10 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Meriah

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika dahulu pesawat dianggap sebagai alat transportasi yang mahal, kini siapa saja bisa naik pesawat dan berpelesir ke mana saja. Selain banyak maskapai penerbangan yang menawarkan tarif murah, kita juga bisa berburu tiket pesawat dengan harga promo atau diskon. Kita jadi memiliki banyak kesempatan untuk bisa berpelesir ke berbagai kota atau bahkan luar negeri.

Sayangnya, masih banyak orang yang meragukan harga tiket pesawat yang murah. Mereka tidak mengetahui cara mendapatkan tiket pesawat murah. Akibatnya, mereka akan tetap berasumsi bahwa tiket pesawat selalu dibandrol dengan harga yang mahal. Nah, kali ini Keluyuran akan berbagai cara untuk bisa memperoleh tiket pesawat dengan harga yang ekonomis.

Berburu Tiket Dari Jauh Hari

Salah satu alternatif cara mendapatkan tiket pesawat murah yang tidak membuat kantong jebol adalah berburu tiket dari jauh-jauh hari. Misalnya, Anda berencana untuk pergi pada akhir tahun, maka Anda bisa berburu tiket mulai awal tahun atau maksimal pada bulan Juni-Juli.

Tiket yang dijual dari jauh-jauh hari biasanya dibandrol dengan harga yang sangat miring. Berburu tiket pesawat ini bisa dilakukan melalui online atau datang ke pameran yang diselenggarakan oleh maskapai penerbangan atau agen perjalanan.

Rajin Mengecek Situs Penjualan Tiket Pesawat

cara mendapatkan tiket pesawat murah

Ini adalah hal yang biasa dilakukan oleh para backpacker yang sedang berburu pesawat murah. Mereka rajin mengecek situs penjualan tiket pesawat, baik melalui situs booking tiket pesawat sejenis Traveloka atau situs resmi dari maskapai penerbangan.

Promo harga tiket pesawat yang ditawarkan bisa muncul secara tiba-tiba. Jadi, Anda sebaiknya rajin mengecek situs penjualan tiket pesawat setiap hari agar tidak kelewatan promo yang sedang diberikan.

Datang Ke Pameran Maskapai Penerbangan atau Agen Perjalanan

pameran tiket pesawat

Setiap tahun selalu ada pameran dari maskapai penerbangan atau agen perjalanan yang diselenggarakan di kota-kota besar. Nah, jika Anda ingin memperoleh tiket pesawat yang murah, datanglah ke acara semacam ini karena umumnya tiket pesawat dijual dengan harga yang sangat murah pada saat pameran ini.

Jangan ragu untuk mencari penawaran yang paling baik. Bahkan, di pameran ini biasanya Anda akan diberi potongan harga jika jumlah tiket yang Anda beli juga semakin banyak. Di pameran sejenis ini Anda bisa mendapatkan tiket penerbangan domestik atau internasional dengan harga yang ramah di dompet.

Manfaatkan Promo Kartu Kredit

promo kartu kredit

Selain memberikan fasilitas cicilan dengan bunga 0%, kartu kredit umumnya menawarkan berbagai promo potongan harga untuk tiket pesawat. Nah, Anda bisa memanfaatkan promo dari kartu kredit ini sebagai cara mendapatkan tiket pesawat murah.

Promo dari kartu kredit ini umumnya berlaku ketika Anda memesan tiket pesawat di situs booking online atau situs maskapai penerbangan. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua kartu kredit bisa mendapatkan promo ini. Jadi, jika kartu kredit Anda tidak kompatibel untuk mengikuti promo, pinjam kartu kredit dari bank yang mendukung promo ini kepada teman atau kerabat Anda.

Fleksibel dengan Waktu Keberangkatan

Pastikan Anda selalu fleksibel dengan waktu keberangkatan dari tiket pesawat yang termurah. Misalnya, Anda harus memastikan bahwa Anda akan memperoleh cuti pekerjaan kapanpun Anda harus berangkat dengan tiket pesawat murah tersebut.

Anda harus fleksibel karena kita tidak pernah tahu jadwal keberangkatan dari tiket pesawat murah yang Anda peroleh. Jadi, menjadi fleksibel dengan waktu keberangkatan tentu akan sangat mempermudah Anda dalam mendapatkan tiket pesawat yang murah.

Menjadi Invisible

Menjadi invisible atau tidak terlihat adalah trik untuk bisa memperoleh tiket pesawat dengan harga yang murah melalui situs booking tiket pesawat online atau situs resmi maskapai penerbangan.

Anda tentu heran saat mendapati harga tiket pesawat dengan rute penerbangan yang Anda inginkan harganya selalu naik setiap Anda mengeceknya. Hal ini terjadi karena website yang menjual tiket pesawat tersebut menaikkan harga berdasarkan cookie browser Anda.

Caranya gunakan mode incognito atau private saat browsing. Bila Anda menggunakan Chrome, tekan Ctrl + Shift + N pada keyboard. Jika Anda memakain Mozilla Firefox, tekan Ctrl + Shift + P. Cara ini bermanfaat untuk mereset cookie dan menghapus hasil pencarian di browser tersebut.

Menyetujui Rute Penerbangan dengan Tarif yang Termurah

transit di bandara

Salah satu cara mendapatkan tiket pesawat murah lainnnya adalah Anda akan menyetujui rute penerbangan yang ditawarkan oleh tiket dengan harga yang termurah. Misalnya, Anda sedang berburu tiket pesawat murah untuk pergi ke Singapura. Akan tetapi, tiket pesawat yang termurah adalah dengan rute ke Thailand atau Malaysia. Jadi, Anda harus memilih rute dengan tarif yang termurah agar lebih hemat.

Selain itu, sebelum Anda menyetujui sebuah rute penerbangan, pertimbangkan pula akomodasi di rute yang Anda peroleh. Jika biaya akomodasi di kota atau negara tersebut mahal dan melebihi budget, maka Anda tak perlu menyetujui tawaran tersebut. Masih ada banyak waktu untuk bisa memperoleh tiket pesawat murah dengan rute penerbangan yang Anda kehendaki.

Hindari High Season

libur high season

Tidak semua orang bisa mengambil cuti dengan bebas. Beberapa malah justru tidak mendapatkan cuti dan hanya mendapatkan kesempatan berlibur pada hari libur nasional saja. Akan tetapi, harga tiket pesawat pada hari libur nasional atau high seasoni akan melonjak tinggi, itulah sebabnya Anda harus menghindari tiket pesawat pada saat high season.

Jadi, sebaiknya pilih tiket pesawat dengan jadwal penerbangan yang tidak bertepatan pada hari libur nasional, seperti hari libur kenaikan kelas, tahun baru, lebaran, atau natal.

Nikmati Program Frequently Fly

Frequently Fly

Apa itu program frequently fly? Ini adalah program di mana Anda akan memperoleh poin atau rewards karena Anda sering melakukan penerbangan dengan salah satu maskapai penerbangan. Ini adalah cara maskapai penerbangan mengapresiasi para penumpangnya.

Semakin banyak Anda terbang dengan maskapai ini, semakin banyak pula poin yang akan Anda kumpulkan. Poin ini bermanfaat untuk upgrade kursi dari kelas ekonomis ke kelas bisnis. Selain itu, poin dari program frequently fly ini juga bisa digunakan untuk terbang gratis, lho.

Pilih Keberangkatan atau Kedatangan Di Bandara Sekunder

phuket airport

Bandara sekunder adalah bandara yang lebih kecil dibandingkan bandara utama. Ada beberapa negara lain di Asia yang juga memungkinkan Anda untuk berangkat atau datang di bandara sekunder, seperti di Jepang atau Thailand.

Biaya tiket pesawat yang mendarat dan berangkat dari bandara sekunder ini umumnya lebih murah. Bahkan, harga tiket pesawat dari bandara sekunder ini bisa dua kali lipat lebih murah dari tiket yang berada di bandara utama. Cara ini cukup efektif untuk menghemat pengeluaran Anda saat liburan.

Nah, inilah cara mendapatkan tiket pesawat murah dengan mudah. Siapa saja kini bisa berpergian dengan menggunakan pesawat terbang. Tarif tiket pesawat murah ini berlaku untuk penerbangan domestik atau internasional. Ingatlah untuk selalu merencanakan perjalanan Anda dari jauh-jauh hari.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *