Cara Mempromosikan Bisnis Online dengan Mudah dan Efektif

Di masa sekarang ini, banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki bisnis sendiri atau biasa disebut juga berwirausaha. Meskipun kebanyakan sudah memiliki pekerjaan tetap, namun memiliki bisnis sendiri merupakan pilihan yang terbaik. Kenapa? Semua ini dilakukan demi kestabilan finansial agar pemasukan tidak hanya bergantung dari pendapatan bulanan saja.

Namun bukan hanya itu saja, banyak juga yang sudah memiliki pekerjaan tetap seperti contoh bekerja kantoran tapi memilih terjun bebas ke dunia wirausaha. Semuanya memang merupakan pilihan masing-masing pribadi ya, tapi sebelum memiliki sebuah usaha sendiri alangkah baiknya jika mempelajari dulu ilmu bisnis.

Dengan memiliki sedikitnya modal ilmu bisnis, kemungkinan bisnis kamu akan berjalan lancar dan tidak mengalami kerugian besar. Walaupun dalam menjalankan sebuah usaha yang namanya rugi dan untung sudah biasa, tapi lebih baik untuk menghindari kerugian besar, bukan?

Nah, maka dari itu ada beberapa hal basic yang menjadi salah satu hal penting dalam berbisnis online yaitu promosi pemasaran.

Ada beberapa cara yang promosi yang bisa diterapkan untuk kamu yang baru saja memulai usaha. Berikut ini adalah beberapa cara mempromosikan bisnis online dengan mudah dan efektif. Simak dan pelajari yuk!

1. Strategi Mulut ke Mulut

Strategi Mulut ke Mulut

Strategi pemasaran mulut ke mulut merupakan cara promosi yang paling mudah, tidak mengeluarkan modal besar dan cukup efektif. Manfaatkan kenalan, keluarga atau komunitas untuk mempromosikan bisnismu.

Agar promosi bisnismu lebih efektif, akan lebih baik lagi jika prioritaskan teman, keluarga atau komunitas yang mempromosikan memiliki lingkup pergaulan yang cukup luas sehingga semakin banyak yang mengenal produkmu.

2. Manfaatkan Momentum

Manfaatkan Momentum

Dalam menjalankan bisnis, kita harus bisa melihat peluang usaha supaya bisnis kita berkembang. Nah, salah satu cara memasarkan bisnis kamu selanjutnya adalah dengan cara memanfaatkan momentum seperti momen hari-hari besar.

Membuat penawaran menarik dengan mengonsepkan produk kamu sesuai dengan momen hari besar yang dirayakan adalah satu Langkah tepat untuk promosi produkmu. Misalnya saat tiba hari raya Lebaran, untuk kamu yang memiliki bisnis makanan bisa membuat hampers Lebaran dengan ornament bertema Lebaran. Hal ini berlaku juga untuk bisnis lainnya juga ya.

Supaya dapat memanfaatkan momentum, yuk mulai catat hari-hari penting dalam setahun supaya kamu nggak ketinggalan momentum penting yang ada ya!

3. Memberikan Diskon

Memberikan Diskon

Cara promosi satu ini pasti sudah sangat sering dilakukan oleh para pelaku bisnis. Memberikan diskon adalah cara jitu dalam mempromosikan bisnismu. Banyak cara dalam memberikan diskon, contohnya bisa seperti diskon bebas biaya ongkos kirim atau diskon dengan minimal pembelian.

4. Aktif di Media Sosial

Aktif di Media Sosial

Dalam era serba digital saat ini media sosial sudah pasti harus dimiliki oleh para pelaku bisnis yang ingin mempromosikan bisnisnya. Banyak platform yang bisa digunakan, semua tergantung dengan bisnis apa yang dijalankan dan target konsumen.

Selain baik untuk mempromosikan bisnis kamu, media sosial juga sangat membantu dalam membangun image atau membuat branding bisnis kamu. Strategi satu ini sudah terbukti cukup ampuh dalam berinteraksi langsung dengan konsumen.

5. Membuat Website

Membuat Website

Jika sebelumnya kita sudah memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis, Langkah selanjutnya adalah langkah yang wajib dimiliki oleh pelaku bisnis yaitu membuat website. Perlu diketahui karena dengan memiliki website resmi, bisnis kamu akan lebih terpercaya dan konsumen pun akan mudah untuk menemukan informasi seputar produk kamu.

Membuat website resmi bisnis memang tidak semudah kita membuat akun media sosial ya, kamu perlu menyerahkan pembuatan website bisnismu ke tangan yang tepat dan ahlinya.

Jika kamu tertarik untuk membuat website untuk bisnismu, jangan sembarangan bikin website juga ya meski sekarang sudah banyak dan mudah mencari  jasa pembuatan website. Pilihlah jasa pembuatan website profesional dan berkualitas agar meningkatkan kredibilitas bisnismu di mata konsumen.

Rekomendasi pembuatan website terbaik di Indonesia ada di Sribulancer.com dimana kamu tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnismu, tapi ada banyak lagi keuntungan yang didapatkan. Para pembuat website di sini adalah tim professional yang bisa memiliki spesialisasi seperti di industri makanan, teknologi, layanan dan jasa.

Membuat Website1

Jika kamu masih ragu-ragu, inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika kamu membuat website di tempat yang terpercaya seperti di Sribulancer.com, yaitu:

  • Kamu bisa tentukan budget pembuatan websitemu sendiri
  • Website mudah digunakan atau user friendly
  • Transaksi aman dan adanya garansi uang kembali
  • Tim yang berpengalaman

Sebenarnya masih banyak lagi cara mempromosikan bisnismu tapi yang disebutkan di atas ini merupakan yang paling basic. Jika kamu ingin bisnismu lebih lancar dan berhasil, coba tempatkan juga dari perspektif konsumen. Jika konsumen lebih mudah mendapatkan informasi yang lengkap dari website kita, maka kredibilitas bisnis kamu pun menjadi lebih baik.

Hal itulah mengapa membuat website menjadi hal yang essential dalam mempromosikan bisnismu secara online. Tapi tidak berhenti di situ saja ya, perlu diingat kembali kalau tempat pembuatan website kamu pun mesti diperhatikan. Jadi mulailah bisnis kamu dengan perencanaan yang baik, ilmu bisnis yang cukup dan gunakan website sebagai alat promosi dan membentuk image bisnis kamu ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram