Cara Menggunakan Berbagai Fasilitas Hotel yang Benar

Ditulis oleh Jihan Fauziah - Diperbaharui 9 Juli 2021

Hotel biasanya memiliki banyak fasilitas, baik di dalam maupun diluar kamar. Tak jarang kita kebingungan untuk menggunakan berbagai fasilitas-fasilitas tersebut saat pertama kali menginap di hotel. 

Pada pembahasan kali ini, kami akan membagikan informasi seputar tata cara menggunakan fasilitas hotel. Oh iya, hotel yang kami gunakan sebagai contoh adalah Pullman Bandung Grand Central. Namun, cara-cara ini bisa kamu gunakan di berbagai hotel lainnya juga.

Cara Menggunakan Fasilitas Kamar

cara menggunakan fasilitas hotel 1

Pertama-tama, kami akan membahas tentang cara menggunakan fasilitas kamar hotel, mulai dari kamar mandi dan toilet, telepon, brankas, meja setrika dan tas laundry, walk-in closet dan lain sebagainya. Yuk, simak langsung saja pembahasannya berikut ini!

1. Kamar Mandi dan Toilet

cara menggunakan fasilitas hotel 2

Yang pertama, kami mau membahas tata cara memakai kamar mandi di hotel. Di dalam kamar mandi hotel biasanya terdapat toilet, wastafel dan shower. Sementara untuk kamar hotel yang lebih tinggi umumnya terdapat bathtub, bidet terpisah dan lain sebagainya.

Di Hotel Pullman Bandung Grand Central, kamar mandi dan toiletnya terpisah. Jadi, ketika kamu akan buang air kecil atau pun buang air besar, jangan panik melihat toiletnya tidak ada, karena letak toiletnya berada di samping kamar mandi.

  • Cara Pakai Toilet

Memakai toilet untuk buang air kecil sangatlah mudah. Pertama-tama, buka dudukan toiletnya terlebih dulu. Setelah itu, duduklah di atasnya. Ingat, jangan pernah naik atau pun berjongkok di atas toilet duduk, ya.

Jika sudah selesai, kamu bisa ambil selang bidet dan bilas hingga bersih. Kalau tak ada selang bidet, kamu dapat memutar kenop bidet yang ada di samping dudukan toilet.

Terakhir, jangan lupa tekan tombol flush untuk menyiram kotoran. Biasanya terdapat dua buah tombol flush di sana. Ada tombol kecil untuk buang air kecil, dan ada tombol besar untuk buang air besar.

  • Cara Pakai Shower Panas dan Dingin

Shower di hotel biasanya terdiri dari air panas dan juga dingin. Untuk mengatur suhu air, kamu tinggal putar kerannya ke kanan atau pun ke kiri.

Jika ingin menggunakan air panas, silakan putar keran ke arah kanan, sementara untuk air dingin, putar keran ke arah kiri. Kalau kamu membuka kerannya di tengah-tengah, maka air yang akan keluar adalah air hangat.

Oh iya, biasanya di keran akan ada petunjuk warna untuk membedakan suhu air. Untuk air dingin ditandai dengan warna biru, dan untuk air panas dengan warna merah.

  • Cara Pakai Wastafel

Wastafel di dalam kamar hotel bisa kita pakai untuk beragam keperluan. Mulai dari mencuci muka, menggosok gigi, membilas badan dan lain sebagainya. Untuk memakai wastafel, silakan putar, tekan atau angkat keran sesuai dengan jenis kerannya.

Keran di wastafel juga biasanya seperti keran shower yang dapat diatur suhunya, lho. Oh iya, wastafel ini memiliki penyumbat air yang bisa kamu pakai untuk menampung airnya. Kalau kamu tak ingin menampung air, silakan tarik atau tekan tuas kecil yang ada di belakang keran wastafel.

  • Bedakan Keset dan Handuk

Banyak sekali dari kita yang tertukar saat melihat keset dan handuk hotel. Handuk dan keset bentuknya memang sama, tetapi handuk biasanya akan digantung bersama dengan jubah mandi, atau digulung di rak kamar mandi. Sementara keset akan ditaruh di atas penutup toilet atau digantung di pintu.

  • Cara Meminta Amenities Toilet

Bila kamu kehabisan amenities toilet, kamu dapat memintanya ke bagian resepsionis atau housekeeper. Silakan telepon resepsionis dan katakan bahwa kamu kehabisan amenities toilet. Mereka biasanya akan segera mengirimkannya padamu.

  • Cara Mandi yang Benar Agar Tidak Basah

Setiap kali kamu mandi, usahakan untuk selalu menutup pintu, ya. Kenapa? Karena jika kamu tidak menutup pintu, air akan tumpah ruah kemana-mana. Kamar kamu akan basah dan membuat petugas hotel kerepotan untuk membersihkannya. Belum lagi, uap dari air panas yang keluar dari kamar mandi dapat mengaktifkan alarm kebakaran.

2. Cara Memakai Telepon di Kamar Hotel

cara menggunakan fasilitas hotel 3

Di dalam setiap kamar, biasanya ada sebuah pesawat telepon yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Di antaranya menelepon resepsionis, menghubungi kamar lain dan menelepon ke luar hotel. Berikut cara menggunakan telepon di kamar hotel!

  • Cara Menelepon Resepsionis

Untuk menelepon resepsionis, kamu hanya tinggal menekan angka 0 di pesawat telepon, dan kamu akan langsung terhubung dengan petugas hotel. Kamu bisa melakukan reservasi taksi, meminta amenities toilet, layanan kamar dan lain sebagainya.

  • Cara Menelepon Kamar Lain

Bila kamu menginap di hotel bersama keluarga, kamu bisa menelepon ke kamar lain secara gratis, lho. Jadi, kamu tak usah repot keluar masuk atau menyeberang kamar untuk berbicara dengan mereka.

Untuk jenis telepon di Hotel Pullman Bandung Grand Central ini, kamu hanya perlu menekan angka 8, kemudian dilanjutkan dengan nomor kamar yang ingin kamu tuju. Silakan tanyakan ke petugas hotel untuk nomor di hotel tempatmu menginap, ya.

  • Cara Menelepon ke Nomor Luar

Nah, kalau kamu ingin menelepon ke nomor luar juga bisa, kok. Tapi ingat, untuk menelepon ke nomor telepon lokal, internasional dan nomor handphone, kamu akan dikenakan charge yang akan ditagihkan oleh petugas layanan kamar, atau saat check-out nanti.

3. Brankas

Cara Menggunakan Berbagai Fasilitas Hotel yang Benar 1

Oh iya, jika kamu membawa barang berharga dan berniat untuk meninggalkan hotel, kamu bisa menaruh barang berhargamu di dalam brankas. Cara penggunaannya mudah, kok. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Untuk membuka brankas yang terkunci, masukkan 4 digit angka sebagai kode brankas kamu
  2. Setelah memasukkan kode, brankas akan terbuka secara otomatis
  3. Masukan barang berharga kamu dan tekan tombol lock untuk menutup brankasnya dan layar akan menunjukkan informasi bahwa brankas telah tertutup
  4. Saat ingin mengambil barang berharga, kamu tinggal menekan kode tadi dan pintu brankas akan terbuka lagi secara otomatis

Masih bingung? Tenang, instruksi pemakaiannya bisa kamu cek di belakang pintu brankas, kok. Jangan lupa dengan kodenya, ya!

4. Tempat Tidur

cara menggunakan fasilitas hotel 5

Tempat tidur yang ada di dalam hotel biasanya cukup bervariasi. Mulai dari ukuran hingga aksesorisnya. Nah, inilah beberapa aksesoris yang biasanya ada di tempat tidur hotel:

  • Bantal

Pertama, ada bantal dakron besar yang berfungsi untuk menyangga punggung, tengkuk dan kepala. Biasanya, bantal ini digunakan untuk bersandar sambil menonton, bekerja atau pun rebahan. Yang kedua, ada bantal kecil yang disebut dengan boudoir. Biasanya bantal ini digunakan sebagai pelengkap bantal saja.

  • Bed Scarf

Bed scarf biasanya ditaruh di ujung bawah kasur. Beberapa hotel memilikinya di tiap kamar dengan logo hotel di atasnya. Kegunaan dari bed scarf adalah untuk menjaga kasur agar tetap bersih. Kamu bisa menaruh koper atau tasmu, sampai makan di atas bed scarf.

  • Bed Cover

Sesuai namanya, bed cover merupakan pelindung dari tempat tidur. Bed cover pun memiliki fungsi lainnya, yakni sebagai selimut. Ukurannya yang besar dan teksturnya yang lembut serta hangat membuat para tamu hotel selalu menggunakannya saat akan tidur.

  • Tips Saat Akan Tidur

Saat akan tidur, kamu bisa mengubah posisi bantal senyaman mungkin, menata bed cover dan lainnya agar tidurmu nyenyak. Untuk kualitas tidur lebih baik, silakan matikan lampu kamar, ya.

Baik lampu utama atau pun lampu tidur kamu jika memang kamu menginginkannya. Pastikan juga shade dan gordyn jendela kamar kamu sudah tertutup meski kamarmu di lantai paling tinggi.

5. AC dan TV

cara menggunakan fasilitas hotel 6

Saat kamu tidur di kasur atau sedang rebahan, kamu bisa menyaksikan siaran TV kabel. Untuk menggunakannya, kamu dapat memanfaatkan remote yang tersedia di rak panjang di bawah TV atau di dekat meja tidur kamu.

Di Pullman Bandung Grand Central, TV yang digunakan sudah dilengkapi dengan IPTV system. Kamu bisa membuka YouTube, melakukan screen mirroring dari HP, memesan makanan, meminta layanan kamar dan masih banyak lagi.

6. Walk-in Closet

Cara Menggunakan Berbagai Fasilitas Hotel yang Benar 2

Beberapa kamar hotel ada yang memiliki walk-in closet. Di sini, kamu bisa menaruh semua pakaian, kosmetik dan barang-barang lainnya. Cara menggunakan walk-in closet ini juga mudah, kok. Selayaknya lemari bajumu, kamu bisa mengambil, menaruh dan memakai pakaian secara langsung.

7. Meja Setrika dan Tas Laundry

Cara Menggunakan Berbagai Fasilitas Hotel yang Benar 3

Sepatumu sudah kinclong tapi baju kamu kusut? Bingung harus telepon binatu dan khawatir kena charge lagi? Tenang saja, kamu bisa menggunakan meja setrika, lengkap dengan setrikanya. Di tiap hotel, ada peraturan berbeda, ada yang memang sudah menyediakannya, ada yang by request.

Untuk menyimpan baju kotor, kamu bisa gunakan tas laundry yang sudah disediakan. Setelah dibungkus, kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa laundry di hotel dengan cara memanggil housekeeper atau dibawa pulang saja dan dicuci di rumah.

Untuk menggunakan jasa laundry, kamu harus merogoh kocek lagi. Hitungannya bukan per kilo seperti di tempat laundry biasa, tapi per pieces. Harganya pun berbeda-beda, tergantung dari jenis pakaiannya.

Fasilitas Hotel

Cara Menggunakan Berbagai Fasilitas Hotel yang Benar 4

Selain di dalam kamar, biasanya terdapat fasilitas lain yang ada di luar kamar hotel. Kali ini, kami mau membahas apa saja fasilitas-fasilitas hotel yang dapat digunakan oleh tamu hotel. Berikut pembahasannya,

1. Lounge

Lounge merupakan ruangan yang pasti kita masuki saat menginap di hotel. Lounge adalah area duduk untuk para tamu yang menunggu proses check-in dan check-out, atau meeting dengan orang lain.

2. Restoran

Restoran merupakan tempat yang biasa kita kunjungi jika ingin sarapan, makan siang atau pun makan malam. Nah, kalau paket kamarmu sudah termasuk sarapan, kamu bisa menuju restoran sambil memberikan informasi nomor kamarmu.

Umumnya, petugas hotel sudah memiliki catatan berapa orang dan nomor kamar berapa yang akan mendapatkan sarapan di sana.

3. Kolam Renang

Fasilitas lainnya yang sering ada di hotel adalah kolam renang. Biasanya, di beberapa hotel ada dua jenis kolam renang, yaitu dipping pool dan regular pool. Tak jarang, hotel-hotel mewah pun menyediakan jacuzzi.

Untuk menggunakan fasilitas ini, pastikan kamu sudah memakai pakaian renang, ya. Lantas, bilas badanmu terlebih dulu sebelum masuk ke dalam kolam renang. Hal tersebut dilakukan agar kolam tidak kotor meski sudah ada alat pembersihnya.

4. Gym

Habis makan dan ngemil, kayaknya sudah waktunya untuk membakar kalori. Di beberapa hotel, biasanya tersedia fasilitas gym, termasuk di Hotel Pullman Bandung Grand Central.

Gym yang ada di Hotel Pullman Bandung Grand Central ini bernama Power Fitness. Gym-nya dilengkapi dengan belasan alat olahraga. Dan yang menarik di gym ini adalah alat fitness yang menggunakan teknologi VR.

5. Business Center

Staycation biasanya tidak sepenuhnya liburan, bukan? Pasti ada saja waktu di mana kamu harus bekerja. Nah, kamu bisa menggunakan business center yang ada di hotel untuk menyelesaikan pekerjaan.

Umumnya, hotel tidak mengenakan harga saat kamu menggunakan ruangan ini beserta peralatannya seperti komputer, keyboard atau mouse. Namun, untuk setiap copy atau print, kamu akan dikenakan charge per kliknya.

6. Bar

Fasilitas terakhir yang biasa ada di hotel ialah bar. Untuk menggunakan fasilitas ini, kamu hanya tinggal mendatangi bar dan memesan minuman pada bartender. Jadi, untuk kamu yang memang mau hangout ditemani minuman segar, kamu bisa coba kunjungi tempat ini.

Sampai di sini pembahasan Keluyuran mengenai cara menggunakan fasilitas hotel. Jika kamu memiliki komentar seputar topik ini, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah, ya. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram