan piring dan gelas pelanggan. Nah, kalau kamu pergi ke Jepang dan makan di kedai Marugame, hal-hal seperti ini harus kamu perhatikan. Jangan sampai kamu malu sendiri karena tidak mematuhi aturan.

Nah, itulah cara membeli Marugame udon. Oh iya, jenis-jenis udon ternyata banyak lho. Bentuk dan bahan bahannya pun beragam. Nama-nama setiap jenis udon tersebut pun berbeda. Jenis-jenis udon dibedakan berdasarkan bentuk, karakteristik udon, cara pembuatannya, cara masak, dan lauk yang disajikan bersama udon-nya.

Kalau kamu suka semau jenis mie termasuk udon dan lain-lain, kamu wajib mencicipi menu-menu tersebut. Satu lagi keunggulan Marugame Udon, kedai mie ini menyajikan menu dengan porsi anak-anak. Tertarik untuk mencicipi? Silahkan kunjungi outlet Marugame yang tersebar di beberapa kota di Indonesia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram