Keluyuran / Wisata Jakarta / Ini Dia 4 Cara Naik Busway yang Baik Beserta Tipsnya

Ini Dia 4 Cara Naik Busway yang Baik Beserta Tipsnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2019

Busway atau bus Transjakarta bisa menjadi transportasi umum pilihan. Apalagi, jika nanti kamu hendak berjalan-jalan atau liburan di Jakarta. Kalau kamu baru akan menaiki alat transportasi ini, maka cobalah baca artikel ini hingga selesai. Pasalnya, Keluyuran bakal memberimu cara menaiki transportasi umum dari Jakarta ini.

4 Cara Naik Busway

1. Datanglah ke Halte Transjakarta Terdekat

Datanglah ke Halte Transjakarta Terdekat

* sumber: blog.tiket.com

Untuk bisa menaiki busway, kamu harus menunggu terlebih dulu di halte. Jakarta sendiri punya 242 halte yang menjadi tempatmu menunggu nanti. Kamu hanya perlu menemukan halte busway yang dekat dengan tempatmu berada saat ini.

Transjakarta juga menyediakan pool busway yang ada di kota-kota satelit Jakarta. Misalnya: Depok, Bekasi, dan Tangerang. Jadi, kamu bisa menaiki busway ke Jakarta, walaupun kamu berada di daerah satelit Jakarta yang telah disebutkan sebelumnya.

2. Siapkanlah Kartu E-Money

Siapkanlah Kartu E-Money-mu

* sumber: transjakarta.co.id

Sebelum benar-benar bisa naik bus Transjakarta, kamu harus membeli tiketnya dahulu. Untuk bisa mendapatkan tiket, kamu harus membelinya secara elektronik melalui e-money. Untuk itu, pastikan kamu punya kartu e-money sebelum betulan membeli tiket Transjakarta nanti.

E-money sendiri bisa kamu buat di bank terdekatmu. Adapun untuk mendapatkan tiket busway, kamu bisa datang ke halte busway terdekat dengan kartu e-money yang kamu punya.

3. Duduklah di Kursi Umum dan Beri Kursi Prioritas untuk yang Membutuhkan

Duduklah di Kursi Umum

* sumber: metro.tempo.co

Tempat duduk adalah hal yang patut diperhatikan saat naik busway nanti. Ada dua jenis kursi yang tersedia di sini: kursi umum dan kursi prioritas. Bagi kamu yang non-prioritas, maka pilihlah jenis kursi yang umum.

Untuk kursi prioritas, sebaiknya kamu jangan mendudukinya. Apalagi, bila kamu bukan termasuk orang yang diprioritaskan untuk kursi tersebut. Adapun orang-orang yang diprioritaskan untuk kursi tersebut adalah: lansia, ibu hamil, ibu yang membawa anak/balita, dan teman-teman difabel. Bus Transjakarta juga punya area khusus wanita. Area ini letaknya ada di bagian depan bus.

4. Tap-Out Kartu E-Money-mu

Tap-Out Kartu E-Money-mu

* sumber: www.republika.co.id

Cara ini dilakukan bila kamu sudah sampai ke halte tujuan. Jadi, Kartu e-money yang sudah kamu pakai sebelumnya di tap-out ke pintu keluar halte tujuanmu. Men-tap kartu e-money akan membuatmu keluar dari halte tujuanmu. Kamu tak perlu khawatir kalau cara ini membuat saldo e-moneymu berkurang. Karena, saldo e-moneymu tetap awet kendati sudah melakukan cara ini. Kalau kamu kesulitan melakukan cara ini, kamu tak usah terlalu khawatir. Pasalnya, kamu bisa meminta bantuan petugas di sana untuk melakukannya.

Untuk melakukan cara ini, pastikan kartu e-money­mu tidak hilang, ya. Kamu nggak mau kan kalau kamu nggak bisa keluar dari halte lantaran kartu e-moneymu raib?

Tips Naik Busway (Transjakarta)

Sebelumnya, kita sudah tahu cara apa saja yang perlu ditempuh, utamanya saat menaiki busway nanti. Agar naik busway-mu aman dan lancar, Keluyuran akan memberikan sejumlah tips untukmu. Sejumlah tips tersebut adalah:

  • Pelajarilah Rute Busway dengan Baik
Pelajarilah Rute Busway dengan Baik

* sumber: blog.airyrooms.com

Mempelajari rute busway sangatlah penting. Ini akan membantumu untuk bisa sampai ke tujuanmu kelak. Mempelajari rute busway juga membuatmu lebih paham daerah mana saja yang bakal dilewati busway-mu; serta jadwal kedatangan busway yang bakal kamu naiki nanti.

Mempelajari rute busway tak mesti dilakukan saat kamu sudah di halte. Kamu bisa melakukannya via aplikasi khusus transportasi yang menayangkan sejumlah info tentang rute-rute busway. Biar lebih aman, kamu bisa mengeceknya via situs resmi Transjakarta atau Google Maps.

  • Pastikan Saldo E-Money Punyamu Mencukupi
Pastikan Saldo E-Money Punyamu Mencukupi

* sumber: marketeers.com

E-money merupakan hal penting yang harus kamu perhatikan saat menaiki busway nanti. Pasalnya, tiket busway yang bakal kamu naiki nanti harus dibayar dengan kartu e-moneymu. Pastikan agar saldo e-money punyamu mencukupi, sehingga kamu pun bisa membayar tiket busway-mu.

Bila saldomu kekurangan, kamu jangan khawatir. Kamu bisa membelinya di loket halte busway terdekat dengan minimal pengisian Rp. 20 ribu. Kamu pun juga bisa membeli kartu e-money di loket halte, bila kartumu hilang atau kamu belum mempunyainya sama sekali.

Saat ini, pihak Transjakarta menerima e-money dari enam bank resmi yang bekerja sama dengan mereka. Keenam bank tersebut adalah: Bank BCA, Bank Mandiri, Bank DKI, Bank BNI, Bank Mega, dan Bank BRI.

  • Mintalah Bantuan Kepada Para Petugas
Mintalah Bantuan Kepada Para Petugas

* sumber: www.merdeka.com

Di halte busway, banyak petugas yang berjaga di sana. Mereka bisa menjadi orang yang tepat, bila nanti kamu mengalami kesulitan saat hendak menaiki busway. Misalnya: bila kamu ingin tahu kapan pastinya busway-mu datang, maka kamu bisa bertanya langsung kepada petugas.

Contoh lainnya: saat kamu kesulitan men-tap out kartu e-moneymu, maka jangan sungkan meminta bantuan petugas. Mereka nantinya dapat membantu dan memudahkanmu untuk men­-tap out kartumu.

  • Patuhilah Aturan di Dalam Busway
Patuhilah Aturan di Dalam Busway

* sumber: www.wego.co.id

Sama seperti di KRL, busway Transjakarta juga punya aturan di dalamnya. Demi kenyamanan dan keselamatanmu, kamu wajib untuk mematuhi aturan yang dimaksud. Salah satunya adalah peraturan soal tempat duduk yang sudah diterangkan di bagian sebelumnya.

Selain soal tempat duduk, ada sejumlah peraturan yang harus kamu patuhi. Sejumlah aturan tersebut adalah:

  1. Jangan membawa senjata tajam.
  2. Dilarang membawa buah yang berbau tajam (misal: durian).
  3. Dilarang merokok selama di dalam area busway.
  4. Dilarang membawa hewan peliharaan.
  5. Dilarang makan dan minum selama di dalam
  6. Jangan sekalipun melakukan tindak asusila terhadap para penumpang
  • Bedakanlah Busway Jakarta dengan Bus APTB
Bedakanlah Busway Jakarta dengan Bus APTB

* sumber: www.tabloidbintang.com

Seringkali, orang awam sulit membedakan busway Transjakarta dengan bus APTB. Ini tak lepas dari tampilannya yang nyaris mirip. Supaya tak terkecoh, kamu harus bisa membedakannya dengan cara mengetahui letak perbedaan keduanya.

Busway dan APTB punya satu perbedaan. Perbedaan keduanya terletak pada ongkos tiketnya. Tiket busway lazimnya hanya bisa kita bayar di halte dengan memakai e-money. Sementara itu, ongkos APTB mesti kita bayar dua kali. Pertama, di halte dengan memakai e-money. Dan kedua, di dalam ruangan bus APTB dengan uang tunai.

Sudah tahu kan perbedaannya?

  • Jagalah Selalu Barang Bawaanmu
Jagalah Selalu Barang Bawaanmu

* sumber: www.wartaekonomi.co.id

Meskipun relatif aman, kamu tetap berhati-hati selama naik busway nanti. Apalagi, jika kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak. Menjaga barang bawaan sangat bermanfaat, agar barangmu tak dicuri pihak tak bertanggung jawab. Atau, supaya kamu tidak lupa dan meninggalkan barang bawaanmu di dalam busway saat turun nanti.

Busway merupakan kendaraan umum yang bisa kamu naiki. Apalagi, jika kamu hendak berlibur dan berjalan-jalan di Jakarta. Bila kamu baru pertama kali menaiki busway, maka cobalah mengikuti sejumlah cara menaiki busway yang telah Keluyuran sampaikan di atas. Tak lupa, baca pula sejumlah tipsnya, agar kamu semakin mudah  dan aman dalam menaiki busway. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Mampir juga ke artikel cara naik commuter line alias KRL ini jika kamu juga ingin mencoba alat transportasi yang satu ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar