Inilah Cara Naik Kereta Bandara dengan Mudah dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pesawat take off jam 12 siang dan jam 10 kalian masih di tengah kota. Mau naik mobil macet kemana-mana, naik ojek sudah tidak mungkin karena masuk bandara. Satu-satunya cara adalah naik kereta bandara.

Ah susah! Eits, siapa bilang? Kalian bisa dengan mudah kok memesan tiket dan naik keretanya. Sudah nyaman, kereta bandara pun bersih bukan main. Maklum saja, bukan sembarang orang yang bisa naik kereta ini bukan?

Untuk kalian yang ingin naik kereta bandara tapi masih takut-takut, sini Keluyuran temenin. Kita akan membahas bagaimana cara naik kereta bandara, supaya meskipun kalian harus berpergian sendiri, kalian tidak terlalu bingung lagi dan sudah paham dasar-dasarnya. Masih bingung juga setelah baca artikel ini? Tenang saja, pasukan kereta bandara yang bekerja di stasiun akan membantu kalian kok

Kereta Bandara

Railink_Head (Copy)

Kereta Bandara ini sudah beroperasi dari tahun 2017 silam dengan rute awal bandara Soekarno Hatta ke Stasiun BNI City v.v., dan di tahun 2018, jalur baru kembali beroperasi sampai Stasiun Bekasi dan paling akhir adalah jalur dari Stasiun Manggarai yang dibuka tahun 2019. Namun di saat yang sama pula, jalur dari Stasiun Bekasi ditutup dengan alasan optimalisasi operasional kereta api bandara.

Untuk kalian yang mau naik kereta bandara, kalian bisa naik dari Stasiun Manggarai, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun BNI CIty yang berada di Jl. Thamrin, Jakarta. Kereta Bandara yang paling jauh ada di Medan. Di bandara Kualanamu juga tersedia KA Bandara serupa dengan KA Bandara di Jakarta.

Sebagai catatan saja, di stasiun kalian tidak akan bisa membeli secara langsung ke petugas karena tidak ada loket yang tersedia, melainkan vending machine saja. Sebenarnya ada dua cara untuk mendapatkan tiket bandara; pertama lewat aplikasi perjalanan dan sisanya langsung di mesin pembayaran yang ada di stasiun-stasiun bandara.

Pembelian tiket di stasiun bisa langsung dibantu oleh petugas di sana, kali ini Keluyuran ingin membantu kalian via aplikasi KA Bandara ya!

Aplikasi KA Bandara

Hal ini merupakan hal paling mudah dilakukan oleh para calon penumpang kereta bandara. Aplikasi KA Bandara bisa kalian unduh di Apple Store untuk pengguna iOs atau Google Play Store untuk pengguna Android. Aplikasi lain yang bekerjasama dengan KA Bandara hanya Traveloka. Untuk penggunaanya akan kita bantu ya! Ini dia langkah-langkahnya (jangan takut salah!)

Pertama, kalian buka aplikasi KA Bandara. Pastikan kalian sudah mendaftar terlebih dulu ya. Cara untuk registrasi akan ada panduannya kok. Setelah kalian berhasil registrasi dan log in, kalian akan melihat tampilan seperti dibawah ini

Tiket_KA_Halaman_Depan (Copy)

Dalam kolom di atas, kalian bisa memilih untuk naik dari stasiun mana ke tujuan stasiun bandara ataupun sebaliknya. Kalian bisa memilih tipe tiket regular; yaitu tiket normal dengan tujuan dan waktu keberangkatan yang sudah kalian tentukan.

Kedua, ada Flexi Time yaitu waktu keberangkatan yang bisa kamu ambil bisa bebas dan yang terakhir adalah Flexi Quota yaitu pembelian tiket yang banyak dengan jangka waktu kadaluarsa lebih lama.

Kali ini, kita akan bantu untuk mendapatkan tiket regular ya. Oh iya, selain memilih tiket atau memilih asal dan tujuan, dalam kolom ini kalian juga bisa menambahkan berapa banyak penumpang, beli tiket pulang pergi sekaligus, dan kapan jadwal keberangkatan yang diinginkan. Untuk jadwal sendiri kalian bisa melihatnya setelah mengetuk pilihan cari tiket seperti ini

Tiket_KA_Jadwal (Copy)

Kalau sudah memilih jam berapa kalian akan berangkat, kita lanjut lagi ke langkah selanjutnya yaitu mengisi data lengkap mulai dari nama, email, nomor kontak dan lain-lain seperti dibawah

Tiket_KA Bandara_Pembayaran (Copy)

Apabila kalian selesai mengisi data diri berikut data-data yang diperlukan lainnya. Jumlah pembayaran akan segera muncul. Untuk harga sendiri ada di Rp 70.000,- sudah termasuk pajak. Sengaja tidak ditampilkan karena harga bisa berubah sewaktu-waktu belum lagi kalau pas saat ada promo, bisa lebih murah lagi kok!

Untuk pembayaran sendiri, aplikasi KA Bandara menyediakan pembayaran melalui transfer atau direct payment seperti dari kartu kredit atau debit. Setelah selesai melakukan pembayaran kalian akan melihat tampilan seperti ini;

Tiket_KA_Bandara_Final (Copy)

 

kolom ini memberitahu bahwa semua sudah selesai. Pembayaran sudah diterima dan tiket sudah bisa kalian dapatkan. Kalian bisa memeriksanya di aplikasi atau di alamat email yang kalian tulis dalam data diri sebelumnya.

Berangkat!

Railink (Copy)

Tiket sudah ditangan? Waktunya kita berangkat! Seperti yang sudah diberitahu sebelumnya, kalian bisa menuju ke stasiun yang kalian pilih dalam aplikasi. Ada 4 stasiun yang melayani keberangkatan ke bandara; yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper dan Stasiun BNI City. Pilih yang paling dekat dengan posisi kalian ya!

Let say kalian sudah sampai di salah satu stasiun dari 4 stasiun tersedia, kalian cuma tinggal mengikuti papan petunjuk yang ada di stasiun. Kereta yang ke arah bandara biasanya memiliki jalur sendiri, walau kadang masuk ke peron yang sama dengan kereta lain. Jangan bingung, di stasiun juga ada petugas yang bisa membantu kalian kok!

Oh iya, kalian jangan bingung ya apabila tidak mendapatkan nomor kursi; ini karena KA Bandara memang tidak menuliskan lokasi tempat dudukmu dimana, sehingga kalian bisa memilih kursi yang kalian sukai. Untuk barang bawaan apabila banyak dan besar, usahakan ditaruh di dekat luggage bag yang sudah tersedia di samping pintu kereta ya. Sedangkan untuk tas kecil bawa saja bersama kalian.

Sedangkan untuk kalian yang naik KA Bandara dari Bandara Soekarno Hatta, kalian bisa naik kereta ini dengan menumpang dengan SkyTrain (Kalayang) terlebih dulu. Shelter SkyTrain Terminal 1 ada di 1B, Shelter SkyTrain Terminal 2 ada di 2E sedangkan Shelter SkyTrain Terminal 3 ada dilantai 2.

Kenapa harus naik SkyTrain terlebih dulu? Karena posisi terminal kereta bandara ada di tengah-tengah antara terminal 1 dan 2 sehingga kalian memang harus naik SkyTrain tersebut untuk sampai kesana.

Patuhi Peraturan

Railink_Prohibited (Copy)

Menjadi penumpang KA Bandara berarti menjadi penumpang yang kudu taat dengan segala aturan di dalam kereta. Berbeda dengan kereta luar kota, kereta bandara memiliki aturan yang sama dengan MRT atau KRL; yakni diperbolehkan makan dan minum. Jadi warga Indonesia yang baik dan taat aturan ya, meski dalam kereta sepi, kalian tetap harus ikuti apa yang sudah ditetapkan.

Sayang sekali bukan kalau KA Bandara yang keren itu malah jadi kotor dan jorok karena banyak yang makan dan minum atau buang sampah sembarangan? KA Bandara benar-benar bersih! Jangan coba-coba untuk iseng melanggar ya!

Nah, sudah paham kan sekarang kalau naik kereta bandara itu tidak bikin kamu pusing? Intinya, berani bertanya, berani belajar dan yang paling penting terus pantengin Keluyuran supaya kalian terus dapat update baru yang sudah pasti bisa membantu kalian!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *